PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Indung Telur | Bagaimana cara kerjanya? Peran dan anatomi OVARIUM pada wanita

3 min read

Ovarium | Bagaimana cara kerjanya? Peran dan anatomi indung telur pada wanita

Ovarium (Indung telur)

Ovarium adalah gonad, organ reproduksi pada wanita, sama seperti testis pada pria. Ada dua di antaranya, berbentuk seperti almond besar, dan terletak di kedua sisi rahim, dekat saluran tuba. Mereka mengandung sekitar 400.000 folikel. Folikel merupakan kantung cairan yang berisi oosit matang untuk membentuk sebuah sel telur.

Dimulai saat pubertas, dengan setiap siklus menstruasi, ovarium membawa folikel menjadi matang dan melepaskan sel telur. Yang terakhir dikeluarkan menuju tuba fallopi melalui ujungnya yang membesar, pinna. Di sinilah sel germinal betina, atau gamet, dapat dibuahi oleh sperma. Saluran tuba memimpin sel telur yang telah dibuahi dari ovarium ke rahim, di mana ia bersarang dan kehamilan dapat dimulai. Jika telur tidak dibuahi, ia mati dan menyebar.
Ovarium juga memproduksi hormon seks wanita, terutama progesteron dan estrogen. Ini adalah asal mula perkembangan karakteristik seksual sekunder: payudara, sosok, suara, rambut. Mereka juga mengatur siklus menstruasi wanita, ovulasi dan periode, dari pubertas hingga menopause.

Apa peran atau fungsi indug telur?

Ovarium memiliki dua fungsi.

1. Fungsi eksokrin

Ini adalah fungsi utama ovarium, produksi oosit. Seorang wanita dilahirkan dengan stok folikel di ovarium. Setiap folikel mengandung oosit. Folikel ini tidak berkembang biak dan jumlahnya berkurang sampai menopause, ketika folikel telah benar-benar menghilang. Sejak pubertas, produksi hormon seks dimulai dan pertumbuhan folikel dimulai”, jelas Isabelle Héron. Selama siklus, folikel akan matang dan melepaskan oosit. Yang ini akan dibuahi atau tidak.

2. Fungsi endokrin atau produksi hormon seks

Indung telur mensintesis estrogen dan progesteron, hormon seks wanita yang penting. Hormon-hormon ini digunakan secara khusus untuk menyinkronkan siklus menstruasi. Indung telur juga mengeluarkan androgen. “Ovarium berfungsi secara independen. Peran ini terpenuhi bahkan jika seorang wanita hanya memiliki satu ovarium”, komentar dokter kandungan.

Penyakit indung telur

Kista ovarium: Kista adalah tumor di dalamnya yang berisi cairan. Kista bisa jinak atau ganas. “Kami sangat sering mengamati kista fungsional, yang paling sering, yang menghilang secara spontan”.

Kanker ovarium: Paling sering, muncul pada wanita setelah 45 tahun. “Ini adalah tumor ganas yang berkembang dari komponen jaringan ovarium”, jelas spesialis.

Gangguan endokrin: Ini adalah patologi akibat gangguan sekresi hormon. Dalam beberapa kasus, ovarium memproduksi terlalu banyak hormon pria (testosteron).

Yang paling terkenal adalah Sindrom Ovarium Polikistik, atau distrofi indung telur: “Istilah ini kurang dipilih karena mereka adalah ovarium di mana terdapat sejumlah besar folikel dan bukan kista. Ini adalah patologi jinak yang sering terjadi, yang sesuai dengan disfungsi ovarium, yang patofisiologinya tidak diketahui dengan baik, tetapi mungkin bertanggung jawab atas hiperandrogenisme (jerawat dan hiperpilositas) dan gangguan ovulasi karena pertumbuhan folikel yang buruk.

Kanker Ovarium (Indung Telur) – Ciri, Gejala, Penyebab, Pengobatan, Stadium dan Perawatan

Pemeriksaan ovarium

Ada dua jenis tes untuk mengeksplorasi ovarium:

Tes hormonal: “Mereka bertujuan untuk menilai fungsi ovarium dalam hal produksi hormon. Mereka dapat membantu kita memahami gangguan siklus atau amenore misalnya.”
Pencitraan: “Ultrasonografi ovarium adalah pencitraan lini pertama, dapat dilengkapi dengan MRI panggul. Pemeriksaan ini memungkinkan untuk mengetahui ukuran ovarium, mengamati karakteristik kista ovarium, jumlah folikel…

Spesialis ovarium

Ginekolog adalah dokter pertama yang berkonsultasi untuk gangguan yang berkaitan dengan fungsi ovarium. Ahli endokrin dan onkologi juga dapat dikonsultasikan tergantung pada patologi ovarium yang bersangkutan.

Sumber foto: Wikimedia Commons (Domain Publik)


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kanker Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Your  Hormones

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *