fbpx

Pertolongan Pertama Epilepsi (Ayan)

Pertolongan Pertama Epilepsi

Epilepsi dapat terjadi sebagai akibat dari kelainan genetik atau cedera otak yang dialami, seperti trauma atau stroke. Selama kejang, seseorang melakukan perilaku, merasakan gejala, dan sensasi abnormal, kadang-kadang termasuk kehilangan kesadaran. Terdapat beberapa gejala di antara kejang. Pelajari cara memberikan pertolongan pertama epilepsi (ayan):

1. Penderita epilepsi biasanya telah pingsan dan membuat gerakan kejang (gerakan secara tiba-tiba yang menyentak-nyentak).

Mereka mungkin juga memiliki busa di sekitar mulut mereka.

 

2. Amankan penderita dan cegah cedera. Gunakan selimut atau pakaian untuk melindungi kepala mereka. Jangan menahan mereka.

Menahannya dapat menyebabkan cedera pada Anda atau mereka. Biarkan kejang berjalan dengan normal. Jauhkan benda-benda yang dapat melukai mereka saat mereka mengalami kejang.

 

3. Setelah kejang, bantu orang itu untuk beristirahat di sisi mereka dengan kepala mereka miring ke belakang.

Ini akan memastikan mereka untuk tetap bernapas.

 

4. Hubungi ambulans jika perlu di nomer: 118 atau 119. Dari HP Anda tekan 112, nomer telpon yang menyatukan keadaan darurat Indonesia (Polisi, Ambulans, Kebakaran) dari HP Anda: nomer 112.

Orang tersebut membutuhkan perhatian medis yang mendesak jika:

  • Itu adalah kejang pertama mereka.

  • Kejang berlangsung lebih dari lima menit.

  • Mereka telah melukai diri sendiri.

  • Anda tidak yakin penyebab kejang.

  • Jika Anda tidak dapat menelepon ambulans, minta tolong orang lain untuk melakukannya.

 

Pertolongan Pertama Epilepsi - Ayan

Pertolongan Pertama Epilepsi (Ayan). Sumber foto: Wikimedia

 

Haruskah saya mencoba untuk maju atau memasukkan sesuatu ke mulut mereka untuk menghentikan mereka menggigit diri mereka sendiri?

Tidak, jangan pergi ke dekat mulut orang itu atau masukkan apa pun ke dalamnya. Anda berisiko melukai Anda berdua.

Dalam memberikan pertolongan pertama epilepsi, buatlah area yang lebih aman bagi mereka dan cegah cedera dengan menjauhkan benda-benda yang dapat membahayakan orang tersebut dan  saat Anda menunggu kejang selesai.

 

Bagaimana saya tahu jika mereka menderita epilepsi?

Anda mungkin menemukan beberapa bentuk identifikasi pada orang tersebut, seperti kartu, gelang atau kalung yang memberikan informasi tentang kondisi mereka. Jika Anda tidak dapat menemukan apa pun dan tidak yakin jika sebelumnya mereka mengalami kejang, hubungi Ambulans.

Pada umumnya, epilepsi dapat terjadi sebagai akibat dari kelainan genetik atau cedera otak yang dialami, seperti trauma atau stroke.
Selama kejang, seseorang melakukan perilaku, merasakan gejala, dan sensasi abnormal, kadang-kadang termasuk kehilangan kesadaran. Terdapat beberapa gejala di antara kejang.
Epilepsi biasanya ditangani dengan pemberian obat dan dalam beberapa kasus dengan operasi, alat, atau perubahan pola makan.

 

Pertolongan Pertama dalam Keadaan Darurat lainnya

Pertolongan pertama yang mendasar mengacu pada proses awal menilai dan melayani kebutuhan seseorang yang terluka atau berada dalam tekanan fisiologis karena tercekik, terkena serangan jantung, mengalami reaksi alergi, akibat obat-obatan atau situasi darurat medis lainnya. Klik disini untuk mengetahui pertolongan pertama lainnya (akan membuka layar baru tanpa meninggalkan layar ini).

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk nasihat tentang kondisi medis tertentu. Dokumen ini terakhir diulas pada tanggal: 16/05/2018

Sumber bacaan: Redcross

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-17T23:13:48+00:00 Mei 16th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment