SEO: Search Engine Optimization (Cara Optimisasi Mesin Pencarian) – Penjelasan, Cara dan Contoh

Penjelasan SEO

Optimisasi mesin pencari (SEO: Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencarian merupakan adalah proses yng mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah web maupun halaman web di hasil pencarian alami dari sebuah mesin pencarian. Banyak sekali SEO gratis atau tak berbayar yang sengaja disediakan untuk melengkapi fitur website.

Baca juga 👉 10 Email Marketing Platform Terbaik dan Reviewnya – Alat Pemasaran Email Massal (Email Broadcast) Gratis untuk Menghemat Waktu dan Uang Anda

Menerapkan serangkaian teknik SEO ini memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi untuk mendapatkan hasil memuaskan dari teknik SEO di bawaah ini.

Jadi siapkan energi Anda untuk menjalani proses panjang teknik SEO terbaru ini. Selamat mencoba teknik SEO di bawah!

Jika Anda sudah siap untuk membawa strategi SEO Anda ke tingkat berikutnya, Anda perlu membuat peta situs untuk situs web Anda 👉 Cara Membuat Sitemap (peta situs XML) di WordPress, Wix, Squarespace, Shopify – Cara mengirimkan peta situs ke Google



Cara Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari dengan SEO

1. Pelajari apa yang sebenarnya ditelusuri pelanggan Anda dan lakukan penelitian kata kunci

Anda tidak dapat mengoptimalkan situs Anda tanpa mengetahui apa yang dicari pelanggan Anda — itu sudah jelas.

Bagaimana Anda mengetahui hal ini? Titik awal terbaik adalah menggunakan akal sehat.

Bayangkan Anda menjalankan sebuah hotel di Jakarta, Indonesia. Tidak perlu ahli SEO untuk menebak bahwa pelanggan Anda mungkin menelusuri hal-hal seperti:

  • Hotel di Jakarta
  • Tempat tinggal di Jakarta
  • Akomodasi di Jakarta

Sebelum Anda melakukan hal lain, pikirkan tentang apa yang mungkin dicari pelanggan Anda dan tuliskan ide Anda di buku catatan. Anda bahkan bisa menanyakannya secara langsung.

Tidak perlu berlebihan di sini — beberapa ide sudah cukup.

Selesai? Baik. Mari kita lakukan penelitian lebih lanjut.

a) Cari tahu cara paling populer orang menelusuri bisnis Anda

Kemungkinan beberapa pelanggan Anda menelusuri bisnis Anda menggunakan kata dan frasa yang Anda catat. Apakah mayoritas orang adalah cerita lain.

Jadi, langkah pertama adalah mencari tahu cara paling umum orang menelusuri apa yang Anda lakukan.

Anda dapat menggunakan ide yang telah Anda catat untuk melakukannya. Mulailah dengan melakukan pencarian Google untuk salah satu kata atau frase di daftar Anda. Tidak peduli seberapa konyol atau bertele-tele frasa ini.

Hal ini penting karena situs web cenderung mengoptimalkan tag judulnya untuk SEO, jadi kemungkinan besar orang-orang ini telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa “hotel Jakarta” adalah cara paling populer orang menelusuri tempat menginap di Jakarta.

Tapi jangan terlalu terburu-buru.

Tidak ada jaminan bahwa orang-orang ini tahu apa yang mereka lakukan.

Pastikan ini adalah kata kunci utama yang baik untuk ditargetkan dengan memeriksa istilah penelusuran di Google.

b) Memahami cara lain orang mungkin mencari hal yang sama

Lihat dan cari di Google kata kunci tersebut dan Anda dapat melihat di kolom, yang menunjukkan berapa banyak kata kunci yang masing-masing peringkat dari 10 halaman web teratas.

Dengan kata lain, masing-masing halaman web ini mendapatkan lalu lintas dari ratusan kata kunci longtail dan kata kunci terkait lainnya. Itu berarti tidak semua orang mengetik “hotel Jakarta” ke Google saat menelusuri tempat menginap di Jakarta. Orang lain mencari hal yang sama dengan cara yang berbeda.

Anda dapat mulai memahami apa kata kunci lainnya ini dengan menganalisis lebih banyak hasil pencarian Google.

Cari frasa yang lebih mirip dan terkait yang muncul berulang kali.

Dalam contoh ini, kami melihat frasa seperti “hotel di Jakarta”, “hotel kota Jakarta”, dan “hotel murah di Jakarta”.

Bisnis-bisnis ini kemungkinan besar telah mengidentifikasi kata kunci dan frasa ini, oleh karena itu alasan mereka memasukkannya ke dalam tag judul mereka.

Jika Anda menginginkan lebih banyak saran, coba Beri peringkat juga untuk laporan di Penjelajah Kata Kunci.

c) Gali lebih dalam penelusuran yang lebih terperinci yang dilakukan pelanggan Anda

Setelah Anda mengetahui bagaimana orang-orang menelusuri bisnis Anda, sekarang saatnya untuk mempelajari lebih dalam penelusuran yang lebih terperinci yang dilakukan orang-orang terkait dengan apa yang Anda lakukan.

Cara sederhana untuk memulai adalah dengan melihat hasil pelengkapan otomatis Google.

Buka Google dan mulai ketik kueri di kotak telusur, tetapi jangan tekan Enter. Google akan segera menyarankan beberapa istilah pencarian tambahan yang telah digunakan orang-orang:

d) Temukan topik populer dan menarik di bidang Anda

Pemasaran konten adalah seni membuat konten yang bermanfaat dan berharga untuk menarik pelanggan atau klien target Anda. Namun jangan hanya memulai blog dan berharap yang terbaik — cari tahu topik apa yang populer dan menarik di bidang Anda dan buat konten yang terkait dengan topik tersebut.

e) Perluas daftar kata kunci Anda dengan mencari di tempat lain

Hasil penelusuran Google dan alat kata kunci profesional dapat memberi Anda banyak hal untuk memulai, tetapi itu tidak cukup.

Agar berhasil dengan SEO, Anda perlu memahami bagaimana orang berbicara tentang ceruk pasar Anda, masalah apa yang mereka hadapi, dan sebagainya. Gunakan setiap kesempatan untuk berbicara dengan pelanggan dan perhatikan bahasa yang mereka gunakan.

Melakukan ini secara langsung memang bagus, tetapi juga sangat menyita waktu.

Berikut adalah beberapa tempat di mana Anda dapat menemukan kata-kata yang digunakan orang-orang saat membicarakan topik yang Anda minati:

  • Forum: Ada beberapa komunitas tempat orang mendiskusikan perjalanan. Misalnya, pencarian sederhana membawa saya ke Forum Perjalanan Jakarta TripAdvisor.
  • Quora / Reddit: Quora mungkin bukan hal pertama yang terlintas di benak Anda saat Anda mencari saran perjalanan, tetapi Anda akan terkejut dengan banyaknya informasi yang dapat Anda temukan di sana bahkan tentang topik ini. Terkait Reddit, pepatah bahwa ada subreddit untuk semuanya pada umumnya benar.
  • Grup Facebook / LinkedIn: LinkedIn lebih diarahkan ke pasar B2B, tetapi ketika berbicara tentang Facebook, ada grup untuk hampir semuanya.
  • Situs web atau jejaring sosial apa pun dengan banyak pengunjung dan konten buatan pengguna dapat berfungsi sebagai sumber inspirasi dan gagasan kata kunci.

Podcast juga bisa menjadi sumber inspirasi yang baik…

f) Memahami metrik di balik kata kunci yang Anda targetkan

Kebanyakan orang fokus sepenuhnya pada dua metrik berikut saat melakukan penelitian kata kunci:

volume pencarian (jumlah pencarian bulanan, rata-rata), dan
kesulitan kata kunci (perkiraan seberapa mudah atau sulitnya untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian untuk istilah itu).
Ini penting karena memberikan wawasan yang berguna tentang potensi kata kunci dan seberapa sulit peringkatnya.

Namun, alih-alih hanya melihat volume pencarian, Anda harus mencoba mencari tahu potensi lalu lintas pencarian yang sebenarnya untuk setiap kata kunci. Dengan begitu, Anda dapat memfokuskan upaya Anda pada peringkat untuk orang-orang yang cenderung mengirimkan lalu lintas paling bertarget ke arah Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang penelitian kata kunci

Riset kata kunci adalah aspek penting dari SEO, dan dapat mengintimidasi mereka yang baru di bidang ini. Namun, memahami konsep dasar dan metrik adalah suatu keharusan bagi setiap pemilik situs web yang menginginkan lebih banyak lalu lintas organik.

Untuk menyelami lebih dalam penelitian kata kunci profesional, lihat panduan ekstensif kami tentang topik tersebut.

Setelah Anda mengetahui kata kunci yang ingin Anda rangking dan apa yang diharapkan oleh pencari saat mereka mengetiknya di Google, Anda perlu menetapkan kata kunci tersebut ke halaman di situs Anda. Sebaiknya buat peta (dalam spreadsheet atau file lain) yang menghubungkan setiap kata kunci dalam rencana Anda ke sebuah halaman di situs Anda.

2. Perhatikan kualitas konten Anda dan pengalaman pengguna (user experience)

Apakah Anda secara teratur menerbitkan artikel, video, atau jenis media lain yang bermanfaat dan bermanfaat yang populer dan diproduksi dengan baik? Apakah Anda menulis untuk manusia yang sebenarnya daripada mesin pencari itu sendiri? Ya, kamu harus.

Penelitian terbaru dari Searchmetrics tentang faktor peringkat menunjukkan bahwa Google bergerak lebih jauh ke konten berbentuk lebih panjang yang memahami maksud pengunjung secara keseluruhan, daripada menggunakan kata kunci berdasarkan kueri penelusuran populer untuk membuat konten.

Pada dasarnya, berhentilah mengkhawatirkan kata kunci dan fokuslah pada pengalaman pengguna.

Pengalaman pengguna (user experiencce)

Ada banyak manfaat SEO untuk memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin. Anda memerlukan situs yang mudah dinavigasi dan dapat ditelusuri dengan tautan internal yang relevan dan konten terkait. Semua hal yang membuat pengunjung tetap berada di halaman web Anda dan ingin menjelajah lebih jauh.

3. Buat Sitemap di situs Anda

Sitemap adalah daftar berisi semua halaman website yang dapat diakses oleh pengunjung dan mesin pencari. Dengan adanya sitemap, website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan lebih cepat terindeks. Sitemap juga akan memberitahu mesin pencari ketika terjadi perubahan struktur di website. Membuat sitemap termasuk teknik SEO dasar namun sangat penting peranannya.

Terdapat dua jenis sitemap, yaitu sitemap XML dan sitemap HTML. Sitemap XML adalah sitemap yang diakses oleh mesin pencari, sedangkan sitemap HTML adalah yang diakses oleh pengunjung.

Baca juga 👉 Cara Membuat Sitemap (peta situs XML) di WordPress, Wix, Squarespace, Shopify – Cara mengirimkan peta situs ke Google

4. Tambahkan website di Google Search Console

Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools) adalah platform gratis bagi para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google. Google Search Console memungkinkan Anda untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website Anda (referring domain), kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis halaman website dengan trafik tertinggi.

Berikut adalah cara menambahkan website ke Google Search Console:
  • Login ke akun Google Search Console Anda: https://search.google.com/search-console/
  • Buka Webmaster Tools
  • Klik Add Property
  • Pilih “Website”
  • Pilih “Website” dari menu drop-down dan masukkan URL website Anda. Pastikan Anda menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.
  • Klik “Continue”
  • Pilih Cara Verifikasi
  • Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website, dari upload file HTML, penyedia nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu yang Anda inginkan.
  • Tambahkan Domain Secara Terpisah
  • Jika website Anda sudah mendukung versi http:// dan https://, tambahkan keduanya secara terpisah.

5. Tingkatkan kecepatan website

Salah satu hal yang paling dibenci oleh para pengunjung website adalah loading lambat. Loading website yang lama membuat pengunjung website jengkel dan akhirnya mencari website lain yang bisa memberikan informasi lebih cepat.

Sebagus apa pun konten yang Anda buat, pengunjung website tidak mempunyai toleransi untuk loading lambat. Menurut Google, 53 persen pengguna internet meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik. Selain itu, 79 persen orang yang kecewa dengan website loading lama menyatakan tidak akan kembali lagi ke website tersebut. Meningkatkan kecepatan website merupakan teknik SEO On Page yang wajib dilakukan dalam dunia SEO.

PageSpeed Google memberi Anda wawasan yang berharga tentang seberapa cepat situs Anda memuat di semua perangkat dan hal spesifik apa yang dapat Anda perbaiki untuk membuat situs Anda lebih cepat. Website: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights

6. Pastikan bahwa website Anda mobile-friendly

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa Anda harus memastikan bahwa website Anda mobile-friendly. Saat ini, orang-orang sering mengakses sebuah website melalui smartphone mereka. Pada Mei 2016 lalu, Google menerapkan algoritma baru yang melihat apakah website Anda mobile-friendly dan responsif untuk menetapkan ranking Anda di hasil pencarian.

Jika website Anda terlihat sama seperti jika Anda membukanya di dekstop Anda, hanya dengan ukuran yang lebih kecil, maka website Anda tidaklah mobile friendly. Kalau Anda menggunakan WordPress sebagai CMS website Anda, kemungkinan besar website Anda sudah mobile friendly. Semua themes di WordPress sudah dirancang untuk menjadi mudah bila dibuka di smartphone.

Anda bisa memeriksa sendiri apakah website Anda mobile friendly atau tidak dengan membuka website di handphone Anda. Selain itu Anda juga bisa memeriksanya dengan menggunakan tool gratis dari Google. Hasil dari tes tersebut akan menunjukkan apakah website Anda responsif. Website: https://search.google.com/test/mobile-friendly

7. Tambah dan optimasi Gambar / foto

Menambahkan gambar ke konten website/blog adalah langkah bagus agar pengunjung tidak bosan dengan teks. Selain itu, gambar juga dapat membantu pengunjung untuk memahami konten Anda. Namun, Anda juga perlu mengoptimasi gambar yang Anda unggah supaya tidak memperlambat loading website atau blog.

Apakah semua gambar Anda memiliki kata kunci dalam tag ALT-nya?

8. Maksimalkan internal dan external link yang bermutu

Selain backlink (external link), internal link juga memegang peranan penting dalam optimasi SEO. Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama.

Internal link membantu mesin pencari memahami konteks dan hubungan antara halaman di website. Google mengutamakan website yang kontennya saling berhubungan dan Anda bisa menunjukkan hubungan antar konten itu melalui internal link.

Internal link secara tidak langsung juga membantu meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di website/blog Anda. Dengan adanya internal link, pengunjung akan lebih mudah berpindah ke halaman lain dalam website untuk membaca konten yang berhubungan dengan konten sebelumnya.

Semakin banyak internal link yang pengunjung klik, semakin banyak halaman yang mereka kunjungi dalam website. Artinya semakin banyak waktu yang mereka habiskan di website Anda.

Buat external link (tautan) yang relevan dari situs web berkualitas tinggi lainnya.

9. Update konten atau artikel lama

Konsisten membuat konten baru untuk website atau blog memang langkah bagus. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan konten-konten lama yang sudah Anda terbitkan. Bisa jadi konten-konten tersebut adalah sumber trafik yang tidak kalah banyak dari konten baru.

Mungkin ada banyak konten lama yang performanya masih bisa ditingkatkan. Sebelum melakukan optimasi konten lama, Anda perlu melakukan evaluasi untuk menentukan konten mana yang berpotensi menghasilkan trafik.

Anda bisa melakukan evaluasi ini menggunakan bantuan Google Search Console. Melalui Google Search Console, Anda bisa mengetahui performa masing-masing halaman website di hasil pencarian.

Temukan konten yang mendapatkan impression tinggi dengan CTR rendah. Keadaan tersebut mengindikasikan konten sudah muncul di hasil pencarian, tetapi tidak banyak orang yang membuka/mengklik konten tersebut. Biasanya hal ini disebabkan oleh kurangnya kata kunci yang sesuai dengan maksud para pencari.

Untuk mengecek kinerja per halaman website di Google Search Console, ikuti langkah berikut:

– Buka tab Performance
– Klik Pages
– Pilih halaman website yang ingin Anda lihat kinerjanya
– Lalu klik tab “Queries”
– Setelah itu, akan muncul kata kunci yang menghasilkan impression untuk halaman tersebut.

Berdasarkan laporan dari Queries, Anda bisa melengkapi informasi di artikel menggunakan kata kunci yang menghasilkan impression untuk halaman tersebut. Dengan begitu kemungkinan halaman website tersebut untuk muncul di berbagai kata kunci lebih besar. Artikel Anda akan semakin kaya akan informasi yang sesuai dengan apa yang dicari oleh orang-orang di mesin pencari.

10. Jangan lakukan hal ini, agar SEO Anda membaik

Apa yang TIDAK dicari mesin pencari?

Ada banyak praktik ‘topi hitam’ yang dapat menjatuhkan hukuman Google sepenuhnya di situs Anda, jadi sebaiknya hindari melakukan hal berikut, meskipun tampaknya kemenangan mudah yang brilian pada saat itu.

a) Penjejalan kata kunci (keyword stuffing)

Terlalu sering menggunakan kata kunci di halaman Anda, terutama jika kata kunci tersebut jelas memengaruhi keterbacaan situs Anda. Masih bisa diperdebatkan apakah Google masih menggunakan kata kunci sebagai faktor peringkat lagi.

18) Pembelian link atau pertukaran link yang berlebihan
Berpikir untuk mendekati kumpulan tautan? Jangan lakukan itu. Ini bahkan tidak sepadan. Tautan paling berharga ke situs Anda adalah yang berasal dari situs otoritas dalam ceruk Anda sendiri.

b) Iklan yang mengganggu

Apa pun yang terlalu mengganggu yang merusak kesenangan membaca konten Anda dan memperlambat kecepatan situs Anda.

c) Interstisial (layar penuh) aplikasi seluler

Jika Anda menampilkan iklan layar penuh kepada pengunjung seluler untuk mengunduh aplikasi Anda, Google akan menganggap Anda tidak lagi ramah seluler.

d) Konten duplikat

Jika Google menemukan dua konten yang identik, baik di situs Anda sendiri, atau di situs lain yang bahkan tidak Anda sadari, Google hanya akan mengindeks salah satu halaman tersebut.

Anda harus waspada terhadap situs pengikis (scraper sites) alias copy paste, yang mencuri konten Anda secara otomatis dan menerbitkan ulang sebagai milik Anda. Berikut penyelidikan menyeluruh dari Graham Charlton tentang apa yang harus dilakukan jika konten Anda pada akhirnya berfungsi lebih baik untuk orang lain.

e) Teks dan tautan tersembunyi

Ada cara untuk memanipulasi peringkat yang mungkin tidak pernah dilihat pengguna, tetapi Google mungkin akan menemukan dan menghukum Anda.

Hindari menggunakan teks putih pada latar belakang putih, memposisikan teks di luar layar, menyetel ukuran font ke nol atau menyembunyikan tautan dalam satu karakter seperti koma atau titik.

Godaan untuk memasang tautan di titik terakhir sangat tinggi.

Jelas ini bukanlah segalanya yang dapat Anda lakukan untuk membantu upaya awal SEO Anda, tetapi setidaknya ini adalah landasan yang baik. Ayo mulai lakukan hal-hal di atas untuk menaikkan SEO Anda!


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Neil Patel, Crazy Egg

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-09-10T15:31:05+07:00 September 8th, 2020|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment