fbpx

Pertolongan Pertama Luka Bakar

Pertolongan Pertama Luka Bakar

Luka bakar yang hanya mempengaruhi kulit bagian luar dikenal sebagai luka bakar superfisial atau derajat I. Bila cedera menembus beberapa lapisan di bawahnya, hal ini disebut luka bakar sebagian lapisan kulit atau derajat II. Pada Luka bakar yang mengenai seluruh lapisan kulit atau derajat III, cedera meluas ke seluruh lapisan kulit. Sedangkan luka bakar derajat IV melibatkan cedera ke jaringan yang lebih dalam, seperti otot atau tulang. Berikut adalah pertolongan pertama luka bakar yang dapat Anda lakukan:

1. Dinginkan luka bakar dengan air dingin selama setidaknya 10 menit.

Mendinginkan luka bakar akan mengurangi rasa sakit, bengkak dan risiko jaringan kulit akibat luka bakar. Semakin cepat dan lebih lama luka bakar didinginkan dengan air yang dingin, semakin sedikit dampak dari cedera.

2. Setelah luka bakar telah didinginkan, tutup dengan kertas film (cling film wrap) atau kantong plastik bersih.

Ini membantu mencegah infeksi dengan menjaga kebersihan area tersebut. Cling film atau plastik tidak akan menempel pada luka bakar dan akan mengurangi rasa sakit dengan menjaga udara dari permukaan kulit.

3. Hubungi ambulans 118 atau 119 sesegera mungkin, untuk luka bakar parah.

Dari HP Anda tekan 112, nomer telpon yang menyatukan keadaan darurat Indonesia (Polisi, Ambulans, Kebakaran) dari HP Anda: nomer 112.

Luka bakar mungkin memerlukan perawatan medis yang mendesak. Jika Anda ragu, minta saran medis dan selalu minta saran medis untuk bayi atau anak yang terkena luka bakar.

 

Pertolongan Pertama Luka Bakar

Pertolongan pertama luka bakar. Sumber foto: Wikipedia

 

Jika pakaian menempel pada luka bakar, haruskah saya mencoba untuk melepaskannya?

Tidak, jangan mencoba untuk melepaskan apa pun yang menempel pada luka bakar, karena dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Anda dapat melepaskan pakaian yang dekat luka bakar tetapi tidak yang menempel padanya.

 

Mengapa mendinginkan luka bakar itu penting?

Mendinginkan luka bakar itu penting karena membantu mengurangi rasa sakit dan menurunkan risiko jaringan kulit tergores jangka panjang.

 

Haruskah saya mendinginkan luka bakar selama sepuluh menit terlebih dahulu atau haruskah saya langsung ke rumah sakit?

Dinginkan luka bakar dengan air dingin segera dan setidaknya selama sepuluh menit.

Hubungi ambulans 118 atau 119 sesegera mungkin. Lanjutkan untuk mendinginkan luka bakar sampai ambulans tiba.

 

Dapatkah saya menggunakan shower atau mandi dingin untuk mendinginkan luka bakar?

Dalam memberikan pertolongan pertama luka bakar, mandi adalah cara yang baik untuk menggenangkan luka bakar dengan air dingin, untuk membantu pendinginan. Fokuskan air dingin di tempat pembakaran daripada seluruh anggota tubuh. Air harus dingin dan bertekanan rendah.

Hindari meletakkan seluruh tubuh mereka di bawah pancuran air dingin atau mandi air dingin karena dapat menyebabkan hipotermia.

 

Apa yang harus saya lakukan jika luka bakar masih terasa sakit setelah saya mendinginkannya selama sepuluh menit dan menutupinya dengan kertas film (cling wrap film)?

Luka bakar akan sering menyakitkan bahkan setelah pendinginan. Anda dapat memberikan dosis obat penghilang rasa sakit yang tepat dan meyakinkan orang yang terkena luka bakar untuk membantu mereka tetap tenang.

Selalu mencari saran medis untuk bayi atau anak yang terkena luka dibakar, bahkan luka bakar yang serius.

 

Haruskah saya mengoleskan mentega, krim atau pasta gigi pada luka bakar?

Tidak. Mentega, krim atau pasta gigi tidak akan mendinginkan area yang terkena. Mentega dan krim mengandung minyak. Minyak menahan panas, yang merupakan kebalikan dari apa yang Anda coba lakukan. Pasta gigi sering mengandung mentol, yang hanya dapat memberikan perasaan pendinginan sementara, tetapi tidak efektif membantu luka bakar.

Jika Anda menaruh sesuatu di atas luka bakar dan kemudian harus diangkat di rumah sakit, itu dapat menyebabkan rasa sakit dan kerusakan lebih lanjut.

 

Haruskah saya menggunakan es untuk mendinginkan luka bakar?

Tidak, es bisa merusak kulit.

Dalam memberikan pertolongan pertama luka bakar, gunakan air dingin untuk mendinginkan luka bakar. Jika Anda tidak memiliki akses dengan dingin, tuangkan cairan dingin lainnya seperti susu, minuman ringan atau bir di atas luka bakar untuk mendinginkannya.

 

Bagaimana saya tahu kapan harus pergi ke rumah sakit?

Jika bayi atau anak telah dibakar, dapatkan bantuan medis, pastikan Anda mendinginkan luka bakar setidaknya 10 menit terlebih dahulu.

Mintalah saran medis segera jika orang dewasa telah terbakar pada area wajah atau area genital mereka, atau jika Anda ragu tentang seberapa parah luka bakar itu.

 

Mengapa saya harus selalu mencari saran medis jika bayi atau anak yang terkena luka bakar?

Luka bakar bisa sangat berbahaya, tergantung pada usia anak dan ukuran, kedalaman dan lokasi cedera. Bahkan luka bakar kecil dapat berpotensi mengancam nyawa bagi bayi atau anak, jadi selalu mencari bantuan medis.

 

Haruskah saya memasang perban di atas luka bakar untuk memastikannya tidak terinfeksi?

Tidak, jangan gunakan perban perekat karena akan menempel pada kulit dan dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Setelah pendinginan, tutupi luka bakar dengan cling wrap film atau kantong plastik bersih untuk membantu mencegah infeksi.

 

Pertolongan Pertama dalam Keadaan Darurat lainnya

Pertolongan pertama yang mendasar mengacu pada proses awal menilai dan melayani kebutuhan seseorang yang terluka atau berada dalam tekanan fisiologis karena tercekik, terkena serangan jantung, mengalami reaksi alergi, akibat obat-obatan atau situasi darurat medis lainnya. Klik disini untuk mengetahui pertolongan pertama lainnya (akan membuka layar baru tanpa meninggalkan layar ini).

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu. Dokumen ini terakhir diulas pada tanggal: 16/05/2018

Sumber bacaan: Redcross

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-17T09:53:55+00:00 Mei 16th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment