PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Menjadi Orang Tua Tunggal dan Dampaknya | Dampak dari Single Parent

3 min read

Menjadi orang tua tunggal dan dampaknya single parent

Menjadi orang tua tunggal dan dampaknya

Pendapat banyak orang mengenai menjadi orang tua tunggal dan dampaknya telah menjadi subjek dari banyak penelitian yang tidak semuanya setuju. Meskipun demikian, sebuah kesimpulan tampaknya muncul dari literatur ilmiah: bukan menjadi orang tua tunggal yang merupakan faktor risiko bagi seorang anak, tetapi fakta bahwa hal itu terkait dengan lebih banyak kerawanan dan terutama menyangkut latar belakang sederhana. “Kita adalah pewaris representasi stereotip, kita harus berjuang melawan kegigihan stereotip ini”.

Stigma keluarga orang tua tunggal

Untuk menanggulangi stigmatisasi keluarga single parent dengan “anggapan kesulitan pendidikan yang lebih besar” ini. “Anak-anak tidak lebih baik atau kurang baik dibesarkan, tidak ada lagi kekurangan dalam pendidikan.

Tapi apakah itu adil dan benar? Karena mungkin tampak apriori kontra-intuitif. Jika penekanan telah ditempatkan selama beberapa tahun pada ibu tunggal, khususnya melalui layanan khusus, itu karena otoritas publik dan aktor di lapangan menganggap mereka lebih rentan dan membutuhkan bantuan.

Karena itu mereka akan lebih rentan tanpa ini berdampak pada pendidikan dan perkembangan anak-anak… Di sinilah subjeknya ternyata menarik dan di mana banyak orang tidak sepenuhnya salah (tetapi juga tidak sepenuhnya benar).

Anak-anak dari keluarga orang tua tunggal secara statistik menunjukkan lebih banyak kesulitan perilaku atau akademik daripada yang lain. Tetapi hari ini sangat sulit untuk membuktikan bahwa menjadi orang tua tunggal merupakan faktor risiko bagi seorang anak.

Jika sangat sulit untuk menganalisis dampak dari variabel tunggal ini, di satu sisi karena orang tua tunggal kontemporer sangat sering dikaitkan dengan dimensi lain yang efek negatifnya pada masa depan anak-anak terkenal: kerawanan.

Dan di sisi lain karena tidak mudah untuk membedakan dampak pada anak dari orang tua tunggal saja dari trauma yang ditimbulkan oleh konflik dan perpisahan orang tua.

Latar belakang single parent sederhana jauh lebih diperhatikan

Semua laporan baru-baru ini menekankan bahwa menjadi orang tua tunggal berjalan seiring dengan kegentingan. Sebagian besar waktu, mereka menunjukkan bahwa perpisahan menyebabkan hilangnya pendapatan yang cukup besar bagi perempuan yang kemudian mengalami kesulitan ekonomi yang parah.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Yang Baik Dengan Menggunakan Disiplin Positif

Pergeseran ke dalam kegentingan bagi sebagian besar ibu tunggal ini dijelaskan oleh representasi yang berlebihan dari menjadi orang tua tunggal di kelas pekerja, kategori berpendidikan rendah dan populasi imigran. Risiko pemiskinan seringkali mendahului perpisahan.

Hasil sekolah lebih rendah

Dari segi sosial ekonomi (khususnya tingkat pendidikan ibu yang rendah), tampaknya logis bahwa anak-anak dari keluarga orang tua tunggal kurang berhasil di sekolah.

Ketika faktor ekonomi dan sosial telah diratakan, kesenjangan tampaknya melebar antara anak-anak di sekolah menengah: “Pada standar hidup yang sebanding, aktivitas profesional ibu dan tingkat pendidikan, seorang anak dari keluarga orang tua tunggal memiliki kemungkinan lebih rendah untuk menerima bantuan reguler dengan pekerjaan sekolah di rumah atau sering berbicara tentang sekolah dengan orang tua daripada anak yang tinggal dengan kedua orang tuanya.

Baca juga: Konvensi Hak Anak Isi 54 Pasal Tentang Hak-Haknya

Ini juga memiliki peluang lebih rendah untuk didaftarkan di perpustakaan. Tetapi penelitian ini tidak memungkinkan untuk menyelesaikan pertanyaan lain yang mengganggu terkait dengan masalah ini: bagaimana memastikan bahwa memang orang tua tunggallah yang mengubah peluang keberhasilan akademis atau keterlibatan orang tua dan bukan konsekuensi dari perpisahan yang sering kali disertai kekerasan dan traumatis?

Dampak kenakalan menurut suku bangsa

Sosiolog, di sisi lain, percaya bahwa orang tua tunggal, disilangkan dengan asal etnis, berdampak pada prevalensi kenakalan. Tapi itu menunjukkan pada saat yang sama betapa analisis ini membutuhkan ketelitian lebih lanjut.

Profil berisiko

Para peneliti juga dapat menetapkan potret wanita yang lebih terpapar risiko jenis ini daripada yang lain: telah melalui perceraian, menjadi seorang ibu sebelum dua puluh tahun dan membesarkan anak-anaknya sendiri selama lebih dari delapan tahun. Menurut tim, profil atau tidak, kebanyakan wanita memiliki masalah yang sama: kekurangan uang.

“Manfaat sosial berkontribusi dalam pengentasan masalah kemiskinan”, gerutu para peneliti, tetapi masalah ini tidak kalah nyata. Oleh karena itu, penulis penelitian berharap bahwa kesimpulan mereka akan mendorong pengambil keputusan untuk menyadari masalah kesehatan ibu tunggal dan mengundang mereka untuk mempertimbangkan penerapan kebijakan sosial yang akan lebih menguntungkan mereka.


Perasaan Remaja – Apa yang Anda rasakan?


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Journal of Epidemiology & Community Health (pdf), NCBI

Sumber foto: Pxhere (CC0 Public Domain)

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.