Konsep Geografi Beserta Contoh, Soal dan Jawaban

Konsep Dasar Geografi

Di sini tercantum konsep geografi dasar untuk pemahaman dan penyelidikan geografis. Ketika melihat geografi suatu daerah, apa saja pertanyaan geografisnya?

Konsep Geografi

  • Lokasi
  • Wilayah
  • Tempat (atribut fisik dan budaya)
  • Kepadatan, Dispersi, Pola
  • Interaksi Spasial
  • Ukuran dan Skala
  • Keberlanjutan
  • Perubahan

Lokasi

Lokasi dapat dijelaskan dengan dua cara: mutlak dan relatif dan menjawab pertanyaan “Di mana itu?” Absolut menggambarkan posisi fitur atau peristiwa dalam ruang, menggunakan beberapa bentuk koordinat geografis. Relatif menggunakan teks deskriptif untuk mendeskripsikan posisi fitur atau peristiwa dalam hubungannya dengan objek atau peristiwa lain. Berapa jarak dan arah suatu tempat dari tempat lain?

Misalnya, badai akan menghantam daratan 30 mil sebelah utara Kota A. Memahami lokasi fitur atau peristiwa merupakan bahan penyusun studi geografis, termasuk menggunakan GIS untuk pemetaan dan analisis.

Wilayah

Dalam konsep geografi, wawasan adalah pengelompokan informasi geografis. Wilayah adalah wilayah geografis yang ditentukan oleh satu atau lebih karakteristik khusus. Kawasan dapat didasarkan pada fitur fisik (seperti daerah aliran sungai), batas politik (kabupaten, negara, atau benua), budaya atau agama, atau geografi yang dikategorikan lainnya. Wilayah bisa formal, fungsional, atau perseptual.

Wilayah formal juga dikenal sebagai wilayah homogen atau seragam. Entitas dalam kawasan formal memiliki satu atau lebih ciri umum seperti penduduk suatu negara. wilayah fungsional adalah wilayah yang ditambatkan oleh titik fokus.

Contohnya adalah area layanan pelanggan untuk layanan pengiriman restoran atau distrik sekolah untuk sekolah dasar. Wilayah vernakular (juga dikenal sebagai wilayah populer atau perseptif) adalah wilayah geografis yang ada sebagai bagian dari identitas budaya atau etnis dan oleh karena itu tidak mematuhi batas-batas wilayah politik atau formal.

Tempat

Tempat melihat atribut fisik dan / atau budaya suatu tempat adalah penting. Ciri fisik meliputi: cuaca dan suhu, tanah dan tanah, serta kehidupan tumbuhan dan hewan. Atribut budaya meliputi: bahasa, agama dan etnis, di mana dan bagaimana orang menetap, transportasi, ekonomi, dan politik.

Kepadatan, Dispersi, Pola

Memahami pola spasial merupakan aspek penting dari penyelidikan geografis. Pola spasial melihat kesamaan geografi antar wilayah. Bagaimana hal-hal diatur? Apakah pengaturannya teratur? Apakah ada pola distribusinya?

Interaksi Spasial

Interaksi spasial merupakan sebab dan akibat suatu peristiwa di suatu wilayah atau wilayah yang mempengaruhi wilayah lain dan memperhatikan konektivitas dan hubungan fitur.

Contoh: misalnya, perubahan tata guna lahan dari pedesaan menjadi kepadatan tinggi dapat mempengaruhi kemacetan lalu lintas di daerah sekitarnya. Letusan Gunung Saint Helen tahun 1980 mempengaruhi area yang jauh di luar situs vulkanik dengan jangkauan abu di beberapa negara bagian.

Ukuran dan skala

Fitur geografis divisualisasikan menggunakan peta yang merupakan representasi dari realitas. Ukuran dan skala mempengaruhi derajat generalisasi fitur yang dipetakan. Semakin kecil skalanya, semakin sedikit detail yang ditampilkan.

Dengan kata lain, skala kecil menunjukkan wilayah geografis yang lebih luas (misalnya peta dunia atau benua) tetapi menunjukkan fitur yang lebih umum dan kurang detail (misalnya hanya jalan raya utama dan sungai besar). Peta berskala besar menunjukkan area geografis yang lebih kecil (mis. Peta kota atau lingkungan) tetapi menunjukkan lebih banyak detail (mis. Seluruh jaringan jalan dan semua cabang sungai).

Keberlanjutan

Konsep keberlanjutan adalah tentang kemampuan lingkungan untuk terus menopang kehidupan kita dan kehidupan makhluk hidup lainnya di masa depan.

Pemahaman tentang konsep keberlanjutan dapat dikembangkan dengan cara-cara berikut:

  • Keberlanjutan adalah tujuan dan cara berpikir tentang bagaimana maju menuju tujuan itu.
  • Kemajuan menuju kelestarian lingkungan bergantung pada pemeliharaan atau pemulihan fungsi lingkungan yang menopang semua kehidupan dan kesejahteraan manusia (ekonomi dan sosial).
  • Pemahaman tentang penyebab ketidakberlanjutan membutuhkan studi tentang proses lingkungan yang menghasilkan degradasi fungsi lingkungan; tindakan manusia yang memulai proses ini; dan penyebab sikap, demografi, sosial, ekonomi dan politik dari tindakan manusia ini.
  • Ada berbagai pandangan yang diperdebatkan tentang bagaimana kemajuan menuju keberlanjutan harus dicapai dan ini sering diinformasikan oleh pandangan dunia seperti penatalayanan.

Perubahan

Konsep perubahan adalah tentang menjelaskan fenomena geografis dengan menyelidiki bagaimana mereka berkembang dari waktu ke waktu.

Pemahaman tentang konsep perubahan dapat dikembangkan dengan cara berikut:

  • Perubahan lingkungan dapat terjadi baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang, dan kedua skala waktu tersebut memiliki keterkaitan dengan aktivitas manusia.
  • Perubahan lingkungan, ekonomi, sosial dan teknologi tidak merata secara spasial, dan mempengaruhi tempat secara berbeda.
  • Pemahaman tentang proses perubahan saat ini dapat digunakan untuk memprediksi perubahan di masa depan dan untuk mengidentifikasi apa yang dibutuhkan untuk mencapai masa depan yang lebih disukai dan lebih berkelanjutan.

Soal dan Jawaban Konsep Geografi

1. Apakah globe itu?

Jawaban:

Globe adalah representasi terbaik Bumi adalah bola dunia. Bola tidak mendistorsi geometri Bumi (kecuali, tentu saja, ukurannya!). Karena bola bumi sulit untuk dibawa kemana-mana dan Anda tidak dapat melihat seluruh permukaan Bumi sekaligus, pembuat peta membuat peta Bumi datar. Ini bukanlah hal yang mudah karena permukaan bumi yang melengkung.

Bola memiliki tujuan yang mirip dengan beberapa peta, tetapi tidak seperti peta, tidak mengubah permukaan yang mereka gambarkan kecuali untuk memperkecil ukurannya.

2. Seorang ahli geografi mungkin menggunakan Sistem Informasi  untuk apa saja?

A. untuk memetakan lapisan yang menunjukkan pemilih, pendaftaran partainya, ras, dan pendapatan mereka.
B. untuk memetakan kebakaran hutan padang rumput di South Dakota.
C. untuk memetakan kerusakan akibat gempa di Chile.
D. untuk mempelajari difusi demam berdarah di Hawaii.
E. Semua hal di atas.

Jawaban: E. Semua hal di atas.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Saylordotorg

Sumber foto: Pixy

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-08T00:41:57+07:00 Januari 8th, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment