Pulau Bintan (Bintan Island) Tempat Wisata Menarik Untuk Liburan Yang Harus Dikunjungi

Pulau Bintan (Bintan Island) Tempat Wisata Menarik

Pulau Bintan yang merupakan bagian dari Kepulauan Riau (Sumatra) di Laut Cina Selatan adalah tempat liburan yang sempurna untuk teman dan keluarga dengan beragam hal yang dapat dilakukan.

Pulau Bintan merupakan salah satu tempat liburan bernuansa tropical island berpasir putih yang merupakan daya tarik utama di sini, juga memiliki segudang destinasi wisata, resort mewah dan pantai yang eksotis.

2 daerah yang sangat terkenal, yakni pantai Trikora dan Lagoi.


Daftar wisata Pulau Bintan

1. Pantai Trikora

Pantai Trikora adalah salah satu yang paling terkenal di Pulau Bintan, terletak di daerah Lagoi di pantai timur dan timur laut pulau itu. Kumpulan empat pantai penghubung ini adalah tempat kegiatan utama pariwisata pulau itu difokuskan sebelum pembangunan besar di utara, atau sekarang dikenal sebagai Resor Bintan, pada pergantian milenium. Namun demikian, Pantai Trikora tetap menjadi tempat peristirahatan akhir pekan alternatif bagi penduduk setempat, serta backpacker dari negara tetangga Singapura.

Pantai Trikora menawarkan pantai pulau tropis yang eksotis. Beberapa panjang area pantai dihiasi dengan pondok kayu beratap jerami kecil, yang dapat Anda sewa dari penduduk setempat (mulai dari Rp. 30.000) untuk tempat teduh yang menenangkan dan sekadar tempat untuk menikmati setengah hari Anda di pantai. Batu-batu besar dengan berbagai bentuk dan ukuran di antara pohon kelapa juga menambah keistimewaan pemandangan pantai. Airnya sangat jernih sepanjang musim kemarau dari April hingga September, menawarkan jarak pandang yang bagus untuk snorkeling.

Untuk mencapai Pantai Trikora dari pusat kota utama Tanjung Pinang di seberang pulau berjarak 60 km berkendara. Tidak repot untuk sampai ke sini jika Anda kebetulan menginap di salah satu hotel yang berdekatan dengan kawasan Bintan Resorts. Sepanjang jalan Anda akan melihat kawasan konservasi laut dan hutan bakau, bersama dengan perahu nelayan yang diparkir di sepanjang garis pantai dan berlayar di perairan yang jauh.

2. Pantai Lagoi

Saat tiba di Pantai Lagoi wisatawan akan dimanjakan dengan pantai yang bersih, indah, dengan hamparan pasir putih membentang luas disepanjang mata memandang. Disekitar pantai, dapat dijumpai adanya pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi, menambah nuansa eksotis pantai. Semilir angin yang seolah tiada hentinya berhembus, akan senantiasa menemani wisatawan ketika berada di pantai.

Pantai Lagoi merupakan objek wisata andalan di Pulau Bintan, yang terkenal memiliki pasir putih nan luas serta terjaga kebersihannya. Tak heran jika pantai ini selalu mampu menarik wisatawan untuk berkunjung setiap tahunnya. Keindahan pantai ini bahkan diakui Internasional, dan sejajar dengan pantai-pantai yang ada di Bali, dan Lombok.

Secara geografis, Pantai Lagoi terletak di Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Untuk berkunjung ke pantai ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 65 kilometer dari Tanjung Pinang. Perjalanan tersebut diperkirakan memakan waktu selama kurang lebih 1 jam 30 menit.

Namun jika pengunjung datang dari Batam, maka bisa menggunakan speed boat atau kapal feri untuk menyebrang ke Pulau Bintan. Sesampainya di Pelabuhan Tanjung Uban, perjalanan menuju Pantai Lagoi kurang lebih memakan waktu 40 menit saja. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, baik itu dari Tanjung Pinang maupun Tanjung Uban. Namun tidak ada transportasi umum yang melayani rute tersebut, wisatawan bisa menyewa mobil rental jika tidak membawa kendaraan pribadi.

Di Pantai Lagoi wisatawan bisa menemukan persewaan alat pancing, alat snorkeling dan juga alat untuk diving. Wisatawan juga bisa menuju kolam renang terluas di Asia Tenggara yang tak jauh dari pantai, bernama Treasure Bay Bintan. Pada kawasan tersebut juga terdapat danau buatan yang sangat indah.

3. Memancing di Sungai Sebong

Bagi Anda yang hobi memancing, Sungai Sebong juga menawarkan aneka jenis ikan yang siap untuk kamu tangkap. Jika nelayan setempat sedang tak berangkat berlayar, maka kamu bisa menyewa perahu mereka untuk memancing di sungai ini.

Selain itu, Anda juga bisa memancing dipondok-pondok sederhana yang telah disediakan untuk pengunjung.

4. Berkunjung ke Treasure Bay (kolam renang raksasa dengan aneka wahana)

Setelah puas bermain di Pantai Lagoi, jangan lupa untuk mampir ke Treasure Bay. Lokasinya pun sangat dekat, hanya sekitar 10 menit saja dengan menggunakan mobil.

Di Treasure Bay ini, kamu akan menemukan sebuah kolam renang raksasa dengan aneka wahana permainan yang seru dan menantang. Konon kolam renang ini adalah yang terluas di Asia Tenggara.

Di Treasure Bay ini kamu akan dimanjakan dengan berbagai wahana permainan seperti bumper boat, jetovator, sea scooter, kayak, aquaglide dan masih banyak lagi. Tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas super mewah seperti resort, dan restoran. Selain itu, terdapat juga wahana water sport yang cocok untuk memacu adrenalin.

Danau Biru, Kawal

Ternyata Bintan bukan sekadar pantai serta laut saja yang indah. Ada sisi indah lainnya yang cukup tersembunyi dan masih jarang di dengar oleh orang-orang, yaitu Danau Biru.

Danau Biru merupakan sebuah danau indah yang terbentuk karena bekas galian tambang pasir. Danau ini terbentuk di atas tanah liat yang cukup dalam. Konon, karena hal inilah yang menyebabkan warna danau menjadi biru.

Pemandangan ini akan tambah spektakuler lagi dengan bukit-bukit pasir berwarna putih yang tampak kontras di sekelilingnya. Saking indahnya, Anda pasti tak akan menduga bahwa danau ini tidak tercipta secara alami, melainkan akibat aktivitas penambangan yang hingga kini masih dilakukan.

Karena danau ini sebetulnya bukan merupakan sebuah obyek wisata, maka saat berkunjung ke sini Anda tak akan diganggu oleh ramainya turis. Hanya pemandangan danau yang begitu menakjubkan. Ingat ya, kalau ke sini jangan meninggalkan sampah!

Pada saat cuaca cerah, Danau Biru akan memancarkan warna biru muda yang benar benar biru. Seolah-olah kita sedang memandangi hamparan lautan yang jernih.

Untuk memasuki Danau Biru, traveler tidak perlu membayar. Tempat ini sebenarnya bukanlah tempat wisata, tetapi merupakan tempat penambangan pasir yang masih aktif hingga sekarang. Namun karena memiliki panorama alam yang indah menjadikan danau ini cukup sering dikunjungi.

Kunjungi kapal legendaris di waktu senja: MV Doulos Phos (Kapal Megah Berusia 104 Tahun ‘Disulap’ Jadi Hotel)

Dibalik gemerlapnya hotel-hotel dan resort-resort mewah, Bintan juga memiliki sejarah yang cukup menarik. MV Doulos Phos adalah kapal pesiar pensiunan yang memegang rekor sebagai kapal penumpang pengangkut samudera aktif tertua di dunia, melayani dari tahun 1914 hingga Desember 2009.

Salah satu cara untuk napak tilas sejarah (sekaligus foto-foto!), Anda dapat mengunjungi kapal yang “menghabiskan masa tua” di Pelabuhan Bandar Bentan Telani ini.

Kapal yang dibangun pada tahun 1914 (dua tahun setelah Titanic) ini dulunya bernama SS-Medina, baru di penghujung tahun 1977 namanya berganti menjadi MV Doulos Phos. Dalam sejarahnya, kapal ini tercatat dalam Guiness Book of Records sebagai kapal penumpang tertua di dunia. Selain itu, kapal ini juga pernah difungsikan untuk misi kemanusiaan dengan membawa buku-buku.

Di tahun 2009, akhirnya kapal ini dijual dan oleh sang pemilik baru akan diubahfungsikan menjadi sebuah boutique hotel. Rencananya, di akhir 2016 ini proyek hotel tersebut akan rampung.

Nah, mumpung belum selesai berubah wujud, Anda dapat menyambangi dan menyaksikan langsung kemegahan kapal legendaris ini. Paling keren jika berkunjung ke sini di sore hari dengan latar belakang lembayung senja yang spektakuler.

Cara ke Sana: Kapal ini berada di dekat Pelabuhan Ferry Bandar Bentan Telani.

Kunjungi Taman Gajah Bintan (Bintan Elephant Park)

Delapan gajah Sumatera menjalankan pertunjukan di sini. Mereka dilatih untuk melakukan trik-trik menyenangkan seperti putaran 360 derajat di kaki belakang mereka dan kemudian bermain musik disko. Jadwal pertunjukan pada jam 10:00 Senin sampai Kamis, dan pada 10:00 dan 15:00 jam Jumat sampai Minggu. Harga tiket S$ 34 per orang dewasa dan S$ 28 per anak.

Taman ini juga memungkinkan Anda berinteraksi dengan raksasa yang lembut – Anda dapat memberi mereka makan dan belajar tentang kebiasaan hidup, pola perilaku, serta pola makan mereka. Anda dapat menunggang punggung mereka dan mengikuti tur melintasi hutan, yang merupakan pengalaman unik. Yang terbaik adalah memanfaatkan paket kombo untuk naik dan pertunjukan, yang berkisar dari S $ 34-39 untuk dewasa dan S $ 25-31 untuk anak-anak, tergantung pada durasi perjalanan. Terletak di Lagoi, mudah dijangkau dari hotel karena petugas akan dengan senang hati memesan transfer.

Bermain golf di resort dan club

Bintan jelas merupakan surga bagi para pegolf dan merupakan salah satu aktivitas teratas yang harus dilakukan di sini. Ini memiliki empat lapangan golf spektakuler – dua di Bintan Lagoon Resort, satu di Laguna Bintan Golf Club, dan satu lagi di Ria Bintan Golf Club.

Bintan Lagoon Resort sejauh ini menawarkan yang paling mewah: kursus Jack Nicklaus (Pemandangan Laut) dan kursus Ian Baker-Finch (Woodlands).

Ria, sebaliknya, memberikan persaingan ketat di Bintan Lagoon karena para pegolf berbondong-bondong ke resor ini yang membanggakan memiliki 27 hole di lapangan Ocean and Forest yang dirancang oleh pegolf ace, Gary Player.

Dengan melihat pemandangan lapangan hijau yang bergulung dengan langit biru sambil menyeruput koktail dingin. Hanya dengan melihat pemandangan yang menenangkan akan menghilangkan semua stres dan meningkatkan suasana liburan.

Kunjungi sejarah dan budaya di Desa Senggarang

Ini seperti mendengar cerita dari waktu yang jauh dan kemudian melihat bukti secara nyata. Bintan, meskipun sebuah pulau kecil, kaya akan cerita sejarah dan budaya, terutama karena letaknya yang strategis di jalur perdagangan Indo-Cina.

Desa ini memiliki tradisi Tionghoa yang kuat di sekitarnya. Desa nelayan kecil ini dipenuhi dengan deretan rumah panggung nelayan yang berjejer di pesisirnya. Desa ini juga merupakan rumah bagi kuil Tiongkok kuno (Kleteng Ang Nio).

Menjadi komunitas terbuka, sebagian besar pintu rumah dibiarkan terbuka dan Anda dapat mengintip kehidupan orang-orang ini. Salah satu hal menyenangkan yang dapat dilakukan di sini adalah berjalan-jalan di sepanjang desa, yang memiliki cukup banyak candi, Candi Pohon Banyan menjadi salah satu yang paling menarik.

Cara kesana:
Terletak tepat di luar ibu kota Pulau Bintan, Desa Senggarange mudah diakses melalui perjalanan dengan feri kecil, yang secara lokal dikenal sebagai Pongpong, yang akan membawa Anda ke sisi lain dengan harga Rp5000-10.000 sekali perjalanan.

Waktu trafik bebas dapat kapan saja, namun lebih enak senja hari, nggak terlampau panas sebab klenteng ini terletak di pinggir laut. Jika kesana Naik Kapal/pompong, tanya dulu Tarif Ke Senggarang, ke Senggarang masing-masing hari ada sebab kita hanya menyeberang teluk Tanjungpinang dan Transportasi utama orang Senggarang Ke kota Tanjungpinang.

Shopping dan tawar-menawar di Tanjung Pinang

Ibu kota Bintan, Tanjung Pinang – kota kecil dan ramah – menjadi pusat yang tepat untuk mencoba makanan lokal, membeli suvenir, dan belajar tentang budaya pulau itu.

Belanja di kota ini cukup terjangkau karena sebagian besar barang dagangannya lokal dan buatan tangan. Sementara toko beton menawarkan beragam barang elektronik, makanan kering, dan barang antik, para pedagang kaki lima memberikan penawaran terbaik dengan tampilan warna-warni kain batik Jawa, permata, artefak lokal, dan mainan buatan tangan.

Jika Anda suka mal perbelanjaan, langsung saja ke mal Plaza Lagoi yang baru dibangun yang terletak di Teluk Lagoi. Tersebar di hampir 1.000 meter persegi, ruang ritel kontemporer menampung lebih dari 60 toko yang melayani mode, suvenir Indonesia, artefak, dan toko serba ada.

Pasar Oleh-Oleh

Pasar Oleh-Oleh adalah sekumpulan pondok bergaya lokal yang menjual segala macam barang hadiah dan suvenir, serta makanan lokal seperti kerupuk (kerupuk udang atau ikan) dan ikan kering.

Pasar ini memiliki empat restoran yang menyajikan hidangan lokal dan internasional, serta Spa. Pusat Pengunjung juga tersedia bagi pengunjung untuk melihat sejarah pulau melalui gambar diam dan presentasi video. Hampir semua hotel dan resort menyediakan layanan antar-jemput gratis ke Pasar Oleh Oleh. Hubungi hotel / resor Anda untuk informasi lebih lanjut.

Jam Buka: Setiap hari 10:00 – 23:00
Alamat: Kota Sebung, Bintan (dekat Bintan Resorts)

Pesta makanan dan minuman

Menjadi rumah bagi beberapa komunitas nelayan, Bintan tidak pernah kekurangan makanan laut yang segar dan lezat. Kelong Seafood Restaurant menyajikan beberapa ikan bakar terbaik di pulau, dinikmati dengan latar belakang matahari terbenam yang indah dari Teluk Lagoi yang indah.

Setelah makan malam, energi awet muda pulau dibawa ke malam hari dengan bar-bar trendi yang menghiasi pantai. Lagoi Bay memiliki beberapa bar tepi laut yang sangat baik seperti The Terrace Sports Bar dan Calypso Floating Bar.

Wihara Patung 100 Wajah (Vihara Ksitigarbha Bodhisattva)

Berfoto dengan patung 1000 wajah. Salah satu rumah ibadah yang paling unik di Bintan adalah Vihara Ksitigrabha Bodhisattva atau dikenal juga dengan nama 500 Lohan Temple atau Wihara Patung 1000 Wajah.

Anda pasti bertanya-tanya, mengapa disebut Wihara Patung Seribu Wajah? Karena di sini terdapat 500 patung murid Buddha seukuran normal dalam berbagai ekspresi. Benar-benar unik dan membuat Anda langsung berasa seperti sedang berada di Negeri Tiongkok.

Pastikan Anda menyempatkan diri ke taman tempat patung-patung tersebut berada dan menyaksikan sendiri keunikan masing-masing patung yang berbeda satu sama lain. Anda bahkan dapat mengetahui nama-nama mereka dari pahatan yang terdapat di bagian bawah kakinya.
Wihara Patung 1000 Wajah

Alamat: Batu 14 arah Kijang, Tanjung Pinang, Bintan, Kepulauan Riau
Telepon: 0813 6453 7222
Jam Operasional: 09.00 – 17.00

White Sands Island

Anda juga dapat menyeberang ke White Sands Island, sekitar 10 menit dengan boat. Bintan Agro resort juga menyediakan boat dengan harga Rp 350.000/orang.

Tapi kalau mau hemat, Anda bisa pergi ke dermaga yang jaraknya sekitar 2 Km dari Bintan Agro. Disini harga naik boat Rp 170.000 per orang sebelum pajak, namun sebaiknya anda menghubungi mas Amrizal terlebih dahulu, karena biasanya akan diberi harga Rp 120.000 per orang sebelum pajak, totalnya Rp 140.000 per orang.

Cara ke Sana: Dari Tanjung Pinang, berkendari selama 45 menit menuju dermaga yang ada di Trikora Km.38. White Sands Island bisa ditempuh menggunakan boat dalam waktu 15 menit dari dermaga.
Harga: Mulai dari Rp117.000,- per orang.

Pantai Senggiling

Surga tersembunyi di balik kemewahan.

Pantai ini bisa dikatakan tersembunyi karena popularitasnya kalah dari kawasan wisata Lagoi Bay, yang berada tepat di sebelahnya. Akses yang juga tidak mudah membuat hanya sedikit orang yang mengetahuinya.

Jika berwisata ke pantai ini, Anda akan mendapatkan nuansa alam yang masih natural, pantai berpasir putih dan juga bebatuan besar yang menambah keindahan destinasi wisata di Bintan yang satu ini.

Anda dapat memburu foto indah sebanyak-banyaknya, atau Anda bisa berkemah bersama teman-teman atau bahkan keluarga sendiri.

Lokasi: Tlk., Sebong Lagoi, Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan


Cara keliling Bintan

Begitu sampai di area Bintan Resorts, kamu bisa keliling-keliling seputar area tersebut menggunakan shuttle bus gratis.

Shuttle bus tersebut menghubungkan resort-resort ke Lagoi Bay dan Pujasera yang artinya kalau kamu mau makan resort yang berbeda atau bahkan mau makan di luar resort, transportasinya sangat mudah.

Kalau Anda malas menunggu shuttle, kamu bisa sewa mobil pribadi beserta supirnya yang bisa menjemput kamu dari resort serta mengantar kamu ke manapun kamu mau.


Cara pergi ke Pulau Bintan

Perjalanan dengan feri dapat ditempuh selama 45 menit dari Singapura. 5 kali jadwal ferry setiap harinya di hari biasa dan 6-7 jadwal ferry di akhir pekan yang berangkat dari Terminal Ferry Tanah Merah di Singapura.

Opsi yang kedua untuk ke Bintan adalah dengan terbang ke bandara di Tanjung Pinang (TNJ) dan menyewa mobil serta supirnya untuk mengantar dari bandara ke area Bintan Resorts. Opsi ini kemungkinan lebih murah kalau ada grup besar karena biaya transportasi dan supir bisa dibagi-bagi sedangkan biaya ferry dihitung per orang.

Alternatif cara ke Pulau Bintan, kamu bisa memilih rute penerbangan ke Batam terlebih dahulu dan kemudian naik ferry dari Batam ke Tanjung Pinang.

Dari Johor Baru (Malaysia): Pesan tiket untuk kapal feri laut yang berangkat dari Johor Bahru, kota Malaysia yang terletak di utara Singapura. Jika Anda mencari cara ke pulau Bintan dengan tarif yang lebih murah, tarif feri di Malaysia biasanya lebih rendah daripada yang ditawarkan di Singapura, meskipun perjalanan dari Singapura ke Johor Bahru mungkin membuat harga keseluruhan lebih tinggi. Seperti halnya Singapura, perjalanan dari Terminal Feri Internasional Johor Bahru ke Bintan membutuhkan waktu antara 90 menit dan dua jam.

Dari Pekanbaru: Perjalanan dengan kapal dari Pekanbaru jika Anda tidak mampu atau tidak ingin membayar untuk penerbangan. Feri laut dari Pekanbaru berhenti di pulau-pulau Indonesia lainnya antara Sumatra dan Bintan dan memakan waktu antara dua dan tiga jam.


Sejarah Pulau Bintan

Ketika pada tahun 1511, Afonso de Albuquerque, raja muda Hindia Portugis, merebut Malaka, Sultan Mahmud Shah pertama kali berlindung di Bintan, yang ia jadikan basis perlawanan. Portugis akhirnya merebut benteng tersebut pada tahun 1526. Mahmud Shah berlindung di Semenanjung Malaya di mana ia mendirikan ibu kota baru yang akan menjadi Johor.

Pada tahun 1722, sebagai imbalan atas campur tangan pasukan Bugi dari Sulawesi Selatan yang menangkis serangan dari Minangkabau di Sumatera Barat, Sultan Johor mengangkat pemimpinnya Yamtuan Muda, yakni raja muda. Bintan kembali menjadi ibu kota Johor.

Dengan Bugis, Bintan menjadi gudang komersial yang makmur, menarik pedagang dari daerah India, Cina dan Eropa, seperti Malaka tiga abad sebelumnya. Riau memiliki perkebunan lada dan gambir yang luas, tanaman obat. Orang Bugis memanfaatkan sisa penyulingan gambir sebagai pupuk untuk tanaman lada. Pada tahun 1784, ada 10.000 pekerja dari Cina bagian selatan yang bekerja di perkebunan gambir di Bintan.

Kemakmuran Bintan ini membuat iri orang Eropa. Inggris, yang telah menguasai Penang, mencari pemukiman baru lebih jauh ke selatan di Selat Malaka, untuk menahan ekspansi Belanda, dan melihat Bintan sebagai lokasi yang memungkinkan.

Belanda sendiri tidak mendukung persaingan dari Bintan. Pada akhir abad ke-18, mereka menyerang pulau itu dan mengambil alihnya, mengakhiri supremasinya dalam perdagangan regional. Bintan menurun sebagai pelabuhan komersial tetapi menjadi pusat penting bagi budaya Melayu, dengan pembangunan istana baru di pulau tetangga Penyengat.


Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.


Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: The Culture Trip, Bjorn Grotting

NB: Harga dan jam buka atraksi dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-09-29T22:09:07+07:00 September 29th, 2020|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment