Mikha (Micah) Pasal 1-7

10 min read

Mikha (Micah)

Pesan Mikha sangat menyentuh rakyat jelata diperkirakan disampaikan di sebuah kota kecil di barat daya Yerusalem, Moresyet Gat. Kebanyakan dari pesan yang berisi pengharapan diduga berasal dari Mikha, tetapi sering kali isinya yang bersifat umum mempersulit upaya untuk merekonstruksikan lingkup historisnya yang lebih spesifik.

Meskipun kita membaca buku kanonik ini melalui mata komunitas iman setelah pembuangan, yang muncul dalam Mikha 7:8-20, makna penting bagian-bagian ini terletak di dalam pesan rohani dari teks-teks kenabian ini.

Karena alasan ini, para pakar memeriksa pesan-pesan pengharapan ini dengan sangat hati-hati. Mereka beratnya, apakah pesan-pesan itu memang berasal dari Mikha, ataukah dari nabi-nabi yang berasal dari masa yang belakangan. Sementara itu, edisi akhir buku ini jelas memberikan kesan bahwa kitab ini berasal dari masa awal pasca-pembuangan.

Mikha Pasal 1 (Total ayat 16)

1) [Samaria dan Israel Dihukum] Pesan TUHAN sampai kepada Mikha pada masa pemerintahan Raja Yotam, Ahas, dan Hizkia, raja-raja Yehuda. Mikha berasal dari Moresyet dan dia melihat penglihatan tentang Samaria dan Yerusalem.

2) Dengarlah, hai kamu semuanya. Bumi dan segenap isinya, dengarkanlah. Tuhan ALLAH akan datang dari Rumah-Nya yang kudus. Tuhan akan datang sebagai saksi melawan kamu.

3) Lihatlah, TUHAN akan keluar dari tempat-Nya. Ia turun dan berjalan di tempat-tempat tinggi di bumi.

4) Gunung-gunung meleleh di bawah-Nya seperti lilin di depan api. Lembah-lembah terbelah dan mengalir seperti air yang turun dari bukit.

5) Hal itu terjadi karena dosa Yakub dan karena dosa bangsa Israel. [Samaria, Penyebab Dosa] Apakah penyebab dosa Yakub? Itulah Samaria. Di manakah puncak yang tinggi di Yehuda? Itulah Yerusalem.

6) Aku akan mengubah Samaria menjadi tumpukan batu di ladang, tempat menanam pokok anggur. Aku meruntuhkan tembok Samaria ke dalam lembah, tidak ada yang tinggal kecuali dasarnya.

7) Semua berhalanya akan hancur berkeping-keping. Semua tempat pelacurannya hangus terbakar. Aku memusnahkan semua patung dewanya karena Samaria memperoleh kekayaannya oleh ketidaksetiaannya terhadap Aku. Jadi, semuanya akan diambil orang yang tidak setia kepada-Ku.

8) [Dukacita Mikha] Aku sangat sedih karena yang akan terjadi. Aku akan pergi tanpa kasut dan pakaian. Aku menangis seperti anjing. Aku berkabung seperti burung unta.

9) Luka Samaria tidak dapat sembuh. Penyakitnya telah berjangkit sampai ke Yehuda, telah sampai ke pintu gerbang kota umat-Ku, telah menyebar ke semua jalan ke Yerusalem.

10) Jangan katakan itu di Gat. Jangan menangis di Ako. Berguling-gulinglah di atas debu di Bet-Le-Afra.

11) Hai kamu penduduk Safir, berjalanlah di jalanmu dengan telanjang dan malu. Penduduk Zaanan tidak akan keluar. Penduduk Bet-Ezel akan menangis dan menarik dukungannya dari kamu.

12) Penduduk Marot menjadi lemah menantikan sesuatu yang baik terjadi karena kesusahan telah turun dari TUHAN, dan mencapai pintu gerbang Yerusalem.

13) Hai orang yang tinggal di Lakhis ambillah kuda siap untuk kereta perang. Kamu bersalah seperti dosa Israel, dan kamu telah membawa dosa itu ke Yerusalem.

14) Kamu harus memberikan hadiah perpisahan kepada Moresyet-Gat. Rumah-rumah di Akhzib akan menipu raja-raja Israel.

15) Hai penduduk Maresyam Aku akan mengirim orang melawanmu yang akan mengambil milikmu. Kemuliaan Israel akan datang ke Adulam.

16) Cukur rambutmu dan biarlah kamu gundul karena anak-anak kesayanganmu. Buatlah kepalamu gundul seperti burung elang dan tunjukkan kesedihanmu, karena anak-anakmu akan diambil dari kamu.

Pasal 2 (Total ayat 13)
1) [Rencana Jahat Manusia] Celaka akan datang kepada orang yang merencanakan kejahatan. Mereka berbaring di tempat tidurnya membuat rencananya yang jahat. Ketika terang pagi datang, mereka melakukan kejahatan yang telah direncanakannya, karena mereka mempunyai kuasa melakukan yang diinginkannya.

2) Mereka menginginkan ladang lalu mereka mengambilnya. Mereka menginginkan rumah lalu mereka mengambilnya. Mereka menipu seseorang dan mereka mengambil rumah dan tanahnya.

3) [Rencana Tuhan Menghukum Manusia] Itulah sebabnya, TUHAN mengatakan hal ini, “Lihatlah, Aku sedang merencanakan kesusahan terhadap keluarga itu. Kamu tidak dapat menyelamatkan dirimu sendiri. Kamu tidak sombong lagi karena masa yang jahat akan datang.

4) Orang menyanyikan lagu tentang kamu. Mereka menyanyikan nyanyian sedih ini, ‘Kita hancur. Tanah kita telah diambil TUHAN dan diberikan kepada orang lain. Ya, Ia telah mengambil tanah dari aku. Ia membagi-bagikan ladang kami.

5) Kami tidak dapat mengukur tanah itu dan membaginya di tengah-tengah umat TUHAN.’”

6) [Mikha Dilarang Bernubuat] Orang mengatakan, “Jangan bernubuat kepada kami. Jangan katakan hal-hal yang jahat tentang kami. Tidak ada yang jahat akan menimpa kami.”

7) Hai anak-anak Yakub, aku harus mengatakan hal ini. TUHAN sudah kehabisan kesabaran-Nya karena perbuatan jahat yang kamu lakukan. Jika kamu hidup dengan benar, aku mengatakan yang baik kepadamu.

8) Tetapi kamu menyerang umatku seperti musuh. Kamu merampas pakaian dari orang yang berjalan. Mereka menganggap bahwa mereka aman, tetapi kamu memperlakukannya seperti tawanan perang.

9) Kamu mengambil rumah yang indah dari umatku yang perempuan. Kamu selalu mengambil kekayaanku dari anak-anak kecil.

10) Bangkit dan pergilah. Ini bukan tempat peristirahatan bagimu karena kamu telah membinasakannya. Kamu telah membuatnya najis maka tempat ini binasa. Itulah kebinasaan yang luar biasa.

11) Orang itu tidak mau mendengarkan aku, tetapi jika seseorang datang mengatakan dusta, mereka menerimanya. Mereka menerima nabi palsu jika ia datang dan berkata, “Masa depanmu baik, melimpah dengan anggur dan bir.”

12) [Tuhan Akan Mengumpulkan Umat-Nya] Hai anak-anak Yakub, Aku akan mengumpulkan kamu semua. Aku mengumpulkan semua umat Israel yang tertinggal. Aku mengumpulkan mereka seperti domba dalam kandang; seperti kawanan domba di padang rumput. Tempat itu akan penuh dengan suara orang banyak.

13) Pemburu akan melintas dan berjalan di depan mereka. Mereka membinasakan gerbang dan meninggalkan kota. Mereka akan pergi bersama rajanya berjalan di depan mereka — bersama TUHAN di depan umat-Nya.

Pasal 3 (Total ayat 12)
1) [Dosa Para Pemimpin Israel] Kemudian aku mengatakan, “Dengarlah, hai pemimpin Yakub dan pejabat Israel. Ketahuilah keadilan,

2) tetapi kamu membenci kebaikan dan mencintai kejahatan. Kamu merobek kulit dari tubuh orang dan merobek daging dari tulang-tulangnya.

3) Kamu membinasakan umatku. Kamu menguliti kulitnya dan mematahkan tulang-tulangnya. Kamu mencincang tulangnya seperti memasukkan ke dalam kuali.

4) Kemudian kamu berdoa kepada TUHAN, tetapi kamu tidak akan dijawab-Nya. Tidak, Ia akan menyembunyikan wajah-Nya dari kamu karena kamu melakukan kejahatan.”

5) [Nabi-nabi Palsu] Beberapa nabi palsu akan mengatakan dusta kepada umat-Nya. TUHAN mengatakan tentang nabi-nabi palsu, “Nabi-nabi itu dikendalikan oleh perutnya. Mereka menjanjikan damai kepada orang yang memberi makanan kepada mereka, tetapi mereka menjanjikan perang melawan orang yang tidak memberikan makanan kepada mereka.

6) Itulah sebabnya, hari seperti gelap bagimu dan kamu tidak mempunyai penglihatan. Kamu tidak dapat melihat yang terjadi pada masa yang akan datang, hal itu merupakan kegelapan bagimu. Matahari telah terbenam bagi nabi-nabi. Mereka tidak dapat melihat yang terjadi pada masa yang akan datang, hal itu merupakan kegelapan bagi mereka.

7) Para pelihat akan mendapat malu. Tukang-tukang tenung dipermalukan. Mereka tidak mau mengatakan sesuatu karena Allah tidak berbicara kepada mereka.”

8) [Mikha Nabi Allah yang Jujur] Roh TUHAN telah memenuhi aku dengan kuasa, kebaikan, dan kekuatan. Aku dapat mengatakan kepada Yakub tentang kejahatannya, aku dapat mengatakan kepada Israel tentang dosanya.

9) [Pemimpin Israel Dipersalahkan] Hai kamu pemimpin Yakub dan para pemerintah Israel, dengarkanlah aku. Kamu membenci jalan yang benar. Jika sesuatu lurus, kamu membengkokkannya.

10) Kamu telah membangun Sion dengan membunuh orang. Kamu membangun Yerusalem dengan menipu orang.

11) Hakim-hakim Israel menerima suap untuk menolong mereka menentukan siapa yang menang di pengadilan. Imam-imam di Yerusalem harus dibayar sebelum mereka mengajar orang. Orang harus membayar para nabi sebelum mereka bernubuat. Pemimpin mengharapkan TUHAN untuk menolong mereka. Mereka berkata, “TUHAN ada di sini bersama kami, jadi tidak ada yang jahat akan terjadi atas kami.”

12) Hai para pemimpin, oleh karena kamulah, Sion akan binasa. Sion akan dibajak seperti ladang. Yerusalem menjadi tumpukan batu. Gunung Rumah Tuhan akan menjadi bukit yang kosong ditumbuhi semak-semak.

Mikha Pasal 4 (Total ayat 13)

1) [Hukum Akan Datang dari Yerusalem] Pada hari-hari terakhir, gunung Bait TUHAN akan berdiri lebih tinggi daripada segala gunung. Gunung itu menjulang tinggi di atas segala bukit. Orang dari segala penjuru berduyun-duyun ke sana.

2) Banyak orang pergi ke sana serta mengatakan, “Mari kita pergi ke Gunung TUHAN, ke Bait Allah Yakub. Allah akan mengajarkan jalan hidup kepada kita, dan kita mengikut Dia.” Ajaran-Nya, pesan TUHAN, dimulai di Yerusalem di atas Gunung Sion dan sampai ke seluruh dunia.

3) Kemudian Allah bertindak sebagai Hakim mengakhiri pertentangan di tengah-tengah umat di banyak tempat. Ia akan menentukan apa yang benar bagi bangsa-bangsa besar yang jauh dan dekat. Mereka akan berhenti memakai senjatanya untuk berperang. Mereka menempa pedangnya menjadi bajak dan memakai tombaknya menjadi alat menuai. Semua peperangan di antara bangsa-bangsa akan berhenti. Mereka tidak lagi berlatih untuk berperang.

4) Mereka akan duduk di bawah pohon anggurnya dan pohon aranya sendiri. Tidak seorang pun yang membuat mereka takut sebab TUHAN Yang Mahakuasa yang mengatakannya.

5) Semua orang dari bangsa lain mengikut dewanya sendiri, tetapi kita mengikut TUHAN Allah kita selama-lamanya.

6) [Kerajaan Dipulihkan] TUHAN berkata, “Yerusalem sakit dan pincang dan telah dibuang. Kota itu tersiksa dan dihukum, tetapi Aku akan membawanya kembali kepada-Ku.

7) Orang dari kota yang pincang itu satu-satunya yang akan selamat. Mereka dipaksa berangkat, tetapi Aku membuatnya menjadi bangsa yang kuat.” TUHANlah yang menjadi Rajanya. Ia akan memerintah dari Gunung Sion sampai selama-lamanya.

8) Dan engkau, hai Menara Kawanan Domba, waktumu akan tiba. Hai Ofel, Bukit Sion, kedaulatanmu yang dahulu kembali kepadamu. Ya, kerajaan akan kembali ke Yerusalem seperti semula.

9) [Mengapa Israel Harus Pergi ke Babel?] Sekarang mengapa kamu menangis begitu kuat? Apakah rajamu telah pergi? Apakah kamu kehilangan pemimpin? Kamu menderita seperti perempuan yang melahirkan.

10) Hai Putri Sion, menderitalah seperti perempuan yang melahirkan. Tinggalkanlah kota itu dan berdiam di ladang. Pergilah ke Babel, tetapi kamu akan diselamatkan dari sana. TUHAN akan datang menyelamatkan kamu dari sana. Ia akan membawa kamu dari musuhmu.

11) [Tuhan Akan Membinasakan Banyak Bangsa] Banyak bangsa telah datang untuk berperang menentang kamu. Mereka berkata, “Lihatlah, itu Sion. Mari kita menyerangnya.”

12) Mereka mempunyai rencananya, tetapi mereka tidak tahu rencana TUHAN. Ia telah membawa mereka ke sana untuk maksud tertentu. Mereka akan ditindas seperti gandum di tempat penggilingan tepung.

13) [Israel Akan Menaklukkan Musuhnya] “Hai umat Yerusalem, bangkitlah dan binasakanlah orang itu. Aku akan membuat kamu sangat kuat seakan-akan kamu mempunyai tanduk besi dan kuku tembaga. Kamu akan memukul banyak orang hingga berkeping-keping. Kamu akan memberikan kekayaan mereka kepada TUHAN. Kamu akan memberikan harta mereka kepada-Nya seluruh bumi.”

Pasal 5 (Total ayat 15)
1) (4-14) Sekarang hai kota yang kuat, kumpulkanlah tentaramu. Mereka mengepung kita hendak menyerbu. Mereka mau memukul Hakim Israel pada pipinya dengan tongkat mereka.

2) (5-1) [Mesias Dilahirkan di Betlehem] Engkau, hai Betlehem Efrata, kota yang terkecil di Yehuda. Keluargamu sangat sedikit untuk dihitung, tetapi “Penguasa Israel” akan datang dari padamu untuk memerintah bagi-Ku. Permulaannya sudah ada sejak purbakala, dari sejak dahulu.

3) (5-2) Allah akan menyerahkan umat-Nya sampai perempuan itu melahirkan Anaknya, Raja yang dijanjikan itu. Kemudian saudara-saudaranya yang masih ada kembali kepada orang Israel.

4) (5-3) Raja Israel itu akan berdiri dengan kekuatan dari TUHAN dan dalam keagungan nama TUHAN Allah-Nya, dan melindungi umat-Nya. Mereka akan hidup aman karena pada waktu itu kebesaran-Nya sampai ke ujung bumi.

5) (5-4) Di sana akan ada damai. Tentara Asyur datang menyerbu negeri kita dan menginjak-injak bangunan kita yang besar, tetapi Penguasa Israel memilih 7 gembala dan 8 pemimpin.

6) (5-5) Mereka akan memakai pedang dan memerintah Asyur. Mereka memerintah Negeri Nimrod dengan pedang di tangannya. Mereka memakai pedang memerintah atas orang-orang itu. Kemudian Penguasa Israel menyelamatkan kita dari Asyur, apabila mereka datang memasuki negeri kita dan berjalan di daerah kita.

7) (5-6) Tetapi sisa-sisa Yakub yang tersebar di antara bangsa-bangsa, menjadi seperti embun dari TUHAN, yang tidak bergantung pada manusia. Mereka seperti hujan di atas rumput yang tidak menunggu siapa pun.

8) (5-7) Sisa-sisa Yakub yang masih hidup tersebar di antara bangsa-bangsa. Mereka menjadi seperti singa di antara binatang di hutan. Mereka seperti singa muda di antara kawanan domba. Jika singa melintas, pergi ke mana ia mau. Jika singa menerkam binatang, tidak ada yang dapat menyelamatkannya. Orang yang bertahan hidup akan seperti itu.

9) (5-8) Kamu mengangkat tanganmu menentang musuhmu dan kamu membinasakannya.

10) (5-9) [Orang Akan Bergantung pada Tuhan] TUHAN berkata, “Pada waktu itu Aku melenyapkan kudamu dan membinasakan kereta-kereta perangmu.

11) (5-10) Aku membinasakan kota-kota di negerimu dan meruntuhkan semua benteng pertahananmu.

12) (5-11) Kamu tidak akan mencoba sihirmu lagi, dan tidak ada lagi para peramal di tengah-tengahmu.

13) (5-12) Aku akan membinasakan patung-patung dewamu. Aku akan merubuhkan tugu-tugu peringatan terhadap dewamu. Kamu tidak akan menyembah buatan tanganmu.

14) (5-13) Aku akan membinasakan tiang-tiang Asyera dan dewa-dewamu.

15) (5-14) Beberapa bangsa tidak mendengarkan Aku, tetapi Aku menunjukkan amarah-Ku dan Aku balas dendam.”

Mikha Pasal 6 (Total ayat 16)

1) [Tuntutan Tuhan] Sekarang dengarlah yang dikatakan TUHAN: Tunjukkanlah alasanmu kepada gunung-gunung. Biarlah bukit-bukit mendengarkan ceritamu.

2) Tuhan telah menuntut mereka. Hai gunung-gunung, dengarkan tuntutan TUHAN. Hai dasar-dasar bumi, dengarkan TUHAN. Ia akan membuktikan bahwa Israel bersalah.

3) Tuhan berkata, “Hai umat-Ku, katakan kepada-Ku yang telah Kuperbuat. Apakah Aku telah melakukan yang salah terhadap kamu? Apakah Aku membuat hidupmu begitu berat?

4) Aku akan mengatakan kepadamu yang telah Kulakukan. Aku telah mengutus Musa, Harun, dan Miryam kepadamu. Aku membawa kamu keluar dari tanah Mesir. Aku membebaskan kamu dari perhambaan.

5) Hai umat-Ku, ingatlah yang telah direncanakan Balak raja Moab. Ingatlah yang dikatakan Bileam anak Beor kepada Balak. Ingatlah yang terjadi dari Sitim ke Gilgal, dan kamu akan tahu bahwa TUHAN benar.”

6) [Yang Diinginkan Tuhan dari Kita] Apakah yang harus kubawa bila aku datang menghampiri TUHAN? Apakah yang harus kulakukan bila aku tunduk menyembah Allah di tempat tinggi? Haruskah aku datang kepada-Nya bersama kurban bakaran dan anak lembu yang berumur setahun?

7) Apakah TUHAN berkenan atas 1.000 domba jantan atau atas 10.000 sungai minyak? Haruskah aku memberikan anak sulungku untuk membayar kejahatanku? Haruskah aku memberikan anak kandungku untuk membayar dosaku?

8) Hai manusia, TUHAN telah mengatakan kepadamu apa yang baik. Inilah yang diinginkan-Nya dari kamu: Adillah terhadap orang lain. Cintailah kebaikan dan kesetiaan, dengan rendah hati taati Allahmu.

9) [Apa yang Dilakukan Israel?] Suara TUHAN berseru kepada kota, “Orang bijak menghormati nama Tuhan. Jadi, perhatikanlah tongkat yang menghukum dan kepada yang memegang tongkat itu.

10) Apakah orang jahat masih menyimpan harta yang dicurinya? Apakah mereka masih menipu orang dengan memakai keranjang yang sangat kecil? Ya, semuanya itu masih terjadi.

11) Ada orang yang memakai timbangan menipu orang ketika barangnya ditimbangnya. Apakah Aku harus memaafkan mereka?

12) Orang kaya di kota itu masih kejam. Mereka masih mengatakan dusta. Ya, mereka mengatakan dustanya.

13) Aku telah mulai menghukum kamu. Aku akan membinasakan kamu karena dosamu.

14) Kamu makan, tetapi kamu tidak akan kenyang. Kamu tetap lapar dan kosong. Kamu berusaha menyelamatkan orang, tetapi orang yang memegang pedang membunuh orang, yang telah kamu selamatkan.

15) Kamu menanam benihmu, tetapi kamu tidak akan menuai. Kamu memeras minyak dari buah zaitunmu, tetapi kamu tidak mendapat minyaknya. Kamu mengirik buah anggurmu, tetapi kamu tidak akan mendapat air anggur cukup untuk diminum,

16) karena kamu menaati hukum Omri. Kamu melakukan kejahatan yang dilakukan keluarga Ahab. Kamu mengikuti ajaran mereka. Oleh sebab itu, Aku membiarkan kamu binasa. Orang akan heran melihat kotamu binasa. Kemudian kamu menanggung malu yang dibawa bangsa-bangsa kepadamu.”

Mikha Pasal 7 (Total ayat 20)

1) [Mikha Kecewa atas Perbuatan Jahat] Aku kecewa karena aku seperti buah yang dikumpulkan, seperti anggur yang sudah dipetik. Tidak ada anggur yang sisa untuk dimakan, tidak ada buah ara yang kusukai.

2) Maksudku ialah bahwa semua orang yang setia telah pergi. Orang baik tidak ada yang tinggal. Setiap orang berencana membunuh. Setiap orang berusaha menjerat saudaranya.

3) Orang memakai kedua tangannya untuk melakukan kejahatan. Pejabat meminta uang, hakim menerima suap, untuk mengubah keputusannya. Orang penting menjatuhkan keputusan dengan sesuka hatinya.

4) Orang yang terbaik di antaranya lebih jahat daripada pagar duri. [Hari Penghukuman Akan Datang] Nabi-nabimu mengatakan hari itu akan datang, dan hari bagi pengintaimu sudah datang. Sekarang kamu dihukum. Sekarang kamu bingung.

5) Jangan percaya terhadap sesamamu. Jangan percaya terhadap temanmu. Bahkan terhadap istrimu pun, jagalah perkataanmu.

6) Musuhmu ialah orang yang ada di dalam rumahmu sendiri. Anak laki-laki menghina ayahnya. Anak perempuan bangkit melawan ibunya. Menantu perempuan menentang ibu mertuanya.

7) [Tuhan Adalah Juruselamat] Aku akan memandang kepada TUHAN minta tolong. Aku menantikan Allah untuk menyelamatkan aku. Allahku akan mendengarkan aku.

8) Aku telah jatuh. Hai musuhku, jangan mengejek aku. Aku bangkit kembali. Sekarang aku duduk dalam kegelapan, tetapi TUHAN akan menjadi terang bagiku.

9) [Tuhan Mengampuni] Aku telah berdosa terhadap TUHAN, maka Ia marah kepadaku, tetapi Ia akan membela perkaraku di pengadilan. Ia melakukan yang benar terhadapku. Dan Dia membawa aku ke dalam terang, dan aku akan melihat bahwa Ia benar.

10) Musuhku berkata kepadaku, “Di mana TUHAN Allahmu?” Namun, musuhku akan melihat yang terjadi, lalu ia akan malu. Pada waktu itu aku akan menertawakannya. Orang akan berjalan di atasnya seperti lumpur di jalan.

11) [Orang Yahudi Kembali] Waktunya akan tiba, tembokmu akan dibangun kembali. Pada waktu itu negerimu berkembang.

12) Umatmu akan kembali ke negerimu. Mereka kembali dari Asyur dan dari kota-kota Mesir. Mereka datang dari Mesir dan dari seberang Sungai Efrat. Mereka datang dari laut di barat dan dari gunung-gunung di timur.

13) Tanah telah dirusak oleh orang-orang yang tinggal di sana dan karena perbuatan mereka.

14) Pimpinlah umat-Mu dengan tongkat-Mu. Gembalakanlah kawanan umat kepunyaan-Mu. Mereka hidup di hutan sendirian dan naik ke Gunung Karmel. Mereka hidup di Basan dan Gilead seperti yang dilakukannya dahulu.

15) [Israel Akan Menaklukkan Musuhnya] Aku telah melakukan banyak mukjizat ketika Aku membawa kamu keluar dari Mesir. Aku akan membiarkan kamu melihat beberapa mukjizat seperti itu.

16) Bangsa-bangsa akan melihat mukjizat-mukjizat itu, dan mereka akan malu. Mereka melihat bahwa “kuasanya” tidak berarti diperbandingkan dengan kuasa-Ku. Mereka kagum dan menutup mulutnya dengan tangannya. Mereka akan menutup telinganya dan tidak mau mendengar.

17) Mereka akan merayap dalam debu seperti ular. Mereka gemetar ketakutan. Mereka seperti binatang menjalar dari lubangnya di tanah dan datang kepada TUHAN Allah kita. Ya Allah, mereka akan takut dan hormat terhadap Engkau.

18) [Pujian bagi Tuhan] Tidak ada Allah seperti Engkau. Engkau mengampuni dosa orang. Allah mengampuni orang yang masih tinggal. Ia tidak marah selama-lamanya sebab Ia senang menunjukkan kebaikan.

19) Ia kembali dan menghibur kita lagi. Ia akan membuang dosa kita ke laut yang dalam.

20) Ya Allah, bertindaklah benar kepada Yakub. Perlihatkan kebaikan dan kesetiaan kepada Abraham seperti yang telah Kaujanjikan kepada nenek moyang kami dahulu kala.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Ligonier, Biblica

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.