Cara Mencegah Kebakaran di Rumah atau Kantor Anda

Cara Mencegah Kebakaran di Rumah atau Kantor Anda

Banyak kebakaran mulai di dapur, terutama kebakaran lemak. Jangan pernah meninggalkan panci tanpa pengawasan ketika menggoreng lemak dalam dan menonton untuk overheating. Untuk penggorengan yang lebih aman, gunakan chip oven atau penggorengan lemak yang dikontrol secara termostatik. Dibawah ini adalah cara mencegah kebakaran dirumah atau kantor Anda.

Nyawa tidak dapat dibeli, tetapi keamanan untuk mencegah kebakaran dapat dipelajari dan dibeli!

1. Simpan dan jagalah korek api di luar jangkauan anak-anak

Jika ada anak-anak di sekitar Anda, pastikan meletakkan dari jangkauan mereka. Anak kecil tidak dapat mengerti dengan jelas jika Anda tidak menjelaskan kepada mereka apa bahaya api.

 

2. Pasang detektor asap dan alat pemadam kebakaran

Pasang detektor asap yang telah disetujui di setiap lantai, terutama di dapur. Pilih alarm asap yang dioperasikan oleh induk atau yang memiliki baterai jangka panjang (sepuluh tahun). Alat pemadam kebakarang harus diperiksa satu tahun sekali.

 

3. Jangan memasak tanpa pengawasan

Memasak adalah penyebab nomor satu kebakaran di rumah dan Anda harus tahu cara mencegah kebakaran tersebut. Memasak tanpa pengawasan meningkatkan kemungkinan kebakaran atas wajan dan kompor. Perhatikan apa yang Anda panaskan dan selalu tunggu sapai masak!

Jangan pernah memanaskan minyak goreng dan menggoreng masakan tanpa pengawasan. Jika terjadi kebakaran dalam wajan, dengan hati-hati selipkan penutup di atas panci untuk menahan api. JANGAN memindahkannya ke wastafel atau menggunakan air untuk mematikan api tersebut, ini akan menyebabkan minyak menyala untuk memercikkan dan menyebarkan api ke daerah sekitarnya.

 

4. Atur dan bersihkan dapur Anda dengan baik

Simpan wadah minyak goreng jauh dari kompor. Saat memasak dengan minyak, jangan pernah meninggalkan kompor tanpa pengawasan. Untuk menghentikan api “lemak/minyak”, matikan kompor dan letakkan tutup panci untuk mematikan api, atau tuangkan banyak soda kue. Jangan pernah menuangkan air ke api minyak atau mencoba untuk membawa panci keluar; air yang mencipratkan minyak akan membuat api lebih besar, dan panci akan terlalu panas untuk dibawa.

 

5. Rute pelarian harus jelas

Rencanakan rute pelarian Anda. Ingat, keluar dan panggil pemadam kebakaran! Jika Anda berada di sebuah gedung perkantoran, pertokoan atau apartemen, selalu pelajari dan ketahui akses keluar gedung yang telah disediakan. Pada saat kebakaran terjadi, listrik cenderung akan mati total, selalu sediakan lampu senter, hal ini dapat ditemukan dalam perangkat HP Anda.

 

6. Pastikan untuk memadamkan materi rokok dengan benar dan jangan merokok di ranjang

Bahan-bahan rokok yang tidak dimusnahkan dengan benar dapat membasahi tidak terdeteksi selama berhari-hari sebelum menyalakan api. Jangan membuang bahan merokok di tanah atau di pot tanaman.

 

7. Hindari penggunaan kabel extension / kabel panjang

Mereka dapat dengan cepat membebani sirkuit listrik. Ganti kabel alat yang tua, rusak atau berjumbai, dan jangan sekali-kali memaksakan untuk membetulkan sendiri kabel extension.

 

8. Periksa pemasangan kabel listrik

Periksa setidaknya sekali setiap lima tahun oleh kontraktor yang disetujui, atau secara langsung jika Anda membeli properti yang lebih tua. Hubungi ahli listrik profesional untuk setiap perbaikan listrik, jangan mencoba memperbaikinya sendiri jika Anda tidak terbiasa dengannya.

 

9. Simpan nomor telpon darurat

Pastikan Anda meletakkan nomer telpon darurat  dan latih anak-anak kecil sekalipun bagaimana cara meminta bantuan. Dalam keadaan darurat setiap orang dapat melakukan hal-hal yang berbeda, dapat juga melupakan nomor telpon darurat.

 

10. Pemeliharaan alat elektronik dan mesin-mesin

Pastikan mesin-mesin di tempat Anda dipelihara dengan baik untuk mencegah percikan api yang terlalu panas dan gesekan. Contohnya, AC harus diservis secara berkala. Mesin cuci dan peralatan elektronik harus bersih dari debu. Karena debu didalam perangkat elektronik dapat menyebabkan kebakaran. Pemeliharaan merupakan salah satu cara mencegah kebakaran.

 

11. Gunakan peralatan listrik dalam kondisi baik

Jangan gunakan peralatan listrk yang aus atau rusak. Jauhkan peralatan utama yang dioperasikan dengan listrik dari kamar mandi. Jika suatu alat tampak salah, berhenti menggunakannya dan periksakannya sekaligus. Jangan terlalu membebani soket listrik.

 

12. Hindari penggunaan lilin tanpa pengawasan atau sembrono

Jangan pernah menyalakan lilin tanpa pengawasan dari seseorang. Matikan lilin tersebut sebelum tidur.

 

Cara mencegah kebakaran rumah kantor

Cara Mencegah Kebakaran di Rumah atau Kantor Anda. Sumber foto dan ilustrasi: Mountain Home Air Force

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Mid West RemediationThe CooperatorsRospa

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-07-07T05:27:53+07:00 Juli 6th, 2018|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment