fbpx

Latihan Mata untuk Meningkatkan Penglihatan

Tahukah Anda Harus Melakukan Latihan Mata?

Pikirkan tentang jadwal latihan mingguan Anda: Apakah Anda melatih perut Anda? sudah… Kaki? sudah… Tangan? sudah… Mata? … ?? Kalau belum, mari coba latihan mata dibawah ini…

Ya, sungguh — mata Anda perlu dilatih sama seperti bagian tubuh Anda yang lain.

Mata Anda memiliki otot dan bisa merasa tidak nyaman jika berada dalam satu posisi terlalu lama, seperti halnya otot tubuh lainnya. Berikan otot-otot mata Anda istirahat!

Dengan melakukan bahkan beberapa latihan ini, Anda dapat meningkatkan produktivitas, menghilangkan sakit kepala dan kesalahan, dan bahkan mengurangi risiko glaukoma. Dan Anda bahkan tidak perlu mengambil cuti untuk latihan ini sehingga jadwal yang sibuk seharusnya bukan alasan.

“Seperti halnya pemeriksaan mata secara langsung harus menjadi bagian dari rutinitas kesehatan tahunan setiap orang, kebersihan visual yang baik harus menjadi bagian dari hari semua orang untuk meningkatkan kenyamanan visual dan kinerja visual,” kata Lindsay Berry, OD, seorang neuro-optometris di Dallas.

Itu benar: Ada seluruh bagian optometri yang didedikasikan untuk cara otak Anda menggunakan mata Anda, dan di situlah latihan mata masuk. Latihan sederhana yang meningkatkan kemampuan mata Anda untuk bergerak dan fokus pada target, mirip dengan cara Anda dapat melakukan latihan kelincahan atau fleksibilitas untuk bergerak lebih jauh dan lebih cepat pada kaki Anda. Di sini, tiga latihan mata untuk dicoba dari Dr. Berry — dan mengapa Anda harus meluangkan waktu untuk mereka dalam rutinitas kesehatan Anda.

Cara Melakukan Latihan Mata

1. Peregangan Mata

Anggap ini sebagai fleksibilitas dan mobilitas bekerja untuk otot mata Anda. Ini akan memberi Anda kemampuan untuk menggerakkan mata Anda dengan bebas dalam berbagai gerakan.

A. Letakkan jari-jari Anda di “posisi curam” dan pegang jari-jari Anda sejauh satu kaki dari wajah Anda.
B. Pertahankan kepala tetap diam, gerakkan jari sejauh mungkin ke kiri mata Anda dan tahan selama 5 detik.
C. Ulangi, gerakkan jari ke kanan, lalu ke atas, lalu ke bawah.

Ulangi 3 kali sehari.

2. Fokus Fleksibilitas

Latihan ini akan membantu Anda menyempurnakan kemampuan laser dengan cepat dan akurat pada sesuatu (dekat atau jauh) tanpa melelahkan mata Anda.

A. Duduklah dengan nyaman dengan sesuatu untuk dibaca sekitar 6 inci dari hidung Anda dan sesuatu untuk dibaca sekitar 10 kaki jauhnya.
B. Fokus pada target jauh dan tahan selama 5 detik. Kemudian alihkan pandangan Anda untuk fokus pada objek yang dekat dan tahan selama 5 detik.
C. Perhatikan seberapa cepat Anda bisa membuat hal-hal yang jernih dan kenyamanan mata Anda pada setiap jarak.

Ulangi 10 kali sehari.

3. Push-Up Mata

Push-up tidak hanya untuk lengan Anda! Eye push-up membantu mengajarkan mata Anda untuk bekerja sebagai sebuah tim untuk memindai hal-hal di sekitarnya (seperti ponsel cerdas atau komputer Anda) tanpa merasa lelah.

A. Pegang pensil sejauh lengan. Melihat pensil, perlahan-lahan gerakkan ke dalam ke arah hidung Anda, jaga agar tetap tunggal selama mungkin.
B. Jika pensil “terbagi menjadi dua” sebelum mencapai hidung Anda, berhentilah menggerakkan pensil dan lihat apakah Anda dapat membuatnya tunggal lagi. Jika pensil menjadi singular lagi, terus gerakkan pensil ke arah hidung Anda. Jika tidak, gerakkan pensil secara perlahan hingga Anda hanya melihat satu pensil. Lalu perlahan-lahan gerakkan pensil ke hidung Anda lagi.

Ulangi selama 3 menit sehari.

4. Berkedip

Duduk dengan nyaman dengan mata terbuka. Berkedip 10-15 kali dengan sangat cepat. Tutup mata Anda dan rileks selama 20 detik. Ulangi ini 4-5 kali.

Cara latihan mata Cara latihan mata. Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay

Manfaat Melakukan Latihan Mata

Latihan mata ini tidak harus membentuk otot seperti latihan halter Anda. Sebaliknya, mereka lebih seperti latihan mobilitas untuk bola mata Anda: Mereka meningkatkan koneksi mata-otak Anda dan memungkinkan Anda untuk menggerakkan mata Anda dengan lebih mudah dan efisien. (FYI inilah mobilitas dan beberapa mitos umum yang harus kamu hentikan untuk percayai.)

“Jika ada kekurangan dalam sistem visual Anda (yang dapat diidentifikasi selama pemeriksaan mata tahunan), maka latihan mata dapat ditentukan sebagai bagian dari terapi penglihatan untuk meningkatkan koneksi otak-mata dan sistem visual secara keseluruhan,” kata Dr. Berry. “Namun, bahkan jika Anda tidak mengalami kekurangan visual, latihan mata dapat membantu mengurangi stres visual dan kelelahan visual.”

Anda mungkin berpikir, “Mataku baik-baik saja, aku tidak perlu melatihnya!” Tetapi jika Anda bekerja di depan komputer atau gulir Instagram di reg, Anda mungkin perlu melakukannya. (Lihat: Apakah Anda Mengalami Ketegangan Mata Digital atau Sindrom Penglihatan Komputer?)

“Kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar hari mereka di komputer, tablet, atau smartphone, dan melihat target yang dekat (dalam jarak sekitar 16 inci) untuk jangka waktu yang lama dapat menambah banyak tekanan pada mata Anda,” kata Dr. Berry. “Seperti halnya Anda akan melakukan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga, akan sangat membantu untuk meregangkan mata sebelum dan sesudah hari yang panjang di tempat kerja.”

Dan, tidak, latihan mata belum tentu meningkatkan penglihatan Anda. (Anda tidak dapat menghentikan jalan keluar dari membutuhkan kacamata dengan mempraktikkannya secara religius setiap hari.) Satu studi yang diterbitkan dalam Current Biology menemukan bahwa mereka dapat membantu mengurangi titik buta alami Anda (yang dimiliki setiap orang), dan studi lain menemukan bahwa memiliki anak-anak berlatih latihan mata dapat membantu menunda masalah penglihatan. Namun, saat ini tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa latihan dapat meningkatkan rabun jauh, rabun jauh, atau astigmatisme, menurut American Academy of Ophthalmology.

Bacaan Lainnya

 

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com


Cara daftar pasang iklan gratis 3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda. Berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan beberapa program latihan baru.

Sumber bacaan: HDFC Health, Shape

Artikel ini diperbaharui pada tanggal: 16/02/2019.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 

                      

 



By | 2019-02-15T15:01:36+07:00 Februari 15th, 2019|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment