PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Olahraga untuk Lansia dan Manfaatnya | Apa Aktivitas Olahraga dan Fitness untuk Lansia?

4 min read

Olahraga untuk lansia

Olahraga untuk Lansia

Olahraga, atau lebih tepatnya aktivitas fisik teratur, merupakan kesempatan untuk menua dalam kesehatan yang lebih baik. Namun agar menjadi kebiasaan, tanpa menjadi kendala, penting untuk memilih olahraga yang disesuaikan dengan usia dan kondisi fisik Anda. Jadi, olahraga untuk lansia apa yang harus dilakukan lansia saat Anda berusia 65 tahun atau lebih dari 70 tahun?

Mulai usia 55 tahun, sebaiknya pertimbangkan aktivitas daya tahan dan hindari olahraga yang melatih kekuatan dan intensitas otot. Meskipun demikian, dalam beberapa kasus, seseorang yang telah mempraktikkan suatu disiplin sepanjang hidupnya akan dapat terus mempraktikkannya karena dia mengetahui kemampuan dan batasannya. Selain itu, penguasaan gerakan teknisnya yang baik akan memungkinkannya untuk melanjutkan pelatihan dalam kondisi yang baik.

Untuk orang yang memulai olahraga setelah usia 60 tahun, perlu untuk menyiapkan pelatihan progresif selama setahun. Misalnya, pelari pemula akan memulai dengan dua sesi 10 hingga 20 menit per minggu di mana ia akan melakukan set joging satu menit dengan kecepatan sedang diikuti dengan tiga menit berjalan kaki. Setelah satu tahun, dia akan dapat berlari tiga perempat jam setiap kali dia keluar, dengan kecepatan rata-rata.

Latihan optimal untuk menjaga kebugaran adalah berlatih, tiga kali seminggu, olahraga ketahanan selama sekitar 45 menit. Intensitas latihan harus memungkinkan atlet untuk dapat berbicara selama upaya. Sesak napas yang berlebihan, jantung berdebar-debar atau nyeri yang tidak biasa (terutama di dada) harus menyebabkan penghentian olahraga dan membenarkan konsultasi medis.

Olah raga untuk lansia harus melakukan pemanasan yang lengkap terlebih dahulu, cukup lama, dan menjaga agar tidak mengalami dehidrasi. Rasa haus lebih terasa seiring bertambahnya usia dan penting untuk minum secara teratur sebelum, selama dan setelah berolahraga.

Jenis Olahraga Untuk Lansia

Olahraga apa yang cocok untuk lansia? Banyak kegiatan olahraga yang cocok untuk manula.

Berjalan, berlari, dan mendaki

Berjalan, berlari, dan hiking adalah aktivitas fisik yang baik untuk pencernaan, sirkulasi, dan moral. Berjalan diindikasikan untuk mencegah osteoporosis tetapi tidak dianjurkan dalam kasus osteoarthritis atau untuk manula dengan penyakit jantung. Kita juga bisa menyebutkan jalan Nordik yang dipraktikkan di pegunungan.

Kegiatan olahraga air untuk manula: aquagym dan berenang

Banyak manfaat yang terkait dengan praktik aktivitas akuatik saat Anda berusia lanjut. Mereka memungkinkan Anda untuk melatih daya tahan, pernapasan, koordinasi, dan otot. Kegiatan akuatik yang cocok untuk manula termasuk berenang dan aerobik air.

Bersepeda, olahraga untuk manula yang paling fit

Disiplin olahraga ini mengembangkan kapasitas kardiovaskular dan memungkinkan mereka melatih keseimbangan dan koordinasi mereka.

Terdapat bersepeda, yang dilakukan di luar ruangan, tetapi juga ada aktivitas di dalam ruangan, seperti pelatih elips atau aquabiking. Baca panduan tentang sepeda olahraga yang terhubung untuk orang tua.

Baca juga: Susu Lansia Anlene | Manfaat Utama Minum Susu di Usia Tua

Senam, dasar kegiatan olahraga bagi lansia

Disarankan untuk berlatih senam untuk melatih daya tahan jantung, penguatan otot dan persendian. Ini juga merupakan cara untuk melawan kenaikan berat badan yang terkadang menyertai penuaan.

Kegiatan olahraga untuk lansia ini dapat dilakukan di dalam ruangan, dalam kelompok dengan pelatih olahraga, atau di rumah. Ada beberapa jenis gym: soft gym, memory gym, balance gym, actigym dll… atau bahkan, dalam genre lain, yoga.

Di antara semua jenis senam dan yoga ini, mudah untuk menemukan disiplin yang sesuai untuk bentuk dan kesehatan Anda.

Baca juga: Pose Yoga | Nama, Contoh Gerakan Postur Tubuh (Asana)

Yoga adalah praktik yang semakin populer tanpa memandang usia. Dengan demikian ada banyak jenis yoga untuk berbagai usia dan berbagai tingkatan. Yoga juga memungkinkan Anda untuk tidur lebih nyenyak dan merasa lebih istirahat dan damai. Namun, semua manfaat tersebut tidak akan langsung terlihat melainkan dengan latihan yang teratur.

Aktivitas fisik lainnya yang cocok untuk orang tua

Tai chi dan memanah dapat dilakukan dengan aman oleh orang tua.

5 Latihan Fitness Untuk Lansia

Berikut adalah pilihan dari 5 latihan fitnes senior yang terbaik untuk mebugarkan tubuh dan pikiran:

• memperkuat otot punggung: berbaring telentang, kaki ditekuk, bawa lutut kanan ke dada dan tarik sampai paha bersentuhan dengan perut, jika perlu dengan bantuan tangan; lakukan hal yang sama pada sisi kiri. Lakukan tetap di posisi 15 detik dan kami ulangi 2 hingga 3 kali.

• penguatan bokong: berbaring di tanah, menyamping, kaki di tanah ditekuk, kaki lainnya direntangkan; kita melepas kaki, ujung kaki diputar ke dalam, kita angkat dengan amplitudo kecil dengan merasakan pinggulnya dengan baik. Lakukan 2 set 15 pengulangan.

• memperkuat dada: berbaring telentang, ambil dua dumbel kecil (atau jika gagal, dua botol air), rentangkan tangan Anda dan kemudian kencangkan dengan berkontraksi di bawah dada; inspirasi dilakukan saat turun, ekspirasi saat naik. Lakukan 2 set 15 pengulangan.

• menguatkan bahu: berbaring, ambil halter ringan di tangan Anda dan rentangkan tangan Anda di belakang kepala sejauh mungkin, buka tulang rusuk Anda; kemudian bawa dumbbell kembali dengan mengontraksikan otot perut. Lakukan 2 set 15 pengulangan, dengan lembut.

• penguatan otot dan refleks: berpasangan, masing-masing duduk di kursi saling berhadapan, pada jarak 1 meter; orang A memberi isyarat yang akan ditanggapi oleh orang B: jika A mengangkat tangan kanannya, B meninju sisi kanan; jika A menurunkan tangan kanannya, B menendang; jika A mengangkat tangan kanannya di atas kepalanya, B bangkit untuk mengepalkan tangan; dll Anda dapat menemukan banyak variasi. Setelah 10 pengulangan, ganti peran.

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Selalu konsultasikanlah dengan dokter Anda untuk semua masalah kesehatan Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Apa manfaat utama aktivitas fisik bagi lansia?

Memulai aktivitas fisik atau olahraga sejak usia 55 tahun menawarkan manfaat kesehatan yang nyata. Manfaat olahraga untuk lansia sangat banyak; pada sistem kardiorespirasi, sistem saraf, massa otot, sistem pernapasan, pertahanan imun… berikut beberapa contohnya:

Manfaat Olahraga Untuk Lansia | Pada sistem kardiorespirasi, saraf, massa otot, pernapasan, pertahanan kekebalan dan kesehatan mental


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber foto utama: EddieKphoto / Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.