fbpx

Lumba-lumba Adalah Mamalia Laut – Ciri-Ciri, Komunikasi Dan Habitat

Lumba-Lumba

Lumba-lumba adalah mamalia laut. Mereka hidup di dalam air, tetapi harus naik juga ke permukaan air untuk bernafas. Ada kurang lebih dari 40 jenis lumba-lumba.

 

Sistem Komunikasi Dan Kecerdasan

Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan mereka, sehingga terhindar dari benturan.

Mereka menggunakan banyak suara termasuk klik, siulan dan cicitan.

Lumba-lumba mengirimkan suara dan mendengarkan gema, ini memberitahu mereka persis apa yang ada di sekitar mereka dan di mana mangsanya berada.

Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembuatan radar kapal selam. Mereka adalah binatang menyusui karena lumba lumba adalah mamalia. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Mereka adalah kerabat paus dan pesut.

Terkadang suara gaduh di laut akibat pengeboran minyak dapat membuat mereka membingungkan. Mereka akan mengalami kesulitan dalam mengirim dan menerima pesan sonar. Karena mereka dapat berkomunikasi, maka mereka disebut sebagai hewan yang paling cerdas, melebihi simpanse.


Berapa Lama Ikan Lumba-Lumba Dapat Hidup?

Pada lumba-lumba yang hidup dilaut lepas, dapat hidup untuk waktu yang lebih lama. Jenis Orcas dolphin bisa hidup selama 70 tahun atau lebih. Bottlenose dolphin bisa hidup setidaknya selama kurang lebih 40 tahun. Mereka yang dipelihara di penangkaran, banyak yang mati jauh lebih awal daripada mereka yang hidup di laut atau alam liar.

 

Beberapa Jenis Lumba-Lumba

Lumba-Lumba Biasa

Lumba-Lumba Biasa

Bottlenose dolphin

Bottlenose dolphin

Spotted dolphin

Spotted dolphin

Atlantic spotted dolphin

Atlantic spotted dolphin

Commerson's dolphin

Commerson’s dolphin

Dusky dolphin

Dusky dolphin

Killer whale

Killer whale

Amazon river dolphin

Amazon river dolphin

Lumba-lumba bersisi putih

Lumba-lumba bersisi putih

Bayi Luba-Lumba

Bayi lumba-lumba yang baru lahir akan dibawa ke permukaan oleh induknya agar bisa menghirup udara. Lumba-lumba perlu naik ke permukaan untuk bernapas supaya tetap hidup. Mamalia ini bernapas melalui lubang udara yang terletak di atas kepalnya. Tubuhnya yang licin dan ramping sangat sesuai untuk berenang. Induknya menyusui anaknya dengan susu yang gurih dan menyediakan energi bagi anaknya supaya cepat besar. Setiap anak-anaknya selalu berada di dekat induknya, sehingga ibunya bisa melindungi dari bahaya.

Induknya selalu menjaga hubungan dengan anaknya hingga tumbuh semakin besar. Induk mereka memanggil anak anaknya dengan siulan khusus yang bisa mereka kenali.


Sebagai Makanan

Sashimi lumba-lumba

Sashimi lumba-lumba

Daging tersebut dikonsumsi dalam jumlah kecil di beberapa negara, terutama Jepang dan Peru. Konsistensi dagingnya cukup padat dan berwarna merah gelap. Lemaknya terkonsentrasi di lapisan antara daging dan kulit. Daging lumba-lumba di Jepang disajikan dengan irisan tipis-tipis seperti sashimi dan dimakan mentah dengan didampingi bawang dan wasabi, juga dapat dimasak dengan cara goreng balut tepung atau direndam dalam air mendidih bersama saus miso dan sayuran. Dagingnya yang telah dimasak dikatakan mirip dengan hati sapi.

Konsumsi dagingnya perlu diperhatikan jumlahnya karena daging mereka mengandung merkuri dengan kadar yang cukup tinggi. Pemerintah Jepang selalu mengawasi warga di daerah yang mengkonsumsi daging lumba-lumba dalam jumlah besar. Pemerintah Jepang merekomendasikan anak-anak dan wanita hamil untuk menghindari konsumsi dagingnya.


Habitat

Lumba-lumba hidup dan bekerja dalam kelompok atau disebut kawanan. Mereka sering bermain bersama. Seekor lumba-lumba tidak bisa tidur nyenyak di bawah air. Ia bisa tenggelam. Oleh karena itu, ia setengah tidur beberapa saat dalam sehari.

Lumba-Lumba bisa hidup lautan mana aja, ada yang hidup di laut tropis, juga ada yang hidup di laut kutub, bahkan mereka ada juga yang tinggal di sungai, seperti lumba-lumba amazon (Inia geoffrensis). Lumba-lumba seperti paus pembunuh (Orcinus orca) hidup di lautan seluruh dunia, lautan tropis sampai lautan tundra, baik kutub utara atau kutub selatan.


Makanan Lumba-Lumba

Umumnya, kebutuhan makan lumba-lumba dewasa setiap harinya berkisar antara 4 hingga 5% dari bobot tubuhnya, sementara lumba-lumba yang sedang menyusui membutuhkan makanan per hari sebesar 8% dari bobot tubuhnya.

Mereka memakan cumi dan ikan seperti ikan mullet abu-abu. Kadang kadang Lumba-lumba menggiring kawanan ikan agar mudah ditangkap. Lumba-lumba mencari jalan dengan mengirimkan suara di dalam air. Jika suara itu mengenai suatu benda, suara itu akan dipantulkan kembali sebagai gema.


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Record NetThe GuardianWhales

       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-07T11:15:52+07:00 Oktober 27th, 2015|IPA|2 Comments

Leave A Comment