Cacing laut pengganti darah dan cocok untuk semua jenis golongan darah – Lugworms, Arenicola laut

Hemoglobin Lugworm yang hebat – Cocok untuk pengobatan

Fungsi hemoglobin adalah untuk mengangkut oksigen dalam sel darah merah dan menurut Gregory Raymond, seorang ahli biologi di Aquastream, hemoglobin lugworm boleh mengangkut 40 kali lebih banyak oksigen dari paru-paru ke tisu berbanding manusia. Peneliti Prancis perusahaan telah menandatangani kemitraan penelitian dengan Angkatan Laut AS, dan pada tanggal 8 Februari 2018 mereka menerima Penghargaan Kreatif Berikutnya yang membedakan pengusaha Prancis di Amerika Serikat. Cacing laut pengganti darah yang bernama Arenicola marina berguna untuk menggantikan kesehatan!

Ia juga mempunyai satu kelebihan yaitu ia cocok dengan semua jenis golongan darah. Menurut seorang peneliti Perancis, darah cacing tanah memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menyimpan oksigen.

Cacing Arenicola marina (Lugworm)

Sebuah Annelida laut besar (Arenicola marina) memiliki deretan insang berumbai di sepanjang setiap sisi belakang. Hal ini ditemukan menggali di pantai berpasir, baik di Amerika dan Eropa, dan digunakan untuk umpan oleh nelayan Eropa. Disebut juga lobworm, dan baitworm.

Lugworms, Arenicola laut , juga dikenal sebagai cacing batu yang tinggal di liang cacing annelida dan dapat mencapai kepadatan setinggi 100 – 150 per meter persegi di daerah tertentu. Jangka hidup lugworm adalah diperkirakan 5-6 tahun. Mereka bioturbate (kembali bekerja, kembali oksigenat) pasir dan berfungsi sebagai sumber makanan untuk berbagai hewan lain seperti flatfish dan burung. Lugworms memiliki cara cerdas untuk menghindari dimakan. Bagian dari mereka yang terkena predasi (ekor) dapat regrown jika hilang (seperti beberapa kadal).

Habitat :

Lugworms dapat di temukan di pasir pantai dan berlumpur serta terlindung,

 

Proses produksi lugworm yang stabil

Raymond dan timnya ahli dalam produksi telur ikan. Mereka telah bergabung dengan perusahaan bioteknologi perusahaan Hemarina pada tahun 2015 dengan harapan memperoleh proses produksi lugworm stabil.

Fasilitas ini sekarang memproduksi lebih dari 1,3 juta cacing setiap tahun, masing-masing dengan hemoglobin yang berharg untuk mengetahui apakah cacing laut pengganti darah dapat berhasil diuji coba dengan baik?

 

Uji coba cacing laut untuk pengobatan pengganti darah

“Awalnya kami mulai dari nol. Karena cacing tersebut belum pernah dipelajari, kita perlu mempelajari pentingnya obat dalam cacing tanah atau nama ilmiahnya Arenicola marina – dimulai pada tahun 2003.

Masalahnya, hemoglobin hewan yang digunakan untuk menggantikan hemoglobin manusia dapat menyebabkan alergi dan kondisi ini dapat merusak ginjal.

Menurut laporan AFP, ketika menggunakan lugworms, hemoglobin dilarutkan dalam darah dan tidak terkandung dalam sel darah merah manusia – dengan kata lain cocok dengan semua jenis darah – dan struktur hampir identik dengan hemoglobin manusia.

Pada tahun 2006, potensi cacing dikonfirmasi dalam penelitian utama. Para ilmuwan di Roscoff telah mengekstraksi dan memurnikan hemoglobin dari lugworm yang tertangkap dan mengujinya pada tikus laboratorium. Tikus berada dalam kondisi baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda respon imun seperti yang ditunjukkan oleh hewan lain.

Jika terbukti aman untuk digunakan manusia, cacing kaya oksigen dapat mengatasi syok septik – penurunan tekanan darah yang dapat menyebabkan kegagalan beberapa organ berfungsi dan membantu memulihkan organ selama transplantasi organ.

Uji klinis produk darah ini dimulai pada tahun 2015 untuk mengetahui apakah cacing laut pengganti darah dapat bekerja dengan baik untuk tubuh manuasia?

The Lugworm hemoglobin digunakan tahun lalu di 10 transplantasi ginjal manusia di sebuah rumah sakit di kota Brest, barat Perancis. Sekarang di seluruh Perancis, ada 60 pasien yang terdaftar dalam tes produk darah ini.

 

Cacing laut pengganti darah untuk pengobatan

Cacing laut pengganti darah bernama Arenicola marina. Sumber foto: Jezzdk / Wikimedia

 

Rahasia cacing laut pengganti darah

Rahasia keuntungan dari hemoglobin lugworm terletak pada kemampuannya untuk bertahan hidup dalam kondisi kritis, yang menanamkan dirinya ke dalam pasir di tepi air.

Cacing ini memiliki panjang sekitar 25 cm (10 inci) dan memiliki beberapa insang lebat di luar tubuhnya.

Ketika terendam dalam air ketika pasang, cacing membangun cadangan oksigen yang memungkinkannya bertahan lebih dari delapan jam ketika air surut.

Siapa pun yang berjalan di sepanjang pantai berpasir pada saat air surut akan dapat melihat bukti adanya seekor lugworm, sebuah kelompok pasir berputar mendorong keluar dari lubang mereka, 10 cm di bawah permukaan.

Namun, selain para pemancing selalu menggali umpan, ini jarang terlihat – dan pemuliaan adalah tantangan baru. Di antara kesulitan yang dihadapi adalah bekerja dengan hewan kecil yang tersembunyi, “jelas Raymond

Awalnya, Aquastream dihadapkan dengan masalah reproduksi dasar – termasuk bagaimana membedakan antara lugworm laki-laki dan perempuan. Setelah sembilan bulan pengujian, ditemukan bahwa “ada 50 persen cacing dewasa yang hidup dan kebanyakan menghasilkan telur,” kata Herault. Larva awalnya sekitar 1 mm, setelah cacing sepanjang 5 mm, pada titik ini mereka akan diangkut ke situs uji Hemarina.

Para pekerja dari Aquastream melihat ke baskom di mana lugworm dibelah di Ploemeur di Perancis barat.
Direktur Aquastream, Nathalie Le Rouilly, mengatakan usaha patungannya dengan Hemarina akan mampu memasok dunia ilmu kedokteran dengan pasokan cacing yang berkelanjutan.

 

Potensi hemoglobin pada cacing laut untuk kesehatan

“Tidak ada tempat lain di Prancis atau di dunia dengan kemampuan untuk menghasilkan lugworm dalam lingkungan yang terkendali untuk memastikan pasokan berkelanjutan hemoglobin,” katanya.

Para ilmuwan sangat tertarik dengan potensi hemoglobin lugworm – tetapi mereka juga memperhatikan dan memerinci prosedur uji sebelum molekul mereka dapat secara aman dan efektif divalidasi untuk manusia.

“Keistimewaan hemoglobin yang diambil dari lugworm dapat membantu dalam prosedur penerimaan kulit. mempromosikan regenerasi tulang dan menghasilkan darah universal, “kata Raymond.

Jika ini terjadi, darah lugworm juga memungkinkan organ yang disumbangkan untuk disimpan di luar tubuh untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini memiliki potensi untuk membantu ribuan penerima setiap tahun.

Dalam satu hari, darah kering yang telah dibekukan dapat menjadi pengganti suplai darah standar – ini dapat menjadi keuntungan ketika di medan pertempuran atau bencana.

Sumber bacaan: France AmeriqueWikipedia (Inggris), Public Radio InternationalThe University of Chicago

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-28T15:42:35+07:00 Juni 28th, 2018|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment