Pengertian Paranormal: Berburu Hantu, Ufologi dan Kriptozoologi

3 min read

Paranormal

Paranormal

Paranormal dalam pandangan masyarakat selama ini adalah seseorang yang menggunakan kekuatan indra keenam untuk melihat sesuatu yang jauh ke depan.

Penggunaan istilah “paranormal” telah berkembang untuk merujuk pada “hal-hal yang bersifat klenik atau magis”. Sebagai contoh “paranormalis” (orang yang mengaku paranormal).

Contoh Kegiatan Paranormal

Pada klasifikasi subyek paranormal, Terence Hines dalam bukunya Pseudoscience dan Paranormal (2003) menulis:

Paranormal dapat dianggap sebagai bagian dari pseudosain. Apa yang membedakan paranormal dari pseudosciences lainnya adalah ketergantungan pada penjelasan untuk dugaan fenomena yang berada di luar batas-batas sains yang mapan. Dengan demikian, fenomena paranormal termasuk persepsi ekstrasensori (ESP: extrasensory perception), telekinesis, hantu, poltergeist, kehidupan setelah kematian, reinkarnasi, penyembuhan iman, aura manusia, dan sebagainya. Penjelasan untuk fenomena-fenomena serumpun ini diungkapkan dalam istilah samar-samar tentang “kekuatan-kekuatan psikis”, “medan energi manusia”, dan seterusnya. Hal ini berbeda dengan banyak penjelasan pseudoscientific untuk fenomena nonparanormal lainnya, yang, meskipun sains yang sangat buruk, masih ditulis dalam istilah ilmiah yang dapat diterima.

Berburu hantu

Dalam hantu dan fiksi tradisional yang menampilkan hantu, hantu adalah manifestasi dari roh atau jiwa seseorang. Teori-teori alternatif memperluas gagasan itu dan memasukkan keyakinan pada hantu binatang yang mati. Kadang-kadang istilah “hantu” digunakan secara sinonim dengan roh atau setan, namun dalam penggunaan populer istilah ini biasanya merujuk pada roh orang yang sudah meninggal.

Kepercayaan pada hantu sebagai jiwa yang ditinggalkan terkait erat dengan konsep animisme, keyakinan kuno yang menghubungkan jiwa dengan segala sesuatu di alam.

Sebagaimana antropolog abad ke-19, George Frazer menjelaskan dalam karya klasiknya, The Golden Bough (1890), jiwa-jiwa dilihat sebagai mahluk dalam yang menggerakkan tubuh.

Baca juga: Setan, Hantu, Roh Jahat di Indonesia | Pengertian dan Mitologi

Meskipun jiwa manusia kadang-kadang secara simbolis atau secara harfiah digambarkan dalam budaya kuno sebagai burung atau hewan lain, secara luas dipegang bahwa jiwa adalah reproduksi tubuh yang tepat dalam setiap fitur, bahkan sampai ke pakaian yang dikenakan orang itu. Hal ini digambarkan dalam karya seni dari berbagai budaya kuno, termasuk karya-karya seperti Kitab Orang Mesir Kuno tentang Orang Mati (sekitar tahun 1550 SM), yang menunjukkan orang-orang yang telah meninggal di akhirat tampil sama seperti sebelum kematian, termasuk gaya berpakaian.

Meskipun bukti untuk hantu sebagian besar bersifat anekdot, kepercayaan pada hantu sepanjang sejarah tetap meluas dan terus-menerus.

Ufologi

Kemungkinan kehidupan di luar bumi bukanlah, dengan sendirinya, subjek paranormal. Banyak ilmuwan secara aktif terlibat dalam pencarian kehidupan bersel satu di dalam tata surya, melakukan penelitian di permukaan Mars dan memeriksa meteor yang jatuh ke Bumi. Proyek seperti SETI sedang melakukan pencarian astronomi untuk aktivitas radio yang akan menunjukkan bukti kehidupan cerdas di luar tata surya. Teori-teori ilmiah tentang bagaimana kehidupan yang dikembangkan di Bumi memungkinkan kemungkinan bahwa kehidupan berkembang di planet lain juga. Aspek paranormal pusat kehidupan luar angkasa sebagian besar di sekitar keyakinan dalam benda-benda terbang tak dikenal dan fenomena dikatakan terkait dengan mereka.

Baca juga: UFO (Unidentified Flying Object) Benda terbang tak dikenal

Pada awal sejarah budaya UFO, orang percaya membagi diri menjadi dua kubu. Yang pertama memegang pandangan yang agak konservatif dari fenomena, menafsirkannya sebagai kejadian yang tidak dapat dijelaskan yang layak dipelajari serius. Mereka mulai menyebut diri mereka “ufologists” pada 1950-an dan merasa bahwa analisis logis dari laporan penampakan akan memvalidasi gagasan kunjungan luar angkasa.

Kamp kedua terdiri dari individu-individu yang menggabungkan ide-ide kunjungan luar bumi dengan keyakinan dari gerakan quasi-agama yang ada. Orang-orang ini biasanya adalah penggemar okultisme dan paranormal. Banyak yang memiliki latar belakang sebagai Theosophists aktif, Spiritualists, atau pengikut doktrin esoterik lainnya. Pada zaman sekarang, banyak dari keyakinan ini bersatu menjadi gerakan spiritual New Age.

Baik orang percaya sekuler maupun spiritual menggambarkan UFO memiliki kemampuan di luar apa yang dianggap mungkin menurut batasan aerodinamis dan hukum fisik yang diketahui. Kejadian sementara yang mengelilingi banyak penampakan UFO juga membatasi kesempatan untuk pengujian ulang yang diperlukan oleh metode ilmiah. Penerimaan teori UFO oleh komunitas ilmiah yang lebih besar semakin dihalangi oleh banyak kemungkinan hoax yang terkait dengan budaya UFO.

Kriptozoologi

Cryptozoology adalah pseudosains dan subkultur yang bertujuan untuk membuktikan keberadaan entitas dari catatan cerita rakyat, seperti Bigfoot, chupacabras, atau Mokele-mbembe.

Kriptozoologi (dari bahasa Yunani κρυπτός, kryptos, “tersembunyi” + zoologi; secara harfiah, “ilmu tentang hewan tersembunyi”) dapat berarti pencarian terhadap hewan yang keberadaannya belum terbukti. Hal ini meliputi:

  • Pencarian spesimen hidup dari hewan yang dianggap telah punah, misalnya pencarian dinosaurus sintas
  • Hewan yang keberadaannya kurang terbuktikan secara fisik namun muncul dalam mitos, legenda, atau kesaksian sepihak, misalnya Bigfoot dan Chupacabra;
  • Hewan liar yang berada di tempat yang tak lazim sebagai wilayah persebarannya, misalnya kucing hantu atau Alien Big Cat (kucing besar misterius).

Orang yang berkecimpung dalam kriptozoologi disebut kriptozoolog. Hewan yang diselidiki para kriptozoolog sering disebut kriptid, istilah yang dicetuskan oleh John Wall tahun 1983.

Kriptozoologi tidak diakui sebagai cabang ilmu zoologi atau suatu disiplin ilmu.

Ini merupakan suatu contoh ilmu semu karena bergantung kepada bukti yang hanya berupa anekdot, kesaksian, dan dugaan penampakan.

Bacaan Lainnya Yang Dapat Membuat Anda lebih Pintar

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: BBC

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.