Penyakit Bohong (mitomania patologi) | Ciri Khas, Penyebab, Perawatan dan Pengobatan

Penyakit Bohong

Penyakit bohong atau mitomania adalah gangguan mental di mana orang tersebut biasanya atau secara kompulsif berbohong.

Tidak seperti mengatakan kebohongan sesekali untuk menghindari menyakiti perasaan seseorang atau mendapat masalah, pembohong patologis tampaknya berbohong tanpa alasan yang jelas. Hal ini dapat membuat frustasi atau sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika Anda yakin pernah bertemu dengannya.

Meskipun kebohongan patologis telah dikenali selama lebih dari satu abad, belum ada definisi universal yang jelas tentang kondisi tersebut.

Beberapa kebohongan patologis dapat terjadi akibat kondisi mental, seperti gangguan kepribadian antisosial (kadang-kadang disebut sosiopati), sementara yang lain tampaknya tidak memiliki alasan medis untuk perilaku tersebut.

Ciri khas penyakit bohong atau mitoman

Berikut karakteristik kebohongan patologis meliputi:

Motif internal untuk perilaku tersebut tidak dapat dilihat secara klinis: misalnya, pemerasan jangka panjang atau kebiasaan baterai pasangan dapat menyebabkan seseorang untuk berbohong berulang kali, tanpa berbohong sebagai gejala patologis.

Cerita yang diceritakan cenderung menampilkan pembohong dengan baik. Pembohong “menghiasi diri mereka sendiri” dengan menceritakan kisah-kisah yang menampilkan mereka sebagai pahlawan atau korban. Misalnya, orang tersebut mungkin ditampilkan sebagai orang yang sangat berani, mengetahui atau berhubungan dengan banyak orang terkenal, atau memiliki kekuasaan, posisi, atau kekayaan yang besar.

Beberapa psikiater membedakan kompulsif dari kebohongan patologis, sementara yang lain menganggapnya setara; namun yang lain menyangkal keberadaan kebohongan kompulsif sama sekali; ini tetap menjadi bidang kontroversi yang cukup besar.

Baca juga 👉 10 Ciri Orang Yang Berbohong | Anda Akan Tahu Bahwa Seseorang Berbohong Saat Anda Melihat Ini!

Penyebab Mitoman (Penyakit Bohong)

Psikolog tidak setuju apakah kebohongan kompulsif dapat berdiri sendiri sebagai diagnosisnya sendiri. Saat ini, Manual Diagnostik dan Statistik (DSM: Diagnostic and Statistical Manual) tidak mengenalinya sebagai kondisi kesehatan mental yang terpisah. Namun kebohongan kompulsif memang muncul sebagai gejala dari beberapa kondisi yang lebih besar.

Kebohongan kompulsif mungkin merupakan gejala dari:

  • Bipolar
  • Attention deficit hyperactivity (ADHD)
  • Masalah kontrol impuls
  • Ketergantungan zat
  • Kepribadian garis batas
  • Kepribadian narsistik
  • Kebohongan kompulsif jarang menunjukkan psikosis.

Orang yang berbohong secara kompulsif sering kali dapat mengidentifikasi akun mereka sebagai kebohongan. Jadi, mereka tidak jauh dari kenyataan.

Beberapa psikolog percaya bahwa lingkungan seseorang berperan besar dalam kebohongan kompulsif. Seseorang mungkin hidup dalam konteks di mana penipuan menciptakan keuntungan. Jika komunitas tidak menetapkan konsekuensi yang tegas atau konsisten untuk berbohong, seseorang mungkin percaya bahwa manfaat berbohong lebih besar daripada risikonya. Kebohongan juga bisa menjadi mekanisme koping untuk harga diri rendah atau trauma masa lalu.

Terlepas dari manfaat jangka pendek ini, kebohongan kompulsif sering kali menjadi bumerang dalam jangka panjang. Kebiasaan pembohong mungkin merasa sangat stres karena terus melacak kebohongan mereka. Mereka mungkin berjuang untuk memenuhi klaim mereka sendiri. Jika kebohongan mereka terungkap, hubungan mereka kemungkinan akan menjadi tegang. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin menghadapi konsekuensi hukum.

Perawatan dan Pengobatan untuk Penyakit Bohong

Orang yang berbohong secara kompulsif didorong untuk mencari bantuan terapis yang berkualifikasi. Seorang terapis dapat membantu pembohong yang terbiasa memahami kondisi mereka dan pengaruhnya terhadap orang lain. Mereka mungkin juga mengungkapkan diagnosis yang mendasari seperti bipolar atau ADHD: Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Dalam kasus ini, terapis kemungkinan akan menangani semua masalah seseorang secara bersamaan.

Jika seseorang berbohong kepada terapisnya, perawatannya bisa jadi sulit. Perawatan cenderung bekerja paling baik jika orang yang menjalani terapi mengetahui kondisinya. Jika orang tersebut dipaksa menjalani terapi, mereka tidak mungkin bekerja sama. Idealnya, orang yang menjalani terapi akan percaya bahwa pertolongan diperlukan dan melakukan upaya yang tulus untuk berubah.

Ketika seseorang berbohong kepada terapisnya, perawatannya bisa menjadi sulit. Bahkan jika terapis mengetahui kebohongan, orang tersebut mungkin menolak untuk mengakui ketidakjujurannya. Perlawanan ini berfungsi sebagai pembeda lain antara kebohongan kompulsif dan patologis. Dalam mengobati kebohongan patologis, beberapa terapis merasa bermanfaat untuk menangani kebohongan sebagai kecanduan.

Sesi kelompok atau individu dapat bermanfaat dalam pengobatan. Jika kebohongan seseorang mengganggu hubungan pribadi atau romantis, konseling pasangan juga bisa membantu. Strategi modifikasi perilaku seperti bermain peran dapat digunakan untuk mendorong perubahan dan mengukur kemajuan.

Kebohongan kompulsif bisa menjadi kondisi yang menantang. Tetapi dengan waktu dan usaha, itu bisa diobati.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: Good Theraphy, Health Line,

Sumber foto: Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-16T20:58:37+07:00 Januari 16th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment