PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Darah Dalam Nyamuk Berusia 46 Juta Tahun

3 min read

Darah pada nyamuk berusia 46 juta tahun

Darah dalam nyamuk berusia 46 juta tahun

Ahli paleontologi telah menemukan di perut fosil nyamuk di Montana hemoglobin mangsa yang hidup di Eosen (waktu geologi ke-2 dari lima zaman di Periode Tersier). Darah pada nyamuk berusia 46 juta tahun dalam film Jurassic Park, para ilmuwan menyadarkan dinosaurus dari DNA yang diawetkan dalam darah yang dimakan nyamuk yang diawetkan dalam damar.

Skenario yang dibuat-buat karena, hingga saat ini, tidak ada serangga yang dipenuhi darah dinosaurus yang pernah ditemukan (belum lagi bahwa DNA terdegradasi dalam beberapa ratus tahun).

Ahli paleontologi baru saja mengambil langkah maju dengan mengidentifikasi nyamuk betina yang mengandung darah fosil selama 46 juta tahun, atau 20 juta tahun setelah punahnya dinosaurus. Mereka sebenarnya telah menemukan 36 spesimen nyamuk yang diawetkan di bebatuan Montana, termasuk selusin spesies yang tidak diketahui, mereka menjelaskan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).

Tetapi individu yang paling menarik tidak diragukan lagi adalah individu betina, yang dapat dikenali dari antenanya yang halus dan perutnya yang gelap dan buncit, seolah-olah penuh dengan darah. Analisis dengan spektroskopi sinar-X menunjukkan bahwa tubuh serangga memiliki konsentrasi besi dan karbon yang tinggi, jauh lebih banyak daripada serpih tempat ia terkurung. Dengan pemeriksaan ion, mereka melihat bahwa besi dikaitkan dengan molekul heme, salah satu komponen hemoglobin. Oleh karena itu darah diambil dari mangsa.

Baca juga: Mengapa Dinosaurus Punah?

Hewan parasit tetap tidak diketahui, tetapi nyamuk terlihat seperti serangga yang menggigit burung. Para peneliti mengatakan teknik mereka dapat membantu mengidentifikasi molekul biologis lain dalam fosil yang bahkan lebih tua, seperti dinosaurus. Penemuan mereka juga memperkuat kepercayaan para peneliti lain yang mengklaim telah menemukan pada tahun 1997 dan kemudian pada tahun 2009 senyawa darah dalam tulang Tyrannosaurus rex dan Brachylophosaurus canadensis, dinosaurus “berkepala bebek”.

DNA burung pipit

Sayangnya, kenyataan tidak akan melampaui fiksi. Pertama karena saat ini tidak mungkin untuk merekonstruksi dinosaurus, bahkan jika kita memiliki DNA-nya (kisah kelam tentang nukleotida yang hancur). Kemudian karena fosil nyamuk yang ditemukan, bahkan jika itu adalah yang tertua yang ditemukan hingga saat ini, hanya terperangkap dalam resin 46 juta tahun sebelum zaman kita.

Oleh karena itu, nyamuk betina prasejarah, para peneliti mengumumkan, tidak dapat menggigit dinosaurus, yang telah menghilang 20 juta tahun sebelum makanan terakhirnya.

Tiba-tiba, darah yang terkandung dalam nyamuk tidak diragukan lagi adalah darah burung prasejarah biasa.

Fosil yang ditemukan di Montana utara, di Amerika Serikat, bagaimanapun juga merupakan penemuan ilmiah tingkat pertama.

Jurassic Park, skenario yang salah dalam darah pada nyamuk berusia 46 juta tahun?

Toxorhynchites, juga disebut “nyamuk gajah” sejauh ini adalah nyamuk terbesar di dunia: panjangnya bisa mencapai 1,5 cm. Tetapi mereka tidak menyengat: mereka hanya memakan nektar. Ironisnya, itu adalah nyamuk gajah yang kita lihat terperangkap dalam damar dari film Jurassic Park: oleh karena itu para ilmuwan film mengekstrak darah dinosaurus dari satu-satunya nyamuk di dunia yang tidak memakan darah.

Jurassic Park: Kesalahan kecil ini ditemukan oleh penggemar yang benar-benar mengubah plot

Nyamuk berusia 46 juta tahun dengan darah di dalamnya. Skenario ini layak untuk karya terakhir Jurassic Park. Namun, itu memang penemuan yang dibuat oleh ahli entomologi Amerika. Darah termasuk dalam spesies apa?

Apakah alur cerita Jurassic Park dimainkan di kehidupan nyata?

Dalam film tersebut, tim peneliti berhasil menghidupkan kembali dinosaurus menggunakan darah yang diambil dari nyamuk. Dan kebetulan, kami baru saja menemukan nyamuk berusia 46 juta tahun dengan darah di dalamnya. Penemuan seperti itu telah dilakukan dengan nyamuk yang bahkan lebih tua, berusia 95 juta tahun, tetapi nyamuk yang terakhir tidak mengandung darah. Sayangnya, spesimen pembawa darah kita tidak hidup di zaman dinosaurus. Kemungkinan melihat dinosaurus di Zoo du Parc Floral benar-benar padam. Kami meyakinkan Anda, bagaimanapun, teknik yang digunakan di Jurassic Park tidak akan layak dalam kenyataan menurut Smithsonian Mag, sebuah blog yang berspesialisasi dalam sains.

Terlepas dari kekecewaan ini, penemuan nyamuk ini luar biasa

Memang, menurut ahli biokimia dari Museum of Natural History di Washington, Dale Greenwalt, “itu adalah fosil pertama nyamuk yang masih berisi darah yang pernah ditemukan.” Nyamuk itu ditemukan di serpih minyak di negara bagian Montana.

Media orisinal yang, sebagaimana ditegaskan oleh peneliti dari University of Oregon, membuktikan “bahwa nyamuk penghisap darah dapat diawetkan dalam media selain amber.” Belum diketahui apakah darah yang terkandung dalam tubuh serangga dapat dianalisis dan apakah kita akan pernah tahu asal-usulnya. Sementara itu, kami membiarkan Anda membayangkan delusi paling gila.


Jenis Dinosaurus – Nama-Nama Dinosaurus dan Gambarnya


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sources: CleverlySmart, Business Insider, PNASSmithsonian Magazine

Sumber foto: Brocken Inaglory via Wikimedia Commons (CC BY-SA 3.0)

Deskripsi foto: seekor nyamuk dalam kalung amber Baltik berusia antara 40 dan 60 juta tahun. Harap dicatat nyamuk selamat dari lubang yang dibor untuk membuat kalung itu. Nyamuk ini diawetkan dalam damar; spesimen semacam ini adalah sumber DNA dinosaurus di Jurassic Park.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.