fbpx

Penyebab Listrik Statis – Penjelasan dan Contoh

Penyebab Listrik Statis

Berikut beberapa penyebab listrik statis.

Fenomena penyebab listrik statis membutuhkan pemisahan muatan positif dan negatif. Ketika dua bahan bersentuhan, elektron dapat berpindah dari satu bahan ke bahan lainnya, yang meninggalkan kelebihan muatan positif pada satu bahan, dan muatan negatif yang sama di sisi lainnya. Ketika bahan dipisahkan mereka mempertahankan ketidakseimbangan muatan ini.

1. Disebabkan oleh 2 kontak bahan (gesekan)

Elektron dapat dipertukarkan antar bahan pada kontak; bahan dengan elektron yang terikat lemah cenderung kehilangan mereka sedangkan bahan dengan kulit terluar yang jarang diisi cenderung untuk mendapatkannya. Ini dikenal sebagai efek triboelektrik dan menghasilkan satu bahan bermuatan positif dan lainnya bermuatan negatif. Polaritas dan kekuatan muatan pada suatu bahan setelah dipisahkan tergantung pada posisi relatifnya dalam deret triboelektrik.

Bahan yang bisa kehilangan atau mendapatkan elektron disebut triboelectric.

Efek triboelectric adalah penyebab utama listrik statis seperti yang diamati dalam kehidupan sehari-hari, dan dalam demonstrasi sains sekolah menengah umum yang melibatkan menggosok bahan yang berbeda bersama-sama (misalnya, bulu terhadap akrilik atau plastik). Pemisahan muatan yang disebabkan oleh kontak menyebabkan rambut Anda berdiri dan menyebabkan “kemelekatan statis” (misalnya, balon yang digesekkan ke rambut menjadi bermuatan negatif; ketika di dekat dinding, balon yang dibebankan tertarik ke partikel bermuatan positif di dinding, dan dapat “melekat” padanya, tampak ditangguhkan terhadap gravitasi).

2. Karena tekanan pemisahan muatan

Stres mekanis yang diterapkan menghasilkan pemisahan muatan pada beberapa jenis kristal dan molekul keramik.

3. Perbedaan panas suhu muatan dalam atom

Pemanasan menghasilkan pemisahan muatan dalam atom atau molekul bahan tertentu. Semua bahan piroelektrik juga piezoelektrik. Sifat atomik atau molekuler dari respons panas dan tekanan sangat terkait.

4. Disebabkan oleh benda negatif dan positif

Benda bermuatan yang dekat dengan objek netral secara elektrik menyebabkan pemisahan muatan dalam objek netral. Tuduhan dari polaritas yang sama ditolak dan tuduhan dari polaritas yang berlawanan ditarik. Karena gaya akibat interaksi muatan listrik jatuh dengan cepat dengan meningkatnya jarak, efek muatan yang lebih dekat (berlawanan polaritas) lebih besar dan kedua benda merasakan gaya tarik. Efeknya paling jelas ketika benda netral adalah konduktor listrik karena muatan lebih bebas untuk bergerak. Pembumian dengan hati-hati bagian dari suatu objek dengan pemisahan muatan yang diinduksi oleh muatan dapat secara permanen menambah atau menghilangkan elektron, meninggalkan objek dengan muatan global permanen. Proses ini merupakan bagian integral dari cara kerja generator Van de Graaff, perangkat yang biasa digunakan untuk menunjukkan efek listrik statis.

Kacang styrofoam menempel pada bulu kucing karena listrik statis. Efek triboelectric menyebabkan muatan elektrostatik menumpuk di bulu karena gerakan kucing. Medan listrik muatan menyebabkan polarisasi molekul styrofoam karena induksi elektrostatik, menghasilkan sedikit daya tarik potongan plastik ringan ke bulu yang diisi. Efek ini juga merupakan penyebab kemelekatan statis pada pakaian.

Baca juga 👉 Listrik Statis – Rumus, Contoh Soal dan Jawaban

Benda bermuatan negatif dan positif penyebab listrik statis

Jika Anda bereksperimen dengan materi yang berbeda, Anda menemukan beberapa mendapatkan muatan positif saat digosok dan sebagian mendapatkan muatan negatif; beberapa material juga mendapatkan lebih banyak muatan daripada yang lain. Ternyata kami dapat menentukan peringkat materi sesuai dengan biaya yang mereka peroleh, memberi kami semacam tabel materi liga yang berjalan dari positif ke negatif. Buku dan halaman web yang berbeda menunjukkan daftar yang sedikit berbeda, tetapi semuanya secara umum berjalan dari mineral (positif) melalui hal-hal seperti kayu dan kertas (netral) ke plastik (negatif). Jangan terlalu khawatir tentang urutan persis daftar; itu akan bervariasi untuk semua jenis alasan (jenis gelas atau zat tambahan dalam lateks, misalnya).

++++++++ POSITIF ++++++++

+ Udara
+ Kulit
+ Kulit
+ Asbes
+ Kaca
+ Mika
+ Kuarsa
+ Nilon
+ Wol
+ Bulu
+ Lead
+ Sutra
+ Aluminium
0 Kertas
0 Kapas
0 Baja
0 Kayu
– Kuning
– Lateks
– Karet keras
– Nikel
– Tembaga
– Kuningan
– Perak
– Emas
– Platinum
– Poliester
– Polystyrene
– Neoprene
– Saran (“cling film”)
– Polietilen
– Polypropylene
– Polivinilklorida (PVC)
– Selenium
– Teflon
– Karet silikon
– Ebonite (karet vulkanisat sangat keras)

−−−−−−−− NEGATIF ​​−−−−−−−−

Daftar ini disebut seri triboelectric. Semakin jauh terpisah dua bahan dalam seri, semakin banyak listrik statis akan terbentuk ketika Anda menggosoknya bersama-sama. Jika dua bahan sangat dekat dalam seri, sulit untuk membuatnya membangun muatan apa pun tidak peduli seberapa keras Anda menggosoknya. Itu tampaknya mengkonfirmasi bahwa listrik statis bukan tentang menggosok, tetapi juga tentang sifat bahan yang kita hubungi.

Rumus Fisika Lainnya

Fisika banyak diisi dengan persamaan dan rumus fisika yang berhubungan dengan gerakan sudut, mesin Carnot, cairan, gaya, momen inersia, gerak linier, gerak harmonik sederhana, termodinamika dan kerja dan energi. Klik disini untuk melihat rumus fisika lainnya (akan membuka layar baru, tanpa meninggalkan layar ini).

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita! Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Live Science, Wikipedia, American Association for the Advancement of Science

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu” Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya




By | 2019-11-26T03:20:21+07:00 November 26th, 2019|IPA|0 Comments

Leave A Comment