7 Cara Investasi Emas – Emas adalah logam yang langka dan mudah dibentuk

Emas

Emas adalah logam yang langka dan berarti sulit ditemukan. Warna emas kuning ini sangat istimewa, karena salah satunya logam yang tidak bisa berubah warna dengan berjalannya waktu.

 

Karakteristik Emas

Emas adalah yang paling mudah dibentuk dari semua logam; 1 gram dapat ditempa menjadi lembaran 1 meter persegi.

Logam emas adalah konduktor yang baik untuk mengalirkan panas dan listrik.

 

Investasi emas

Investasi emas – logam mulia. Sumber foto: Wikipedia

 

Cara investasi emas yang aman

Berikut rekomendasi yang bisa dilakukan bagi pemula untuk cerdas berinvestasi dengan emas.

1. Pantau harga emas secara berkala

memang emas mengalami nilai yang konstan dan cenderung naik, masyarakat yang sedang berinvestasi emas harus tetap memantau nilai harga emas. Bagi generasi yang lebih tua, ketika mereka bertransaksi membeli emas di toko secara konvensional, mungkin tidak memastikan terlebih dahulu nilai emas di pasaran.

Namun jika kita melirik jual beli emas yang berbasis aplikasi digital, kita mampu membaca grafik harga emas, sehingga kita mendapatkan waktu yang tepat dan strategis untuk menjual atau membeli emas. Dengan begitu kita mendapatkan keuntungan yang lebih. Penting bagi pemula untuk memantau harga emas di pasaran.

Berbeda dengan jual beli yang terjadi secara konvensional, teknologi sekarang juga merubah tren pembelian masyarakat. Ilham menambahkan, “Megatren ini disebut digital economics, atau mendigitalkan ekonomi. Dimulai dengan munculnya sebuah inovasi, berkembangnya teknologi dan diperkuat dengan economics principle.”

2. Latihan diri sendiri untuk membeli emas. Berapapun nominalnya

Ketika baru mendapatkan gaji di awal bulan, coba sisihkan uang yang dimiliki untuk membeli emas. Uang tersebut bisa ditabung untuk dibelikan emas, bisa membeli dari 1 gram, hingga 2 gram emas saja. Dengan begitu, uang yang semulanya kita sisihkan untuk ditabung, nilainya semakin stabil ketika berubah bentuk menjadi emas.

Hilangkan persepsi bahwa untuk membeli emas harus membeli dalam nominal dan gram yang besar. Karena dengan “mengoleksi” emas dengan gram yang lebih kecil, membuat kita lebih mudah untuk menjualnya kembali. Hal ini perlu diingat, karena bisa saja terjadi peristiwa darurat yang mengharuskan kita untuk memiliki uang, sehingga emas dengan kepingan kecil mampu memudahkan kita.

3. Hanya lakukan transaksi jual beli emas di tempat yang terpercaya

Menilik metode jual beli emas secara konvensional, kita harus membawa sejumlah uang tunai untuk membeli emas ke sebuah toko. Dari metode ini, banyak kasus dan cerita-cerita dimana penjual emas kerap mengelabui para pembeli.

Jika kita tidak teliti, penjual-penjual “nakal” ini mampu memalsukan dan mengurangi kadar dari emas yang kita beli. Dengan begitu, uang yang kita beli tidak akan sepadan dengan emas yang kita dapatkan.

Alih-alih berinvestasi dan mendapatkan keuntungan, dalam kasus ini kita malah mendapatkan kerugian. Maka dari itu, perlu bagi calon pembeli emas untuk melihat tempat yang terpercaya, baik dari segi penjual dan kemanan selama bertransaksi.

4. Gunakan investasi emas untuk kebutuhan masa depan

Berinvestasi dengan emas memang bicara soal jangka panjang. Maka dari itu, pemula harus mulai menetapkan tujuan investasinya ketika memulai investasi.

Berbagai kebutuhan masa depan seperti membangun rumah, menabung untuk menikah dan tabungan hari tua bagi anak bisa dimanfaatkan melalui investasi emas.

Head of Wealth Magament Permatabank Syariah, Mery Ariyenti menuturkan, “Dengan berinvestasi emas, bisa kita gunakan untuk pergi haji, karena antrian haji pada tahun ini sudah mencapai belasan tahun ya.”

Karena jika kita menyimpan emas dalam waktu yang lama, nilai emas akan semakin tinggi dan bisa menjadi begitu berharga dan bermanfaat bagi kita di masa depan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memiliki visi yang lebih dalam berinvestasi, hal tersebut mampu menjadi motivasi kita untuk menabung dan menyisihkan uang untuk membeli emas.

5. Jangan kuatir tentang pajak PPh 22 terkait pembelian emas batangan

Berkaitan dengan keputusan Direktoral Jenderal (Ditjen) Pajak pada 2 Oktober 2017 yang mengenakan pajak penghasilan (PPh) 22, untuk pembelian emas batangan tidak perlu dikhawatirkan.

PT. Antam sendiri telah mengkonfirmasi bahwa memang betul mereka telah menerapkan PPh ini. Namun terdapat tarif yang ditentukan bagi masyarakat yang memiliki NPWP dan tidak. Bagi masyarakat yang memiliki NPWP, dikenakan pajak sebesar 0,45 persen. Sementara yang tidak punya NPWP, dikenakan tarif 0,9 persen.

6. Memikirkan Faktor Penyimpanan

Setelah memiliki rencana dan strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan buah hati Anda dengan berinvestasi emas, maka Anda kini harus mulai melakukannya.

Tetapi muncul kembali sebuah pertanyaan baru, mau disimpan dimana emas-emas tersebut? ditaruh di bawah bantal? Bisa hilang! Anda juga harus mempertimbangkan dengan matang faktor penyimpanan ini agar emas aman dan mudah dijangkau.

Cara menyimpan emas yang aman dan umum dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Brankas.
  • Menyewa SDB (Safe Deposit Box) di bank.
  • Di rumah (kurang aman), dengan menyimpan emas di lemari dengan kunci (lokasi kunci tidak diketahui siapapun selain Anda). Tetapi cara ini merupakan cara lama yang hanya cocok jika jumlah emas tergolong sedikit.

7. Lakukan tanpa bantuan dan campur tangan orang lain

Tips terakhir adalah selalu lakukan semuanya sendiri. Mengingat ini adalah kepentingan pribadi Anda, melibatkan orang lain hanya akan menimbulkan rasa iri dan bisa berujung negatif bagi Anda.

Meski orang lain menawarkan bantuan, selalu pantau dan jangan sembarangan mempercayakan investasi emas Anda kepada tangan lain. Hanya dengan cara ini Anda bisa berinvestasi dengan baik dan benar.

 

Perusahaan pertambangan yang mengeksploitasi cadangan emas di Indonesia

  1. PT Aneka Tambang, merupakan BUMN

  2. PT Freeport Indonesia

  3. PT Newmont Nusa Tenggara

 

Beberapa negara yang memproduksi secara massal koin emas untuk ditawarkan sebagai alternatif investasi emas

  1. Australia – kangaroo

  2. China – panda

  3. Malaysia – kijang emas

  4. Canada – maple leaf

  5. Inggris – Britannia

  6. Amerika Serikat – eagle dan buffalo

  7. Afrika Selatan – Krugerrand

  8. New Zealand – kiwi

  9. Singapore – lion

  10. Austria – philharmonic

  11. Indonesia – Logam Mulia

Logam Mulia merupakan salah satu Unit Bisnis dari PT Aneka Tambang yang merupakan satu-satunya usaha pemurnian emas dan perak di Indonesia yang bersertifikasi. Logam Mulia memiliki pengakuan dari LBMA (London Bullion Market Association) dan termasuk di dalam Good Delivery List of Acceptable Refiners of Gold Bars sejak 1 Januari 1999.

 

Tes Matematika Lainnya

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: ForbesHuffington PostWiki How

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-07T11:22:27+07:00 Oktober 28th, 2015|IPA|0 Comments

Leave A Comment