PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Penggelapan Uang adalah Jenis Penipuan Finansial

3 min read

Embezzlement penggelapan uang

Penggelapan Uang

Penggelapan uang adalah ketika seseorang menggunakan dana untuk tujuan yang berbeda dari yang dimaksudkan untuk digunakan.

Penggelapan uang adalah kategori pelanggaran yang merupakan tindak pidana

Pelanggaran dengan penggelapan uang adalah kenyataan bahwa seseorang menyalahgunakan, dengan merugikan orang lain, dana yang telah diberikan kepadanya dan yang telah dia terima dengan syarat dia mengembalikannya, mewakilinya atau menggunakan tertentu. Dana tersebut dapat berupa dana sosial, dana pribadi, perusahaan atau dana masyarakat.

Dana harus dikirim secara sukarela (tanpa paksaan), dan pengiriman dana harus dilakukan berdasarkan kontrak (pinjaman, deposito, wesel, kontrak kerja, pertukaran, dll.).

Konsekuensi atau akibat dari Penggelapan Uang

Konsekuensi bagi organisasi dapat menjadi dramatis (keuangan, citra), terdapat di sektor publik maupun di sektor swasta.

Deteksi, pencegahan, dan investigasi penggelapan uang

Pencegahan melibatkan pemantauan rutin, analisis data akuntansi dan keuangan perusahaan dan semua yang membentuk grup, jika berlaku. Tujuan dari investigasi berulang ini adalah untuk menyoroti transaksi penipuan. Pemasangan alat dan perangkat lunak khusus merupakan salah satu kunci dalam mendeteksi upaya pembajakan.

Analisis ini tidak terlepas dari pengaturan proses tambahan seperti, misalnya, pencarian informasi publik tentang perusahaan atau orang dan analisis data elektronik (whistleblowing & data-mining).

Ide anti-penggelapan lainnya:

  • Menunjuk “petugas anti penggelapan”
  • Membuat kode etik & pemetaan risiko
  • Kesadaran dan pelatihan karyawan
  • Aksi penyadaran

Komunikasi adalah elemen kunci dalam mencegah penggelapan. Tanpa takut memberikan ide kepada karyawan, orang-orang yang bertanggung jawab harus menangani masalah ini dan meningkatkan kesadaran di antara semua karyawan organisasi. Di dalam perusahaan, sekutu kejujuran melebihi jumlah penipu.

Selain itu, ketika penipuan dilaporkan, perusahaan harus bereaksi dengan hati-hati, karena, di luar kerugian finansial langsung, tidak adanya reaksi dapat menyebabkan kesalahpahaman dan perasaan bebas dari hukuman.

Contoh dan metode penggelapan

Contoh penggelapan yang paling mudah adalah “pemalsuan” cek. Dalam penggelapan jenis ini, seorang karyawan menulis cek perusahaan untuk diri mereka sendiri, lalu memasak buku untuk menyembunyikan pencurian. Misalnya, seorang karyawan menulis cek perusahaan untuk diri mereka sendiri, kemudian memasak buku untuk menyembunyikan pencurian. Pencurian menjadi lebih mudah jika perusahaan Anda menggunakan stempel tanda tangan karyawan senior. Ini seperti memberikan cek kosong kepada karyawan Anda karena mereka dapat menandatangani cek kapan saja tanpa sepengetahuan Anda. Untuk mencegah penggelapan jenis ini adalah dengan memisahkan tanggung jawab, sehingga satu karyawan dapat memproses cek sementara karyawan lain merekonsiliasi transaksi dan menyetujui dokumentasi.

Baca juga: Bangkrut, Pailit, Likuidasi, Insolvensi | Penjelasan, Perbedaan, Contoh

Penggelapan dana terkadang melibatkan pemalsuan catatan untuk menyembunyikan aktivitas. Penggelapan seringkali mengucurkan jumlah yang relatif kecil berulang kali, sistematis, atau metodis, dalam jangka waktu yang lama, meskipun beberapa penggelapan menghabiskan jumlah besar sekaligus. Beberapa skema penggelapan yang sangat sukses telah ada selama bertahun-tahun sebelum terdeteksi karena kemampuan penggelapan untuk menyembunyikan sifat transaksi atau kemampuan mereka untuk mendapatkan kepercayaan dari investor atau klien, yang kemudian enggan untuk “membuktikan” keandalan penggelapan. dengan memaksa penarikan dana.

Penggelapan uang tidak harus bingung dengan pengalihan dana, yang terdiri dari menyatakan pendapatan kurang dari nyata dan mengantongi selisihnya. Misalnya, pada tahun 2005, beberapa manajer di penyedia layanan Aramark ditemukan tidak melaporkan manfaat dari serangkaian mesin penjual otomatis di Amerika Serikat bagian timur. Meskipun jumlah yang dicuri dari setiap mesin relatif kecil, jumlah total yang dicuri dari beberapa mesin selama periode waktu sangat besar. Teknik cerdas yang digunakan oleh banyak penggelapan kecil dapat menutupi diri mereka sendiri dengan memalsukan catatan. (Misalnya, dengan menghapus sejumlah kecil uang dan memalsukan catatan, catatan akan benar secara teknis, sementara manajer akan menghapus keuntungan dan meninggalkan float, metode ini akan secara efektif mempersingkat catatan untuk pengguna berikutnya dan menyalahkan pada mereka).

Cara lain adalah dengan membuat akun vendor palsu dan memberikan faktur palsu kepada perusahaan yang digelapkan sehingga cek yang ditahan tampak sah. Metode lain adalah dengan membuat karyawan hantu, yang dibayar dengan cek gaji.

Dua metode terakhir ini harus ditemukan dengan audit reguler, tetapi seringkali tidak jika auditnya tidak cukup dalam, karena dokumennya terlihat rapi. Perusahaan yang terdaftar harus mengganti auditor dan firma audit mereka setiap lima tahun. Metode pertama lebih mudah untuk mendeteksi jika semua transaksi dilakukan dengan cek atau instrumen lain, tetapi jika banyak transaksi tunai, itu jauh lebih sulit untuk diidentifikasi. Pengusaha telah mengembangkan sejumlah strategi untuk mengatasi masalah ini. Faktanya, mesin kasir dibuat untuk alasan ini.

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, PinterPandaiNoloSanction ScannerCornell Law School

Sumber foto: Jhayne / Flickr

Informasi:

PINTERpandai.com tidak bertanggung jawab atas informasi yang diberikannya. PINTERpandai.com melakukan segala upaya untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi. Namun, PINTERpandai.com, maupun penyedia data / sumber bacaan, tidak memberikan jaminan, perjanjian, atau jaminan terkait keakuratan, kelengkapan, atau sifat terbaru dari informasi yang diberikan. Pengguna harus mengkonfirmasi informasi dari sumber lain jika cukup penting bagi mereka untuk melakukannya. Hubungi dan selalu konsultasikan permasalahan hukum Anda dengan para pengacara profesional atau badan hukum yang berwenang / penasihat hukum.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.