Kebiri Kimia (kastrasi kimia) – Penjelasan, Tujuan dan Efek

Penjelasan Pengebirian Kimia

Pengebirian kimia adalah pengebirian melalui obat anafrodisiak, baik untuk mengurangi libido dan aktivitas seksual. Kebiri kimia dapat juga untuk mengobati kanker.

Tujuan kebiri kimia

Untuk menghilangkan fungsi testis pada jantan atau fungsi ovarium pada betina. Pengebirian dapat dilakukan baik pada hewan ataupun manusia.

Perbedaan kebiri kimia dengan kebiri bedah

Tidak seperti pengebirian bedah, di mana gonad dikeluarkan melalui sayatan di dalam tubuh, pengebirian kimia tidak menghilangkan organ, juga bukan merupakan bentuk sterilisasi.

Kastrasi kimia umumnya dianggap reversibel ketika pengobatan dihentikan, meskipun efek permanen dalam kimia tubuh kadang-kadang dapat terlihat, seperti dalam kasus kehilangan kepadatan tulang meningkat dengan lamanya penggunaan DMPA (Medroxyprogesterone acetate).
 

 

Efek kebiri kimia

Pada laki-laki

Ketika digunakan pada pria, obat-obatan ini dapat mengurangi dorongan seks, fantasi seksual kompulsif, dan kapasitas untuk gairah seksual. Efek samping yang mengancam jiwa jarang terjadi, tetapi beberapa pengguna menunjukkan peningkatan lemak tubuh dan penurunan kepadatan tulang, yang meningkatkan risiko jangka panjang penyakit jantung dan osteoporosis.

Mereka juga mungkin mengalami ginekomastia (perkembangan kelenjar susu yang lebih besar dari normal pada pria); perkembangan penuh jarang terjadi kecuali pengebirian kimia dikombinasikan dengan terapi estrogen feminisasi.

Pada wanita

Ketika digunakan pada wanita, efeknya serupa, meskipun ada sedikit penelitian tentang penurunan gairah seks wanita secara kimiawi atau anafrodisiak khusus wanita, karena sebagian besar penelitian berfokus pada yang sebaliknya, tetapi rejimen hormon anti-androgenik akan menurunkan testosteron pada wanita yang dapat berdampak pada seks dorongan atau respons seksual.

Obat-obatan ini juga mengempiskan kelenjar payudara dan memperbesar ukuran puting. Yang juga terlihat adalah massa tulang yang tiba-tiba menyusut dan perubahan warna bibir, berkurangnya rambut tubuh dan massa otot.
 

Pengobatan kanker dengan kebiri kimia

Penggunaan medis utama kastrasi kimia (kebiri) dalam pengobatan kanker yang bergantung pada hormon, seperti beberapa kanker prostat, di mana sebagian besar telah menggantikan praktik pengebirian bedah.

Pengebirian kimia melibatkan pemberian obat-obatan antiandrogen, seperti cyproterone acetate, flutamide atau agonis hormon pelepas gonadotropin.

Pembedahan untuk mengangkat kedua testis atau pengebirian secara kimia secara medis mungkin dilakukan sebagai prosedur pengobatan kanker prostat.

Pengobatan dengan mengurangi atau menghilangkan asupan hormon testosteron -baik secara kimia ataupun bedah dilakukan untuk memperlambat perkembangan kanker. Hilangnya testis yang berarti hilangnya pula hormon testosteron mengurangi hasrat seksual, obsesi dan perilaku seksual. Baca juga 👉 Fakta Kanker Otak Yang Mungkin Belum Anda Ketahui
 

Hukuman kebiri kimia bagi pelanggar seks atau pemerkosa

Penggunaan pertama pengebirian kimia terjadi pada tahun 1944, ketika dietilstilbestrol digunakan dengan tujuan menurunkan hormon testosteron pria. Agen antipsikotik benperidol kadang-kadang digunakan untuk mengurangi dorongan seksual pada orang yang menunjukkan perilaku seksual yang tidak pantas, dan juga dapat diberikan dengan suntikan. Tetapi benperidol tidak mempengaruhi testosteron dan karenanya bukan agen aktif pengebirian… Selanjutnya baca di 👉 Hukuman Kebiri Kimia (Kastrasi Kimia) di Berbagai Negara dan Contohnya
 

Praktik pengebirian sudah dilakukan manusia bahkan jauh sebelum tercatat dalam sejarah

Kebiri kadang kala dilakukan atas dasar alasan keagamaan atau sosial di budaya tertentu di Eropa, Timur Tengah, Asia Selatan, Afrika, dan Asia Timur.

Setelah peperangan, pemenang biasanya mengebiri dengan memotong penis dan testis mayat prajurit yang telah dikalahkan sebagai tindakan simbolis “merampas” kekuatan dan keperkasaan mereka.

Laki-laki yang dikebiri — orang kasim — biasanya dipekerjakan dan diterima pada kelas sosial istimewa dan biasanya menjadi pegawai birokrasi atau rumahtangga istana: khususnya harem.

Pengebirian juga muncul dalam dunia keagamaan. Sementara beberapa agama seperti agama Yahudi sangat melarang praktik ini. Kitab Imamat misalnya secara khusus melarang orang kasim atau yang alat kelaminnya cacat untuk masuk menjadi biarawan Katolik, sebagaimana tradisi sebelumnya melarang hewan kebiri untuk dikorbankan.

Sejarah Tiongkok

Dalam sejarah Tiongkok, orang Kasim atau disebut Sida-Sida diketahui memegang kekuasaan yang cukup besar di istana, terkadang merebut kekuasaan dari kaisar yang sah, seperti disebutkan dalam sejarah dinasti Han, dan masa menjelang akhir dinasti Ming. Peristiwa yang sama juga dilaporkan terjadi di Timur Tengah.

Pada masa purba

Pada masa purba, pengebirian juga melibatkan pemotongan seluruh alat kelamin pria, baik testis sekaligus penis. Praktik ini sangat berbahaya dan kerap mengakibatkan kematian akibat pendarahan hebat atau infeksi, sehingga dalam beberapa kebudayaan seperti Kekaisaran Byzantium, pengebirian disamakan dengan hukuman mati. Pemotongan hanya testisnya saja mengurangi risiko kematian.

Kaum transseksual laki-laki

Kaum transseksual laki-laki yang merasa dirinya perempuan ada yang menjalani prosedur orchiektomi, penghilangan alat kelami laki-laki, sebagai bagian dari operasi ganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan.
 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: Wikipedia (Inggris), Science Direct, Metro.co.uk, Jakarta Globe, Informa UK Limited,
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2020-01-09T03:10:20+07:00 Januari 9th, 2020|Geografi & Sejarah, IPA, Kimia|0 Comments

Leave A Comment