fbpx

Pertolongan Pertama Patah Tulang

Pertolongan Pertama Patah Tulang

Seseorang mungkin memiliki patah tulang, jika mereka dalam banyak rasa sakit atau berbaring dalam posisi yang tidak wajar, setelah jatuh atau gebrakan dari suatu objek. Pelajari pertolongan patah tulang:

 

1. Dorong orang untuk mendukung cedera dengan tangan mereka, atau gunakan bantal atau item pakaian untuk mencegah gerakan yang tidak perlu.

Mendukung cedera dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Dukung anggota tubuh di atas dan di bawah cedera jika memungkinkan.

2. Hubungi ambulans 118 atau 119 sesegera mungkin.

Dari HP Anda tekan 112, nomer telpon yang menyatukan keadaan darurat Indonesia (Polisi, Ambulans, Kebakaran) dari HP Anda: nomer 112.

3. Terus dukung penderita sampai bantuan tiba.

 

Bagaimana saya dapat membantu untuk patah tulang?

  • Jangan memindahkannya secara tidak perlu. Tempatkan bantalan lembut seperti pakaian atau selimut di sekitar dahan untuk menyelaraskannya, jika Anda bisa, tetapi jangan memaksanya.

  • Terus dukung tulang yang patah sampai bantuan tiba.

 

Jika tulang terlihat tidak alami atau terkilir, haruskah saya mengembalikannya ke tempatnya?

Tidak. Jika ada dislokasi atau anggota badan terlihat rusak, profesional medis akan mengurusnya. Jangan pernah mencoba untuk menempatkan tulang yang terdislokasi kembali karena dapat menyebabkan kerusakan lebih berat.

Apa yang harus saya lakukan jika orang yang cedera tidak membiarkan saya untuk membantu?

Cobalah membantu mereka untuk mendukung si cedera itu sendiri dengan mental suport. Bantal atau pakaian juga bisa digunakan untuk membantu si cedera.

 

Bagaimana jika semuanya terlihat normal dan mereka hanya memar?

Biasanya tidak mungkin kita dapat membedakan antara patah tulang dan keseleo atau regangan, tanpa X-ray. Jika Anda ragu tentang tingkat keparahan si cedera, dapatkan bantuan medis.

 

Orang itu dapat menggerakkan kaki atau berdiri di atasnya. Apakah ini berarti mungkin dia tidak patah tulang?

Belum tentu. Satu-satunya cara yang akurat untuk mendiagnosis patah tulang adalah dengan X-ray-nya. Orang itu mungkin masih memiliki tulang yang patah, bahkan jika mereka dapat menggerakkan anggota tubuh mereka. Jika cedera menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan dan gejala tidak membaik, dapatkan bantuan medis.

 

Pertolongan Pertama dalam Keadaan Darurat lainnya

Pertolongan pertama yang mendasar mengacu pada proses awal menilai dan melayani kebutuhan seseorang yang terluka atau berada dalam tekanan fisiologis karena tercekik, terkena serangan jantung, mengalami reaksi alergi, akibat obat-obatan atau situasi darurat medis lainnya. Klik disini untuk mengetahui pertolongan pertama lainnya (akan membuka layar baru tanpa meninggalkan layar ini).

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu. Dokumen ini terakhir diulas pada tanggal: 16/05/2018

Sumber bacaan: Redcross

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-17T22:52:36+00:00 Mei 16th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment