fbpx

Sejarah Australia – Peta, Geografi, Kota Negara Bagian dan Teritorial

KEPERCAYAAN KAUM ABORIGIN AKAN SUATU BENUA YANG ABADI – 50 000 Tahun Lalu

Sejarah Australia dimulai dari kaum Aborigin di Australia, yang  diperkirakan tiba di sini dengan perahu dari Asia Tenggara pada saat Abad Es terakhir, yaitu setidaknya 50.000 tahun yang lampau.  Di masa penjelajahan dan bermukimnya bangsa Eropa, sekitar satu juta orang Aborigin telah tinggal di benua ini sebagai pemburu dan pengumpul makanan.

Klan dan bahasa Aborigin

Mereka terbagi dalam 300 klan dan berbicara dalam 250 bahasa dan 700 dialek. Setiap klan mempunyai hubungan spiritual dengan tanah tertentu, tapi juga berkelana jauh untuk berdagang, mencari air dan hasil bumi musiman, serta untuk mengadakan ritual dan pertemuan totemik.

Meskipun tanah air mereka sangat beragam – mulai dari gurun pedalaman dan hutan hujan tropis sampai pegunungan bersalju – semua orang Aborigin memiliki kepercayaan yang sama mengenai “Dreamtime” atau “Masa Impian”, sebuah alam magis yang abadi.

Mitos Aborigin

Menurut mitos kaum Aborigin, para leluhur roh totem membentuk seluruh aspek kehidupan saat Masa Impian penciptaan dunia.  Para leluhur roh ini senantiasa menghubungkan fenomena alam, dan juga masa lalu, masa kini dan masa depan, melalui semua aspek budaya Aborigin.

 

INGGRIS DATANG DAN MEMBAWA PARA NARAPIDANA – 1770

Sejumlah penjelajah Eropa berlayar di pantai Australia, yang dulu disebut sebagai New Holland, di abad ke-17.  Namun, baru di tahun 1770 Kapten James Cook memetakan pantai timur dan menyatakannya sebagai milik Inggris. Wilayah baru ini digunakan sebagai koloni terhukum, dan pada tanggal 26 Januari 1788, armada pertama 11 kapal yang membawa 1.500 orang (setengahnya merupakan narapidana) tiba di Pelabuhan Sydney. Sampai pengangkutan terhukum ini berakhir di tahun 1868, 160.000 pria dan wanita telah datang ke Australia sebagai narapidana.

Para pemukim bebas mulai berdatangan sejak awal tahun 1790-an

Namun di sisi lain kehidupan para tahanan sangatlah berat.  Jumlah pria lima kali lipat jumlah wanita, dan kaum wanita selalu hidup dalam keadaan terancam eksploitasi seksual.  Para laki-laki yang kembali melanggar hukum dicambuk dengan brutal, dan kejahatan kecil seperti mencuri dapat terkena hukuman gantung.  Kaum Aborigin yang tergusur oleh pemukiman baru ini lebih menderita lagi. Kehilangan tanah serta sakit dan kematian akibat penyakit yang dibawa orang asing ini mengganggu praktik dan gaya hidup tradisional mereka.

 

PARA PEMUKIM LIAR MENYEBAR KE SELURUH BENUA – 1820

Di tahun 1820-an, banyak tentara, perwira dan tahanan yang telah bebas mengubah tanah yang mereka terima dari pemerintah menjadi ladang pertanian yang subur.  Berita mengenai tanah yang murah dan pekerjaan yang melimpah di Australia menyebabkan berkapal-kapal imigran petualang berdatangan dari Inggris. Para pemukim atau lebih tepatnya ‘penghuni liar’ ini bergerak semakin dalam ke kawasan Aborigin – sering kali dengan senjata – untuk mencari padang rumput dan air bagi ternak mereka.

Pada tahun 1825, sekelompok tentara dan narapidana bermukim di kawasan suku Yuggera, di dekat Brisbane masa kini

Perth dihuni oleh warga terhormat Inggris di tahun 1829, dan di tahun 1835 sekelompok pemukim liar berlayar ke Port Phillip Bay dan memilih lokasi itu untuk Melbourne. Di saat yang bersamaan, sebuah perusahaan swasta Inggris, yang membanggakan diri karena tidak ada kaitan dengan narapidana, mendirikan kota Adelaide di Australia Selatan.

 

DEMAM EMAS MEMBAWA KEKAYAAN, IMIGRAN DAN PEMBERONTAKAN – 1851

Emas ditemukan di New South Wales dan Victoria tengah di tahun 1851, dan menarik ribuan pemuda (dan juga wanita muda yang berjiwa petualang) dari koloni-koloni di sini.

Mereka diikuti oleh berkapal-kapal pencari emas dari Cina, dan juga segala macam artis, pemilik bar, penjual alkohol gelap, wanita penghibur dan penipu dari segala penjuru dunia.

Di Victoria, upaya gubernur Inggris untuk menegakkan ketertiban – berupa perizinan bulanan dan aksi pasukan yang keras – mengakibatkan terjadinya pemberontakan berdarah anti-otoriter (dikenal sebagai pemberontakan Eureka Stockade) di tahun 1854.  Meskipun banyak kekerasan di tambang emas, kekayaan dari emas dan wol membawa investasi besar ke Melbourne dan Sydney, dan pada tahun 1880-an kedua kota ini telah menjadi kota modern yang penuh gaya.

 

AUSTRALIA MENJADI SEBUAH NEGARA – 1 Januari 1901

Enam negara bagian Australia kemudian menjadi satu negara di bawah satu konstitusi pada tanggal 1 Januari 1901.

Salah satu tindakan pertama parlemen nasional yang baru ini adalah mengeluarkan perundang-undangan, yang kemudian dikenal sebagai Kebijakan Australia Putih (White Australia Policy), yang membatasi migrasi hanya bagi orang yang berasal dari Eropa.

Namun hal ini telah banyak ditinggalkan setelah Perang Dunia Kedua, dan kini Australia telah menjadi rumah bagi orang-orang yang berasal dari lebih dari 200 negara. Baca juga: Perang Dunia 2 (1939-1945)

 

RAKYAT AUSTRALIA IKUT PERANG – 1914

Perang Dunia Pertama memiliki dampak yang berat bagi Australia. Pada tahun 1914, ada kurang dari 3 juta laki-laki, namun hampir 400.000 daripadanya secara sukarela ikut bertempur.

Sekitar 60.000 gugur dan puluhan ribu lainnya terluka.  Sebagai reaksi atas duka ini, di tahun 1920-an berkobarlah semangat untuk mobil baru, bioskop, jazz dan film ala Amerika dan antusiasme terhadap Kemaharajaan Inggris.

Depresi besar tahun 1929 dalam sejarah Australia

Ketika Depresi Besar menghantam di tahun 1929, kesenjangan sosial dan ekonomi semakin meluas dan banyak lembaga keuangan Australia yang berjatuhan.  Olahraga menjadi “pelipur lara” nasional, dan para pahlawan olahraga seperti kuda pacuan Phar Lap dan pemain kriket Donald Bradman mendapat status nyaris seperti dewa.

Selama Perang Dunia Kedua, pasukannya memberi kontribusi besar terhadap kemenangan Sekutu di Eropa, Asia dan Pasifik. Generasi yang bertempur di perang dan berhasil bertahan hidup pulang dengan membawa kebanggaan atas kemampuannya.

 

KEDATANGAN WARGA BARU AUSTRALIA SAMPAI ERA KEMAJUAN PESAT PASCA PERANG

Setelah perang berakhir di tahun 1945, ratusan ribu imigran dari seluruh penjuru Eropa dan Timur Tengah berdatangan ke Australia, dan banyak yang mendapat pekerjaan di sektor manufaktur yang sedang berkembang pesat.

Banyak kaum wanita yang bekerja di pabrik-pabrik saat kaum pria pergi berperang tetap bekerja selama masa damai ini.

Perekonomian tumbuh di sepanjang tahun 1950-an dalam sejarah Australia

Dengan berbagai proyek pembangunan besar seperti Skema Pembangkit Listrik Tenaga Air Snowy Mountains, di pegunungan dekat Canberra.

Permintaan internasional akan ekspor utama Australia seperti logam, wol, daging dan terigu juga bertumbuh, sehingga daerah pinggiran kota Australia juga semakin makmur. Tingkat kepemilikan rumah bertumbuh dengan drastis, dari hanya 40% di tahun 1947 menjadi lebih dari 70% di tahun 1960-an.

 

AUSTRALIA SEMAKIN SANTAI

Seperti banyak negara lain, Australia juga tersapu gelombang suasana revolusi di tahun 1960-an.  Keragaman etnik yang baru di Australia, meningkatnya kemandirian dari Inggris, dan penentangan umum atas Perang Vietnam, semua berkontribusi terhadap suasana perubahan politik, ekonomi dan sosial.

Sejarah Australia di tahun 1967, sebagian besar rakyat Australia memilih ‘ya’ dalam referendum nasional

Hal ini untuk memberi mandat bagi pemerintah federal dalam membuat undang-undang atas nama warga Aborigin Australia dan mengikutsertakan mereka dalam sensus mendatang.  Hasilnya adalah titik puncak kampanye reformasi yang kuat, baik dari kaum Aborigin maupun kaum kulit putih Australia.

Di tahun 1972, Partai Buruh Australia

Di bawah kepemimpinan idealis pengacara Gough Whitlam berhasil memegang tampuk kekuasaan, sekaligus mengakhiri dominasi pasca perang koalisi Partai Liberal dan Partai Negeri.

Dalam sejarah Australia, selama 3 tahun berikutnya, pemerintah baru ini mengakhiri wajib militer, menghapus biaya universitas dan meluncurkan perawatan kesehatan yang gratis secara universal.

Kebijakan Australia putih

Pemerintah ini juga menghapus kebijakan Australia Putih, melaksanakan kebijakan multibudaya, dan memperkenalkan perceraian “tanpa salah” dan gaji yang setara bagi wanita.

Sejarah Australia di tahun 1975, inflasi dan skandal menyebabkan Gubernur Jenderal membubarkan pemerintah. Dalam pemilu berikutnya, Partai Buruh menderita kekalahan besar dan Koalisi Liberal-Nasional berhasil memerintah sampai tahun 1983.

 

SEJAK 1970-AN

Sejarah Australia antara 1983 sampai 1996, pemerintah Partai Buruh Hawke-Keating memperkenalkan sejumlah reformasi ekonomi, seperti deregulasi sistem perbankan dan membuat sistem mengambang untuk dolar Australia.  Di tahun 1996,

Pemerintahan Koalisi di bawah pimpinan John Howard memenangkan pemilu, dan kembali terpilih di tahun 1998, 2001 dan 2004.

Pemerintahan Koalisi Liberal-Nasional menetapkan beberapa reformasi, termasuk perubahan dalam sistem perpajakan dan hubungan industrial.

Di tahun 2007 dalam sejarah Australia, Partai Buruh pimpinan Kevin Rudd terpilih dengan agenda untuk mereformasi sistem hubungan industrial, kebijakan perubahan iklim serta sektor kesehatan dan pendidikan Australia.

 

sejarah australia dan map

Sejarah Autralia. ilustrasi dan sumber foto: Wikimedia Commons

 


 

GEOGRAFI

Dengan luas total 7,69 juta kilometer persegi, Australia daratan merupakan pulau terbesar di dunia – tetapi juga benua terkecil.

Benua ini membentang sekitar 3.700 kilometer dari utara ke selatan dan 4.000 kilometer dari timur ke barat, menjadikannya negara terbesar keenam setelah Rusia, Kanada, China, Amerika Serikat, dan Brasil.

Australia juga merupakan satu-satunya benua yang terdiri atas satu negara. Kadang-kadang Australia disebut pula benua “pulau”, karena dikelilingi oleh lautan.

Wilayah laut kami juga terbesar ketiga di dunia, mencakup tiga samudra dan meliputi wilayah sekitar 12 juta kilometer persegi.

Penduduk merela kebanyakan berada di kota dan di kawasan pesisir, dengan lebih dari 80% penduduk tinggal dalam jarak 100 kilometer dari garis pantai. Jumlah penduduk Australia saat ini hampir mencapai 23 juta orang.

Geografi dan iklim

Luas daratan Australia adalah 7.617.930 km² berada di atas Lempeng Indo-Australia. Dikelilingi oleh Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik, ia dipisahkan dari Asia oleh Laut Arafura, dan Laut Timor. Benua terkecil di dunia, dan negara terluas keenam menurut luas keseluruhan, Kepemilikan, dan keterpencilan Australia menyebabkannya dijuluki sebagai ‘benua pulau, dan dipandang sebagai pulau terluas di dunia.

Garis pantai Australia

Australia memiliki garis pantai sepanjang 34.218 km (belum termasuk pulau-pulau di lepas pantai benua), dan pengakuan perluasan Zona Ekonomi Eksklusif seluas 8.148.250 km².

Zona ekonomi eksklusif ini tidak termasuk Teritorial Antartika Australia. Tidak termasuk Pulau Macquarie, Australia terletak di antara 9° LS, dan 44° LS, dan 112° BT, dan 154° BT.

Karang Penghalang Besar, terumbu karang terbesar di dunia

Karang Penghalang Besar, terumbu karang terbesar di dunia, terletak di dekat pantai timur-laut, dan memanjang sampai 2.000 km. Gunung Augustus, diaku sebagai monolit terbesar di dunia, terletak di Australia Barat. Setinggi 2.228 m, Gunung Kosciuszko berada di Pegunungan Pemisah Besar merupakan gunung tertinggi di benua Australia, meskipun Puncak Mawson di teritorial jauh Australia-Heard Island adalah lebih tinggi, yakni setinggi 2.745 m.

Australia adalah benua terdatar

Dengan lapisan tanah yang paling tua, dan tidak begitu subur; gurun atau tanah yang agak gersang biasa dikenali sebagai pedalaman adalah bagian terbesar benua ini. Benua terkering yang dihuni manusia, hanya bagian tenggara, dan tepian barat daya yang beriklim sedang.

Kepadatan populasi

2,8 jiwa per kilometer persegi, adalah salah satu yang terkecil di dunia, meskipun proporsi populasi yang besar tinggal di sepanjang pesisir tenggara yang beriklim sedang.

Australia Timur ditandai oleh Pegunungan Pembagi Besar yang memanjang sejajar dengan pesisir Queensland, New South Wales, dan sebagian besar Victoria – meskipun nama ini tidaklah akurat, karena sebagian pegunungan terdiri dari perbukitan yang rendah, dan pegunungan tersebut ketinggiannya tidak lebih dari 1.600 meter. Baca juga: Benua di Dunia – Daftar Lengkap, Peringkat benua terbesar berdasarkan area dan negara terbanyak

Alam

Hutan iklim sedang Australia Timur, dan Sabuk Brigalow terletak di antara pesisir, dan gunung-gunung sementara pedalaman pegunungan pembagi adalah padang rumput luas.

Ini termasuk dataran barat New South Wales, dan Tanah Tinggi Einasleigh, Dataran Tinggi Barkly, dan Tanah Mulga pedalaman Queensland. Titik paling utara pesisir timur adalah Semenanjung Tanjung York yang memiliki hutan hujan tropis.

Bentang alam bagian utara negara ini

Ujung Atas, dan Tanah Teluk di belakang Teluk Carpentaria, dengan iklim tropis mereka, terdiri dari tanah kayu, padang rumput, dan gurun.

Di sudut barat-laut benua ini adalah tebing batu pasir, dan ngarai Kimberley, dan yang di bawah adalah Pilbara, sedangkan yang di selatan, dan pedalaman terdapat banyak padang rumput, Dataran Victoria Biasa, dan Semak Belukar Mulga Australia Barat.

Jantung negara ini adalah dataran tinggi Australia tengah memiliki fitur yang menonjol, yakni di tengah, dan selatan, termasuk pedalaman Gurun Simpson, Gurun Berbatu Tirari-Sturt, Gurun Gibson, Gurun Sandy-Tanami Besar, dan Gurun Victoria Besar dengan Dataran Nullarbor yang terkenal di pesisir selatan.

Iklim di Australia

Sangat dipengaruhi oleh arus samudra, termasuk Dipol Samudra Hindia, dan Osilasi El-Niño Selatan, yang berkorelasi dengan kekeringan yang berkala, dan sistem tekanan rendah tropis bermusim yang menghasilkan siklon di utara Australia.

Faktor-faktor ini mengimbasi curah hujan yang variatif dari tahun ke tahun. Sebagian besar utara negara ini memiliki iklim hujan musim panas dominan tropis (monsoon). Di bawah tiga per empat Australia terletak sebuah gurun atau zona kurang subur.

Pojok Barat Daya Australia Barat memiliki iklim Mediterania. Banyak bagian di tenggara (termasuk Tasmania) adalah beriklim sedang.

 


 

PEMERINTAH AUSTRALIA

Terbagi dan memiliki 3 tingkat pemerintahan

    • Pemerintah federal Australia
    • Pemerintah 6 negara bagian dan 2 teritorial, serta sekitar 700 pemerintah daerah.
  • Australia telah menjadi negara dengan satu pemerintahan nasional sejak 1 Januari 1901. Meskipun terbagi menjadi negara bagian dan teritorial yang memiliki pemerintahan sendiri-sendiri, kami semua bersatu sebagai satu bangsa.

Menganut sistem monarki konstitusional

Dalam sejarah Australia, negara ini menganut sistem monarki konstitusional dengan Ratu Elizabeth II dari Inggris sebagai kepala negara, oleh karena itu di bendera nasional Australia terdapat gambar Union Jack (serta gambar Bintang Persemakmuran dan Rasi Bintang Pari).

Ratu mengangkat Gubernur-Jenderal Australia sebagai wakilnya atas saran dari Pemerintah Australia terpilih. Gubernur Jenderal mengangkat menteri atas masukan Perdana Menteri. Sistem pemerintahan Australia didasarkan pada tradisi demokrasi liberal, yang mencakup toleransi beragama dan kebebasan menyampaikan pendapat dan berserikat.

Konstitusi Australia

Konstitusi Australia menetapkan tugas Pemerintah Australia, seperti hubungan luar negeri dan perdagangan, pertahanan, dan imigrasi. Negara bagian dan teritorial bertanggung jawab atas hal-hal yang tidak ditentukan kepada pemerintah federal.

Kelompok politik

Ada dua kelompok politik utama yang biasanya membentuk pemerintah, baik di tingkat federal maupun negara bagian: Partai Buruh Australia, dan Koalisi yang merupakan gabungan formal Partai Liberal dengan mitranya yang lebih kecil, Partai Nasional.

Partai koalisi

Partai atau koalisi yang mayoritas inilah yang menjadi pemerintah, tergantung pilihan warga negara Australia saat pemilu. Koalisi atau partai politik yang kalah disebut “oposisi”.

 


 

AUSTRALIA YANG MULTIKULTURAL

Masyarakat Australia berasal dari berbagai latar belakang budaya, etnis, bahasa, dan agama, dan fitur ini membentuk masyarakat Australia modern. Kaum aborigin dan penduduk pulau-pulau di Selat Torres telah hidup di Australia selama puluhan ribu tahun dalam sejarah Australia.

Kebanyakan orang Australia adalah imigran atau keturunan imigran yang datang ke sini selama dua ratus tahun terakhir dari lebih dari 200 negara.

Bahasa yang paling umum digunakan di Australia adalah Bahasa Inggris, dan agama yang paling banyak dianut adalah Kristen, meskipun bahasa dan agama lainnya juga umum.

 


 

KOTA, NEGARA BAGIAN, DAN TERITORIAL

Australia terdiri atas enam negara bagian dan dua teritorial.

Ibukoya Australia adalah Canberra

Canberra adalah ibu kota negara dan pusat pemerintahan. Kota ini terletak sekitar 290 kilometer di selatan Sydney di Teritorial Ibu Kota Australia. Canberra dulu merupakan tanah adat suku pribumi Ngunnawal, dan diperkirakan namanya bermakna “tempat pertemuan”, dari kata Aborigin “Kamberra”. Di kota ini terdapat lembaga-lembaga nasional yang penting, termasuk Parlemen Australia dan Mahkamah Agung Australia.

New South Wales

New South Wales merupakan negara bagian tertua dan paling banyak penduduknya di Australia. Pada awalnya dibangun sebagai permukiman koloni hukuman; tepatnya di pantai Port Jackson, tempat ibu kota Sydney yang ramai sekarang berada. Lebih dari sepertiga orang Australia tinggal di New South Wales, dan Sydney merupakan kota terbesar di negara ini.

Victoria – negara bagian terkecil di daratan utama

Victoria adalah negara bagian terkecil di daratan utama, tetapi jumlah penduduknya kedua terbanyak. Ibu kotanya Melbourne, kota berpenduduk terbanyak kedua di Australia. Selama demam emas tahun 1850-an, kota itu menjadi salah satu kota terbesar dan terkaya di dunia.

Melbourne kadang disebut sebagai “pusat budaya Australia” dan merupakan tempat kelahiran film, televisi, seni, tari, dan musik Australia. Antusiasme penduduk Victoria terhadap olahraga juga melegenda dan di sinilah dimulai Football Australia.

Queensland adalah negara bagian Australia yang terbesar kedua dalam hal ukuran

Ibu kotanya Brisbane, kota berpenduduk terbanyak ketiga di Australia. Warga Queensland menikmati lebih banyak sinar matahari dan kehangatan musim dingin daripada kebanyakan negara bagian Australia lainnya; dan negara bagian ini cocok untuk semua jenis kegiatan luar ruangan dan olahraga air.

Queensland juga memiliki Great Barrier Reef yang terkenal serta lima wilayah yang terdaftar sebagai Warisan Dunia.

Australia Selatan

Negara bagian Australia Selatan terletak di bagian tengah selatan negara itu yang mencakup sebagian wilayah terkering benua itu. Merupakan negara bagian terbesar keempat Australia dan berbatasan dengan semua negara bagian di daratan utama dan Teritorial Utara.

Ibu kotanya Adelaide, kota berpenduduk terbanyak kelima di Australia. Kancah seni Australia Selatan sangat aktif dan negara bagian ini terkadang disebut sebagai “Negara Bagian Festival”, dengan lebih dari 500 festival yang diadakan setiap tahun.

Teritorial Utara – Ibukotanya adlah Darwin

Di ujung atas Australia terletak Teritorial Utara. Ibu kotanya, Darwin, terletak di pantai utara, dan Alice Springs merupakan kota pedalaman utama.

Alice Springs adalah pusat Australia secara fisik, hampir persis di titik tengah geografis negara ini. Di Teritorial Utara terdapat Uluru (Ayers Rock), Kata Tjuta (Olgas), dan Taman Nasional Kakadu yang terkenal.

Australia Barat merupakan negara bagian terbesar di Australia berdasarkan luasnya

Sekitar tiga perempat penduduk negara bagian ini tinggal di Perth, yang merupakan kota berpenduduk terbanyak keempat di Australia.

Bagian timur negara bagian ini sebagian besar berupa gurun, sementara di barat negara bagian ini berbatasan dengan hampir 13.000 kilometer garis pantai alami. Pada 1890-an ditemukan emas di sini dan pertambangan masih merupakan salah satu industri terbesar negara bagian ini.

Tasmania dipisahkan dari daratan utama Australia oleh Selat Bass dan merupakan negara bagian terkecil di Australia

Ibu kotanya, Hobart, didirikan pada 1804 sebagai koloni hukuman, dan merupakan ibu kota negara bagian tertua kedua di Australia setelah Sydney. Seperlima Tasmania merupakan taman nasional dan kawasan hutan belantara. Pulau ini salah satu pulau yang paling banyak memiliki pegunungan di dunia, mencerminkan hubungan geologi Australia dengan Antartika jutaan tahun lalu.

Ashmore and Cartier Islands, Christmas Island, Cocos (atau Keeling) Islands,Coral Sea Islands, Heard and McDonald Islands, Norfolk Island dan the Australian Antarctic Territory (meliputi 42 persen benua Antartika) juga merupakan bagian Australia sebagai wilayah luar.

 


 

TEMPAT TUJUAN WISATA WARISAN SEJARAH AUSTRALIA

Pelajari sejarah Australia, mulai dari tradisi kuno Aborigin sampai zaman narapidana dan kolonial.

Pelajari sejarah Australia, mulai dari tradisi kuno Aborigin sampai zaman narapidana dan kolonial. Pelajari tentang pemilik tradisional Sydney dan lihat sejarah permulaan koloni ini di situs-situs bersejarah yang terbentang dari pelabuhan sampai Parramatta.

Perhatikan arsitektur megah peninggalan masa kejayaan tambang emas dan nikmati makanan, anggur serta belanja di gedung-gedung warisan budaya di Brisbane.

Lihat karya seni Aborigin dan kolonial di Adelaide, dekat pedesaan Jerman bersejarah Hahndorf.

Telusuri garis keturunan Aborigin dari Kings Park di Perth dan berjalanlah bersama arwah narapidana, pemburu ikan paus dan pelaut di Hobart. Bacalah konstitusi pertama Australia di Canberra dan pelajari sejarah dramatis Perang Dunia II di Darwin.

Sydney, New South Wales

Ikuti wisata warisan sejarah menyusuri jalan Macquarie St ke Circular Quay.  Saksikan pameran sejarah sosial di benteng yang terbuat dari batu pasir di Hyde Park Barracks, kunjungi Justice and Police Museum dan nikmati hidangan di tepi pelabuhan di gedung Customs House bergaya Victoria.

Naik kapal feri ke Fort Denison, pulau pelabuhan kecil yang menjadi penjara bagi narapidana kelas teri. Jelajahi rumah besar peninggalan masa kolonial di Elizabeth Bay dan Vaucluse Houses atau saksikan pertunjukan di State Theatre yang megah.  Kunjungi Old Government House, gedung publik tertua di Australia, di Parramatta.

Lihatlah Sydney melalui sudut pandang Aborigin dalam pelayaran wisata budaya di sekitar Pelabuhan Sydney atau Cronulla atau tur Aborigin di kebun raya Royal Botanic Gardens atau Rocks.

Adelaide, Australia Selatan

Lihat artefak Aborigin di Museum Australia Selatan dan seni kolonial Australia di Galeri Seni Australia Selatan, yang keduanya terletak di North Terrace.  Ikuti tur bersama pemandu melintasi rumah besar peninggalan masa kolonial di Ayers House Museum dan jelajahi Carrick Hill, sebuah rumah yang dibangun pada tahun 1930-an dengan gaya rumah pertanian besar Inggris abad ke-17.

Jalani kembali kehidupan militer tahun 1880-an di Fort Glanville dan kehidupan para gubernur negara bagian terdahulu di Old Government House di Taman Nasional Belair.

Lihat gereja, pondok dan rumah besar peninggalan masa kolonial di Adelaide Utara dan gudang, dermaga dan museum bersejarah di Port Adelaide, jantung maritim kota ini.  Di Adelaide Hills, kunjungi pedesaan Jerman Hahndorf yang dibangun pada tahun 1830-an dan pedesaan bergaya Inggris di Gunung Torrens.

Perth, Australia Barat

Jelajahi asal mula geologis negara bagian ini, sejarah Aborigin yang beragam dan pemukiman Eropa di Museum Australia Barat di Northbridge.

Jelajahi penggilingan Old Mill, yang dibangun pada tahun 1835 untuk menggiling tepung, dan sekolah Old Perth Boys School, yang dibangun pada tahun 1854 menggunakan batu pasir yang diseberangkan melintasi Sungai Swan oleh para narapidana.

Kunjungi percetakan uang Perth Mint, salah satu percetakan uang tertua di dunia, di Perth Timur.

Ikut tur Aborigin melintasi Kings Park, di mana ular legenda Wagyl dikatakan masuk ke dalam tanah sebelum muncul di kaki Gunung Eliza membentuk Sungai Swan.

Selami sejarah Fremantle di Roundhouse, penjara pertama negara bagian ini, dan juga Penjara Fremantle serta Museum Maritim Australia Barat.

Hobart, Tasmania

Jelajahi gudang-gudang yang dibangun pada tahun 1830-an di Salamanca Place, lapangan berlantai batu di kawasan tepi pantai Hobart.  Perhatikan karya seni pemukim awal dan sepasang Setan Tasmania yang telah diawetkan di Museum dan Galeri Seni Tasmania, yang berdekatan dengan gedung-gedung bersejarah di kawasan tepi pantai Sullivans Cove.

Lihat hantu yang diisukan ada di Theatre Royal, teater tertua di Australia.  Di Battery Point, kawasan pinggiran kota tertua di Hobart, Anda dapat memanjat tangga Kelly’s Steps, yang dibangun oleh petualang legendaris James Kelly pada tahun 1839, dan ikuti tur mencari hantu.

Anda juga akan menemukan gedung-gedung tua yang elok seperti Arthur Circus Cottages, Gereja Anglikan St. George dan Narryna Heritage Museum.  Berjalanlah melintasi jembatan tertua di Australia dan berdiri di dalam sel penjara tertua di Richmond yang berada tak jauh.

Canberra, Teritorial Ibu Kota Australia

Susuri jalan seremonial Parade Anzac dan pelajari kisah-kisah perang dan pemeliharaan perdamaian Australia di Australian War Memorial.  Kunjungi Museum Demokrasi Australia di Old Parliament House.

Jelajahi taman-taman yang terbentang luas di Lanyon Homestead dan telusuri Blundells’ Cottage, yang dibangun pada tahun 1860-an dan sekarang menjadi museum interaktif.

Ikuti tur bersama pemandu melintasi pondok pekerja di Mugga Mugga, atau sekolah pertama Canberra di St John’s Schoolhouse Museum. Bacalah dokumen-dokumen sejarah di Perpustakaan Nasional Australia atau konstitusi pertama Australia di gedung Arsip Nasional yang berdekatan.

Lihat seni cadas kuno Aborigin di Taman Nasional Namadgi dan Cagar Alam Tidbinbilla yang berdekatan.

 


 

SEJARAH AUSTRALIA DALAM PERANG DUNIA KE-2 di DARWIN

Pelajari saat Perang Dunia II datang ke Australia dalam objek wisata sejarah di Darwin.

Sebelum bom-bom mulai dijatuhkan, Kamis 19 Februari 1942 merupakan suatu pagi hari khas Darwin yang lembap.  Pada suhu 33 derajat di tempat teduh dan kelembapan 90 persen, 2.000 penduduk Darwin – termasuk hanya 63 wanita – sudah berkeringat.

Hawa panas ini tidak terlalu mereka pikirkan, ketika pada pukul 9.58 pagi, pesawat-pesawat Jepang melepaskan bom pertama di Pelabuhan Darwin.

Pada jam berikutnya, lebih dari 300 bom dijatuhkan, membunuh 243 orang dan melukai 300 orang.  Banyak dari 188 pesawat Jepang itu telah menyerang Pearl Harbour beberapa bulan sebelumnya.

Meskipun pangkalan militernya cukup besar, Darwin tidak dilengkapi dengan baik untuk berhadapan dengan serangan pertama musuh Australia.  Tanpa air, listrik, komunikasi atau kepemimpinan yang jelas dan dengan desas-desus adanya invasi asing yang sedang terbang, penduduk Darwin pun panik.

Banyak prajurit meninggalkan pelatihan mereka dan bergabung dengan penduduk sipil berbondong-bondong keluar dari kota.

Orang-orang berlari, naik sepeda, berkuda dan mengendarai mobil, tidak berhenti hingga mereka mencapai Adelaide River; sebuah komunitas pedesaan kecil sejauh 115 kilometer di sebelah selatan Darwin.

Peristiwa ini kemudian disebut sebagai “balap Adelaide River”, dan pengungsian ke selatan ini didokumentasikan dalam film epik Australia baru buatan Baz Lurhman.

Serangan terhadap Darwin, serta kekacauan, ketakutan dan pengungsian yang terjadi berikutnya sebagian besar disembunyikan oleh pemerintah Australia.

Khawatir menjatuhkan moral bangsa karena baru beberapa hari yang lalu Jepang telah menaklukkan Singapura, pemerintah Australia saat itu melaporkan hanya 17 orang yang tewas dan 24 orang terluka di Darwin, sebuah penggelapan dari statistik yang sebenarnya.

Dalam 18 bulan berikutnya, Darwin kehilangan lebih dari 1.000 orang dalam total 64 serangan udara. Namun, sensor terhadap berita menyebabkan sebagian besar orang Australia tidak menyadari betapa seriusnya serangan ini, suatu serangan yang berlangsung terlama di negara ini.

Anda dapat menjelajahi sejarah Perang Dunia II Darwin di berbagai lokasi yang tersebar di dalam dan di sekitar kota ini.

Terdapat pesawat pembom B52 yang asli di Aviation Heritage Centre dan berbagai landasan terbang tua di dalam dan di sekitar kota.  Kunjungi bungker amunisi yang membentuk bagian garis pertahanan sebelah utara Australia di Taman Nasional Charles Darwin, atau lihatlah sisa tenda peristirahatan bagi 100.000 personel militer di Berry Springs Nature Park, 47 kilometer di sebelah selatan Darwin.

Di East Point Military Museum

Tak jauh dari pusat kota, Anda dapat berjalan melewati bungker tempat direncanakannya strategi pertahanan kawasan Top End Australia, dan melihat secara langsung video pengeboman yang membawa Perang Dunia II ke Australia.  Kunjungi saluran penyimpanan minyak perang yang berada di bawah kota atau saksikan pos pengintaian artileri di Casurina Coastal Reserve, yang juga merupakan situs keramat bagi kaum Aborigin.

Anda juga dapat mengikuti sejarah perang di Top End Australia dengan mengikuti tur atau berkendara sendiri dari Darwin ke Stuart Highway.  Saksikan landasan terbang militer di samping jalan raya dan kunjungi museum dan makam perang di Adelaide River.  Kenali lebih jauh kehidupan saat perang di Katherine dan dengarkan cerita-cerita perang dari penduduk lokal dengan segelas bir dingin di kota kecil Larrimah dan Daly Waters yang bersejarah dan penuh warna.

 

Bacaan Lainnya



 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber: Australia

                                     

 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz |Matematika|IPA | Geografi & Sejarah|Info Unik|Lainnya


By | 2019-03-06T22:26:40+00:00 Maret 6th, 2019|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment