PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Fibrosis Paru | Definisi, Gejala, Diagnosis dan Perawatan

4 min read

Fibrosis paru xray

Fibrosis Paru

Pada penyakit ini, jaringan paru-paru menjadi kaku dengan berubah menjadi jaringan fibrosa. Ini mengganggu pernapasan. Banyak fibrosis paru masih belum diketahui penyebabnya. Ini juga merupakan penyakit kronis dengan berbagai macam penyebab. Ini menyebabkan jaringan parut abnormal pada jaringan paru-paru. Banyak penyakit dapat menyebabkan fibrosis paru, tetapi setengah dari kasus penyebabnya masih belum diketahui.

Definisi: apa itu fibrosis paru?

Fibrosis paru berhubungan dengan perubahan bagian dalam paru-paru. Bagian dalam paru-paru memungkinkan lewatnya oksigen dari paru-paru ke aliran darah yang memungkinkan pengangkutan oksigen ke organ. Selama fibrosis paru, paru-paru yang dalam mengubah strukturnya, menebal, kaku dan menjadi bekas luka. Melalui bekas luka ini, oksigen kurang terangkut dengan baik ke aliran darah.

Keparahan penyakit dikaitkan dengan luasnya bekas luka ini serta tingkat perluasannya. Bentuk lanjutan dari fibrosis paru dapat menyebabkan hipertensi paru serta gagal napas kronis yang membutuhkan pasokan oksigen. Fibrosis paru-paru mengurangi harapan hidup. “Namun, evolusi sangat bervariasi antara pasien yang berbeda. Beberapa fibrosis hanya berkembang sangat lambat (selama beberapa tahun) sementara yang lain jauh lebih agresif. Beberapa pasien mengalami evolusi yang ditandai dengan eksaserbasi yang sesuai dengan evolusi penyakit yang cepat yang dapat membahayakan. prognosis vital dalam jangka pendek.

Berbagai bentuk fibrosis paru:

  • Idiopatik
  • Pneumonia hipersensitivitas
  • Pneumokoniosis
  • Akibat obat-obatan

Terjadinya masing-masing bentuk ini jarang terjadi. Ini bukan jenis kanker dan fibrosis paru tidak menular.

Gejala

Fibrosis paru dimanifestasikan oleh batuk kering, sesak napas yang tidak biasa, sianosis, dan deformasi kuku yang tampak menonjol. Pada pemeriksaan, dokter mendengar kelainan auskultasi: ronki yang berhubungan dengan suara abnormal saat inspirasi. Bentuk lanjut disertai dengan hilangnya nafsu makan dan berat badan.

Penyebab

Fibrosis paru adalah perubahan pada paru-paru yang dalam. Perubahan ini dapat dikaitkan dengan penyakit autoimun (skleroderma, poliartritis, dll.), Paparan pekerjaan (asbes, dll.), Obat-obatan.

Mereka juga dapat berkembang menjadi bentuk alergi tertentu terhadap molekul yang dihirup (bulu burung, dll.). Beberapa bentuk terkait dengan mutasi genetik dan karenanya bersifat turun-temurun. Akhirnya, dalam beberapa kasus, penyebab fibrosis tidak diketahui. Ini disebut fibrosis paru idiopatik.

Penyakit ini biasanya muncul antara usia 60 dan 70 tahun. Itu mempengaruhi pria lebih dari wanita. Ini lebih sering terjadi pada pasien yang merokok dan pada pasien dengan riwayat keluarga fibrosis.

Saat ini tidak mungkin untuk menyembuhkan fibrosis paru

Diagnostik

Diagnosis dapat dilakukan dengan menggunakan rontgen dada. Pemindai (scanner) paru-paru adalah pemeriksaan yang, pada sebagian besar kasus, memastikan adanya fibrosis. Jika ragu, biopsi paru dapat dilakukan (selama operasi atau selama fibroskopi bronkial).

Ketika diagnosis fibrosis dicurigai, banyak pemeriksaan akan sering dilakukan untuk menentukan penyebabnya: tes darah untuk mencari penyakit autoimun, fibroskopi bronkial dan terkadang, analisis genetik. Terakhir, tingkat keparahan penyakit akan dinilai dengan melakukan tes napas, tes berjalan, dan tes gas darah.

Baca juga: Infark adalah nekrosis (kematian jaringan) karena perubahan aliran darah | Penjelasan secara umum

Evolusi

Evolusinya bervariasi tergantung pada penyebab fibrosis. Kematian 2 tahun dari bentuk fibrosis paru idiopatik diperkirakan kurang dari 15%. Untuk bentuk fibrosis lainnya, evolusi umumnya dikaitkan dengan penyakit yang menyebabkan fibrosis.

Ketika fibrosis dikaitkan dengan paparan obat atau molekul “alergenik”, evolusi biasanya berhenti ketika paparan berhenti.

Untuk semua penyebab fibrosis, evolusi penyakit akan ditandai dengan peningkatan sesak napas dan, dari tahap tertentu, kebutuhan untuk menerima oksigen jangka panjang.

Perawatan apa yang ditawarkan untuk fibrosis paru?

  • Membutuhkan rehabilitasi pernafasan dan pemberian obat-obatan (kortikosteroid inhalasi atau sistemik, kemungkinan obat yang melebarkan bronkus) dan, jika perlu, pemberian oksigen.
  • Untuk jenis idiopatik, ada obat baru yang dapat memperlambat perkembangan penyakit.
    Dalam kasus lanjut, bantuan pernapasan akan dilakukan dan, terkadang, transplantasi paru-paru dicoba.
  • Diskusikan dengan dokter Anda bagaimana Anda dapat mempertahankan tingkat aktivitas fisik tertentu, dan berhenti merokok.
  • Terakhir, vaksinasi terhadap influenza dan pneumokokus direkomendasikan.
  • Namun, ada obat-obatan tertentu dan dapat mengurangi gejala dan membatasi keparahannya.

Bisakah Fibrosis Paru Disembuhkan?

Saat ini masih belum mungkin untuk menyembuhkan penyakit ini. Fibrosis paru adalah bekas luka yang tidak dapat diubah. Keberadaan fibrosis paru memerlukan perawatan khusus oleh ahli paru yang akan mengoordinasikan penilaian dan perawatan. Dan untuk menentukan tujuan dukungan:

  • Untuk memperlambat perkembangan fibrosis. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan obat imunosupresif seperti kortikosteroid dalam bentuk yang berhubungan dengan penyakit autoimun tertentu. Dalam bentuk fibrosis paru idiopatik, pengobatan antifibrotik sekarang tersedia. Untuk semua penyebab fibrosis paru, penting untuk melindungi paru-paru dari “stres” apa pun. Oleh karena itu penting untuk berhenti merokok dan melindungi diri dari infeksi, yang pertama adalah flu.
  • Untuk membatasi akibat sesak napas. Ini dapat dilakukan dengan menawarkan rehabilitasi paru atau oksigen.
  • Dalam bentuk yang sangat lanjut yang terjadi pada subjek di bawah usia 65 tahun dan dengan sedikit penyakit lain, transplantasi paru dapat diusulkan.

End-stage interstitial lung disease (honeycomb lung)
Paru-paru dengan fibrosis paru stadium akhir saat otopsi. Penyakit paru interstitial stadium akhir menggambarkan sekelompok besar gangguan, yang sebagian besar menyebabkan jaringan parut progresif pada jaringan paru. Jaringan parut yang terkait dengan penyakit paru interstisial pada akhirnya memengaruhi kemampuan Anda untuk bernapas dan mendapatkan oksigen yang cukup ke dalam aliran darah. See page for author, Public domain, via Wikimedia Commons

Apa itu Fibrosis Paru Idiopatik: Definisi, Gejala dan Diagnosis

Fibrosis paru idiopatik adalah penyakit kronis, progresif dan ireversibel yang tidak diketahui asalnya (idiopatik). Penyakit ini ditandai dengan kerusakan paru-paru yang tidak dapat diprediksi dan progresif.

Jenis idiopatik dimanifestasikan oleh penurunan fungsi pernapasan yang progresif, yang dalam beberapa tahun menyebabkan gagal napas kronis dan kemudian kematian1. Kelangsungan hidup rata-rata adalah 2 sampai 5 tahun sejak diagnosis. Fibrosis paru idiopatik memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih rendah daripada banyak kanker.

Fibrosis paru idiopatik: kebutuhan mendesak untuk mempercepat pengobatan

Sementara penyebab pasti dari fibrosis paru idiopatik masih belum diketahui hingga saat ini, kita mengetahui bahwa hal itu kemungkinan ditentukan oleh faktor genetik dan lingkungan yang belum teridentifikasi.

Jenis idiopatik biasanya bermanifestasi setelah usia 50 tahun dengan dominasi laki-laki. Ini adalah penyakit yang serius, dengan perbedaan antar-individu dalam evolusinya: pada sebagian kecil penyakit ini dapat tetap stabil selama jangka waktu yang bervariasi; pada orang lain, penyakitnya akan memburuk dengan sangat cepat.


Penyakit dari A – Z – Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Solusi, Pencegahan, Saran


Bacaan Lainnya

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis.

Sumber bacaan: CleverlySmart, Mayo Clinic, NHS UK, The American Lung Association, Asthma and Lung UK

Sumber foto utama: James Heilman, MD (CC BY-SA 3.0) via Wikimedia Commons

Deskripsi foto: rontgen dada menunjukkan fibrosis paru.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *