PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Financial planning and analysis (FP&A) | Pengendalian Manajemen: Perencanaan dan Analisa Keuangan (Penjelasan, Proses + Contoh)

3 min read

FP&A

Financial planning and analysis merupakan salah satu fungsi penting dalam suatu perusahaan. Financial planning and analysis mencakup proses end-to-end dari perencanaan strategis, penganggaran dan peramalan, dikombinasikan dengan kualitas hilir dari analisis dan pelaporan informasi manajemen.

Aspek-aspek ini seharusnya tidak terbatas pada apa yang disebut kegiatan “Keuangan”. Kontribusi nilai tambah memerlukan partisipasi di seluruh sektor operasional perusahaan dengan menetapkan indikator untuk mengukur dan mengelola kinerja dari sudut pandang keuangan dan non-keuangan. Indikator-indikator tersebut membentuk Key Performance Indicator (KPI) yang dihasilkan dalam berbagai paket pelaporan di dalam perusahaan.

Manajer FP&A (Perencanaan & Analisis Keuangan) muncul sebagai salah satu profesi baru yang harus diikuti di sektor keuangan dan akuntansi.

Menyulap dengan tugas analisis keuangan, manajemen anggaran, dan manajemen, ia melipatgandakan misi dan memainkan peran kunci di perusahaan mana pun.

Proses FP&A

Proses FP&A adalah siklus pengumpulan dan analisis data yang berkelanjutan. Pada saat volatilitas pasar dan perubahan yang cepat, proses ini menjadi lebih kompleks karena perusahaan memperluas dan menargetkan pasar baru. Perusahaan perlu mengumpulkan dan menganalisis lebih banyak data. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan menengah dan besar telah membentuk tim FP&A khusus di dalam departemen keuangan mereka. Namun, terlepas dari meningkatnya kompleksitas, proses FP&A mencakup empat langkah utama:

1. Pengumpulan, konsolidasi, dan verifikasi data

Langkah pertama dalam proses FP&A melibatkan pengumpulan data keuangan dan operasional dari sistem ERP, gudang data, dan solusi perusahaan lainnya. Selain itu, data dari sumber di luar perusahaan (data demografi, ekonomi, dan pasar yang diperluas) juga dapat dikumpulkan.

Setelah semua data yang diperlukan telah dikumpulkan, itu harus dikonsolidasikan, distandarisasi dan diverifikasi. Keakuratan rencana, prakiraan, anggaran dan analisis tergantung pada kualitas dan kelengkapan data yang digunakan. Oleh karena itu, langkah ini sangat penting, tetapi memakan waktu. Itulah mengapa perusahaan sekarang beralih ke solusi bertenaga AI yang dapat mengotomatisasi banyak tugas.

2. Perencanaan dan peramalan (forecast)

Selama tahap ini, analis FP&A menggunakan data yang disiapkan untuk membuat prakiraan keuangan mengenai kinerja masa depan dan arah kegiatan perusahaan. Prakiraan keuangan mencakup prakiraan penjualan dan arus kas, dll. Model peramalan keuangan juga digunakan untuk menguji skenario kami yang berbeda, mensimulasikan dampak dari variabel yang berbeda dan menentukan tindakan terbaik untuk mengoptimalkan hasil.

Berikut adalah metode perencanaan keuangan yang paling umum:

Perencanaan prediktif

memungkinkan profesional FP&A untuk membuat model pada volume besar data yang berkaitan dengan kinerja masa lalu. Model peramalan deret waktu ini kemudian digunakan untuk meramalkan kinerja masa depan. Analitik prediktif meningkatkan alat perencanaan, terutama ketika diintegrasikan ke dalam satu solusi yang didukung oleh AI dan Pembelajaran Mesin.

Perencanaan berbasis pengungkit

Dalam jenis perencanaan ini, analis mengidentifikasi pengungkit penting perusahaan (yaitu, elemen penting untuk keberhasilannya), kemudian mereka membuat serangkaian rencana yang menunjukkan sudut pandang matematis bagaimana pengungkit ini dapat dipengaruhi oleh berbagai variabel.

Perencanaan Skenario Berganda

Saat ini, perusahaan semakin menyukai perencanaan dan analisis skenario. Dalam perencanaan multi-skenario, analis membuat asumsi tentang peristiwa masa depan. Mereka mengantisipasi konsekuensinya, kemudian membuat rencana untuk menanggapi setiap skenario yang masuk akal.

Model dan prakiraan keuangan ini digunakan untuk membuat rencana keuangan dan operasional yang diperlukan untuk mencapai tujuan strategis utama perusahaan. Dikembangkan oleh manajemen senior menggunakan data FP&A, rencana strategis mencakup sasaran tingkat tinggi seperti pendapatan jangka pendek dan jangka panjang serta laba.

Kolaborasi antar departemen sangat penting untuk semua jenis perencanaan. Hal ini memungkinkan pertimbangan semua data, variabel dan pengetahuan, sekaligus meningkatkan akurasi dan keterlibatan. Kolaborasi meningkatkan validitas rencana dan membangun konsensus di sekitarnya. Oleh karena itu nilai xP&A, yang menggabungkan dan menyinkronkan rencana antar departemen untuk memungkinkan perusahaan memecah silo dan mendapatkan efisiensi.

3. Penganggaran (budget)

Tahap penganggaran memungkinkan profesional FP&A untuk memperkirakan biaya yang diperlukan untuk menjalankan rencana bisnis berdasarkan pendapatan dari rencana strategis. Mereka kemudian mengalokasikan anggaran pengeluaran untuk setiap unit operasi atau fungsi bisnis, bersama dengan pendapatan dan arus kas yang mungkin mereka hasilkan. Manajemen bekerja dengan masing-masing departemen dan kemudian mengkonsolidasikan anggaran yang disepakati ke dalam anggaran induk.

Anggaran perusahaan biasanya dibuat setiap tahun dan diperbarui setiap tiga bulan untuk mengikuti perubahan kondisi keuangan. Namun, untuk lebih beradaptasi dengan kondisi pasar yang bergejolak, banyak perusahaan kini telah mengadopsi siklus penganggaran bergulir yang sering diperbarui dengan prakiraan bergulir. Beberapa perusahaan juga telah mengadopsi anggaran berbasis nol, yang menghindari biaya membengkak dan pembengkakan biaya dengan terus-menerus mengevaluasi pengeluaran yang diperlukan dan tidak perlu.

4. Pemantauan dan analisis kinerja

Untuk memandu strategi bisnis dan memberikan dukungan keputusan, tim FP&A menganalisis data keuangan dan memantau kinerja secara berkelanjutan, termasuk penjualan, pengeluaran, laba, modal kerja, arus kas, dan indikator kinerja utama lainnya. Mereka menanggapi kueri ad hoc dan mengubah data menjadi skenario atau cerita data untuk membantu pengambil keputusan memahami situasi dan mengambil tindakan yang bijaksana.

Analis FP&A juga menghasilkan laporan reguler dan visualisasi data, dan melakukan aktivitas seperti analisis profitabilitas termasuk perkiraan pendapatan masa depan untuk menjawab pertanyaan berikut: “Produk dan layanan mana yang paling menguntungkan?” tahun depan dan hari ini? atau “Haruskah kita mengalihdayakan produksi atau menyimpannya sendiri?” pengeluaran yang diperlukan dan berlebihan secara permanen.

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Anggaran Tak Bersisa (Zero Base Budgeting) | Definisi, fitur…

Anggaran Tak Bersisa Setiap tindakan yang diambil oleh perusahaan berasal dari proses tertentu: perencanaan. Perencanaan yang dinyatakan dalam bentuk investasi dan tujuan keuangan adalah...
PinterPandai
3 min read

Arus Kas Bebas Terhadap Ekuitas FCFE (Free Cash Flow…

Arus Kas Bebas Terhadap Ekuitas FCFE (Free Cash Flow to Equity) Arus kas bebas terhadap ekuitas (FCFE) adalah pengukuran bagian dari sumber daya sendiri...
PinterPandai
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *