fbpx

Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

Cara mengatasi kenakalan remaja

Berurusan dengan remaja bukanlah sesuatu hal tentang memecahkan masalah pada ilmu sains yang rumit. Anda dapat memiliki hubungan yang sehat dengan anak remaja Anda jika Anda bersedia bersabar dan berusaha memahami dan bekerja dengan anak itu. Cara mengatasi kenakalan remaja bukan dengan kekerasan tetapi dengan memberi penjelasan dan pengertian.

Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini.

  • Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan point pertama.

  • Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.

  • Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.

  • Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapannya.

 

Tips dan Cara mengatasi kenakalan remaja untuk menangani perilaku remaja

1. Buat hubungan yang meyakinkan

Kepercayaan itu penting untuk hubungan apa pun. Jika Anda ingin anak remaja Anda mendengarkan Anda, atau mempertimbangkan apa yang Anda katakan, Anda harus mendapatkan kepercayaan mereka. Jaga hubungan terbuka di mana Anda harus berbagi hal-hal dengan satu sama lain – ketika Anda berbagi hal-hal penting tentang kehidupan dan pekerjaan Anda, anak remaja Anda akan tahu bahwa Anda memercayainya dan lebih mungkin untuk terbuka kepada Anda tentang hidupnya.

 

2. Berempati

Ingat, Anda dulu seorang remaja. Betapapun tidak masuk akal perilaku anak remaja Anda, cobalah bayangkan bagaimana perasaan mereka. Tempatkan diri Anda pada posisi mereka dan pahami perspektif mereka. Ketika Anda mencerminkan perasaan mereka, mereka merasa diakui dan mau berbagi perasaan, ide, dan pendapat mereka dengan bebas.

Tidak peduli seberapa buruk temperamen anak Anda, ia masih menghargai waktu untuk berbicara dan berhubungan dengan Anda. Anda mungkin perlu sedikit lebih memahami jika dia mudah marah atau berubah. Ini dapat membantu mengingat bahwa fase ini biasanya akan berlalu.

 

3. Hormati mereka

Apakah Anda ingin anak remaja Anda menghormati Anda? Ajari mereka tentang hal itu dengan menghormati mereka. Ketakutan atau intimidasi tidak dapat memberi Anda rasa hormat remaja Anda. Pimpin dengan memberi contoh – hormati kepribadian, ide, pendapat dan emosi mereka.

Jangan meremehkan mereka di depan teman-teman mereka atau bahkan secara pribadi, dan yang paling penting, jangan meremehkan atau mengkritik ide-ide atau pendapat mereka karena itu dapat membuat mereka tidak aman saat dewasa. Ketika Anda memperlakukan anak-anak Anda dengan rasa hormat, mereka akan menanggapi dengan rasa hormat yang sama terhadap Anda.

Siapa yang ingin dipermalukan jika seseorang melakukan kesalahan? Bimbingan orang tua adalah hal pentting, jika Anda dapat menarik kesimpulan bahwa Anak Anda melakukan kesalahan, jelaskan secara verbal dan jangan lakukan didepan umum: mengapa dia salah? hal apa yang sebaiknya ia lakukan? Jika Anda menjelaskan dan meberikan solusi dengan tepat dan baik, hal ini mungkin tidak akan ia ulangi lagi.

 

4. Tawarkan bantuan

Kebanyakan remaja dapat mengurus diri sendiri dan mungkin tidak membutuhkan bantuan Anda. Namun, penting untuk memberi tahu mereka bahwa Anda bersedia membantu mereka jika mereka membutuhkannya. Beberapa remaja mungkin merasa perlu melakukan semuanya sendiri dan mempertimbangkan mencari bantuan sebagai tanda ketidakcukupan.

Bantu anak-anak Anda memahami bahwa tidak semua orang dapat melakukan semuanya dan boleh saja meminta bantuan kadang-kadang. Anda dapat, sebagai alternatif, mencari bantuan mereka dalam hal-hal kecil untuk membuat mereka merasa terlibat. Ketika mereka melihat Anda mencari bantuan, mereka juga akan melakukannya seperti Anda.

 

5. Tunjukkan dan katakanlah bahwa Anda Peduli

Anak remaja Anda mungkin membenci Anda atau setidaknya, katakan demikian. Itu mungkin belum tentu benar. Juga, mereka mungkin melihat disiplin dan ketegasan Anda sebagai kebencian terhadap mereka dan percaya bahwa Anda hanya ingin membuat hidup menjadi sulit bagi mereka. Anda dapat mencegah anak remaja Anda mengembangkan perasaan negatif terhadap Anda dengan menunjukkan bahwa Anda peduli. Katakan kepada mereka betapa Anda mencintai mereka dan lakukan hal-hal kecil untuk membuat mereka bahagia.

Perubahan perilaku umum terjadi pada remaja. Apakah Anda memiliki remaja laki-laki atau perempuan, mengetahui apa yang normal dan apa yang tidak dapat membantu Anda menangani dan berinteraksi dengan mereka secara tepat dan membangun hubungan kooperatif yang menguntungkan Anda berdua.

Salah satu cara mengatasi kenakalan remaja adalah dengan cara berKOMUNIKASI. Ini adalah kunci pertama dari keberhasilan dalam memecahkan segala masalah. Jangan menganggap bahwa anak Anda sudah mengetahui hal-hal tertentu. Jika Anda tidak mengatakan atau mengutarakan “sesuatu” dengan jelas, anak Anda tidak bisa menebak!

 

6. Bersikap tegas dan konsisten

Remaja adalah seorang negosiator dan manipulator yang handal. Mereka mahir melihat tanda kelemahan orang tua. Ketika Anda mengutarakan dan mengalah pada permintaan mereka untuk keringanan terhadap sesuatu, mereka akan mengharapkan tanggapan yang sama setiap kali mereka berbuat salah atau melanggar aturan.

Menjadi konsisten tentang disiplin remaja juga berarti bahwa kedua orang tua harus berada di halaman atau lembar yang sama. Jika salah satu orangtua selalu mengatakan “ya” dan yang lain selalu berkata “tidak,” anak remaja Anda akan tahu persis orangtua mana yang harus ditanyakan atau “dikerjain”.

Ketika Anda bersikap tegas, jangan lupa untuk juga bersikap adil dan pengertian. Empati sedikit akan sangat membantu ketika mendisiplinkan para remaja. Salah satu cara mengatasi kenalan remaja adalah dengan bersikap tegas dan konsisten.

 

7. Jadilah teladan yang baik

Jika aturannya adalah “Tidak bersumpah (omong kotor) di rumah” dan tidak mengutuk, Anda memberi anak Anda kebebasan untuk melakukan hal yang sama. Cara mengatasi kenakalan remaja dan cara terbaik untuk mendorong perilaku remaja yang positif adalah dengan mengajak mereka berbicara.

Jika ada banyak ketegangan yang terjadi antara Anda dan anak Anda, orang dewasa lain yang Anda kenal dan percayai, seperti bibi, paman atau teman keluarga, mungkin dapat mendukung anak Anda selama periode ini. Melibatkan seseorang seperti ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meredakan ketegangan.

Perdebatan bukanlah sesuatu keberhasilan dan Anda berdua akan jarang menang. Ketika kita marah, kita bisa mengatakan hal-hal yang tidak kita maksudkan. Pendekatan yang lebih efektif adalah solusi yang dapat memberi diri Anda dan anak Anda waktu untuk menjadi tenang.

 

8. Buatlah peraturan secara tertulis

Agar tidak ada kesalahpahaman, buat daftar formal aturan rumah, atau ketik kontrak perilaku yang Anda dan anak remaja Anda. Posting daftar tersebut di lemari es atau di lokasi pusat lainnya di mana anak-anak Anda tidak akan dapat melewatkannya.

Contoh aturan yang jelas termasuk: “Jam pulang malam adalah jam 8 malam pada hari kerja, jam 10 malam pada akhir pekan dan tidak akan keluar sampai pekerjaan rumah selesai.” Jelaskan konsekuensinya juga: “Siapa pun yang melanggar salah satu dari peraturan ini kehilangan menonton televisi selama sehari.” Jika anak-anak Anda keluar dari garis, yang harus Anda lakukan hanyalah menunjuk ke daftar dan melakukannya.

Salah satu cara mengatasi kenakalan remaja dengan membuat peraturan secara tertulis! mungkin terdengar aneh dan lucu? tetapi sesuatu yang Anda tulis akan ada selalu berada di kertas tersebut. Jika Anda hanya berbicara saja, dia akan terbang seperti angin.

 

9. Ketahui aturan mana yang penting bagi Anda

Anda ingin konsistensi, tetapi bukan kekasaran. Tidak apa-apa untuk menyerah tentang hal-hal kecil sesekali, asalkan itu bukan sesuatu yang berbahaya.

Misalnya, rambut ungu atau biru mungkin tidak menarik bagi Anda, tetapi mungkin tidak akan menyakiti anak remaja Anda. Penggunaan narkoba dan alkohol, di sisi lain, tidak bisa dinegosiasikan.

Cara mengatasi kenakalan remaja bukanlah untuk menakut-nakuti, berikan beberapa fakta tertulis seperti: mengecat rambut secara terus menerus dapat merusak rambut dikemudian hari. Atau berikan gambaran yang faktual dan ringkas tentang apa sebenarnya obat-obatan terlarang itu, bagaimana cara kerjanya dan apa yang dapat mereka rusak jika mengkonsumsi narkoba. Klik disini untuk membaca artikel tentang: Narkoba – Contoh, Jenis, Pengertian, Efek jangka pendek dan panjang.

Jika Anda khawatir tentang kehamilan dini pada gadis remaja Anda, utarakan dan beri fakta bahwa, tidak hanya pada saat hamil saja membutuhkan uang atau ongkos, setelah kehamilan akan membutuhkan lebih banyak uang untuk pengobatan, edukasi dan lain sebagainya. Yang lebih penting adalah, apakah dia sudah siap untuk mengasuhnya? Siapa yang akan mengasuh dan berapa lama akan mengasuhnya?

 

10. Ajarkan tanggung jawab

Bagian penting dari pengasuhan remaja adalah untuk mengajari mereka cara membuat keputusan. Anak-anak perlu belajar bahwa pilihan apa pun yang mereka buat – baik atau buruk – memiliki konsekuensi. Duduk dan bicaralah tentang beberapa konsekuensi berbahaya dan jangka panjang yang dapat dilakukan oleh perilaku berisiko, termasuk penyalahgunaan narkoba, kehamilan, merokok dan mengemudi dalam keadaan mabuk.

Ketahuilah bahwa tidak peduli seberapa baik Anda mempersiapkan anak-anak Anda, mereka akan membuat beberapa kesalahan. Yang penting adalah menunjukkan pada mereka cara belajar dari kesalahan itu.

 

Cara mengatasi kenakalan remaja

Cara mengatasi kenakalan remaja bukan dengan kekerasan. Sumber foto: Pexels

 

Kapan Anda harus khawatir tentang ketidaksopanan anak remaja Anda?

Jika sikap anak Anda terhadap Anda dan keluarga tidak menanggapi salah satu strategi yang disarankan di atas, itu mungkin menjadi tanda peringatan bahwa ada masalah yang lebih dalam.

Anda mungkin juga khawatir jika ada perubahan dalam sikap atau suasana hati anak Anda, jika ia mengundurkan atau menarik diri dari keluarga, teman atau kegiatan biasa, atau jika ia melarikan diri dari rumah atau berhenti pergi ke sekolah.

Jika Anda khawatir tentang perilaku anak Anda, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Pertimbangkan mencari dukungan profesional – orang yang baik untuk diajak berbicara termasuk konselor sekolah, guru dan dokter umum Anda.

  • Diskusikan masalah ini sebagai sebuah keluarga, untuk mencari cara yang saling mendukung.

  • Berbicaralah dengan orang tua lain dan cari tahu apa yang mereka lakukan.

Bagaimana Anda menangani masalah perilaku di masa remaja Anda? Beritahu kami tentang ini dibawah ini.

 

Contoh Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang contoh kenakalan remaja (akan mebuka layar baru).

 

Sumber bacaan: Web MDRaising Children

    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-12T19:51:03+00:00 Juni 12th, 2018|Lainnya, Top 10|0 Comments

Leave A Comment