Kanker Jantung | Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan, Perawatan, Pencegahan

Kanker Jantung

Kanker jantung adalah kondisi langka yang hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Alasan kelangkaannya adalah karena sel-sel jantung tidak membelah dan oleh karena itu sel-sel ganas tidak dapat berkembang biak di sana. Hanya sel-sel perikardium yang dapat mengalami pembentukan tumor. Bagaimana tumor jantung berkembang? Apa prognosis untuk jenis kanker ini?


Kanker jantung: mengapa sangat jarang?

Terbentuknya tumor dalam tubuh merupakan hasil dari proliferasi sel yang tidak normal. Namun, sel-sel otot jantung tidak dapat membelah. Kekhususan ini membuat perkalian mereka menjadi tidak mungkin. Dengan demikian, jantung mendapat manfaat dari perlindungan alami terhadap perkembangan kanker. Namun, perikardium dapat menjadi lokasi tumor kanker karena selubung yang mengelilingi otot jantung ini tidak terdiri dari sel-sel jantung, tetapi dari jaringan ikat. Oleh karena itu, kanker jantung primer sangat jarang terjadi. Biasanya tumor adalah metastasis dari kanker lain.

Tumor jantung jinak dan ganas

Kanker jantung hampir selalu ringan (setidaknya 75% kasus).

Catatan: tumor jantung pada anak-anak atau bayi pada sebagian besar kasus jinak tetapi dapat menyebabkan kematian mendadak karena aritmia atau hambatan mekanis pada sirkulasi darah.

Keganasan jantung yang tersisa jarang ditemukan pada 2 sampai 18% kasus selama otopsi. Ini adalah:

baik sarkoma;
atau lebih jarang limfoma jantung.

Metastasis jantung dapat ditemukan pada 10% kanker yang telah bermetastasis, yang paling mungkin memberikan metastasis ke jantung adalah:

  • kanker kulit;
  • kanker paru-paru;
  • kanker bronkial;
  • kanker payudara;
  • kanker kerongkongan (esofagus);
  • kanker rahim;
  • kanker ovarium;
  • kanker ginjal.
Kanker jantung sekunder

Tidak seperti kanker jantung primer, kanker jantung sekunder dimulai dari penyebaran sel kanker dari kanker lain yang ditemukan di tempat lain di tubuh. Kanker yang paling sering menyebabkan metastasis jantung adalah kanker bronkus, payudara, melanoma (kanker kulit), leukemia dan limfoma (kanker darah) serta sarkoma Kaposi (akibat virus herpes atau AIDS).


Jenis utama Tumor Jantung

1. Tumor jinak

Ini adalah bentuk paling umum dari tumor jantung primer.

Miksoma (Myxoma)
Ini adalah yang paling umum dari tumor jantung jinak, terletak terutama di salah satu atrium.

Istilah miksoma menggambarkan tumor jinak langka yang hanya memiliki sedikit suplai vaskular dan mengandung sel fibroblastik berbentuk gelendong. Pada dasarnya ada dua jenis myxoma: intramuskular dan juksta-artikular.

Yang paling terkenal adalah myxoma jantung, yang biasanya ditemukan di atrium kiri (atrial myxoma) dan menyebabkan aritmia jantung dan pembekuan darah (embolism). Kompleks Carney adalah bentuk herediter dari myxoma. Ciri khas di sini adalah terjadinya miksoma tidak hanya di jantung, tetapi juga di kulit, payudara, jaringan saraf, dan kelenjar tiroid.

Fibroelastoma
Itu tergantung pada katup jantung dan muncul sebagai formasi bulat dan homogen, dilekatkan oleh pedikel ke yang terakhir, dengan tepi yang agak “bergetar” dan mewakili sekitar seperlima dari tumor jantung yang dimusnahkan4. Ada kemungkinan bahwa prevalensinya lebih besar atau bahkan lebih besar daripada myxoma, anomali yang sering ditemukan selama USG sistematis dan cukup karakteristik untuk tidak selalu memerlukan intervensi. Hal ini paling sering kecil. Sangat sering tanpa gejala, risiko emboli tampaknya meningkat jika besar atau jika bergerak.

Yang lainnya
Mereka mewakili kurang dari 10% tumor jantung primer: fibroma, lipoma, dll.
Fibroid dan rhabdomyoma lebih sering terjadi pada anak-anak. Beberapa bentuk dapat mundur secara spontan.

2. Tumor ganas (kanker)

Mereka secara klasik dibagi menjadi tumor primer dan sekunder (metastasis). Selain itu adalah invasi jantung (dengan kedekatan) dari tumor ekstra-jantung.

Tumor primer
Mereka langka. Ini pada dasarnya adalah sarkoma dan, jauh lebih jarang, limfoma dan mesothelioma. Prognosisnya buruk, terutama jika itu adalah sarkoma atau mesothelioma.

Metastasis
Metastasis jantung dari kanker lain jauh lebih umum daripada tumor primer. Mereka dapat hadir di hampir 10% kanker. Kanker primer yang terlibat paling sering adalah paru, hematologi atau payudara. Tempat metastasis menyangkut pada 2/3 kasus perikardium yang dimanifestasikan oleh efusi perikardial asimtomatik atau yang dapat menjadi kompresif. Kemudian datang serangan epikardium dan miokardium, bentuk endokardium jarang terjadi.


Kanker jantung: gejala

Anda harus tahu bahwa hampir 70% tumor yang mempengaruhi jantung adalah jinak (hemangioma, myxoma, lipoma, neurofibroma, dll). Tumor ganas, di sisi lain, dapat terdiri dari dua jenis. Pertama, tumor dikatakan primer ketika mereka mulai di sel-sel jantung. Mereka akan dianggap sekunder jika mereka bermetastasis oleh kanker yang telah berkembang di organ lain dan menyebar ke jantung.

Di antara kanker yang dapat berkembang biak ke dalam otot jantung adalah kanker paru-paru, kanker ginjal, kanker kerongkongan atau kanker ginekologi. Dalam sebagian besar kasus, penyakit yang sangat langka ini memanifestasikan dirinya dengan nyeri dada, gagal jantung, aritmia jantung, dan kehilangan kesadaran (sinkop).


Tumor jantung kanker: diagnosis

Untuk mendiagnosis tumor jantung kanker, tes harus dilakukan seperti:

  • ekokardiografi,
  • tomografi komputer (CT),
  • pencitraan resonansi magnetik (MRI).

Kanker jantung: perawatan apa?

Penatalaksanaan kanker jantung akan tergantung terutama pada sifat dan stadium perkembangannya. Jadi, tumor primer biasanya diangkat dengan pembedahan, sedangkan tumor sekunder lebih mungkin diobati dengan radiasi atau kemoterapi atau dengan kombinasi keduanya.

Penggunaan pembedahan pada jenis kanker metastatik ini seringkali sulit untuk dipertimbangkan.

Perlu dicatat bahwa ketika kanker telah berkembang menjadi jantung, kemungkinan pasien untuk bertahan hidup sangat rendah. Implementasi program paliatif kemudian diusulkan untuk meringankan, pertama-tama, penderitaan pasien.


Kanker jantung: evolusi apa?

Sebagian besar tumor jantung primer bersifat jinak dan diangkat melalui pembedahan. Sesi kemoterapi terkadang direkomendasikan untuk menghilangkan semua sel abnormal dan mengurangi risiko kekambuhan. Namun, ini tidak terjadi pada kanker yang bermetastasis.

Di sana, peluang pasien untuk bertahan hidup menjadi kurang menguntungkan dan prognosis vital pasien dapat ditentukan dengan sangat cepat. Manajemen kemudian akan fokus pada kanker primer yang menyebabkan metastasis, serta pada pelaksanaan perawatan paliatif untuk meringankan rasa sakit pasien.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.


Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kanker Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Mayo Clinic, American Heart Association,  Johns Hopkins University, National Cancer Institute

Sumber foto: Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-10-17T15:05:43+07:00 September 22nd, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment