fbpx

Karbon Aktif (Active Charcoal) untuk Meringankan Sakit Perut dan Gas, Keracunan, Pemutih Gigi, Perawatan Kulit, dll

Apakah Karbon Aktif Itu?

Karbon aktif adalah media adsorptif yang mengandung karbon, sangat berpori, yang memiliki struktur kompleks yang terutama terdiri dari atom karbon.

Jaringan pori-pori dalam karbon aktif adalah saluran yang dibuat dalam kerangka kaku dari lapisan-lapisan atom karbon, dihubungkan bersama oleh ikatan kimia, ditumpuk secara tidak rata, menciptakan struktur berpori-pori, celah, celah, celah dan celah antara lapisan karbon.

Apa kegunaan karbon aktif untuk kesehatan?

1. Keracunan

Karbon aktif atau arang aktif digunakan untuk mengobati banyak jenis keracunan oral seperti fenobarbital dan carbamazepine.

Ini tidak efektif untuk sejumlah keracunan termasuk: asam atau basa kuat, besi, litium, arsenik, metanol, etanol, atau etilena glikol.

Tidak ada uji coba terkontrol yang menunjukkan arang aktif meningkatkan hasil dan penggunaan rutin tidak dianjurkan. Dalam sebuah studi tentang keracunan akut dari pestisida pertanian dan biji oleander kuning, pemberian karbon aktif tidak mempengaruhi tingkat kelangsungan hidup.

2. Masalah sakit perut dan kembung

Arang aktif digunakan untuk mengobati sakit perut akibat gas, diare, atau masalah perut lainnya.

Arang aktif dijual di Inggris mulai pada awal abad ke-19, awalnya sebagai obat untuk perut kembung dan masalah perut.

Ini juga digunakan dalam kasus-kasus tertentu dari overdosis obat dan keracunan tak disengaja, dan untuk membantu menenangkan sensasi gatal yang dirasakan beberapa orang saat menerima perawatan dialisis.

Produk yang mungkin dapat Anda temukan di apotek yang umum, arang aktif dijual dengan nama merek seperti Optimum Charcoal, Liqui-Char, Actidose Aqua, Charcoal Plus DS, EZ Char, Norit.

Ini bekerja dengan mengikat racun dan membentuk kompleks besar yang terlalu besar untuk diserap tubuh.

Ini juga dapat memblokir hati dari memproses atau memecah racun tertentu.

Bentuk khusus karbon, penggunaan arang aktif telah ada sejak ribuan tahun yang lalu hingga zaman Mesir kuno.

Tablet atau kapsul karbon aktif digunakan di banyak negara sebagai obat bebas untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, dan perut kembung.

Karbon aktif juga digunakan untuk persiapan usus dengan mengurangi kandungan gas usus sebelum radiografi perut untuk memvisualisasikan empedu dan batu pankreas dan ginjal. Jenis arang aktif atau karbon aktif  juga telah dipasarkan sebagai produk perawatan hewan peliharaan.

3. Pemutihan gigi dan kesehatan mulut

Lusinan produk pemutih gigi mengandung arang aktif.

Banyak produk kesehatan mulut yang mengandung arang aktif mengklaim memiliki berbagai manfaat, seperti:

  • antivirus
  • antibakteri
  • antijamur
  • detoksifikasi

Sifat menyerap racun arang aktif mungkin penting di sini, tetapi tidak ada penelitian yang signifikan untuk mendukung penggunaannya untuk memutihkan gigi atau kesehatan mulut.

Dalam ulasan tahun 2017, para peneliti menyimpulkan tidak ada data laboratorium atau klinis yang cukup untuk menentukan keamanan atau efektivitas arang aktif untuk memutihkan gigi atau kesehatan mulut.

4. Perawatan kulit

Para peneliti telah melaporkan bahwa arang aktif dapat membantu menarik partikel mikro, seperti kotoran, debu, bahan kimia, racun, dan bakteri, ke permukaan kulit, untuk membuatnya mudah dihapus. Baca juga: Berapa Banyak Rata-Rata Sel Kulit Manusia Hilang Dalam Hidupnya?

5. Deodoran

Berbagai deodoran arang aktif tersedia secara luas. Arang dapat menyerap bau dan gas berbahaya, menjadikannya ideal sebagai deodoran ketiak, sepatu, dan kulkas.

Arang aktif juga dilaporkan mampu menyerap kelembaban berlebih dan mengontrol tingkat kelembaban pada tingkat mikro.

6. Infeksi kulit

Di seluruh dunia, banyak praktisi pengobatan tradisional yang berbeda menggunakan bubuk arang aktif yang terbuat dari tempurung kelapa untuk mengobati kondisi jaringan lunak, seperti infeksi kulit.

Arang aktif dapat memiliki efek antibakteri dengan menyerap mikroba berbahaya dari luka. Beberapa tersedia secara komersial.

Karbon Aktif (Active Charcoal) untuk Meringankan Sakit Perut dan Gas, Keracunan, Pemutih Gigi, Perawatan Kulit, dll

Karbon Aktif (Active Charcoal) untuk Meringankan Sakit Perut dan Gas, Keracunan, Pemutih Gigi, Perawatan Kulit, dll

Tentang Karbon Aktif

Golongan Antidot keracunan
Kategori Obat resep
Manfaat Menyerap racun yang tertelan dan menangani gangguan saluran pencernaan
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak 1 tahun ke atas
Kategori kehamilan dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.Karbon aktif belum diketahui diserap ke dalam ASI atau tidak. Bagi ibu menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter.
Bentuk obat Tablet

Peringatan

  • Karbon aktif tidak efektif dalam mengatasi keracunan yang disebabkan oleh sianidalithium, alkohol, dan zat besi.
  • Hindari penggunaan karbon aktif pada penderita gangguan usus dan anak usia di bawah 1 tahun.
  • Obat ini dapat menyebabkan muntah.
  • Kombinasi dengan sorbitol atau obat bisacodyl dapat menyebabkan gangguan elektrolit. Elektrolit adalah unsur alami yang dibutuhkan untuk menjaga organ-organ tubuh agar berfungsi normal. Fungsi tubuh yang dipengaruhi elektrolit, antara lain adalah irama jantung, kontraksi otot, dan fungsi otak.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah menggunakan karbon aktif, segera temui dokter.

Dosis Karbon Aktif

Kondisi Usia Dosis
Keracunan Dewasa 25-100 g dalam dosis tunggal, atau 50-100 yang dibagi ke dalam beberapa jadwal konsumsi.Dosis alternatif adalah 25 mg tiap 2 jam, atau 50 mg tiap 4 jam.
Anak-anak usia 1-12 tahun 25-50 mg per hari.
Gangguan saluran cerna Dewasa 0,975-3,9 g, tiga kali sehari.

Mengonsumsi Karbon Aktif dengan Benar

  • Ikuti anjuran dokter dan baca petunjuk yang tertera pada kemasan obat dalam mengonsumsinya.
  • Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain, berikan jarak 2 jam sebelum atau setelah mengonsumsinya. Mengonsumsinya dengan obat lain secara bersamaan dapat mengurangi kemampuan tubuh menyerap obat lain.
  • Hindari mencampurnya dengan sirup cokelat, es krim, atau serbat, karena dapat mengurangi efektivitas obat.

Interaksi Obat

Berikut ini adalah interaksi yang dapat terjadi jika menggunakan karbon aktif dengan obat lain. Di antaranya adalah:

  • Mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap obat lain.
  • Mengurangi efektivitas obat methionine.

Efek Samping Karbon Aktif

Sama seperti obat pada umumnya, ia juga memiliki efek samping. Efek samping tersebut meliputi:

  • Muntah
  • Diare
  • Trombositopenia (penurunan jumlah trombosit di bawah batas minimal. Nilai trombosit yang normal adalah 150.000 hingga 450.000 per mikroliter darah.).
  • Hipotensi
  • Hipokalemia (kondisi ketika kadar kalium dalam aliran darah berada di bawah batas normal. Dalam kondisi normal, kadar kalium di dalam darah berkisar antara 3,6 sampai 5,2 milimolar per liter (mmol/L). Namun, apabila kadar kalium sangat rendah, yakni kurang dari 2,5 mmol/L, maka hal tersebut bisa berbahaya atau bahkan menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani).
  • Hipoglikemia
  • Feses hitam

 

Apakah Bahan Karbon Aktif?

Bahkan karbon aktif dapat dibuat dari limbah biomasa seperti kulit kacang-kacangan, limbah padat pengepresan biji – bijiaan, ampas, kulit buah dan lain sebagainya.

Proses pembuatan arang aktif

Dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu pengaktifan secara fisika dan secara kimia. Pengaktifan secara fisika pada dasarnya dilakukan dengan cara memanaskan bahan baku pada suhu yang cukup tinggi (600 – 900 C) pada kondisi miskin udara(oksigen), kemudian pada suhu tinggi tersebut dialirkan media pengaktif seperti uap air dan CO2.

Sedangkan pada pengaktifan kimiawi, bahan baku sebelum dipanaskan dicampur dengan bahan kimia tertentu seperti KOH, NaOH, K2CO3 dan lain sebagainya.

Biasanya pengaktifan secara kimiawi tidak membutuhkan suhu tinggi seperti pada pengaktifan secara fisis, namun diperlukan tahap pencucian setelah diaktifkan untuk membuang sisa – sisa bahan kimia yang dipakai. Sekarang ini telah dikembangkan pengabungan antara metode fisika dan kimia untuk mendapatkan sekaligus kelebihan dari kedua tipe pengaktifan tersebut.

Prinsip kerja norit

Prinsip kerja norit adalah ketika masuk kedalam perut dia akan mampu menjerap bahan – bahan racun dan berbahaya yang menyebabkan gangguan pencernaan. Kemudian menyimpannya di dalam permukaan porinya sehingga nantinya keluar nantinya bersama tinja.

Bahan dasar karbon aktif

Secara umum karbon aktif ini dibuat dari bahan dasar batu bara dan biomasa. Intinya bahan dasar pembuat karbon aktif haruslah mengandung unsur karbon yang besar. Dewasa ini karbon aktif yang berasal dari biomasa banyak dikembangkan para peneliti karena bersumber dari bahan yang terbarukan dan lebih murah.

Bahkan karbon aktif dapat dibuat dari limbah biomasa seperti kulit kacang-kacangan, limbah padat pengepresan biji – bijiaan, ampas, kulit buah dan lain sebagainya. Proses pembuatan arang aktif dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu pengaktifan secara fisika dan secara kimia. Pengaktifan secara fisika pada dasarnya dilakukan dengan cara memanaskan bahan baku pada suhu yang cukup tinggi (600 – 900 C) pada kondisi miskin udara(oksigen), kemudian pada suhu tinggi tersebut dialirkan media pengaktif seperti uap air dan CO2.

Sedangkan pada pengaktifan kimiawi, bahan baku sebelum dipanaskan dicampur dengan bahan kimia tertentu seperti KOH, NaOH, K2CO3 dan lain sebagainya. Biasanya pengaktifan secara kimiawi tidak membutuhkan suhu tinggi seperti pada pengaktifan secara fisis, namun diperlukan tahap pencucian setelah diaktifkan untuk membuang sisa – sisa bahan kimia yang dipakai. Sekarang ini telah dikembangkan pengabungan antara metode fisika dan kimia untuk mendapatkan sekaligus kelebihan dari kedua tipe pengaktifan tersebut.
 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
 

Sumber bacaan: Wikipedia (Inggris)HaycarbMedical News Today

                       
 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-05-19T21:14:57+07:00 Mei 17th, 2019|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment