Menangis dapat menghilangkan stres & meningkatkan suasana hati

Menangis Itu Sehat

Menangis itu sehat dan dapat menghilangkan stres, serta meningkatkan suasana hati. Juga dapat menjaga kesehatan! Kenapa ya?

Menangis & merasa lebih baik.
Di St Paul Ramsey Medical Center di Minnesota, air mata disebabkan oleh iritasi sederhana dibandingkan dengan yang disebabkan oleh emosi. Peneliti William Frey menemukan bahwa air mata yang disebabkan oleh stres benar-benar menghapus ‘zat’ beracun dari tubuh (Tom Kovach, ‘Tear Toxins’, Omni, December 1982).


Penelitian

Para relawan diminta untuk melihat film sedih dan kemudian untuk memotong bawang/berambang. Para peneliti menemukan bahwa air mata dari film, yang disebut air mata emosional, terdapat sampingan biologis jauh lebih beracun. Menangis, mereka menyimpulkan, adalah proses ekskresi yang menghilangkan zat beracun yang biasanya membangun selama stres emosional.


Menangis Baik Untuk Kesehatan

Air mata membantu kita melihat.
Dimulai dengan fungsi yang paling dasar dari air mata, dia memungkinkan kita untuk melihat. Secara harfiah. air mata tidak hanya melumasi bola mata & kelopak mata, mereka juga mencegah dehidrasi dari berbagai membran mukosa (lunak) kita.

Air mata dapat membunuh kuman.
Air mata mengandung lisozim*, cairan yang germaphobe yang bermimpi tentang dalam tidurnya, karena dapat membunuh 90-95% dari semua bakteri hanya dalam waktu 5-10 menit!


Lizozim Adalah

*Lisozim adalah enzim yang memutuskan ikatan β-1,4-glikosida antara asam-N-asetil glukosamin dengan asam-N-asetil muramat pada peptidoglikan sehingga dapat merusak dinding sel bakteri. Air kemudian dapat masuk ke dalam sel dan menyebabkan sel menggelembung dan akhirnya pecah, proses tersebut disebut dengan lisis.

Lisozim dapat ditemukan pada sekresi hewan termasuk air mata, saliva, dan cairan tubuh yang lainnya sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri.

Lisozim dapat membunuh bakteri apabila lingkungan tempat bakteri tersebut tidak berada dalam keadaan isotonis yaitu konsentrasi zat terlarut di dalam sel dan di luar sel (lingkungan) seimbang sehingga sekalipun dinding sel bakteri pecah, air tidak akan masuk ke dalam sel dan lisis tidak terjadi.


Menangis Membantu Menghilangkan Stres

Bahwa kita merasa lebih baik setelah menangis karena menghilangkan bahan kimia yang terbentuk saat stres. “Kami tidak tahu bahan kimia itu, tapi kami tahu air mata mengandung ACTH (Adrenocorticotropic Hormone) atau hormon stimulator hormon dari golongan kortikosteroid, yang diketahui meningkat dalam stres. Kami tidak tahu apakah mereka meningkat dalam air mata, ” menurut laporan Dr. Frey.


Bacaan Lainnya

 

Sumber bacaan: Psych Central, Answersingenesis.org, The New York Times



type video ads instream preroll, out stream, interstitial, rewarded

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 

loading…


By | 2017-06-16T21:21:42+00:00 April 30th, 2016|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment