fbpx

Pengobatan Hernia atau Turun Berok Beserta Solusinya

Pengobatan Hernia atau Turun Berok

Banyak jenis pengobatan hernia yang ditawarkan. Mulai dari herbal sampai operasi. Hernia, atau yang lebih dikenal dengan turun berok, adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak. Kebanyakan penderitanya akan merasakan nyeri, jika terjadi infeksi di dalamnya, misalnya, jika anak-anak penderitanya terlalu aktif.
 

1. Sabuk penyuport hernia

Manfaat penggunaan perangkat eksternal untuk mempertahankan reduksi hernia tanpa memperbaiki cacat yang mendasarinya (seperti rangka hernia, batang, sabuk, dll.) masih belum atau tidak jelas.
 

2. Pengobatan Hernia dengan Operasi

Pembedahan direkomendasikan untuk beberapa jenis hernia untuk mencegah komplikasi seperti penyumbatan usus atau pencekikan jaringan, meskipun hernia umbilikal dan hiatus hernia dapat diamati, atau dirawat dengan obat-obatan. Kebanyakan hernia abdominal dapat diperbaiki melalui pembedahan, tetapi pembedahan memiliki komplikasi. Waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan setelah perawatan berkurang jika hernia dioperasikan secara laparoskopi. Namun, operasi terbuka dapat dilakukan kadang-kadang tanpa anestesi umum. Hernia tanpa komplikasi pada dasarnya diperbaiki dengan mendorong kembali, atau “mengurangi”, jaringan hernia, dan kemudian memperbaiki kelemahan jaringan otot (operasi yang disebut herniorrhaphy). Jika komplikasi telah terjadi, dokter bedah akan memeriksa kelayakan organ hernia dan mengeluarkannya jika perlu.

Teknik penguatan otot sering melibatkan bahan sintetis (prosthesis mesh).

Mesh / jaring ditempatkan baik di atas tempat yang cacat (perbaikan anterior) atau di bawah cacat (perbaikan posterior). Terkadang staples digunakan untuk menjaga agar mesh tetap di tempatnya. Metode perbaikan jala ini sering disebut perbaikan “bebas ketegangan” karena, tidak seperti beberapa metode penjahitan (mis., Shouldice), otot tidak ditarik bersamaan di bawah tekanan. Namun, terminologi yang banyak digunakan ini menyesatkan, karena ada banyak metode jahitan bebas-tegangan yang tidak menggunakan mesh / jaring (mis., Desarda, Guarnieri, Lipton-Estrin, dll.).

Bukti menunjukkan bahwa metode bebas tegangan (dengan atau tanpa jaring) sering memiliki persentase kekambuhan yang lebih rendah dan periode pemulihan tercepat dibandingkan dengan metode jahitan ketegangan. Namun, di antara kemungkinan komplikasi lain, penggunaan mesh prostetik tampaknya memiliki insiden nyeri kronis yang lebih tinggi dan kadang-kadang, infeksi.
 

3. Pengobatan Hernia dengan Reduksi (pengurangan) Hernia

Ketika seorang pasien mengalami hernia yang tampaknya tidak dapat direduksi, masuk akal untuk melakukan beberapa upaya untuk menguranginya, kecuali jika dicekik. Kaki tempat tidur diangkat, pasien tetap hangat, dan diberikan analgesia opiat intramuskular. Setelah 20-30 menit, tekanan manual yang kuat diterapkan ke hernia. Pengurangan manual mungkin tidak berhasil jika adhesi telah berkembang antara isi dan kantung, atau jika lubang hernia sempit. Upaya mengurangi hernia tidak boleh diperpanjang. Pasien harus diamati setelah pengurangan sukses.
 

Tempat umum untuk hernia

Tempat umum untuk hernia. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Pemulihan dari Pengobatan Penyakit Hernia

Banyak orang dioperasi melalui pusat bedah dan dapat kembali bekerja dalam satu atau dua minggu, sementara aktivitas yang intens dilarang untuk periode yang lebih lama.

Orang-orang yang mengalami hernia mereka sering pulih dalam waktu sebulan, meskipun rasa sakit bisa bertahan lebih lama.

Komplikasi bedah termasuk rasa sakit yang berlangsung lebih dari tiga bulan, infeksi di tempat bedah, cedera saraf dan pembuluh darah, cedera pada organ di sekitarnya, dan kekambuhan hernia. Rasa sakit yang berlangsung lebih dari tiga bulan terjadi pada sekitar 10% orang yang mengikuti perbaikan hernia.
 

Pengobatan Hernia atau Turun Berok Beserta Solusinya

Pengobatan Hernia atau Turun Berok Beserta Solusinya. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Medicinenet, NHS (UK)

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-11-04T16:55:42+07:00 Oktober 31st, 2019|Lainnya, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment