PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Pekerjaan Digital Nomad | Manfaat, Kerugian dan Daftar Pekerjaan Remote Job

9 min read

Pekerjaan digital nomad

Pekerjaan Digital Nomad

Menggabungkan pekerjaan dan perjalanan, apakah Anda selalu memimpikannya? Mungkin sudah saatnya Anda menjadi digital nomad. Sebelum mengambil langkah, dan memiliki semua kartu di tangan agar bagian ini berhasil, kami memberi tahu Anda tentang apa itu nomaden digital, kelebihannya, tetapi juga kerugiannya. Manajer komunitas, pengembang atau pelatih web, dan Anda, pekerjaan digital nomad apa yang membuat Anda tergoda? Temukan  profesi terbaik untuk menjadi digital nomad.

Apa itu digital nomad?

Digital nomad adalah orang yang tidak memiliki tempat kerja tetap dan sering berpindah-pindah.

Latihan pekerjaan nomaden ini dimungkinkan berkat penggunaan satu alat kerja yang mudah dipindahkan. Ini adalah komputer. Koneksi internet sederhana diperlukan untuk dapat mengoperasikannya dan karenanya berfungsi.

Menjadi digital nomad berarti dapat bekerja dari jarak jauh untuk bepergian, dan berpindah secara teratur dari satu titik ke titik lainnya. Berkat pekerjaan yang membutuhkan komputer dan koneksi WiFi yang baik.

Epidemi dan kurungan virus corona telah mengubah praktik kerja. Digitalisasi pekerjaan sekarang memungkinkan untuk bekerja 100% online.

Beberapa digital nomad memilih menjadi pegawai (remote work). Dengan generalisasi telework di perusahaan, semuanya mungkin hari ini. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga untuk menjadi digital nomad freelancer atau entrepreneur.

Apa keuntungan menjadi digital nomad?

Menjadi nomaden digital memiliki banyak keuntungan bagi karyawan yang mencari otonomi besar dalam pekerjaan mereka.

Pertama-tama, digital nomad bebas mengatur pekerjaannya sesuai keinginannya: jam kerja, hari kerja, istirahat makan siang… Tapi dia juga bebas memilih tempat kerjanya: coworking space, kehidupan tempatnya, kafe , teras sebuah hotel… asalkan memiliki koneksi internet yang baik (dan terpasang dengan baik).

Kemudian, nomaden digital memperoleh produktivitas. Dengan memilih ritme dan tempat kerjanya, dia menyukai lingkungan yang akan membuatnya efisien. Ini adalah keseimbangan win-win bagi karyawan dan perusahaan.

Apa kerugian dari pekerjaan digital nomad?

Mengadopsi cara kerja ini, meskipun memiliki keuntungan yang signifikan bagi para eksekutif yang mencari otonomi besar, juga berarti menghadapi kendala, yang menjadi penghalang bagi sebagian orang. Menemukan klien dan/atau pemberi kerja di teleworking tidak selalu mudah. Ini membutuhkan investasi penelitian yang lebih besar, bukan di lokasi. Tetapi juga untuk mencari perusahaan yang selaras dengan cara kerja baru ini.

Baca juga: Pekerjaan di Era Digital | Apa Saja Yang Bisa Kamu Lakukan di Sektor Digital?

Kerugian utama kedua dari nomaden digital menyangkut budaya perusahaan. Karyawan yang bekerja jauh dari lingkungan perusahaan tidak berbenturan dengan rekan kerja atau semangat dan nilai-nilai perusahaan. Risiko bagi perusahaan adalah memiliki karyawan dalam angkatan kerja yang terputus dari realitas masyarakat, dan karena itu kurang terikat padanya. Akibatnya, tawaran pekerjaan untuk menjadi digital nomad semakin langka.

Mereka yang memilih untuk merekrut nomaden digital harus melatih para manajer dengan cara kerja baru ini sehingga mereka mengadopsi gaya manajemen yang menyatukan semua anggota tim: sekarang dan dari jarak jauh.

Contoh Pekerjaan Digital Nomad

Daftar Pekerjaan Digital Nomad:

1 – Penyunting/penulis web

Editor web adalah nomaden digital nyata. Misinya adalah menulis artikel, kertas putih untuk majikannya, tentang topik yang ditentukan di hulu. Teks-teks tersebut akan dipublikasikan di situs web perusahaan, di blog, dan di buletin misalnya. Editor web dapat bekerja dari mana saja, selama ia memiliki komputer berperforma tinggi, koneksi WiFi yang kuat, dan ia mengembalikan tulisannya tepat waktu.

2 – Pengembang web (Web developer)

Pengembang web mendesain situs web, berpartisipasi dalam pembuatan antarmuka pengguna atau aplikasi seluler. Dia dapat bekerja dari mana saja, dengan komputer yang kuat dan koneksi internet yang baik.

Temukan semua penawaran pengembang web kami.

3 – Desainer grafis

Perancang grafis nomaden digital menangani komunikasi dan identitas visual perusahaan di berbagai media digital. Dia membuat logo, poster, atau bahkan situs web. Syarat untuk menjalankan profesi nomaden jarak jauh ini: memiliki berbagai perangkat lunak yang diperlukan untuk pembuatan di komputer Anda.

4 – Manajer komunitas/manajer media sosial

Baik pengelola komunitas maupun pengelola media sosial dapat menjadi nomaden digital. Menganimasikan komunitas online klien Anda, baik di Facebook, Twitter, atau Instagram, dan membuat konten yang menarik, dapat dilakukan 100% dari jarak jauh.

Manajer komunitas bertanggung jawab atas animasi atau keaktifan platform jejaring sosial. Dia menanggapi pelanggan yang mengekspresikan diri melalui saluran ini dan mengelola komunikasi krisis jika ada kekhawatiran dan harus menunjukkan diplomasi dan empati untuk menjalankan tugasnya. Community manager juga menjaga komunikasi purna jual dengan melapor ke konsumen. Perannya adalah untuk menyampaikan citra yang sesuai dengan identitas merek melalui web.

5 – Pelatih pengembangan pribadi (Personal development coach)

Pelatih pengembangan pribadi, yang dipekerjakan oleh sebuah perusahaan, bisa jadi nomaden. Dengan laptopnya, ia dapat membuat blog dari jarak jauh dan memberikan saran pengembangan pribadi kepada karyawan perusahaan. Itu juga dapat menawarkan pelatihan jarak jauh atau memberikan saran yang difilmkan di YouTube.

6 – Teknisi penjualan: SSII dan B2B

Insinyur penjualan memiliki latar belakang ganda, teknis dan komersial, yang memungkinkan dia untuk menawarkan solusi yang dibuat khusus untuk menanggapi panggilan tender yang diterapkan perusahaannya. Posisi ini penting untuk membawa kontrak kembali ke perusahaan dan meningkatkan omset.

7 – Konsultan SDM: Menemukan talenta digital

Konsultan SDM bertanggung jawab untuk membawa kembali talenta ke dalam perusahaan dan menemukan profil yang dapat hidup berdampingan untuk melaksanakan proyek. Visi dan kemampuannya harus memungkinkan untuk membuat strategi untuk menemukan bakat dan membuat mereka ingin bekerja untuk perusahaan.

8 – Konsultan Keuangan 3.0

Terutama ditujukan untuk bekerja di organisasi keuangan, konsultan keuangan memberikan rekomendasi dalam pengelolaan portofolio perusahaan atau individu. Dia harus memastikan promosi produk keuangan baru kepada kliennya. Dia harus menunjukkan rasa komersial dan diplomasi tertentu.

9 – Manajer multi-saluran (Multi-channel manager)

Bekerja sangat erat dengan Manajer Komunitas, manajer multi-saluran mengawasi strategi komunikasi dan penjualan untuk berbagai saluran ekspresi merek, memastikan bahwa pesannya sama untuk semua orang. Ia harus memastikan konsistensi strategi melalui semua saluran untuk membangun loyalitas pelanggan dan membantu meningkatkan penjualan.

10 – Pakar pemasaran web (Web marketing expert)

Pekerjaan digital nomad yang satu ini, bertanggung jawab untuk komunikasi digital, ia juga bekerja sama dengan manajer multi-channel karena ia bertanggung jawab untuk mengelola pemasaran digital. Dia berpartisipasi dalam implementasi strategi pemasaran global. Perannya adalah untuk meningkatkan lalu lintas di situs perusahaan, meningkatkan rasio konversi, menurunkan rasio pentalan, mengembangkan strategi penjualan di internet.

11 – Konsultan transformasi digital (Digital transformation consultant)

Dia bertanggung jawab atas strategi digital perusahaan. Perannya adalah merancang strategi global kehadiran di jejaring sosial dan di Internet secara umum untuk mencapai tujuan merek di web.

12 – Pengembang web, CMS, perangkat lunak

Di era cloud dan SaaS, pengembang web terlibat dalam semua sektor aktivitas. Desain checkout otomatis, perangkat lunak cloud, situs e-commerce, aplikasi baru, alat transformasi digital, tentu melibatkan salah satu dari banyak profil pengembang.

13 – Bertanggung jawab atas keamanan komputer (Responsible for computer security)

Layaknya web developer, tempatnya pun berkembang di dunia wirausaha. Dia bertanggung jawab untuk memastikan keamanan tempat parkir komputer, untuk mencegah database perusahaan disusupi. Di era spionase digital dan industri, serta pemerasan dunia maya, perannya adalah melindungi data pelanggan.

14 – Manajer proyek IT (IT project manager)

Dalam desain perangkat lunak baru, manajer proyek IT adalah orang yang mengawasi tim yang bertugas mengembangkan proyek. Dia memimpin tim pengembang (terkadang bekerja dengan kerangka kerja yang berbeda), desainer grafis, integrator, manajer basis data.

15 – Insinyur R&D

Insinyur R&D berada di garis depan inovasi, khususnya dalam profesi digital. Mereka bekerja pada pengembangan produk masa depan yang akan membuat hari-hari baik perusahaan, dengan menghadirkan aspek inovatif.

16 – Auditor digital untuk UKM

Peran konsultan ini adalah untuk memastikan tingkat kinerja perusahaan dengan meneliti operasinya dan mengidentifikasi setiap malfungsi. Kemudian menawarkan laporan daftar cara untuk meningkatkan apa yang tidak bekerja.

17 – Aktuaris digital (dalam asuransi)

Peran aktuaris adalah untuk mengantisipasi. Ini campur tangan dalam tahap awal desain kontrak asuransi. Dia harus mengantisipasi pasar, peristiwa, sehingga menjamin kompensasi yang baik untuk tertanggung tetapi juga keuntungan bagi perusahaan.

Aktuaris adalah seorang profesional bisnis yang menganalisis konsekuensi keuangan dari risiko. Aktuaris menggunakan matematika, statistik, dan teori keuangan untuk mempelajari peristiwa masa depan yang tidak pasti, terutama yang berkaitan dengan program asuransi dan pensiun.

18 – Manajer Pembelian

Manajer pembelian (atau pembeli) bertanggung jawab untuk membeli produk yang diperlukan untuk berfungsinya perusahaan dengan baik. Dia harus dapat memperoleh produk yang paling cocok dengan biaya terbaik.

19 – Pengontrol keuangan aktivitas digital

Selain mengendalikan keuangan perusahaan dalam arti akuntansi, pengontrol keuangan adalah analis ekonomi yang harus membuat neraca perkiraan untuk akun keuangan masa depan.

20 – Manajer produk digital

Manajer produk harus mengikuti evolusi produk dari konsepsi hingga pemasarannya. Dia harus mengawasi kontrol kualitas, memastikan evolusi biaya dan kemungkinan keuntungan pada kuncinya.

21 – Manajer akun utama (Key account manager)

Manajer akun utama bertanggung jawab atas akun kunci tertentu dari perusahaan digital. Dia harus mengembangkan strategi penjualan dan rencana pengembangan untuk setiap akun yang menjadi tanggung jawabnya.

22 – Manajer rantai pasokan (Supply chain manager)

Perkembangan e-commerce yang eksponensial meningkatkan kebutuhan. RSC harus mengoptimalkan sirkuit logistik melalui pengelolaan gudang, perutean, dan pengisian ulang produk.

23 – Konsultan data besar (Big data consultant)

Konsultan data besar menerapkan teknik statistik dan menggunakan alat komputer khusus untuk mengumpulkan, mengatur, mensintesis, dan menafsirkan berbagai informasi penting untuk pengambilan keputusan dalam perusahaan.

24 – Penggalangan dana digital (Digital fundraiser)

Penggalangan dana menangani penggalangan dana untuk start-up, asosiasi atau yayasan. Yang terakhir menempatkan berbagai strategi dan saluran penggalangan dana sehingga efektif.

25 – Desainer ahli gambar gerak (Motion designer)

Apakah Anda menyukai After Effects? Itu bagus, Anda bisa menjadi perancang gerak dan pengembara digital!

Jika saya baru saja berbicara bahasa “DEWA” kepada Anda…

Perancang gerak adalah perancang grafis yang menggerakkan gambar. Misinya dapat bervariasi: video penjelasan, video promosi, animasi logo, animasi kredit…

Dengan munculnya video di jejaring sosial, papan reklame digital, ledakan penyiaran video, ini adalah pekerjaan dengan masa depan!

26 – Influencer

Influencer sering datang pertama untuk pekerjaan yang akan dilakukan sebagai nomaden digital.

Ketika Anda seorang influencer, Anda harus memiliki audiens yang besar untuk berharap untuk hidup darinya dan itu membutuhkan waktu bertahun-tahun dan banyak pengorbanan.

Di sini pembuat konten lebih menyukai proyek merek eksternal terlebih dahulu. Anda mempromosikan iklan, afiliasi, dan kemitraan.

Jadi, tujuan Anda adalah memiliki banyak audiens sehingga merek ingin bekerja sama dengan Anda.

Influencer bisa mandiri atau diwakili oleh agen.

27 – Penulis biografi / Ghostwriting

Jika Anda suka menulis tetapi tidak ingin membangun audiens untuk mempromosikan diri sendiri, Anda dapat menulis untuk orang lain.

Dalam hal ini, Anda akan paling sering menuliskan kisah tentang kepribadian untuk memungkinkan dia menempatkan kata-kata pada subjek yang dekat dengan hatinya.

28 – Pemeliharaan situs web (Website maintanance)

Anda juga dapat menjadi malaikat pelindung situs web dan mengelola pemeliharaannya: pembaruan, pengoptimalan, keamanan, manajemen bug.

Ini adalah layanan tambahan yang dapat Anda tawarkan saat menjual desain situs web.

29 – Pakar SEO (dalam referensi situs web)

Peran Anda di sini adalah untuk memastikan bahwa situs web klien Anda berada di urutan teratas pencarian kata kunci tertentu di Google.

Tujuannya adalah untuk mendatangkan kunjungan yang lebih berkualitas ke situs webnya sehingga ia menjadi referensi.

Baca juga: Test AB (SEO) | Analisa, Alat, Cara dan Elemen apa saja untuk melakukan pengujian A/B?

Dan karena semakin banyak situs web, dan semakin banyak konferensi, pertempuran menjadi sulit.

Oleh karena itu, pakar SEO dapat sangat membantu banyak jenis bisnis yang bergantung pada web untuk menemukan pelanggan mereka. Baca juga: URL Optimisasi untuk SEO | Bagaimana Cara Membuatnya Google Friendly?

Ini adalah pekerjaan yang tidak mengharuskan melihat pelanggannya dalam kehidupan nyata dan yang dilakukan sepenuhnya dari internet.

Baca juga: SEO: Search Engine Optimization (Cara Optimisasi Mesin Pencarian) | Penjelasan, Cara dan Contoh

Pakar Iklan Google / Iklan Youtube

Referensi alami itu bagus, tetapi klien Anda mungkin sedang terburu-buru: dia harus memiliki banyak kunjungan dengan cepat di situsnya. Di sinilah iklan di Google atau YouTube dapat membantu.

Tapi, itu memakan waktu dan persaingan ketat.

Klien Anda perlu didampingi oleh orang yang menguasai semua kode Google Ads, mampu menganalisis kampanye dan membelanjakan anggaran iklan dengan cerdas.

Pakar iklan Facebook / Instagram / TikTok

Di sini Anda akan memiliki tujuan yang sama untuk klien Anda seperti untuk iklan Google Ads, kecuali bahwa Anda akan bekerja dengan alat Facebook.

Iklan Anda akan didistribusikan di jejaring sosial grup atas nama pelanggan Anda.

Pakar Pinterest

Pinterest dapat menjadi saluran lalu lintas organik yang tidak terduga di beberapa area.

Itu dapat membawa hingga 30% kunjungan ke situs web di area tertentu seperti masa kanak-kanak, perjalanan, DIY, mode, desain…

Tetapi mengoptimalkan situs Anda agar terlihat di Pinterest bisa memakan waktu dan Anda harus memahami kodenya. Oleh karena itu, Anda dapat mengembangkan keahlian di Pinterest dan menawarkan layanan Anda kepada blogger atau merek yang tidak menggunakan potensinya.

Disarankan agar Anda memiliki mata grafis untuk memastikan Anda membuat pin yang berkualitas dan menonjol.

Anda dapat melakukan pekerjaan ini dengan kaki Anda di dalam air dari co-living apa pun.

30 – Menjual barang secara online

Amazon FBA

Di sini, Anda menggunakan sumber daya Amazon untuk membangun bisnis e-niaga Anda dengan Amazon FBA.

Keuntungannya bagi Anda adalah Anda dapat bekerja dari mana saja di dunia tanpa banyak tekanan logistik karena Amazon mengelola penyimpanan, pengiriman, dan pengembalian produk.

Di sisi lain, Anda harus menyadari bahwa Anda melewati pasar terbesar di dunia, sehingga persaingannya ketat. Jika beberapa tahun yang lalu mudah untuk membuat tempat untuk diri sendiri, hari ini Anda harus mengembangkan banyak keterampilan untuk melakukannya dengan baik dalam permainan: copywriting, pemilihan produk yang tepat, layanan pelanggan terbaik…

Dropship

Dropshipping memiliki pers yang sangat buruk di beberapa negara, karena telah terjadi pelanggaran.

Namun, prinsipnya sama seperti di supermarket. Idenya adalah Anda menjual kembali produk yang dibuat oleh orang lain di toko Anda.

Produk dijual melalui situs Anda. Anda dapat menyesuaikannya secara opsional.

Dropshipping bermasalah ketika produk yang dijual palsu, kualitas buruk, dll.

Tetapi Anda dapat melakukannya dengan cara yang menghormati klien Anda dengan menambahkan nilai.

Misalnya, Printful memungkinkan Anda untuk mencetak produk sesuai permintaan dengan visual dan merek Anda. Mereka mengurus pencetakan, pengiriman dan pengiriman. Ini adalah opsi yang kami pilih untuk toko online kami.

Dengan demikian, pelanggan kami dapat memesan produk mereka dan dibuat sesuai pesanan mereka.

Ini menyelamatkan kami dari memiliki stok di tangan kami, dari memesan terlalu banyak dan dari memiliki tim profesional yang mengelola pengiriman untuk kami.

Jual produk buatan tangan Anda di Etsy

Etsy adalah platform ideal bagi pembuat konten yang ingin mendaftarkan produk mereka untuk dijual tanpa harus membuat situs e-niaga.

Dalam beberapa klik, Anda dapat menawarkan produk Anda untuk dijual, membagikan tautan Anda. Contohnya seperti di Instagram, Pinterest, atau Facebook.


Kecerdasan Buatan | Artificial Intelligence


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Digital Nomads, Fluent U, Remote OK

Sumber foto: Buffik / Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.