fbpx

Cara Aman Melakukan COD – Cash On Delivery (Bayar di Tempat)

Cara Melakukan COD (Cash On Delivery) yang Aman

Menjual barang Anda dengan metode transaksi Cash On Delivery (COD) memberikan Anda banyak keuntungan baik sebagai penjual maupun sebagai pembeli. Sebagai pembeli, tentunya Anda bisa dengan jelas melihat spesifikasi dan kondisi barang yang akan dibeli. Sedangkan sebagai penjual, Anda akan mudah menjelaskan barang yang dijual, kondisi pemakaian, atau detail lainnya yang perlu diketahui pembeli. 

Ketika memutuskan bertransaksi dengan cara COD (Cash On Delivery), perhatikan hal-hal berikut :

Anda sebagai pembeli

  • Jika Anda sebagai pembeli, sebelum COD, cek harga pasaran barang yang akan Anda beli (harga kondisi baru atau bekas). Pastikan harga barang yang akan dibeli tidak jauh dibawah harga pasaran atau terlalu murah (too good to be true).
  • Pastikan cek barang yang akan Anda beli dengan teliti. Jika ada teman yang mengerti tentang barang yang akan Anda beli, ajak teman Anda untuk membantu mengecek barang.
  • Pilih tempat yang ramai, familiar, dan mudah dijangkau seperti Shopping Mall, Convenience Store, cafe atau restaurant. Jika Anda harus membawa uang dalam jumlah yang banyak, Anda bisa COD di lokasi sekitar Bank dan melakukan transfer bersama dengan penjual setelah deal dengan barang yang akan dibeli.
  • Ajak teman untuk menambah rasa aman saat bertransaksi atau beritahu salah satu teman jika Anda akan melakukan COD di tempat tertentu.

Anda sebagai penjual

Jika Anda bertransaksi sebagai penjual, pastikan cek keaslian uang yang diberikan oleh pembeli. Pastikan uang yang Anda terima dari pembeli bukan uang palsu. 

Apakah COD (Cash on Delivery) itu?

Pembayaran tunai adalah jenis pembayaran yang dilakukan pada pengiriman daripada di muka melalui pembayaran online atau transaksi bank. Ini dapat dipertukarkan dengan istilah “membayar saat pengiriman” karena saat ini juga termasuk transaksi dengan kartu kredit atau debit dan bentuk pembayaran tanpa uang tunai lainnya.

Manfaat Anda Menggunakan COD (Cash on Delivery)

Tidak ada risiko gagal bayar, karena barang tidak diserahkan sampai pembayaran dilakukan: Tidak diperlukan pemeriksaan kelayakan kredit (khususnya berguna saat mengirim ke seseorang yang melakukan pemesanan pertamanya)

Meningkat likuiditas: Menyelesaikan pembayaran dengan cepat meningkatkan likuiditas, karena biasanya uang ditransfer kepada Anda dalam 1-2 hari kerja sejak barang dikirim.

Kebijaksanaan untuk penerima Anda: Dengan membayar tunai, pembelian tidak akan muncul pada laporan rekening bank.

Haruskah penjual mencari layanan yang menawarkan opsi COD (Cash on Delivery)?

Sebagai pemilik e-commerce kecil, bekerja dengan perusahaan kurir yang menawarkan opsi pembayaran ini bisa menjadi keputusan yang cerdas. Ini terutama masuk akal dalam dua kasus:

1. Jika Anda adalah perusahaan yang baru didirikan yang tidak memiliki banyak ulasan daring atau bukti kredibilitas lain namun menawarkan pembayaran tunai pengiriman dapat membuat pembeli lebih percaya diri pada keandalan perusahaan. Namun, metode pembayaran ini biasanya merupakan pilihan orang yang tidak paham teknologi atau, karena alasan tertentu, cenderung tidak memercayai transaksi online. Jika pelanggan tersebut berada di antara audiens target Anda, memilih untuk menawarkan pembayaran tunai pada pengiriman dapat menyebabkan lebih banyak pelanggan baru dan akibatnya meningkatkan penjualan.

2. Selain itu, menawarkan opsi pembayaran ini juga memberikan kemungkinan melakukan pembelian kepada pelanggan tanpa dana yang cukup pada kartu kredit mereka atau kepada pelanggan yang lebih muda yang belum memilikinya, sehingga ini juga dapat menargetkan jenis audiens ini.

Namun, penjual yang menawarkan jenis pembayaran ini juga harus mempertimbangkan kemungkinan komplikasi yang mungkin timbul. Karena pembeli tidak berkewajiban untuk menerima pengiriman, maka ia dapat menolaknya dan penjual mungkin akhirnya harus membayar biaya tambahan pengiriman kembali. Klien yang memilih jenis pembayaran ini biasanya juga kurang berkomitmen untuk membeli dibandingkan dengan mereka yang membayar di muka, jadi pengiriman yang ditolak sebenarnya bukan kasus yang tidak biasa.

Beberapa Alasan Untuk Menggunakan COD (Cash On Delivery)

  • Mampu dan dapat hadir di alamat yang diberikan pada hari pengiriman – oleh karena itu lebih sering dipilih oleh mereka yang sudah pensiun atau memiliki jam kerja yang fleksibel.
  • Lebih banyak keleluasaan untuk pembeli – pembelian tidak akan ditampilkan pada laporan rekening bank, jadi dapat dipilih untuk pembelian yang pembeli lebih suka untuk tetap pribadi.
  • Baik untuk melakukan pembelian online yang lebih kecil – kurir tidak akan menerima pembayaran tunai pada pengiriman untuk pembelian bernilai tinggi.

Apa aturan umum perusahaan kurir untuk metode pembayaran tunai COD?

Sebagaimana dinyatakan di atas, perusahaan pengiriman / kurir hanya akan mengirimkan barang-barang yang membutuhkan uang tunai untuk pembayaran pengiriman kepada pelanggan yang secara fisik hadir di alamat pengiriman.

Karena itu mereka harus melakukan beberapa upaya pengiriman jika penerima tidak ada dan jumlah upaya tersebut selalu terbatas. Jika kurir berulang kali gagal mengirimkan paket karena penerima tidak ada, paket tersebut akan disimpan di depot lokal atau dikirim kembali ke penjual.

Selain itu, perusahaan kurir membatasi jumlah maksimum untuk pengiriman uang pengiriman dan jumlah ini dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan.

Jika Anda membeli sesuatu yang bernilai lebih tinggi, metode pembayaran tunai mungkin tidak dapat dilakukan dalam kasus ini.

Bacaan Lainnya

 
 
 
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Money Connexion

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2019-02-15T16:59:49+07:00 Februari 15th, 2019|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment