Paus Menangis – Apakah Benar Ikan Paus Menangis? Pertanda Apa?

Ikan Paus Menangis

Jawaban apakah paus menangis atau tidak tergantung pada apa yang Anda maksud dengan menangis.

Contohnya paus biru, disebutkan bahwa suaranya bisa memancarkan frekuensi rendah yang dapat sampai ratusan kilometer di lautan dan bisa sampai pada 188 desibel, sehingga setara dengan suara mesin jet pesawat Boeing 747. Bahasa komunikasi paus ini jika didengar beragam, ada yang mirip seperti lengkingan atau tangisan dan ada pula yang justru mirip bebek (contohnya paus minke).

Paus tidak memiliki saluran air mata

Tidak seperti manusia, paus tidak memiliki saluran air mata yang digunakan oleh manusia dan beberapa hewan darat untuk menangis, namun mereka memiliki kelenjar air mata di dekat mata mereka yang memungkinkan mereka untuk mengeluarkan zat seperti air mata berminyak untuk menjaga mata mereka terlumasi dengan baik dan untuk menghilangkannya. puing-puing dari sekitar mata mereka, jadi dalam pengertian tradisional tentang apa artinya menangis, paus tidak menangis.

Paus, bagaimanapun, menyuarakan emosi mereka dan mungkin mengerang, merengek atau mengeluarkan suara tangis atau nyanyian paus yang sedih ketika mereka merasa sedih, sendirian atau kesal, yang memungkinkan paus dan mamalia laut lain mengetahui perasaan mereka dan memberi mereka kemampuan untuk mengekspresikan emosi mereka. apakah mereka sendirian atau di sekitar paus lain.

Faktanya, beberapa paus seperti paus biru dapat menghasilkan suara vokal yang dalam yang sangat keras sehingga dapat didengar dari jauh.

Paus sering terlihat atau terdengar menangis atau merintih ketika mereka baru saja kehilangan orang yang dicintainya atau ketika mereka merasa sendirian dan tidak menemukan teman atau pasangan untuk terhubung.

Seruan paus terkadang bisa disalahartikan sebagai panggilan kawin karena beberapa spesies paus diketahui membuat nada melodi dalam yang panjang dan dikenal sebagai “lagu kawin / paus” saat mereka membutuhkan pasangan kawin.

Suara rintihan

Suara rintihan yang dalam ini sering dibandingkan dengan musik dan mungkin tampak menunjukkan erangan yang lebih lama di antara jeda dibandingkan saat paus menangis.

Meskipun sedikit yang diketahui tentang tangisan paus, diketahui bahwa suara yang dihasilkan paus saat mereka sedih, tertekan, atau membutuhkan perhatian mirip dengan tangisan manusia karena alasan yang sama, dan karena bahasa paus tidak berkembang seperti itu. tangisan manusia dan bentuk komunikasi vokal lainnya bahkan lebih penting dalam mengidentifikasi bagaimana perasaan mereka dan memberi tahu orang lain apa kebutuhan mereka.

Selain erangan dan tangisan, paus dapat berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai cara.

Cara komunikasi paus

Beberapa cara paus berkomunikasi satu sama lain (selain menggunakan suara) termasuk melompati mata-mata, lob tailing, menerobos, menampar sirip, dan mengisi daya.

Bentuk komunikasi ini dapat digunakan untuk memberi tahu paus lain tentang ancaman di dekatnya, bahwa mereka telah menemukan makanan, sebagai isyarat teritorial, sebagai tindakan main-main, dan sejumlah hal lainnya.

Suara nyanyian paus dianggap sangat kompleks dan canggih dan para peneliti telah menghabiskan beberapa dekade mencoba memahami apa yang dibicarakan paus ketika mereka berkomunikasi satu sama lain karena komunikasi mereka dapat berubah secara dramatis tergantung pada aktivitas yang mereka lakukan.

Para peneliti sangat berharap mempelajari bahasa paus sehingga mereka berharap suatu hari dapat menghasilkan suara ini menggunakan teknologi dan melakukan percakapan penuh dengan spesies cetacea.

Singkatnya, paus tidak menangis dengan cara yang biasa dilakukan manusia karena paus tidak memiliki saluran air mata yang diperlukan untuk menangis, dan meskipun mereka memiliki kelenjar air mata, kelenjar ini digunakan untuk mengeluarkan cairan berminyak untuk menjaga mata mereka tetap bersih. dan bebas dari puing-puing.

Meskipun paus tidak mengeluarkan air mata, mereka diketahui mengerang, merengek, dan menyuarakan emosi mereka saat kesal dan menggunakannya untuk melampiaskan emosi dan memberi tahu paus lain tentang perasaan mereka.

Ikan Paus Menangis Pertanda Apa?

Banyak yang menyebutkan bahwa ikan paus yang sedang menangis adalah pertanda KIAMAT akan segera tiba. Keyakinan atau mitos ini sudah tentu tidak beralasan mengingat suara yang disebut-sebut sebagai tangisan ikan paus sesungguhnya adalah komunikasi biasa yang dilakukan oleh sesama ikan paus. Berarti, yang menyebut jika ikan paus menangis pertanda kiamat, berarti sebuah HOAKS!

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Whale Facts

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-02T16:27:13+07:00 November 2nd, 2020|IPA|0 Comments

Leave A Comment