Apakah Klitoris itu? Fungsi dan Penjelasan tentang Klitoris

8 min read

Klitoris

Penjelasan Klitoris Secara Medis

Klitoris atau kelentit adalah proyeksi kecil jaringan ereksi di vulva sistem reproduksi wanita. Berisi ribuan ujung saraf dan pembuluh darah yang membuatnya menjadi organ yang sangat sensitif. Stimulasi sentuhan ujung saraf di klitoris/kelentit menghasilkan sensasi kenikmatan seksual.

Organ ini secara struktural dan fungsional mirip penis pada sistem reproduksi pria, kecuali bahwa klitoris tidak mengandung uretra (saluran kemih bagian bawah) dan tidak berperan untuk buang buang air kecil.

Konten halaman ini membahas tentang anatomi tubuh manusia dalam hal sains. Yang mungkin mengandung unsur seksual, yang mungkin ekstrim bagi sebagian orang, terutama mereka yang berusia di bawah 18 tahun. Silakan keluar Jika Anda tidak nyaman dengan hal ini.

Fungsi Klitoris

Banyaknya ujung saraf dalam klitoris/kelentit menyebabkannya menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan atau tekanan langsung atau tidak langsung. Hal ini mirip dengan penis pada pria.

Rangsangan pada daerah kelentit dapat menjadi nikmat, bahkan memberikan pemiliknya kenikmatan seksual merupakan satu-satunya fungsi organ ini yang diketahui dan merupakan satu-satunya organ manusia yang memiliki pemberi kenikmatan sebagai fungsi utama. Kelentit tidak ada hubungannya dengan kehamilan, menstruasi, atau kencing.

Mengapa klitoris/kelentit bersifat erotis dan menghasilkan gairah seksual?

Seperti penis pria, klitoris menjadi ereksi ketika dirangsang dan terangsang. Klitoris memiliki antara 8.000 dan 10.000 sensor sensorik, sedangkan kelenjar pria memiliki rata-rata 3.000 hingga 4.000.

“Dasar klitoris sesuai dengan G-spot”

Kelentit adalah zona sensitif seksual yang sangat terinervasi dan tervaskularisasi dan oleh karena itu sangat sensitif. Jaringan ereksinya terisi darah saat terangsang. Cara stimulasi, apakah itu masturbasi atau membelai dengan pasangan, bervariasi antara wanita, dengan beberapa lebih memilih belaian yang sangat ringan, dan yang lain lebih banyak tekanan.

Tergantung pada posisi pasangan selama penetrasi atau membelai daerah tersebut, klitoris sangat sensitif terhadap kegembiraan dan berpartisipasi dalam kekuatan orgasme.

Terletak di bagian depan vagina, pangkal klitoris sesuai dengan titik G (atau zona G). Kami berbicara tentang Zona G karena mempengaruhi saraf jaringan vagina, uretra, dan pangkal klitoris.”

Bentuk Klitoris/Kelentit

Klitoris/kelentit terdiri dari satu daerah bulat atau kepala, disebut kelenjar, dan bagian yang lebih panjang, disebut batang, yang memiliki bentuk-bentuk cekungan mirip dengan yang dipunyai penis.

Jaringan dari bibir bagian dalam biasanya menutupi batang klitoris/kelentit, yang membentuk tudung atau kulit khatan untuk melindunginya.

Satu-satunya bagiannya yang dapat dilihat langsung adalah kelenjarnya, yang terlihat seperti kancing kecil berkilat. Ukuran dan bentuknya berbeda-beda pada setiap wanita. Organ ini dapat dilihat dengan mendorong kulit selubung klitoris/kelentit ke belakang. Ada banyak sekali ujung saraf dalam klitoris/kelentit dan di daerah sekitarnya.

Detil klitoris
Lokasi kelenjar klitoris (2) dan tudung klitoris (1). Sumber foto: CRW09 / Wikimedia (Public Domain)

Proses Terangsang Secara Klitoris

  • Saat seorang wanita menjadi terangsang secara seksual, kelenjar dan batangnya terisi darah dan ukurannya membesar. Kelenjar ini dapat menggandakan ukuran diameternya. Tidak ada bukti bahwa jika organ ini yang lebih besar berarti lebih tinggi rangsangan seksual. Saat rangsangan erotik berlanjut dan orgasme datang, organ ini menjadi kurang terlihat karena tertutup oleh jaringan penutup organ ini yang membesar.

  • Pembesaran organ ini dirancang secara alami untuk melindungi organ ini dari kontak langsung, yang, bagi beberapa wanita, dapat mengganggu daripada mengenakkan. Organ ini akan keluar lagi saat rangsangan dihentikan.

  • Setelah orgasme kelentit kembali ke ukuran semula dalam waktu sepuluh menit karena orgasme menyebabkan pembubaran darah yang terkumpul. Bila seorang wanita tidak mengalami orgasme, darah yang telah mengalir ke dalamnya akibat rangsangan seksual dapat tetap berada disana, menyebabkan organ ini tetap membesar untuk beberapa jam. Banyak wanita yang merasakan hal ini tidak nyaman.

  • Sorang wanita dapat dirangsang melalui sentuhan secara langsung atau tidak langsung, jika tempat tersebut teraba. Saat bersetubuh penis tidak menyentuh kelentit secara langsung. Masuknya penis ke dalam vagina, posisi apapun yang digunakan, menggerakkan labia minora, dan gerakan bibir yang menyentuh kelentit ini yang biasanya menyebabkan orgasme.

  • Kontak langsung dengan kelentit dengan menyentuhkan dengan jari, alat penggetar, atau lidah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi banyak wanita. Bagi wanita ini, elusan atau jilatan biasa pada daerah di sekitar organ ini dirasakan lebih nikmat.

  • Wanita lainnya menikmati stimulasi langsung. Ada banyak sekali variasi sensitifitas pada klitoris/kelentit dan setiap wanita akan menemukan mana yang dirasakan terbaik

Peran Klitoris dalam Kenimaktan Seksual

Beberapa wanita tidak dapat mengalami orgasme dari penetrasi sendirian. Bagi para wanita itu, memiliki kelentit yang disentuh dengan cara yang menyenangkan mungkin merupakan satu-satunya cara orgasme mungkin terjadi. Untuk wanita yang dapat orgasme melalui penetrasi, merangsang klitoris dapat meningkatkan kekuatan orgasme mereka.

Zona kesenangan: zona sensitif seksual

Zona erotis adalah area tubuh yang memicu respons seksual saat dirangsang. Bisa jadi alat kelamin, puting susu, atau tempat lain, sungguh, apa pun yang Anda suka.

Klitoris/kelentit adalah salah satu zona sensitif seksual karena konsentrasi ujung sarafnya yang tinggi. Dengan merangsang zona sensitif seksual, respons fisiologis seksual dapat dipicu.

Klitoris/kelentit adalah bagian dari vulva, nama yang diberikan untuk bagian luar alat kelamin wanita. Vagina adalah saluran internal yang menghubungkan vulva ke serviks.

Clitoris 3 D - Helen O'Connell
Representasi tiga dimensi dari klitoris dengan sistem jaringan ereksi yang terkait. 1=Kelenjar klitoris; 2=Tubuh klitoris; 3=Tubuh gua dari klitoris; 4 = Umbi klitoris (Umbi ruang depan); 5=Uretra; 6=Pengenalan sarung; 7=Vagina; 8= Rahim; 9 = Kandung kemih. Helen O’Connell, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Bagian luar klitoris

Glans clitoris adalah sebutan untuk bagian luar clitoris, yang kebanyakan orang sebut dengan “clitoris”.

Ini adalah ukuran kacang polong dan terletak di atas uretra. Glans adalah area kelentit yang paling dipersarafi, sehingga sangat sensitif terhadap sentuhan.

Tidak seperti kelentit lainnya, kelenjar tidak membengkak atau tumbuh selama rangsangan seksual karena tidak mengandung jaringan ereksi (merenggang).

Tepat di atas atau di glans adalah tudung kelentit, yang dibentuk oleh kedua sisi labia minora. Ukuran dan cara tutup klitoris bisa sangat berbeda dari orang ke orang.

Bagian dalam klitoris

Sebagian besar klitoris biasanya tidak terlihat.

Tubuh Klitoris/kelentit terhubung ke kelenjar klitoris. Tubuh klitoris meluas ke panggul Anda dan menempel pada pubis Anda dengan ligamen.

Dari tubuh (terletak di depan uretra), ia membelah menjadi dua untuk membentuk krura berpasangan (yang seperti “kaki”) dan umbi vestibulum. Umbi ini memanjang melalui dan di belakang labia, melewati uretra, saluran vagina, dan menuju anus.

Umbi dan krura mengandung jaringan ereksi yang membengkak dengan darah saat gairah meningkat. Dengan menggembungkan di kedua sisi saluran vagina, mereka meningkatkan pelumasan vagina, sekaligus meningkatkan rangsangan dan sensasi seksual. Perluasan jaringan ini juga dapat menyebabkan tekanan pada bagian anterior saluran vagina.

Cara merangsang klitoris

Setiap orang berbeda dan begitu juga zona sensitif seksual, preferensi dan keinginan. Kita tidak bisa cukup menekankan ini! Tidak ada “cara terbaik” untuk merangsang klitoris – Anda harus bereksperimen sendiri.

Yang mengatakan, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dan pasangan Anda melakukannya.

1. Mengatur suasana hati. Duduklah di tempat yang Anda rasa nyaman.

Jika Anda bersama pasangan, menciptakan suasana yang sempurna dapat berupa bermesraan, meluangkan waktu untuk foreplay, dan menjelajahi tubuh satu sama lain.

Jika Anda sendirian, jangan ragu untuk merasa nyaman dan merangsang zona sensitif seksual lainnya di tubuh Anda (seperti puting). Jangan lupa pikiran Anda – jika Anda merasa menyukainya dan imajinasi Anda tidak terlalu menarik perhatian Anda kali ini, Anda juga bisa terlibat dalam aksi dengan pornografi atau literatur seksi.

2. Temukan area di dekat klitoris dan perkenalkan diri Anda.

Gunakan apa pun yang Anda inginkan: jari Anda, jari atau mulut/lidah pasangan Anda, atau benda lain (bersih), seperti mainan seks. Anda juga dapat mencoba menggunakan pancuran, vibrator, atau bahkan menggosok pakaian dalam Anda pada sesuatu, seperti bantal. Setelah Anda merasa nyaman dengan area sekitar kelentit dan siap, saatnya untuk langsung merangsang kelentit.

3. Mulailah dengan menyentuh atau membelai klitoris dengan lembut dan lembut.

Kelentit bukanlah tombol ajaib, jadi menekannya saja (bagi kebanyakan orang) tidak akan langsung menghasilkan orgasme. Juga, jangan berpura-pura menjadi DJ dengan menggosoknya secara paksa ke depan dan ke belakang – tidak ada yang suka disalahpahami.

4. Luangkan waktu Anda.

Ini adalah area kecil, dan mungkin tampak menakutkan pada awalnya. “Bagaimana saya bisa cukup kreatif untuk merangsang area kulit yang begitu kecil? » Dengarkan tubuh Anda, atau pasangan Anda, dan perhatikan perasaan Anda.

Anda dapat mencoba gerakan maju mundur yang lembut, gerakan melingkar kecil, atau bahkan ketukan ringan.

Juga rangsang tudung k(litoris)- ingat bahwa tudung klitoris juga memiliki ujung saraf dan tubuh klitoris melengkung di belakangnya, sebelum masuk ke panggul Anda. Buat penilaian kecil pertama dengan diri sendiri atau dengan pasangan Anda: apakah Anda menyukainya?

5. Anda dapat mulai bermain dengan tekanan, kecepatan, bagian tubuh (seperti lidah jika Anda bersama pasangan), mainan atau getaran.

Secara umum, ketika orang terangsang, mereka mulai menghasilkan cairan gairah, yang dapat membantu membuat rangsangan k(litoris) dan vagina lebih menyenangkan.

6. Ingatlah untuk menambahkan dosis pelumas.

Dengan adanya pelumas, akan menambah sensasi.

7. Anda juga dapat mencoba merangsang klitoris dari dalam menggunakan penis, mainan seks atau jari Anda.

Tidak semua orang akan terangsang atau bahkan mencapai orgasme pertama kali, atau setiap kali, mereka berhubungan seks atau masturbasi – dan tidak apa-apa.

Satu-satunya hal yang sangat penting adalah Anda bersenang-senang. Jika Anda tidak bersenang-senang, jangan.

Klitoris dan penelitian G-spot

Klitoris – baik anatomi maupun fungsinya – diperdebatkan dengan hangat. Tabu seputar seksualitas dan kesenangan perempuan telah berkontribusi pada kurangnya penelitian tentang topik ini. Tapi saat tabu di sekitar mereka dicabut, semoga penelitian lebih lanjut akan mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang kelentit.

Keberadaan atau fungsi G-spot juga tidak 100% jelas. Beberapa penelitian mengklaim itu mungkin terkait dengan ejakulasi wanita (juga dikenal sebagai squirting atau squirting).

Peneliti lain menyarankan bahwa G-spot belum tentu merupakan struktur fisik yang sebenarnya, melainkan tempat di mana sisi bola vestibular klitoris bersentuhan dengan dinding anterior vagina.

Hal ini menunjukkan bahwa “orgasme vagina” sebenarnya selalu terkait dengannya- karena setiap gerakan selama penetrasi seks vagina atau kontraksi otot panggul dapat merangsangnya.

Ukuran klitoris

Bagian luar kelentit, kelenjar kelentit, serta tudung kelentit, dapat sangat bervariasi dari orang ke orang.

Paparan hormon androgen dapat menyebabkan kelentit bertambah besar setiap saat dalam hidup, termasuk selama perkembangan embrio, masa kanak-kanak, dan dewasa. Ketika ukuran klitoris cukup besar untuk menjadi dianggap tidak normal, itu disebut kelentit yang membesar.

Large Clitoris Closeup
Foto closeup vulva dengan klitoris besar. Itu membesar dan membesar. Serena Solano, source: https://www.flickr.com/photos/193819970@N05/51813464080, CC BY 2.0, via Wikimedia Commons

Klitoris dan penis – asal yang sama

Penis dan klitoris memiliki struktur yang mirip. Padahal, keduanya berasal dari jenis kain yang sama.

Pada delapan minggu perkembangan janin, kromosom DNA Y laki-laki akan mengaktifkan diferensiasi jaringan genital untuk berkembang menjadi penis, bukan kelentit. Banyak bagian kelentit yang mirip dengan penis, tetapi mereka berbeda dalam bentuk dan ukuran, dan terletak di tempat yang berbeda.

Apakah klitoris penis kecil atau penis klitoris raksasa?

Setiap orang mencapai orgasme secara berbeda. Bereksperimen dengan masturbasi atau posisi seks yang berbeda—bersama dengan dosis kesabaran yang baik—dapat membantu Anda menemukan apa yang paling cocok untuk Anda.

Clitoris and penis comparison
Perbandingan antara alat kelamin luar manusia wanita dan pria, dengan klitoris yang tegak di sebelah kiri dan penis yang lembek di sebelah kanan. Penis disunat, tetapi menunjukkan penyusutan. Glans klitoris secara perkembangan homolog dengan glans penis. Keduanya mengandung jumlah ujung saraf yang sama, tetapi ujung saraf di glans klitoris lebih padat karena strukturnya lebih kecil, sehingga cenderung lebih sensitif daripada glans penis. Labia mayora dan skrotum juga merupakan rekan biologis. Sementara labia mayora terletak rata di bawah klitoris, skrotum, yang berisi testis, lebih rendah dan lebih jauh dari bagian tubuh lainnya. Kriptzone, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Sunat Wanita

Sunat pada wanita, juga dikenal sebagai mutilasi genital wanita atau FGM (Female genital mutilation), menghilangkan klitoris untuk mencegah wanita dari merasakan kenikmatan seksual.

Jenis mutilasi ini sering dilakukan ketika seorang gadis mencapai pubertas, dan diyakini dapat mengurangi kemungkinan seorang wanita berselingkuh dengan pasangannya karena seks tidak lagi menyenangkan seperti halnya dengan kelentit yang utuh.

Praktik ini telah dilarang di banyak tempat tetapi masih berlanjut, biasanya (tetapi tidak secara eksklusif) di negara-negara Afrika.

Sunat wanita diakui secara internasional sebagai pelanggaran terhadap hak asasi perempuan dan anak perempuan

FGM atau sunat wanita diakui secara internasional sebagai pelanggaran terhadap hak asasi perempuan dan anak perempuan. Ini mencerminkan ketidaksetaraan yang mengakar di antara kedua jenis kelamin, dan merupakan bentuk diskriminasi ekstrim terhadap perempuan.

Itu hampir selalu dilakukan pada anak di bawah umur dan merupakan pelanggaran terhadap hak-hak anak. Praktik ini juga melanggar hak seseorang untuk kesehatan, keamanan dan integritas fisik, hak untuk bebas dari penyiksaan dan perlakuan kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat, dan hak untuk hidup ketika prosedur tersebut berakibat kematian.

4 jenis sunat wanita
Mutilasi alat genital (kelamin) wanita atau sunat diklasifikasikan menjadi 4 tipe utama menurut WHO. Sumber foto: Wikimedia Commons

Keputihan Vagina | Asal, Gejala, Penyebab dan Pengobatan


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Inner BodyWikipediaVery Well healthWorld Health Organization (WHO)

Sumber foto utama: Amphis (CC SA 1.0) via Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *