PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Sistem Organ Utama Tubuh Manusia

3 min read

Sistem organ utama tubuh manusia

Sistem Organ Utama Tubuh Manusia

Sistem organ utama tubuh manusia adalah:

Sistem peredaran darah / Sistem kardiovaskular:

Mengedarkan darah ke seluruh tubuh melalui jantung, arteri dan vena, mengantarkan oksigen dan nutrisi ke organ dan sel dan membawa produk limbahnya.
Menjaga suhu tubuh dalam kisaran yang aman.

Sistem pencernaan dan sistem ekskresi:

  • Sistem untuk menyerap nutrisi dan membuang limbah melalui saluran pencernaan, termasuk mulut, kerongkongan, lambung dan usus.
  • Menghilangkan limbah dari tubuh.

Fungsi setiap organ membutuhkan energi. Sama seperti bahan bakar untuk mesin, tubuh diberi energi oleh nutrisi yang masuk melalui makanan. Sistem pencernaan memecah makanan yang kita makan menjadi makanan yang dapat diserap tubuh sebagai energi dan mengeluarkan produk limbah yang merupakan bagian dari proses metabolisme.

Sistem endokrin:

Mempengaruhi fungsi tubuh menggunakan hormon.

Sistem endokrin terdiri dari semua organ yang memiliki kapasitas untuk melepaskan hormon ke dalam darah. Sel endokrin dapat ditemukan di organ yang mengkhususkan diri dalam sekresi hormon; kelenjar endokrin, atau di dalam organ dalam kelompok sel endokrin atau dalam sel terisolasi (sistem endokrin difus).

Sistem integumen / sistem eksokrin:

Kulit, rambut, kuku, keringat, dan kelenjar eksokrin lainnya.

Ini semua menyangkut lapisan luar tubuh (kulit, rambut, rambut, kuku, sisik, cangkang, bulu, dll.). Sistem integumen membentuk lapisan luar tubuh.

Kelenjar eksokrin adalah kelenjar yang mengeluarkan zat yang dimaksudkan untuk dikeluarkan dari tubuh di lingkungan eksternal, yaitu misalnya pada tingkat kulit, saluran pencernaan atau saluran pernapasan. Kelenjar eksokrin menyalurkan sekretnya melalui saluran ekskretoris, hal ini membedakannya dari kelenjar endokrin yang secara langsung melepaskan sekretnya ke dalam aliran darah pada tingkat kapiler darah. Kelenjar eksokrin tertentu juga memiliki peran kelenjar endokrin, mereka disebut kelenjar amfikrin.

Sistem kekebalan dan sistem limfatik:

Mempertahankan tubuh terhadap patogen yang dapat membahayakan tubuh.
Sistem yang terdiri dari jaringan pembuluh limfatik yang membawa cairan bening yang disebut getah bening.

Sistem kekebalan sangat penting untuk integritas fisik makhluk hidup, karena hampir semua organisme terus-menerus terkena pengaruh lingkungan; beberapa dari pengaruh ini menimbulkan ancaman: jika mikroorganisme berbahaya menembus tubuh, ini dapat menyebabkan malfungsi dan penyakit. Patogen khas adalah bakteri, virus dan jamur serta uniseluler (misalnya protozoa seperti plasmodia) atau parasit multiseluler (misalnya cacing pita).

Sistem limfatik adalah suatu sistem sirkulasi sekunder yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh. Limfa (bukan limpa) berasal dari plasma darah yang keluar dari sistem kardiovaskular ke dalam jaringan sekitarnya. Limfa atau getah bening adalah cairan jernih kekuning-kuningan yang berisi sel-sel darah putih, keping darah, dan fibrinogen. Kandungan fibrinogen pada limfa menyebabkan limfa mampu membeku. Cairan getah bening tidak selalu berada di dalam pembuluh limfa, oleh karena itu disebut sebagai peredaran terbuka.

Sistem otot:

Memungkinkan tubuh untuk bergerak menggunakan otot.

Sistem otot adalah sistem organ yang mengatur gerak tubuh manusia. Aksi otot ini memungkinkan tubuh dan bagian tubuh berubah bentuk dan posisinya. Kelompok otot tersebut adalah otot utama, otot leher, otot punggung, otot dada, otot perut, otot lengan, dan otot kaki. Selain itu, selubung tendon dan bursae juga termasuk dalam sistem organ ini. Ada 640 hingga 850 otot pada manusia yang hampir semuanya dikendalikan oleh sistem saraf.

Otot adalah suatu struktur jaringan sel yang dapat berkontraksi (berkontraksi) sehingga memungkinkan terjadinya gerakan. Jaringan otot datang dalam tiga bentuk: otot lurik, otot jantung, dan otot polos. Pria referensi terdiri dari sekitar 40% persentase massa otot dan karena itu mencakup bagian terbesar dari jaringan dan organ dalam komposisi tubuh manusia.

Sistem saraf:

Mengumpulkan dan memproses informasi dari indra melalui saraf dan otak dan memberitahu otot untuk berkontraksi menyebabkan tindakan fisik.
Sistem ginjal / sistem kemih
Sistem di mana ginjal menyaring darah untuk menghasilkan urin, dan membuang limbah.

Sistem reproduksi:

Organ reproduksi yang diperlukan untuk menghasilkan keturunan. Alat kelamin wanita dan pria, sekresi terkait, testis, rahim, dan produksi dan fungsi hormon seks adalah bagian dari sistem reproduksi.

Sistem pernapasan:

Membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru untuk menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.

Pada manusia, sistem pernapasan terdiri dari saluran udara, paru-paru, dan otot-otot pernapasan yang menyebabkan udara bergerak masuk dan keluar dari tubuh. Di alveolus paru, molekul oksigen dan karbon dioksida dipertukarkan secara pasif, melalui difusi antara lingkungan gas dan darah. Dengan cara ini, sistem pernapasan memungkinkan oksigenasi dan eliminasi karbon dioksida, yang merupakan zat sisa metabolisme sel. Sistem ini juga memenuhi fungsi menjaga keseimbangan antara asam dan basa dalam tubuh melalui pembuangan karbon dioksida dari darah secara efisien.

Sistem Kerangka:

Tulang mempertahankan struktur tubuh dan organ-organnya.

Kerangka manusia terdiri dari 206 tulang konstan di masa dewasa (sekitar 350 saat lahir) dan sejumlah variabel tulang supernumerary tergantung pada individu. Tulang-tulang ini didukung dan didukung oleh ligamen, tendon, otot, fasia dan tulang rawan, membentuk sistem muskuloskeletal. Janin memiliki kerangka tulang rawan yang osifikasi (transformasi menjadi tulang) dimulai sebelum lahir dan berlanjut hingga dewasa.


Komposisi tubuh manusia

Sistem organ tubuh termasuk: kardiovaskular, kekebalan tubuh, pencernaan, pernapasan, ekskresi, perkemihan, muskuloskeletal, saraf, endokrin dan reproduksi. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut (akan membuka layar baru).

Komposisi Kimia Tubuh Manusia

Ada beberapa cara untuk mempertimbangkan komposisi tubuh manusia, termasuk elemen, jenis molekul, atau jenis sel. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, H2O, dengan sel yang terdiri dari 65-90% air berdasarkan berat. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa sebagian besar massa tubuh manusia adalah oksigen. Karbon, unit dasar untuk molekul organik, berada di urutan kedua. 99% massa tubuh manusia terdiri dari hanya enam elemen: oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen, kalsium dan fosfor. Klik disini untuk membaca lebih lanjut tentang komposisi kimia tubuh manusia (akan membuka layar baru).


Istilah Anatomi Manusia – Gerakan dan Lokasi Anatomi Manusia

Anatomi memiliki pembendaharaan kata-kata internasional. Istilah anatomi mempunyai arti yang tepat dan digunakan dalam kedokteran dan biologi. Klik disini untuk membaca kelanjutannya (akan membuka layar baru).

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, BritannicaLive Science

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.