Ezra Pasal 1-10 (Alkitab)

22 min read

Kitab Ezra

Kitab Ezra termasuk di dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen yang mencatat riwayat Ezra, seorang imam (ada yang menyebut sebagai nabi) yang memimpin rombongan kedua orang-orang buangan yang kembali dari Babel ke Yerusalem pada tahun 459-458 SM, dengan surat tugas dari Artahsasta, raja Persia. Dalam Alkitab Ibrani, kitab ini dijadikan satu dengan Kitab Nehemia sebagai Kitab Ezra-Nehemia. Pemisahannya dilakukan pada abad-abad awal era Kekristenan.

Dalam Alkitab-Alkitab Kekristenan Barat, Kitab Ezra merupakan lanjutan dari kitab Tawarikh dan bisa dikelompokkan sebagai berikut:

  • Pasal 1-6: Kelompok pertama orang-orang buangan Yahudi pulang dari Babel ke Yerusalem, sesuai dengan perintah Koresh, raja Persia (538 SM). Bait Allah (Rumah Tuhan) di Yerusalem dibangun kembali dan ditahbiskan, dan ibadat dipulihkan (537 SM).
  • Pasal 7-10: Kelompok Yahudi lain kembali ke Yerusalem di bawah pimpinan Imam Ezra, seorang ahli hukum Tuhan. Ezra membantu menyusun kembali kehidupan rakyat dalam bidang agama dan sosial, agar dapat melindungi warisan rohani Israel.(458 SM)

Ezra – Pasal 1 (Total ayat 11)

1) [Koresy Menolong Orang Tawanan Pulang] Pada tahun pertama Koresy menjadi raja Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresy untuk membuat pengumuman. Pengumuman ditulis dan Koresy menyuruh supaya dibacakan di seluruh kerajaannya. Hal itu dilakukan supaya firman TUHAN yang disampaikan melalui Nabi Yeremia sungguh-sungguh terjadi. Inilah pengumuman tersebut:

2) “Dari Koresy Raja Persia: TUHAN, Allah surgawi, mengangkat aku menjadi raja seluruh bumi. Ia memberikan tanggung jawab kepadaku membangun Bait Tuhan-Nya di Yerusalem di negeri Yehuda.

3) Sekarang kamu umat Allah bebas pergi ke Yerusalem. Dan kiranya TUHAN Allahmu menyertaimu.

4) Berikan kepada mereka perak, emas, lembu, dan benda-benda lain sebagai pemberian kepada Bait Allah di Yerusalem.”

5) Jadi, para pemimpin dari keluarga Yehuda dan Benyamin bersiap-siap untuk pergi ke Yerusalem membangun Bait TUHAN. Allah bersama Roh menggerakkan hati mereka.

6) Semua tetangga mereka memberikan banyak hadiah kepada mereka. Tetangga itu memberikan perak, emas, lembu, dan pemberian-pemberian yang berharga yang lain kepada mereka. Mereka memberikan semuanya dengan sukarela.

7) Raja Koresy juga memberikan barang-barang kepunyaan Bait TUHAN yang diambil oleh Raja Nebukadnezar dari Yerusalem dan menempatkannya di kuil dewa-dewanya.

8) Raja Koresy dari Persia memerintahkan kepada Mitredat bendaharanya untuk mengeluarkan barang-barang itu dan membawanya kepada Sesbazar pemimpin kaum Yehuda.

9) Barang-barang inilah yang dibawa Mitredat dari Bait Tuhan: 30 piring emas, 1.000 piring perak, 29 pisau dan panci,

10) 30 mangkuk emas, 410 mangkuk perak, 1.000 piring yang lain.

11) Semuanya 5.400 yang terbuat dari emas dan perak. Sesbazar membawa semuanya ketika para tawanan meninggalkan Babel dan kembali ke Yerusalem.

Ezra – Pasal 2 (Total ayat 70)

1) [Daftar Tawanan yang Kembali] Inilah orang dari propinsi yang kembali dari pembuangan. Dahulu Nebukadnezar raja Babel membawa mereka sebagai tawanan ke Babel. Orang itu kembali ke Yerusalem dan Yehuda, masing-masing ke kotanya sendiri.

2) Mereka yang kembali bersama Zerubabel ialah: Yesua, Nehemia, Seraya, Reelaya, Mordekhai, Bilsan, Mispar, Bigwai, Rehum, dan Baana. Inilah daftar nama serta jumlah orang Israel yang kembali:

3) keturunan Paros#2.172

4) keturunan Sefaca#372

5) keturunan Arah#775

6) keturunan Pahat-Moab dari keluarga Yesua dan Yoab#2.812

7) keturunan Elam#1.254

8) keturunan Zatu#945

9) keturunan Zakai#760

10) keturunan Bani#642

11) keturunan Bebai#623

12) keturunan Azgad#1.222

13) keturunan Adonikam#666

14) keturunan Bigwai#2.056

15) keturunan Adin#454

16) keturunan Ater dari keluarga Hizkia#98

17) keturunan Bezai#323

18) keturunan Yora#112

19) keturunan Hasum#223

20) keturunan Gibar#95

21) dari kota Betlehem#123

22) dari kota Netofa#56

23) dari kota Anatot#128

24) dari kota Azmawet#42

25) dari kota Kiryat-Arim, Kefira, dan Beerot#743

26) dari kota Rama dan Gaba#621

27) dari kota Mikhmas#122

28) dari kota Betel dan Ai#223

29) dari kota Nebo#52

30) dari kota Magbis#156

31) dari kota Elam#1.254

32) dari kota Harim#320

33) dari kota Lod, Hadid, dan Ono#725

34) dari kota Yerikho#345

35) dari kota Senaa#3.630

36) Inilah para imam: keturunan Yedaya dari keluarga Yesua#973

37) keturunan Imer#1.052

38) keturunan Pasyhur#1.247

39) keturunan Harim#1.017

40) Inilah dari keluarga Lewi: keturunan Yesua dan Kadmiel dari keluarga Hodawya#74

41) Inilah para penyanyi: keturunan Asaf#128

42) Inilah keturunan penjaga gerbang Bait Tuhan: keturunan Salum, Ater, Talmon, Akub, Hatita, dan Sobai#139

43) Inilah keturunan khusus pelayan Bait Tuhan: Ziha, Hasufa, Tabaot,

44) Keros, Siaha, Padon,

45) Lebana, Hagaba, Akub,

46) Hagab, Samlai, Hanan,

47) Gidel, Gahar, Reaya,

48) Rezin, Nekoda, Gazam,

49) Uza, Paseah, Besai,

50) Asna, Meunim, Nefusim,

51) Bakbuk, Hakufa, Harhur,

52) Bazlut, Mehida, Harsa,

53) Barkos, Sisera, Temah,

54) Neziah, dan Hatifa.

55) Inilah keturunan para pelayan Salomo: Sotai, Soferet, Peruda,

56) Yaala, Darkon, Gidel,

57) Sefaca, Hatil, Pokheret-Hazebaim, dan Ami.

58) Pelayan Bait Tuhan dan keturunan dari pelayan-pelayan Salomo#392

59) Beberapa orang yang datang ke Yerusalem berasal dari kota Tel-Melah, Tel-Harsa, Kerub, Adan, dan Imer, tetapi mereka tidak dapat membuktikan bahwa keluarga mereka berasal dari keluarga Israel:

60) keturunan Delaya, Tobia, dan Nekoda#652

61) Keluarga imam adalah keturunan: Habaya, Hakos, dan Barzilai. (Jika ada orang yang menikah dengan anak perempuan Barzilai dari Gilead, mereka dihitung sebagai keturunan Barzilai.)

62) Orang itu mencari riwayat keluarga, tetapi tidak menemukannya, nama mereka tidak tercantum dalam daftar imam-imam. Mereka tidak dapat membuktikan bahwa nenek moyang mereka adalah imam, maka mereka tidak dapat melayani sebagai imam.

63) Gubernur memerintahkan bahwa mereka tidak boleh memakan setiap makanan yang suci, sebelum seorang imam memakai Urim dan Tumim bertanya kepada Allah apa yang harus dilakukan.

64) Seluruh kumpulan yang kembali berjumlah 42.360, di samping 7.337 pelayan laki-laki dan perempuan. Mereka juga mempunyai penyanyi laki-laki dan perempuan sebanyak 200 orang.

65) (2:64)

66) Mereka mempunyai 736 kuda, 245 bagal, 435 unta, dan 6.720 keledai.

67) (2:66)

68) Ketika mereka tiba di Bait TUHAN di Yerusalem, para pemimpin keluarga memberikan pemberiannya untuk pembangunan Bait Allah. Mereka akan membangun Bait Tuhan yang baru di tempat semula.

69) Mereka memberi menurut kemampuannya. Inilah yang diberikannya untuk pembangunan Rumah itu: 526 kg emas, 3.450 kg perak, dan 100 jubah untuk para imam.

70) Para imam, orang Lewi, dan beberapa orang lain pindah ke Yerusalem dan sekitarnya. Dalam kelompok itu termasuk di antaranya penyanyi, penjaga gerbang, dan pelayan Bait Tuhan. Orang Israel yang lain tetap tinggal di kota-kota mereka.

Ezra – Pasal 3 (Total ayat 13)

1) [Membangun Kembali Mezbah] Jadi, pada bulan ketujuh, bangsa Israel kembali ke kotanya masing-masing. Pada waktu itu mereka berkumpul di Yerusalem, mereka bersatu.

2) Yesua anak Yozadak beserta imam-imamnya, bersama Zerubabel anak Sealtiel, beserta orang-orangnya membangun mezbah Allah Israel. Mereka membangun mezbah supaya mereka dapat memberikan persembahan di atasnya. Mereka membangunnya sama seperti yang tertulis dalam Hukum Musa. Musa adalah hamba khusus Allah.

3) Mereka takut terhadap orang lain yang tinggal di sekitarnya, tetapi hal itu tidak menghentikan mereka. Mereka membangun mezbah di tempatnya semula dan mempersembahkan kurban bakaran kepada TUHAN pagi dan malam.

4) Kemudian mereka merayakan Hari Raya Pondok Daun seperti tertulis dalam Hukum Musa. Mereka mempersembahkan kurban bakaran dengan jumlah yang benar selama perayaan.

5) Setelah itu, secara tetap mereka mempersembahkan kurban bakaran, persembahan untuk Bulan Baru, dan semua perayaan dan hari libur lainnya sesuai dengan perintah TUHAN. Mereka juga mempersembahkan pemberian lain yang ingin diberikannya untuk TUHAN.

6) Pada hari pertama bulan ketujuh, bangsa Israel kembali memberikan persembahan kepada TUHAN, meskipun Bait TUHAN belum dibangun kembali.

7) [Pembangunan Kembali Bait Tuhan] Orang yang kembali dari pembuangan memberikan uang kepada tukang batu dan tukang kayu. Mereka memberikan makanan, minuman, dan minyak zaitun kepada penduduk Sidon dan Tirus sebagai pembayaran atas kayu cedar yang dibawanya dari Libanon sampai ke laut dekat pantai Yafo, seperti yang dilakukan Salomo sewaktu pembangunan Rumah Tuhan yang pertama. Itu dilakukan atas izin Koresy raja Persia.

8) Pada bulan kedua tahun kedua setelah mereka datang ke Bait Allah di Yerusalem, Zerubabel anak Sealtiel dan Yesua anak Yozadak memulai pekerjaan itu. Saudara mereka, para imam, orang Lewi, dan setiap orang yang kembali ke Yerusalem dari pembuangan turut bekerja bersama mereka. Mereka memilih orang Lewi yang berumur 20 tahun dan yang lebih tua sebagai pemimpin dalam pekerjaan pembangunan Bait TUHAN.

9) Inilah orang yang mengawasi pekerjaan pembangunan Bait TUHAN: Yesua dan anak-anaknya, Kadmiel dan anak-anaknya (keturunan Yehuda), anak-anak Henadad dan saudara-saudaranya orang Lewi.

10) Para pekerja selesai meletakkan dasar Bait TUHAN. Ketika dasar itu selesai, para imam memakai jubahnya dan mengambil terompet, dan anak-anak Asaf mengambil ceracap lalu mengambil tempat untuk memuji TUHAN. Hal itu juga yang dilakukan Raja Daud dari Israel pada waktu yang lalu.

11) Mereka menyanyikan pujian dan ucapan syukur bagi TUHAN secara berbalas-balasan, “Dia baik; kasih setia-Nya sampai selama-lamanya.” Kemudian semua orang bersorak dengan kuat dan memuji TUHAN. Mereka melakukannya karena dasar Bait TUHAN telah diletakkan.

12) Namun, banyak imam yang lebih tua, orang Lewi, dan pemimpin-pemimpin keluarga menangis, karena mereka telah melihat Rumah Tuhan yang pertama, dan mereka teringat betapa indahnya yang dahulu. Mereka menangis dengan keras ketika melihat Rumah Tuhan yang baru. Mereka menangis ketika orang lain bergembira dan bersorak-sorai.

13) Suara itu terdengar dari jauh, semua orang bersuara sehingga menjadi ribut, orang tidak dapat membedakan antara teriakan kegembiraan dan suara tangisan.

Ezra – Pasal 4 (Total ayat 24)

1) [Musuh Menentang Pembangunan Bait Tuhan] Banyak orang di daerah itu yang menentang Yehuda dan Benyamin. Musuh itu mendengar bahwa orang tawanan yang kembali membangun Bait TUHAN Allah Israel. Mereka datang kepada Zerubabel dan pemimpin-pemimpin keluarga dan berkata, “Izinkanlah kami membantu membangun. Kami sama seperti kamu, kami memohon kepada Allahmu untuk pertolongan, dan kami telah memberikan persembahan bagi-Nya sejak Raja Esarhadon dari Asyur membawa kami ke sini.”

(2) Sebab itu mereka menemui Zerubabel dan para kepala kaum, lalu mengusulkan, “Izinkanlah kami ikut membangun Rumah TUHAN itu, sebab kami juga berbakti kepada Allah saudara-saudara, sama seperti saudara sekalian. Kami selalu mempersembahkan kurban kepadanya sejak Esar-Hadon, raja Asyur membawa kami ke mari.”

3) Zerubabel, Yesua, dan para pemimpin keluarga Israel menjawab, “Tidak! Kamu tidak dapat menolong kami membangun Rumah untuk Allah kami. Hanya kami sendiri yang dapat membangun Rumah untuk TUHAN Allah Israel. Itulah yang diperintahkan Raja Koresy dari Persia kepada kami.”

4) Musuh itu mulai mengganggu orang Yahudi dan mencoba menakut-nakuti mereka supaya berhenti membangun Bait Tuhan.

5) Mereka membayar para pegawai gubernur untuk menentang orang Yehuda dengan terus-menerus melakukan sesuatu, untuk menghentikan rencana orang Yahudi membangun Rumah Tuhan. Itu berlanjut terus selama Koresy memerintah Persia sampai Darius menjadi raja Persia.

6) Bahkan musuh itu menulis surat kepada raja Persia, mencoba menghentikan orang Yahudi. Mereka menulis surat pada masa Ahasyweros menjadi raja di Persia.

7) [Musuh Menentang Pembangunan Kembali Yerusalem] Kemudian pada zaman Artahsasta menjadi raja baru di Persia, beberapa orang menulis surat yang lain mengadukan orang Yahudi. Mereka yang menulis surat, yaitu: Bislam, Mitredat, Tabeel, dan orang lain dari kelompoknya. Mereka menulis dalam bahasa Aram dan diterjemahkan.

8) Kemudian Rehum, pemimpin pemerintahan itu dan Sekretaris Simsai menulis surat menentang orang di Yerusalem. Mereka menulis surat kepada Raja Artahsasta sebagai berikut:

9) Dari Rehum pemimpin pemerintahan, Sekretaris Simsai, hakim-hakim, dan pejabat-pejabat penting orang Tripolis, Persia, Erekh, Babel, dan dari orang Elam dari Susan,

10) dan dari orang Asnapar yang besar dan kuat yang pindah ke kota Samaria dan tempat-tempat yang lain bagian barat Sungai Efrat.

11) Inilah salinan surat yang dikirim mereka kepada Raja Artahsasta: Dari hamba-hambamu yang tinggal di daerah sebelah barat Sungai Efrat.

12) Raja Artahsasta, kami ingin memberitahukan bahwa orang Yahudi yang engkau usir dari tempatmu telah datang ke sini. Orang Yahudi itu sekarang mencoba membangun kembali kota itu. Yerusalem adalah kota yang jahat. Orang di kota itu selalu memberontak terhadap raja-raja yang lain, dan sekarang mereka telah selesai memperbaiki dasarnya dan membangun tembok-tembok.

13) Raja Artahsasta, engkau juga harus mengetahui bahwa jika Yerusalem dan tembok-temboknya dibangun kembali, orang di Yerusalem berhenti membayar pajak, mereka berhenti mengirim uang untuk menghormatimu. Mereka juga berhenti membayar pajak, dan raja kehilangan semua uang itu.

14) Kami mempunyai tanggung jawab kepada raja. Kami tidak mau melihat hal itu terjadi. Oleh sebab itulah, maka kami mengirim surat memberitahukan kepada raja.

15) Raja Artahsasta, kami menganjurkan supaya raja mencari surat dari raja-raja yang memerintah sebelummu. Engkau akan menemukan bahwa Yerusalem selalu menentang raja-raja yang lain. Itulah yang menyebabkan banyak kesulitan bagi raja-raja yang lain dan bangsa-bangsa. Banyak pemberontakan dimulai dari kota itu sejak dahulu. Itulah sebabnya, kota Yerusalem dibinasakan.

16) Raja Artahsasta, kami ingin memberitahukan kepadamu, jika kota itu dan tembok-temboknya dibangun kembali, engkau akan kehilangan kendali atas daerah bagian barat Sungai Efrat.

17) Kemudian Raja Artahsasta mengirim jawaban ini: Kepada Rehum pemimpin pemerintahan, Sekretaris Simsai, dan orang lain yang tinggal di Samaria dan yang tinggal di sebelah barat Sungai Efrat. Salam.

18) Surat yang kamu kirim kepada kami telah diterjemahkan dan dibacakan kepadaku.

19) Aku telah memberi perintah untuk mencari surat raja-raja sebelum aku. Surat itu telah dibacakan dan kami mengetahui bahwa kota Yerusalem mempunyai sejarah yang panjang dalam pemberontakan melawan raja-raja. Yerusalem menjadi tempat pemberontakan dan revolusi sering terjadi.

20) Yerusalem memiliki seorang raja yang berkuasa yang memerintah di Yerusalem dan di seluruh bagian barat Sungai Efrat. Semua pajak dan uang dibayar kepada raja-raja untuk menghormatinya.

21) Sekarang kamu harus memberi perintah kepada mereka untuk menghentikan pekerjaan itu. Perintah ini harus diberikan untuk menjaga agar Yerusalem tidak dibangun kembali sampai aku memberi perintah untuk melakukannya.

22) Hati-hatilah, jangan sampai perintah ini diabaikan. Kita tidak akan membiarkan pembangunan Yerusalem diteruskan. Jika pekerjaan itu diteruskan, aku tidak akan menerima sepeser pun dari Yerusalem.

23) Salinan surat dari Raja Artahsasta dibacakan di hadapan Rehum, Sekretaris Simsai, dan orang yang beserta mereka. Mereka segera pergi kepada orang Yahudi di Yerusalem dan memaksa mereka menghentikan pembangunan itu.

24) [Kerja untuk Membangun Bait Tuhan Dihentikan] Jadi, pekerjaan pada Bait Allah di Yerusalem dihentikan, pekerjaan itu tidak diteruskan sampai tahun kedua Darius menjadi raja Persia.

Pasal 5 (Total ayat 17)
1) Pada waktu itu Nabi Hagai dan Zakharia anak Ido mulai bernubuat dalam nama Allah. Mereka mendorong orang Yahudi di Yehuda dan Yerusalem

2) lalu Zerubabel anak Sealtiel dan Yesua anak Yozadak mulai membangun kembali Rumah Tuhan di Yerusalem. Semua nabi Allah bersama mereka dan membantu pekerjaan itu.

3) Pada waktu itu Tatnai menjadi gubernur di daerah sebelah barat Sungai Efrat. Tatnai, Syetar-Boznai, dan orang yang bersama mereka datang kepada Zerubabel, Yesua, dan orang lain yang sedang membangun. Tatnai dan orang yang bersamanya bertanya kepada Zerubabel dan orang-orangnya, “Siapa yang memberi izin kepada kamu untuk membangun Rumah Tuhan itu kembali dan menyelesaikannya seperti yang baru?”

4) Mereka juga bertanya kepada Zerubabel, “Siapakah nama mereka yang bekerja pada bangunan itu?”

5) Allah melindungi pemimpin orang Yahudi, mereka tidak berhenti bekerja sampai laporan dikirim kepada Raja Darius. Mereka terus bekerja sampai raja mengirim jawabannya.

6) Tatnai gubernur daerah barat Sungai Efrat, Syetar-Boznai, dan orang yang penting mengirim surat kepada Raja Darius.

7) Inilah salinan surat itu: Kepada Raja Darius. Salam.

8) Raja Darius, engkau harus tahu bahwa kami telah pergi ke Propinsi Yehuda, ke Bait Allah Yang Mahabesar. Orang di Yehuda membangun Rumah Tuhan dengan batu yang besar. Mereka meletakkan balok kayu pada temboknya. Pekerjaan itu dilakukan dengan sangat hati-hati dan orang Yehuda bekerja keras. Mereka membangun sangat cepat dan segera selesai.

9) Kami menanyakan beberapa hal tentang pekerjaan yang dilakukannya kepada para pemimpinnya. Kami bertanya, “Siapa yang memberikan izin kepadamu membangun Rumah Tuhan itu kembali, dan menyelesaikannya seperti yang baru?”

10) Kami juga menanyakan nama mereka. Kami ingin mencatat nama dari pemimpin mereka sehingga engkau tahu siapa mereka.

11) Inilah jawaban mereka kepada kami, “Kami adalah hamba-hamba Allah surga dan bumi. Kami membangun kembali Rumah Tuhan yang telah dibangun oleh raja Israel yang besar dan selesai beberapa tahun yang lalu.

12) Nenek moyang kami membuat Allah di surga marah, jadi Allah menyerahkan nenek moyang kami kepada Nebukadnezar, raja Babel. Nebukadnezar membinasakan Rumah Tuhan itu, dan dia memaksa orang itu pergi ke Babel sebagai tawanan.

13) Pada tahun pertama Koresy menjadi raja di Babel, ia memberi perintah khusus untuk membangun Bait Allah kembali.

14) Dan Koresy juga mengambil barang-barang emas dan perak dari rumah dewa di Babel, yang dahulu diambil dari Bait Allah. Nebukadnezar telah mengambil barang-barang itu dari Bait Tuhan di Yerusalem dan membawanya ke rumah dewa di Babel. Kemudian Raja Koresy memberikan semua barang emas dan perak kepada Sesbazar. Koresy memilih Sesbazar menjadi gubernur.”

15) Kemudian Koresy mengatakan kepada Sesbazar, “Ambillah barang-barang emas dan perak itu dan letakkan kembali dalam Bait Tuhan di Yerusalem. Bangunlah kembali Bait Allah di tempatnya semula.”

16) Jadi, Sesbazar datang dan meletakkan dasar Bait Allah di Yerusalem. Sejak hari itu sampai sekarang, pekerjaan itu terus dilanjutkan, tetapi masih belum selesai.

17) Sekarang jika hal itu menyenangkan raja, silahkan cari perintah resmi dari raja. Lihatlah apakah benar bahwa Raja Koresy memberi perintah untuk membangun Bait Allah kembali di Yerusalem. Kemudian, ya Tuan, mohon kirim surat kepada kami agar kami tahu keputusanmu tentang hal itu.

Ezra – Pasal 6 (Total ayat 22)

1) [Perintah Darius] Kemudian Raja Darius memberi perintah mencari surat-surat yang ditulis oleh raja-raja sebelumnya. Surat itu disimpan di Babel di tempat yang sama dengan penyimpanan uang.

2) Sebuah gulungan surat ditemukan di benteng Ahmeta di Propinsi Media. Ini yang ditulis di dalamnya: Catatan resmi:

3) Pada tahun pertama Koresy sebagai raja, ia mengeluarkan perintah tentang Bait Tuhan Allah di Yerusalem. Perintah itu berisi: Biarkan Bait Allah dibangun kembali menjadi tempat memberikan persembahan. Biarkan dasarnya dibangun. Bait itu harus tingginya 30 meter dan lebar 30 meter.

4) Tembok sekelilingnya harus memiliki tiga lapis batu besar dan satu lapis balok kayu besar. Biaya bangunan itu harus dibayar dari harta kerajaan.

5) Juga, barang-barang emas dan perak dari Bait Allah, harus dikembalikan pada tempatnya. Nebukadnezar telah mengambil barang-barang itu dari Bait Tuhan di Yerusalem dan membawanya ke Babel, semuanya harus dikembalikan ke Bait Allah.

6) Sekarang aku Darius memerintahkan kepadamu Tatnai gubernur daerah barat Sungai Efrat, dan Syetar-Boznai, dan semua pejabat yang tinggal di propinsi itu untuk menjauh dari Yerusalem.

7) Jangan ganggu para pekerja, jangan coba menghentikan pekerjaan pada Bait Allah. Biarkan gubernur orang Yahudi dan pemimpin Yahudi membangunnya kembali di tempatnya semula.

8) Sekarang aku memberi perintah ini. Engkau harus melakukan ini terhadap para pemimpin Yahudi yang membangun Rumah Allah itu: Biaya pembangunan harus sepenuhnya dibayar dari keuangan kerajaan. Uang itu berasal dari pajak yang telah dikumpulkan dari propinsi di wilayah barat Sungai Efrat. Lakukanlah itu secepatnya sehingga pekerjaan tidak terhenti.

9) Berikan kepada mereka semua yang dibutuhkannya. Jika mereka membutuhkan sapi muda, biri-biri jantan, atau lembu jantan untuk kurban kepada Allah di surga, berikan semua kepada mereka. Jika imam-imam di Yerusalem meminta tepung, garam, anggur, atau minyak, berikan semuanya kepada mereka setiap hari tanpa kesalahan.

10) Berikan semua itu kepada imam-imam Yahudi sehingga mereka dapat memberikan persembahan untuk menyenangkan Allah di surga. Berikan barang-barang itu supaya para imam berdoa untukku dan anak-anakku.

11) Juga, aku memberikan perintah ini: Jika ada orang yang mengubah perintah ini, balok kayu harus ditarik dari rumahnya dan dia harus dipukul dengan balok itu, dan rumahnya dimusnahkan sampai menjadi reruntuhan batu-batuan.

12) Allah menempatkan nama-Nya di Yerusalem dan aku berharap Allah mengalahkan setiap raja atau orang yang mencoba mengubah perintah ini. Jika ada orang yang mau mencoba memusnahkan Rumah Tuhan di Yerusalem, aku harap Allah membinasakan orang itu. Aku, Darius yang memberikan perintah ini. Perintah ini harus dipatuhi dengan segera dan tepat.

13) [Penyelesaian dan Peresmian Bait] Jadi, Tatnai gubernur daerah barat Sungai Efrat, dan Syetar-Boznai, dan orang yang bersama mereka mematuhi perintah Raja Darius dengan segera dan tepat.

14) Para pemimpin orang Yahudi melanjutkan pembangunan dan mereka berhasil dengan dorongan Nabi Hagai dan Zakharia anak Ido. Mereka selesai membangun Rumah Tuhan itu untuk mematuhi perintah Allah Israel. Juga dilakukan untuk mematuhi perintah yang diberikan oleh Koresy, Darius, dan Artahsasta, raja-raja Persia.

15) Rumah itu selesai pada hari ketiga bulan Adar, pada tahun keenam pemerintahan Raja Darius.

16) Jadi, umat Israel merayakan peresmian Bait Allah dengan penuh sukacita. Imam-imam, orang Lewi, dan semua orang yang kembali dari pembuangan bersama-sama dalam perayaan itu.

17) Inilah yang dilakukan mereka untuk meresmikan Bait Allah. Mereka mempersembahkan 100 sapi, 200 biri-biri jantan, 400 lembu jantan. Dan mereka mempersembahkan 12 kambing jantan untuk semua orang Israel sebagai persembahan penghapus dosa, satu kambing untuk setiap suku Israel.

18) Kemudian mereka memilih imam dan orang Lewi dalam kelompok mereka untuk melayani di Bait Allah di Yerusalem. Mereka melakukannya seperti yang tertulis dalam Buku Musa.

19) [Hari Raya Paskah] Orang Yahudi yang kembali dari pembuangan merayakan Hari Raya Paskah pada hari keempat belas bulan pertama.

20) Imam-imam dan orang Lewi menyucikan mereka. Mereka semua membersihkan diri untuk bersiap-siap merayakan Paskah. Orang Lewi menyembelih domba Paskah untuk semua orang Yahudi yang kembali dari pembuangan. Mereka melakukannya untuk saudara-saudaranya, imam-imam, dan untuk mereka sendiri.

21) Semua orang Israel yang telah kembali dari pembuangan memakan makanan Paskah. Orang lain membersihkan dirinya dan membuat mereka sendiri suci dari hal-hal jahat yang dilakukan orang yang hidup di negeri itu. Orang suci itu juga berbagi dalam makanan Paskah. Mereka melakukan hal itu agar mereka dapat pergi kepada TUHAN Allah Israel minta tolong.

22) Mereka merayakan Hari Raya Roti Tidak Beragi dengan sangat gembira selama 7 hari. TUHAN membuat mereka sangat bahagia karena Dia mengubah sikap raja Asyur, sehingga raja menolong mereka dalam pekerjaan membangun Bait Allah.

Pasal 7 (Total ayat 28)
1) [Ezra Datang ke Yerusalem] Setelah peristiwa itu, selama pemerintahan Raja Artahsasta dari Persia, Ezra datang dari Babel ke Yerusalem. Ezra ialah anak Seraya. Seraya anak Azarya. Azarya anak Hilkia.

2) Hilkia anak Salum. Salum anak Zadok. Zadok anak Ahitub.

3) Ahitub anak Amarya. Amarya anak Azarya. Azarya anak Merayot.

4) Merayot anak Zerahya. Zerahya anak Uzi. Uzi anak Buki.

5) Buki anak Abisua. Abisua anak Pinehas. Pinehas anak Eleazar. Eleazar anak Harun imam agung.

6) Ezra datang dari Babel ke Yerusalem dan dia seorang ahli kitab. Ia mengetahui dengan baik Hukum Musa yang diberikan TUHAN Allah Israel. Raja Artahsasta telah memberikan kepada Ezra segala sesuatu yang dimintanya karena TUHAN beserta dia.

7) Di antara orang yang datang bersama Ezra, terdapat orang Israel, para imam, orang Lewi, penyanyi, penjaga gerbang, dan pelayan Bait Tuhan. Mereka tiba di Yerusalem pada tahun ketujuh pemerintahan Raja Artahsasta.

8) Ezra tiba di Yerusalem pada bulan kelima dalam tahun ketujuh pemerintah raja itu.

9) Mereka meninggalkan Babel pada hari pertama bulan pertama, dan tiba di Yerusalem pada hari pertama bulan kelima, karena Allah bersamanya.

10) Ezra telah menyerahkan semua waktu dan perhatiannya untuk mempelajari dan menaati hukum TUHAN, dan dia mau mengajarkan hukum dan perintah Tuhan kepada orang Israel, dan juga untuk menolong mereka mengikuti hukum itu di Israel.

11) [Surat Raja Artahsasta kepada Ezra] Ezra adalah imam dan ahli kitab yang mengetahui perintah dan hukum yang diberikan TUHAN kepada orang Israel. Inilah salinan surat dari Raja Artahsasta kepada Ezra:

12) Dari Raja Artahsasta kepada Ezra, imam, guru Hukum Taurat Allah surgawi: Salam.

13) Aku memberi perintah ini: Setiap orang Israel yang tinggal dalam kerajaanku, termasuk para imam, atau orang Lewi, yang ingin pergi bersama engkau boleh pergi.

14) Hai Ezra, aku dan ketujuh penasihatku menyuruh engkau. Engkau harus pergi ke Yehuda dan Yerusalem melihat apakah umatmu mematuhi Hukum Taurat Allahmu, seperti yang engkau miliki.

15) Kami juga memberikan perak dan emas untuk Allah Israel yang ada di Yerusalem. Engkau harus membawa emas dan perak itu bersamamu.

16) Engkau juga harus pergi ke seluruh propinsi yang ada di Babel. Kumpulkan semua pemberian yang diberikan orang, imam-imam, dan orang Lewi untuk Bait Allah mereka di Yerusalem.

17) Pakailah uang itu untuk membeli lembu, biri-biri jantan, dan domba jantan. Belilah kurban sajian dan kurban minuman lalu pergilah. Persembahkanlah itu di atas mezbah di Bait Allahmu di Yerusalem.

18) Kemudian engkau dan orang Yahudi lainnya dapat memakai perak dan emas yang sisa untuk keperluan lain. Gunakanlah itu untuk menyenangkan Allahmu.

19) Ambillah semuanya untuk Allah di Yerusalem. Semuanya untuk keperluan peribadatan di Bait Allah, untuk Allahmu.

20) Dan engkau mungkin membutuhkan barang-barang lain yang diperlukan untuk Bait Allahmu, engkau dapat membeli semuanya dengan memakai uang dari perbendaharaan kerajaan.

21) Sekarang aku, Raja Artahsasta, memberi perintah ini: Aku memerintahkan kepada semua bendaharawan yang ada di sebelah barat Sungai Efrat untuk memberikan kepada Ezra apa saja yang dibutuhkannya. Ezra adalah imam dan guru Taurat dari Allah yang di surga. Lakukanlah itu dengan segera dan tepat.

22) Berikanlah kepadanya: 3.450 kg perak, 22.200 liter gandum, 2.200 liter anggur, 2.200 liter minyak zaitun, dan garam sebanyak yang dibutuhkannya.

23) Apa pun yang diminta oleh Allah di surga kepada Ezra, kalian harus memberikannya dengan segera dan tepat. Lakukanlah semuanya untuk Bait Allah dari surga. Kami tidak mau Allah marah terhadap kerajaanku atau kepada anak-anakku.

24) Kalian perlu mengetahui bahwa sesuai hukum baru ini, semua pelayan Allah bebas dari membayar pajak. Jadi tidak boleh tagih pajak dari para imam-imam, orang Lewi, penyanyi, penjaga gerbang, dan semua pelayan di Bait Allah. Mereka tidak perlu membayar pajak, atau memberikan uang menghormati raja, atau membayar denda apa pun.

25) Dan kepada enkau, Ezra, aku memberi kekuasaan kepadamu untuk menggunakan kebijaksanaan yang engkau peroleh dari Allahmu, dan memilih hakim-hakim. Mereka akan menghakimi semua orang di daerah sebelah barat Sungai Efrat. Mereka menghakimi semua orang yang mengetahui Hukum Taurat Allahmu dan mengajar orang yang tidak mengetahui hukum itu.

26) Setiap orang yang tidak mematuhi Hukum Allahmu atau peraturan dari raja, harus dihukum. Berdasarkan kejahatannya, mereka harus dihukum mati atau dibuang ke negeri lain atau dipenjarakan.

27) [Ezra Memuji Allah] Pujilah TUHAN, Allah nenek moyang kita. Allah meletakkan pikiran di hati raja untuk menghormati Bait TUHAN di Yerusalem.

28) Ia menunjukkan kasih setia-Nya kepadaku di hadapan raja, penasihat-penasihatnya, dan semua pejabat penting raja. TUHAN Allah beserta aku, jadi aku berani. Aku mengumpulkan pemimpin Israel untuk pergi ke Yerusalem bersamaku.

Pasal 8 (Total ayat 36)
1) [Daftar Pemimpin yang Kembali Bersama Ezra] Inilah nama pemimpin keluarga dan orang yang berangkat dari Babel ke Yerusalem bersamaku pada masa pemerintahan Raja Artahsasta.

2) Dari keturunan Pinehas: Gersom. Dari keturunan Itamar: Daniel. Dari keturunan Daud: Hatus.

3) Dari keturunan Sekhanya: keturunan Paros, Zakharia, bersama 150 orang lainnya.

4) Dari keturunan Pahat-Moab: Elyoenai anak Zerahya, dan 200 orang lainnya.

5) Dari keturunan Zatu: Sekhanya anak Yahaziel, dan 300 orang lainnya.

6) Dari keturunan Adin: Ebed anak Yonatan, dan 50 orang lainnya.

7) Dari keturunan Elam: Yesaya anak Atalya, dan 70 orang lainnya.

8) Dari keturunan Sefaca: Zebaja anak Mikhael, dan 80 orang lainnya.

9) Dari keturunan Yoab: Obaja anak Yehiel, dan 218 orang lainnya.

10) Dari keturunan Bani: Selomit anak Yosifya, dan 160 orang lainnya.

11) Dari keturunan Bebai: Zakharia anak Bebai, dan 28 orang lainnya.

12) Dari keturunan Azgad: Yohanan anak Hakatan, dan 110 orang lainnya.

13) Dari keturunan Adonikam, yang terakhir: Elifelet, Yehiel, dan Semaya, dan 60 orang lainnya.

14) Dari keturunan Bigwai: Utai dan Zabud, dan 70 orang lainnya.

15) [Kembali ke Yerusalem] Aku memanggil mereka semua untuk berkumpul di sungai yang mengalir ke Ahawa. Kami berkemah di sana selama 3 hari. Aku tahu bahwa di antara kelompok itu ada imam, namun tidak ada orang Lewi di sana.

16) Jadi, aku memanggil Eliezer, Ariel, Semaya, Elnatan, Yarib, Elnatan, Natan, Zakharia, Mesulam, yang menjadi pemimpin, dan Yoyarib dan Elnatan sebagai pengajar.

17) Aku mengutus mereka kepada Ido, seorang pemimpin di Kasifya. Aku memberitahukan kepada mereka yang harus dikatakannya kepada Ido dan saudara-saudaranya. Saudara-saudaranya adalah pelayan Bait Tuhan di Kasifya. Aku mengirim mereka kepada Ido sehingga ia dapat mengirim kepada kami pelayan-pelayan untuk Bait Allah kami.

18) Karena Allah bersama kami, saudara-saudara Ido mengirimkan orang ini kepada kami: Serebya, orang yang bijaksana keturunan Mahli. Mahli anak Lewi. Lewi anak Israel. Mereka mengirim anak-anak dan saudara-saudaranya. Semuanya terdiri dari 18 orang;

19) Hasabya dan Yesaya dari keturunan Merari. Mereka juga mengirim saudara-saudaranya dan kemanakannya. Semuanya terdiri dari 20 orang;

20) dua ratus dua puluh orang pelayan Bait Tuhan. Nenek moyangnya adalah orang Daud dan pejabat penting yang telah ditunjuk melayani orang Lewi. Nama mereka semua ada dalam daftar.

21) Di sana dekat Sungai Ahawa aku mengumumkan bahwa kami semua harus berpuasa. Kami merendahkan diri di hadapan Allah kami. Kami bertanya kepada Allah demi keselamatan perjalanan kami, anak-anak kami, dan semua milik kami.

22) Aku malu meminta tentara dan orang berkuda kepada raja Artahsasta untuk melindungi kami dari musuh selama perjalanan. Aku malu karena kami sudah mengatakan kepada raja. Kami berkata kepada raja: “Allah kami menolong setiap orang yang percaya kepada-Nya, tetapi Dia sangat marah kepada yang berbalik dari Dia.”

23) Karena itu, kami berpuasa dan berdoa kepada Allah kami tentang perjalanan itu, dan Dia mengabulkan doa kami.

24) Kemudian aku memilih 12 dari imam-imam menjadi pimpinan: Serebya, Hasabya, dan 10 dari saudara mereka.

25) Aku menimbang perak, emas, dan yang lainnya untuk persembahan di Bait Allah. Aku memberikannya kepada kedua belas orang yang telah kupilih. Raja, penasihat-penasihatnya, dan para pejabat penting lainnya, serta semua orang Israel di Babel telah memberikan barang-barang itu untuk Rumah Allah.

26) Aku menimbang semuanya, yaitu 22.425 kg perak, 3.450 kg piring perak, dan 3.450 kg emas.

27) Dan aku memberikan kepada mereka 20 mangkuk emas yang beratnya 8,5 kg, dan 2 piring yang indah yang terbuat dari perunggu semahal emas.

28) Kemudian aku berkata kepada kedua belas imam itu, “Kamu dan semua barang itu adalah suci bagi TUHAN. Orang memberikan perak dan emas itu sebagai persembahan kepada TUHAN Allah nenek moyang kita.

29) Jagalah dengan hati-hati sampai kamu memberikannya kepada pemimpin Bait Tuhan di Yerusalem, pemimpin Lewi, dan pemimpin keluarga Israel. Mereka akan menimbangnya dan menyimpannya di ruangan dalam Bait TUHAN di Yerusalem.”

30) Jadi, imam-imam dan orang Lewi menerima perak, emas, dan benda-benda khusus yang telah ditimbang oleh Ezra untuk dibawa ke Bait Allah di Yerusalem.

31) Kami meninggalkan Sungai Ahawa pada hari kedua belas bulan pertama dan pergi ke Yerusalem. Allah bersama kami dan melindungi kami dari musuh dan perampok sepanjang jalan.

32) Kemudian kami tiba di Yerusalem dan beristirahat di sana selama 3 hari.

33) Pada hari keempat kami pergi ke Bait Allah dan menimbang perak, emas, dan yang lainnya dan memberikannya kepada Meremot anak Imam Uria, bersama Eleazar anak Pinehas, orang Lewi, Yozabad anak Yesua, dan Noaja anak Binui.

34) Kami menghitung serta menimbang semuanya serta mencatatnya pada waktu itu.

35) Kemudian orang Yahudi yang kembali dari pembuangan mempersembahkan kurban bakaran kepada Allah Israel. Mereka mempersembahkan 12 lembu jantan untuk semua orang Israel, 96 biri-biri jantan, 72 domba jantan, dan sebagai persembahan penghapus dosa 12 kambing jantan. Semua itu adalah kurban bakaran kepada TUHAN.

36) Mereka juga memberikan surat Raja Artahsasta kepada para pejabat dan kepada gubernur daerah barat Sungai Efrat. Kemudian mereka memberikan bantuan kepada orang Israel dan untuk Rumah Tuhan.

Pasal 9 (Total ayat 15)
1) [Perkawinan dengan Orang Bukan Yahudi] Setelah semuanya selesai, para pemimpin Israel datang kepadaku dan berkata, “Ezra, orang Israel tidak dapat menjaga dirinya terpisah dari orang yang ada di sekitarnya. Dan imam-imam dan orang Lewi tidak memisahkan diri. Orang Israel terpengaruh dengan kelakuan buruk dari orang Kanaan, orang Het, orang Feris, orang Yebus, orang Amon, orang Moab, orang Mesir, dan orang Amori.

2) Mereka telah menikah dengan orang yang tinggal di sekitar kami. Orang Israel harus istimewa, tetapi sekarang mereka telah bercampur dengan orang yang hidup di daerah itu. Para pemimpin dan pejabat orang Israel menjadi contoh yang buruk dalam hal itu.”

3) Ketika aku mendengarkannya, aku merobek jubahku dan pakaianku menunjukkan bahwa aku terkejut. Aku menarik rambut di kepalaku dan janggutku, aku duduk, terkejut, dan bingung,

4) sehingga setiap orang yang menghormati Hukum Taurat Allah gemetar ketakutan. Mereka takut karena orang Israel yang telah kembali dari pembuangan tidak setia kepada Allah. Aku terkejut dan bingung, aku duduk sampai waktu persembahan petang tiba, orang lain berkumpul di sekelilingku.

5) Kemudian pada waktu persembahan petang tiba, aku berdiri. Aku membuat diriku terlihat memalukan ketika aku duduk di sana. Jubahku dan pakaianku koyak, dan aku berlutut dan mengulurkan tanganku kepada TUHAN Allahku.

6) Kemudian aku berdoa, “Ya Allahku, aku sangat malu dan gugup untuk memandang-Mu. Aku malu karena dosa-dosa kami lebih tinggi dari kepala kami, kesalahan kami telah mencapai surga.

7) Sejak nenek moyang kami sampai sekarang, kesalahan kami begitu besar. Karena dosa-dosa kami, raja-raja dan imam-imam kami telah dihukum. Raja-raja asing telah memukul kami dan mengusir kami. Mereka merampas harta kami dan membuat kami malu sebagaimana hari ini.

8) Dan sekarang, Engkau menunjukkan kebaikan-Mu kepada kami. Engkau melepaskan sebagian dari kami dari pembuangan, dan datang untuk tinggal di tempat yang suci ini. TUHAN, Engkau memberikan kepada kami hidup yang baru dan melepaskan kami dari perhambaan.

9) Ya, kami adalah hamba, tetapi Engkau tidak membiarkan kami menjadi hamba selamanya. Engkau baik kepada kami. Engkau membuat raja-raja Persia baik kepada kami. Rumah-Mu telah diruntuhkan, namun Engkau memberikan hidup yang baru kepada kami, sehingga kami dapat membangun kembali Bait Tuhan-Mu dan membuatnya seperti yang baru. Ya Allah, Engkau menolong kami membangun tembok untuk melindungi Yehuda dan Yerusalem.

10) Sekarang ya Allah, apa yang dapat kami katakan kepada-Mu? Kami tidak mematuhi Engkau lagi.

11) Engkau memakai pelayan-pelayan-Mu dan imam-imam untuk memberi hukum kepada kami. Engkau mengatakan, ‘Negeri yang akan kamu masuki untuk dimiliki adalah tanah yang rusak karena kejahatan yang dilakukan orang yang tinggal di sana. Mereka merusak di setiap tempat di negeri itu dan membuatnya kotor dengan dosanya.

12) Jadi, hai orang Israel, jangan berikan anakmu kawin dengan anak mereka, jangan bergabung dengan mereka, jangan mengingini apa pun yang dimilikinya. Patuhilah perintah-Ku maka kamu akan menjadi kuat dan bergembira dengan hasil tanah itu, sehingga kamu dapat menguasai negeri itu dan mewariskannya kepada anak-anakmu.’

13) Sesuatu yang buruk yang terjadi kepada kami adalah karena kesalahan kami. Kami melakukan perbuatan jahat dan banyak kesalahan, tetapi Engkau, ya Allah kami, telah menghukum kami lebih ringan daripada yang telah kami lakukan. Kami melakukan banyak dosa dan kami seharusnya dihukum sangat berat, dan Engkau membiarkan beberapa dari kami bebas dari pembuangan.

14) Seharusnya kami tidak melawan perintah-Mu, kami tidak boleh mengawini mereka itu. Mereka melakukan perbuatan yang sangat buruk. Ya Allah, jika kami terus mengawini orang jahat itu, kami tahu Engkau akan membinasakan kami dan akhirnya tidak ada lagi orang Israel yang tertinggal.

15) Ya TUHAN, Allah Israel, Engkau adalah baik. Dan Engkau masih membiarkan beberapa orang dari kami hidup. Ya, kami memang bersalah dan karena kesalahan kami, tidak seorang pun dari kami yang diizinkan berdiri di hadapan-Mu.”

Pasal 10 (Total ayat 44)
1) [Orang Mengaku Dosanya] Ezra berdoa dan mengaku dosa. Dia menangis dan berlutut di depan Bait Allah. Ketika Ezra melakukan hal tersebut, sekelompok besar umat Israel, laki-laki, perempuan, dan anak-anak bergabung sekelilingnya. Mereka itu menangis.

2) Kemudian Sekhanya anak Yehiel keturunan Elam berbicara kepada Ezra, “Kami sudah tidak setia kepada Allah kami. Kami telah kawin dengan orang yang tinggal di sekitar kami. Walaupun kami telah berbuat demikian, masih ada pengharapan bagi orang Israel.

3) Sekarang marilah kita membuat perjanjian di hadapan Allah kita untuk mengusir semua istri bersama anak-anaknya. Kami melakukannya untuk mengikuti nasihat dari Ezra dan orang yang menghargai Hukum Allah kita. Kami mematuhi Hukum Allah.

4) Berdirilah Ezra, itu adalah tanggung jawabmu, kami mendukungmu. Bangkit dan lakukanlah itu.”

5) Jadi, Ezra berdiri, dia menyuruh imam-imam, orang Lewi, dan semua orang Israel berjanji melakukan yang dikatakannya.

6) Kemudian Ezra pergi dari depan rumah Allah, dia masuk ke kamar Yohanan anak Elyasib. Ketika Ezra berada di kamar itu, dia tidak makan dan tidak minum. Dia melakukan itu karena dia sangat sedih. Dia sangat sedih tentang umat Israel yang kembali dari pembuangan ke Yerusalem.

7) Kemudian dia mengirim pesan ke setiap tempat di Yehuda dan Yerusalem. Pesan itu mengatakan kepada semua orang Yahudi yang kembali dari pembuangan untuk berkumpul di Yerusalem.

8) Setiap orang yang tidak datang ke Yerusalem dalam tiga hari, seperti yang dikatakan para pejabat dan pemimpin akan kehilangan semua miliknya dan dikeluarkan dari kelompok.

9) Jadi, dalam tiga hari semua laki-laki dari keluarga Yehuda dan Benyamin berkumpul di Yerusalem. Dan pada hari kedua puluh bulan kesembilan semua orang berkumpul di halaman Rumah Tuhan. Mereka sangat bingung karena alasan pertemuan itu dan karena hujan sangat deras.

10) Kemudian Imam Ezra berdiri dan berkata kepada mereka, “Kamu orang yang tidak setia kepada Allah. Kamu telah kawin dengan perempuan asing. Kamu membuat umat Israel semakin bersalah dengan berbuat demikian.

11) Sekarang kamu harus membuat pengakuan dosa kepada TUHAN Allah nenek moyang kamu. Kamu harus mematuhi perintah Tuhan. Pisahkanlah dirimu dari orang yang tinggal di sekelilingmu dan dari istrimu orang asing itu.”

12) Kemudian seluruh kelompok itu menjawab Ezra dengan suara keras, “Hai Ezra, engkau benar. Kami harus melakukan yang engkau katakan.

13) Begitu banyak orang di sini, dan saat ini musim hujan, jadi kami tidak dapat tinggal di luar. Masalah ini tidak dapat diselesaikan dalam satu atau dua hari karena dosa kami sangat berat.

14) Biarlah para pemimpin kami memutuskan untuk semua kelompok bertemu di sini. Biarlah setiap orang yang kawin dengan perempuan asing di kota kita, datang ke Yerusalem pada waktu yang ditentukan. Biarlah mereka datang ke sini dengan pemimpinnya dan hakim-hakim dari kota mereka, maka Allah akan berhenti marah kepada kami.”

15) Hanya beberapa orang yang menentang rencana itu. Mereka adalah Yonatan anak Asael dan Yahzeya anak Tikwa. Mesulam dan Sabetai orang Lewi juga menentang rencana itu.

16) Jadi umat Israel yang kembali ke Yerusalem dari pembuangan setuju menerima rencana itu. Imam Ezra memilih orang yang menjadi pemimpin keluarga. Ia memilih satu orang dari setiap keluarga. Setiap orang dipilih berdasarkan nama. Pada hari pertama bulan kesepuluh orang yang telah dipilih, duduk mempelajari setiap masalah.

17) Dan pada hari pertama bulan pertama mereka selesai membicarakan tentang semua laki-laki yang telah kawin dengan perempuan asing.

18) [Daftar Orang yang Menikah dengan Perempuan Asing] Inilah nama dari keturunan imam yang kawin dengan perempuan asing: Dari keturunan Yesua anak Yozadak dan saudara-saudaranya: Maaseya, Eliezer, Yarib, dan Gedalya.

19) Mereka semua berjanji untuk menceraikan istri mereka. Dan kemudian masing-masing mempersembahkan biri-biri jantan dari kawanan biri-biri untuk persembahan penebus kesalahan. Mereka melakukan itu karena kesalahannya.

20) Dari keturunan Imer: Hanani dan Zebaja.

21) Dari keturunan Harim: Maaseya, Elia, Semaya, Yehiel, dan Uzia.

22) Dari keturunan Pasyhur: Elyoenai, Maaseya, Ismael, Netaneel, Yozabad, dan Elasa.

23) Dari antara orang Lewi, inilah orang yang kawin dengan perempuan asing: Yozabad, Simei, Kelaya (yang juga disebut Kelita), Petahya, Yuda, dan Eliezer.

24) Dari antara penyanyi yang kawin dengan perempuan asing, Elyasib. Dari antara penjaga gerbang: Salum, Telem, dan Uri.

25) Dari antara orang Israel yang kawin dengan perempuan asing: dari keturunan Paros: Ramya, Yezia, Malkia, Miyamin, Eleazar, Malkia, dan Benaya.

26) Dari keturunan Elam: Matanya, Zakharia, Yehiel, Abdi, Yeremot, dan Elia.

27) Dari keturunan Zatu: Elyoenai, Elyasib, Matanya, Yeremot, Zabad, dan Aziza.

28) Dari keturunan Bebai: Yohanan, Hananya, Zabai, dan Altai.

29) Dari keturunan Bani: Mesulam, Malukh, Adaya, Yasub, Seal, dan Yeremot.

30) Dari keturunan Pahat-Moab: Adna dan Kelal, Benaya, Maaseya, Matania, Bezaleel, Binui, dan Manasye.

31) Dari keturunan Harim: Eliezer, Yisia, Malkia, Semaya, Simeon,

32) Benyamin, Malukh, dan Semarya.

33) Dari keturunan Hasum: Matnai, Matata, Zabad, Elifelet, Yeremai, Manasye, dan Simei.

34) Dari keturunan Bani: Maadai, Amram, Uel,

35) Benaya, Bedeya, Keluhu,

36) Wanya, Meremot, Elyasib,

37) Matanya, Matnai, dan Yaasai.

38) Dari keturunan Binui: Simei,

39) Selemya, Natan, Adaya,

40) Makhnadbai, Sasai, Sarai,

41) Azarel, Selemya, Semarya,

42) Salum, Amarya, dan Yusuf.

43) Dari keturunan Nebo: Yeiel, Matica, Zabad, Zebina, Yadai, Yoel, dan Benaya.

44) Semua orang itu telah kawin dengan perempuan asing dan sebagian dari mereka telah mempunyai anak dari istrinya itu.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Pasang iklan gratis di toko pinter
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Cara daftar pasang iklan gratis
3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Ligonier, Biblica

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *