fbpx

Makanan Penurun Darah Tinggi – Terbukti Secara Sains

Makanan Penurun Darah Tinggi

Semakin tinggi tekanan darah Anda, semakin tinggi risiko Anda terkena stroke atau serangan jantung di masa depan. Berikut adalah beberapa makanan penurun darah tinggi:

1. Sayuran hijau

Kalium membantu ginjal Anda untuk menyingkirkan lebih banyak sodium melalui urin Anda.

Sayuran hijau, yang tinggi potasium, termasuk:

  • Selada

  • Kale

  • Brokoli

  • Kubis

  • Lobak hijau

  • Sawi

  • Bayam

  • Ubi bit hijau

Sayur makanan penurun darah tinggi

Sayur- sayuran. Makanan penurun darah tinggi. Sumber foto: Wikimedia

 

2. Bawang putih dan herbal

Satu ulasan dari National Center for Biotechnology Information (USA), mencatat bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi hipertensi dengan meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam tubuh. Nitrat oksida membantu mempromosikan vasodilatasi atau pelebaran arteri, untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Bahan aktif dalam bawang putih adalah allicin, senyawa sulfur yang terbentuk ketika siung bawang putih dihancurkan, dicincang atau dikunyah.

Memasukkan rempah-rempah beraroma dan rempah-rempah ke dalam makanan harian Anda juga dapat membantu Anda mengurangi asupan garam Anda. Contoh bumbu dan rempah-rempah yang dapat Anda tambahkan termasuk:

  • Basil

  • Kayu manis

  • Kunyit

  • Jahe

  • Thyme

  • Rosemary dan banyak lagi.

 

Bawang putih - makanan penurun darah tinggi

Bawang putih – makanan penurun darah tinggi. Sumber foto: MaxPixel

 

3. Buah Beri

Berries, terutama blueberry, kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Satu studi dari British and American nutritionists menemukan bahwa mengonsumsi senyawa ini dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah.

Buah-buahan beri ini kaya kandungan antosianin. Hal tersebut dapat dilihat dari warna-warna cerah dari buah-buahan ini. Antosianin adalah sejenis antioksidan yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dengan mengendurkan otot dinding pembuluh. Efek ini dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga menurunkan risiko penyakit tekanan darah tinggi.

Blueberry, raspberry, dan stroberi mudah ditambahkan ke diet Anda. Anda dapat meletakkannya di sereal atau granola di pagi hari, atau menyimpan buah beri beku untuk pencuci mulut yang cepat dan sehat.

 

Buah Beri - makanan penurun darah tinggi

Buah Beri – makanan penurun darah tinggi. Sumber foto: Wikipedia

 

4. Ubi bit merah

Nutrisi ubi bit merah (beetroot) per 100 gram penyajian tersedia 43 calories, Ubi Bit Merah adalah sumber yang istimewa dari (20% of the Daily Value, DV) of folate dan sumber yang bagus (14% DV) dari mangan, dengan nutrisi lain dalam jumlah kecil.

Anda dapat membuat jus ubi bit merah Anda sendiri atau memasak dan memakan seluruh akarnya. Ubi bit merah atau beetroot lezat ketika dipanggang atau ditambahkan ke tumisan dan rebusan. Anda juga bisa memanggangnya menjadi keripik. Hati-hati saat mengupas bit – karena jusnya dapat menodai tangan dan pakaian Anda.

 

Ubi bit merah - makanan penurun darah tinggi 2

Ubi bit merah – makanan penurun darah tinggi. Sumber foto: MaxPixel

 

5. Havermut / Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan penurun darah tinggi, dengan ciri khast makanan yang berserat tinggi, rendah lemak dan rendah sodium untuk menurunkan tekanan darah Anda. Makan oatmeal untuk sarapan adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda.

Untuk membuatnya, rendam 1/2 cangkir oat dengan  1/2 cangkir susu kacang ke dalam gelas Anda, aduk dan tambahkan berry, granola dan kayu manis secukupnya.

 

6. Susu skim dan yogurt

Susu skim adalah sumber kalsium yang sangat baik dan rendah lemak. Ini adalah elemen penting dari makanan penurun darah tinggi. Anda juga dapat memilih yogurt jika Anda tidak suka susu, atau sebaliknya.

Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi 5 atau lebih porsi yogurt seminggu mengalami pengurangan 20% dalam risiko mereka untuk mengembangkan tekanan darah tinggi.

Cobalah menambah granola, almond dan buah-buahan ke dalam yoghurt Anda untuk memberikan manfaat ekstra jantung sehatAnda. Saat membeli yogurt, pastikan untuk memeriksa kadar gula tambahan. Semakin rendah kuantitas gula per porsi, semakin baik.

 

7. Pisang

Makan makanan yang kaya potasium lebih baik daripada mengonsumsi pil suplemen. Iris pisang ke dalam sereal atau oatmeal Anda untuk tambahan yang kaya kalium. Anda juga dapat membuat sarapan pagi atau siang yang cepat bersama dengan telur rebus untuk sarapan cepat atau makanan ringan. Pisang adalah salah satu makanan penurun darah tinggi yang terbaik. Baca juga: Pisang Matang Baik Untuk Kesehatan

 

8. Ikan Salmon, mackerel dan ikan dengan omega 3

Ikan merupakan sumber protein tanpa lemak. Ikan berlemak seperti mackerel, salmon dan sardin memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan trigliserida. Selain sumber ikan ini, trout mengandung vitamin D. Makanan jarang mengandung vitamin D, dan vitamin yang mirip hormon ini memiliki sifat yang dapat menurunkan tekanan darah.

Salah satu manfaat dari menyiapkan ikan adalah mudah untuk membumbui dan memasak. Untuk mencobanya, letakkan fillet salmon di atas kertas perkamen dan bumbui dengan rempah-rempah, lemon dan minyak zaitun (olive oil). Panggang ikan dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 230°C selama 12-15 menit.

 

9. Kacang-Kacangan

Biji tanpa kandungan tinggi potasium, magnesium, dan mineral lainnya yang dikenal untuk mengurangi tekanan darah. Nikmati ¼ cangkir bunga matahari, pistachio, labu atau biji labu sebagai camilan di antara waktu makan.

Tapi almond dan kacang mente sangat menonjol, terutama ketika menyangkut masalah metabolisme seperti tekanan darah tinggi. Apa yang membuat mereka begitu berpengaruh adalah kandungan magnesium mereka.

Magnesium adalah mineral penting yang terlibat dalam lebih dari 300 proses tubuh. Kacang mete atau mente dan almond adalah salah satu sumber magnesium alami terkaya.

Ini semua adalah makanan penurun darah tinggi yang sehat yang dapat menjadi bagian dari diet Anda. Tapi apakah makanan apa pun dapat menurunkan tekanan darah Anda tidak sepenuhnya jelas dan kemungkinan akan bergantung pada sejumlah variabel termasuk tekanan darah Anda saat ini, gen Anda, berapa banyak makanan yang Anda konsumsi dan seberapa sering dan komponen lain dalam diet Anda.

 

10. Cokelat hitam

Sebuah studi 2015 dari Heart BMJ Journal menemukan bahwa makan coklat hitam dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular (jantung). Studi ini menunjukkan bahwa hingga 100 gram per hari dari cokelat hitam dapat dikaitkan dengan risiko kardiovaskular yang lebih rendah.

Cokelat hitam mengandung lebih dari 60% padatan kakao dan memiliki lebih sedikit gula daripada coklat biasa. Anda dapat menambahkan cokelat hitam ke yoghurt atau memakannya dengan buah-buahan, seperti stroberi, blueberry, atau raspberry, sebagai pencuci mulut yang sehat. Baca juga: Perbedaan Cokelat Hitam Dan Putih

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                             


By | 2019-01-14T18:15:33+00:00 Juni 3rd, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment