PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Sosiopat | Gangguan kepribadian antisosial | Tanda-tanda khas, bagaimana cara menghilangkannya?

4 min read

Sociopat antisosial

Sosiopat

Gangguan kepribadian yang ditandai dengan pengabaian norma sosial, kesulitan dalam merasakan emosi, kurangnya empati, impulsif dan kekosongan dari rasa bersalah.

Bagaimana cara mengenali orang sosiopat? dan bagaimana bereaksi? Apa bedanya dengan psikopat? Update pada gejala, faktor risiko dan perawatanannya.

Contoh norma sosial

Kesopanan, tabu inses, berkabung. Norma sosial berbeda antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya (contoh: monogami/poligami) dan berkembang dari waktu ke waktu (contoh: perkawinan/persatuan bebas). Penghormatan terhadap norma sosial berkontribusi pada kohesi sosial.

Definisi: apa itu sosiopat?

Sosiopati adalah gangguan kepribadian, yaitu sekumpulan gangguan yang gejalanya bersifat stabil dan bersifat permanen. Karakter kaku dan “tidak beradaptasi” ini menyebabkan perilaku disfungsional dalam kehidupan di masyarakat serta penderitaan bagi orang tersebut.

Kepribadian tidak tetap sampai setelah masa remaja: dengan demikian, sosiopati tidak dapat didiagnosis sampai dewasa, meskipun gangguan perilaku dapat muncul jauh sebelumnya.

Apa bedanya dengan psikopat?

Hari ini, kami terutama berbicara tentang kepribadian antisosial, tergantung pada periode dan negara, kami lebih suka mengatakan sosiopat, psikopat atau antisosial.

Dalam psikiatri, hari ini, tidak ada perbedaan yang dibuat dan kita berbicara tentang kepribadian “antisosial”. Ini sesuai dengan deskripsi klinis yang sama.

Baca juga: Seperti Apa Psikopat Itu Sebenarnya?10 Cara Menghadapi Seorang Psikopat

Gejala: bagaimana mengenali sosiopat?

Impulsif dengan bertindak keluar bahkan jika konsekuensinya jelas negatif, yang sering terjadi pada orang dengan gangguan kepribadian antisosial. Ada gangguan kontrol impuls, yang mengarah pada tindakan tanpa penilaian konsekuensinya. Misalnya narapidana yang akan melakukan tindakan kekerasan terhadap seorang penjaga 15 hari sebelum pembebasan mereka, yang jelas-jelas akan membahayakan yang terakhir.

Sangat sering, ada pelanggaran di tingkat sosial, dan perjalanan hidup seseorang ditandai dengan kontak dengan polisi dan sistem peradilan untuk pencurian, penyerangan, perusakan properti publik, ketidakstabilan dalam hubungan atau dalam kursus profesional…

Bahkan jika gangguan kepribadian antisosial hanya dapat didiagnosis di masa dewasa, kita menemukan tanda-tanda dari masa kanak-kanak atau remaja yang akan kita sebut “gangguan perilaku.

Gangguan kepribadian ini mempengaruhi hampir 5,8% pria dan 1,2% wanita. Hal ini ditandai dengan:

  • Impulsif (bertindak cepat tanpa memikirkan konsekuensinya).
  • Kecenderungan untuk mengambil tindakan.
  • Tidak adanya rasa bersalah.
  • Kesulitan menyesuaikan diri dengan norma-norma sosial.
  • Ketidakmampuan untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma sosial yang menentukan perilaku hukum (misalnya, pengulangan perilaku yang dapat ditangkap);
  • Kecenderungan untuk menipu demi keuntungan atau kesenangan (kebohongan berulang, penggunaan nama samaran, penipuan).
  • Cepat marah dan agresivitas (pengulangan perkelahian atau serangan);
  • Mengabaikan keselamatan diri sendiri dan orang lain secara sembrono;
  • Tidak bertanggung jawab terus-menerus (ketidakmampuan berulang untuk memiliki pekerjaan tetap atau memenuhi kewajiban keuangan);
  • Kurangnya penyesalan atau empati (ketidakpedulian, perlu membenarkan diri sendiri setelah menyakiti, menganiaya atau mencuri dari orang lain).

Faktor risiko: genetik, lingkungan, trauma, alkohol…

Ada faktor kerentanan genetik dan peristiwa kehidupan yang kurang lebih membuat stres. Kami menemukan faktor sosial, trauma, konsumsi zat beracun… Kesulitan sosial ekonomi, kekerasan atau konsumsi zat beracun sangat sering menjadi bagian dari riwayat pasien. Konsumsi alkohol atau obat-obatan meningkatkan jalannya tindakan tersebut.

4 Kategori Sosiopat

Umumnya mereka dengan gangguan antisosial dibagi menjadi empat kategori:

1. Sosiopat Umum

Mereka tidak mampu merasa malu dan memiliki moral yang terdistorsi. Sangat sering kleptomania juga dikaitkan dengan jenis sosiopati ini.

Mereka adalah orang-orang yang sering berpindah-pindah dan sangat sering melakukan hubungan seksual.

2. Sosiopat Teralienasi

Mereka dicirikan oleh kapasitas yang rendah untuk mencintai dan berempati. Mereka biasanya memendam misantropi dan kebencian terhadap masyarakat.

Mereka adalah individu yang tidak suka bersosialisasi dan lebih suka terikat pada objek (atau lebih jarang pada hewan) daripada pada manusia.

Mereka pada gilirannya dibagi menjadi tiga “subtipe” lainnya:

  • Sosiopat “bermusuhan”, mudah tersinggung, despotik dan selalu bertentangan dengan hukum.
  • Sosiopat “curang”, yang cenderung melakukan kejahatan karena mereka percaya bahwa sikap mereka dibenarkan oleh apa yang telah mereka derita dari masyarakat.
  • Sosiopat “disemipati”, mereka yang tahu bagaimana merasakan empati dan kasih sayang hanya untuk sekelompok kecil orang (namun hubungan itu tegang dan manipulatif).

3. Sosiopat Agresif

Mereka dicirikan oleh garis sadis yang mereka tunjukkan di tempat kerja dan selama hubungan seksual. Mereka biasanya mencari posisi berkuasa (seperti polisi tetapi juga guru atau orang tua) dan mungkin merasa senang menyiksa hewan.

4. Sosiopat Dissosial

Mereka dicirikan dengan beradaptasi dengan aturan kelompok selama mereka melibatkan pelanggaran hukum.

Orang yang berisiko

Anak-anak dengan gangguan perilaku jelas lebih berisiko daripada yang lain, oleh karena itu pentingnya mengajari mereka empati dan antikekerasan.

Jika ada gangguan tingkah laku, itu karena Anda harus mencari hal-hal sulit di lingkungan anak. Oleh karena itu perlu dilakukan pencegahan:

  • Lebih merawat anak jika ia cenderung dibiarkan sendiri, melawan kekerasan dalam keluarga,
  • Meningkatkan empati, kerjasama, saling membantu…

Dan sangat sering pencegahan melibatkan membantu orang tua!” Bertentangan dengan beberapa kepercayaan populer, tidak ada gen kepribadian antisosial.
Disarankan untuk tidak menoleransi perlintasan batas-batas tertentu dan juga mewaspadai adanya manipulasi kecenderungan.

Apa yang harus dilakukan dengan orang sosiopat?

Masalah pada gangguan jenis ini adalah tidak adanya mentalisasi antara impuls dan akting keluar.

Selama saat-saat kemarahan dan ketegangan internal, adalah tepat bagi kerabat untuk menenangkan keadaan, mengambil sedikit jarak, meninggalkan orang itu sendiri sampai tenang dan berdiskusi setelahnya.

Meskipun menyadari kesulitannya, disarankan untuk tidak menoleransi penyeberangan batas tertentu dan juga waspada terhadap kecenderungan manipulasi.

Tentu saja perlu juga membawa orang tersebut untuk berkonsultasi sehingga ia dapat diurus dengan cara yang memadai.

Apakah ada perawatan?

Andalan pengobatan adalah psikoterapi, khususnya terapi perilaku kognitif (CBT). Perawatan obat dapat membantu jika sosiopati kuat: psikiater mungkin meresepkan penstabil suasana hati atau antipsikotik.

Juga akan ada perawatan untuk mengobati konsekuensi dari gangguan tersebut: kecanduan yang membutuhkan perawatan yang tepat, depresi atau gangguan bipolar terkait.

Pada tingkat obat-obatan, dokter mengobati lebih banyak komorbiditas dan impulsif jika itu benar-benar melumpuhkan daripada gangguan itu sendiri. Untuk sementara gangguan kepriadian ini tidak ada obatnya.

Psikoterapi

Jika menjalani psikoterapi dan terapi psikiatri dengan penggunaan antipsikotik (namun kurang efektif dibandingkan dengan gangguan kepribadian lainnya), sosiopat, asalkan ia mengikuti terapis dan bersedia mengubah dan mengendalikan nalurinya, dalam banyak kasus dapat diintegrasikan kembali ke dalam kehidupan. normal, meskipun karakter antisosial dasarnya tetap ada.

Karena ego syntonicity yang kuat (pasien merasa perilakunya sebagai bagian normal dari dirinya dan tidak berpikir mereka perlu diubah), itu adalah salah satu gangguan yang paling sulit untuk disembuhkan dan seringkali pasien dipaksa oleh keluarga atau masyarakat. menjalani pengobatan, setelah pernah melakukan kejahatan atau perbuatan yang tidak patut.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: PinterPandai, Mayo Clinic, Psychology Today, HealthLine, WebMD, VerywellMind

Sumber foto: Geralt / Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.