COVID 19 – Nama Penyakit: Coronavirus (COVID 19) – Nama Virus: Sindrom Pernafasan Akut Parah Corona 2 (SARS-CoV-2)

Memberi nama penyakit coronavirus (COVID 19) dan virus yang menyebabkannya

Nama resmi telah diumumkan untuk virus yang bertanggung jawab untuk COVID 19 (sebelumnya dikenal sebagai “virus corona 2019 novel”) dan penyakit yang disebabkannya. Para peneliti telah menyerukan nama resmi untuk menghindari kebingungan dan stigmatisasi sebuah kelompok atau negara mana pun. Nama resmi adalah:

Nama penyakit:

Penyakit coronavirus (COVID 19)

Nama virus: 

Sindrom pernafasan akut yang parah Corona 2 (SARS-CoV-2)
 

5 Hal yang harus Anda ketahui tentang COVID 19

Apa itu COVID-19?

COVID-19 adalah penyakit akibat suatu coronavirus baru yang sebelumnya tidak teridentifikasi pada manusia. Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang ditemukan pada hewan dan manusia.

Apa saja gejala-gejala COVID-19?

Pada umumnya, COVID-19 menyebabkan gejala ringan seperti pilek, sakit
tenggorokan, batuk, dan demam. Bagi beberapa orang, gejalanya bisa lebih
parah, dan menimbulkan radang paruparu atau sulit bernapas. Sejumlah kecil kasus penyakit ini menyebabkan kematian.

Bagaimana cara penyebaran COVID-19?

COVID-19 diketahui paling mudah menyebar melalui kontak erat dengan
orang yang terinfeksi COVID-19. Batuk atau bersin orang yang terinfeksi mengeluarkan percikan dan, jika terlalu dekat, virus ini dapat masuk melalui napas Anda.

Siapa yang paling berisiko?

Kita masih perlu mengetahui lebih tentang dampak COVID-19 pada manusia. Orang berusia lanjut dan orang yang memiliki kondisi medis seperti diabetes dan penyakit jantung diketahui lebih berisiko terkena
penyakit parah.

Apa pengobatan untuk COVID-19?

Saat ini masih belum ada pengobatan atau vaksin untuk COVID-19. Namun,
sebagian besar gejala dapat ditangani.
 

 

5 Hal yang harus Anda lakukan

Sering-seringlah mencuci tangan.

Cuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun atau, jika tidak tampak kotor, gunakan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. Maka, virus di tangan akan mati.

Tutup mulut dan hidung dengan siku yang dilipat atau tisu saat batuk dan bersin.

Segera buang tisu bekas dan cuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun atau gunakan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. Dengan demikian Anda melindungi orang lain dari virus yang keluar melalui batuk dan bersin.

Jika memungkinkan, jaga jarak 1 meter dengan orang yang batuk-batuk, bersinbersin, atau demam.

COVID-19 diketahui paling mudah menyebar melalui kontak jarak dekat
dengan orang yang terinfeksi COVID-19.

Jangan sentuh mata, hidung dan mulut.

Tangan menyentuh berbagai permukaan benda yang mungkin terkontaminasi virus ini. Jika Anda menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan kotor, Anda mungkin memindahkan virus ini dari
permukaan ke diri Anda.

Jika Anda demam, batuk DAN sulit bernapas, cari pertolongan medis. Telepon fasilitas kesehatan dan sampaikan dulu bahwa Anda akan datang.

Selalu ikuti panduan tenaga kesehatan atau petunjuk kesehatan nasional.
 

Menangani stres pada saat terjadi krisis virus korona (Covid 19)

  • Wajar kita sedih, stres, atau terbeban ketika terjadi krisis.
  • Bicarakan dengan orang kepercayaan atau konselor.
  • Jangan merokok, mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan lain untuk mengatasi perasaan Anda.
  • Jaga gaya hidup sehat: pola makan, tidur, olahraga yang baik dan hubungan sosial dengan teman dan keluarga.
  • Jika merasa khawatir, sampaikan kepada atasan Anda, dan jika mulai merasa sakit, segera beri tahu dokter.

Baca juga 👉 10 Cara Dan Strategi Melawan Stres Yang Efektif – Terbukti Secara Ilmiah
 

Pengumuman “coronavirus” syndrome pernapasan akut yang parah 2 (SARS-CoV-2)

Komite Internasional tentang Taksonomi Virus (ICTV: International Committee on Taxonomy of Viruses), mengumumkan “coronavirus syndrome pernapasan akut yang parah 2 (SARS-CoV-2)” sebagai nama virus baru pada 11 Februari 2020. Nama ini dipilih karena virus tersebut secara genetik terkait dengan coronavirus yang bertanggung jawab atas wabah SARS tahun 2003. Sementara terkait, kedua virus itu berbeda.

Baca juga 👉 Nama Virus dan Penyakitnya Memiliki Nama Berbeda – Mengapa? Contohnya?
 

 

Pengumuman nama penyakit baru COVID 19

WHO mengumumkan “COVID-19” sebagai nama penyakit baru ini pada 11 Februari 2020, mengikuti pedoman yang sebelumnya dikembangkan dengan Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) dan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO).

Pernyataan Direktur Jenderal WHO di media pada tanggal 11 Februari 2020
Laporan Situasi WHO pada 11 Februari 2020
WHO dan ICTV berkomunikasi tentang penamaan virus dan penyakit tersebut.

Baca juga 👉 Virus Korona – Pengertian, Gejala, Tanda Gejala, Pencegahan dan Pengobatan

Apa itu “novel” coronavirus?

Novel coronavirus (CoV) adalah suatu turunan coronavirus yang sebelumnya tidak teridentifikasi pada manusia. Coronavirus baru (novel), yang kini dinamakan 2019-nCoV, sebelumnya belum pernah terdeteksi, hingga akhirnya wabah coronavirus dilaporkan terjadi di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019.

Apakah virus baru ini sama dengan SARS?

Tidak, 2019-nCoV memang berasal dari kelompok virus yang sama dengan Sindrom Pernapasan Akut Berat (SARS-CoV) tetapi merupakan suatu virus yang berbeda.

Bagaimana saya dapat melindungi diri saya? baca juga 👉 Virus Korona – Pengertian, Gejala, Tanda Gejala, Pencegahan dan Pengobatan
 

Apakah manusia dapat terinfeksi 2019-nCoV dari hewan?

Penelitian membuktikan bahwa SARS-CoV ditularkan dari musang ke manusia di Tiongkok pada tahun 2002 dan MERS-CoV dari unta ke manusia di Arab Saudi pada tahun 2012. Beberapa jenis coronavirus tersebar dari hewan ke hewan dan belum mulai menginfeksi manusia. Seiring dengan meningkatnya surveilans (pemantauan) di seluruh dunia, jenis coronavirus lainnya kemungkinan akan ditemukan.

Hewan yang menjadi sumber penularan 2019-nCoV belum diketahui, tetapi hal ini bukan berarti seseorang dapat terkena 2019-nCoV dari segala jenis hewan atau dari binatang peliharaan. Kemungkinan hewan sumber penularan 2019-nCoV di Tiongkok berasal dari pasar hewan segar di Tiongkok. Untuk melindungi diri Anda saat berada di pasar hewan segar, hindari kontak langsung dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan, tanpa menggunakan alat pelindung.

Konsumsi produk hewani mentah atau tidak matang sempurna perlu dihindari. Daging mentah, susu, atau organ hewan mentah perlu ditangani dengan hati-hati dan disesuaikan dengan praktik keamanan pangan guna menghindari kontaminasi silang dengan makanan yang tidak dimasak.

Apakah saya dapat terjangkit 2019-nCoV dari hewan peliharaan saya?

Tidak, saat ini masih belum ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan pendamping atau peliharaan seperti kucing dan anjing sudah terinfeksi atau menyebarkan 2019-nCoV.

Apa nama yang digunakan oleh WHO untuk virus?

Dari perspektif komunikasi risiko, menggunakan nama SARS dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan dalam hal menciptakan rasa takut yang tidak perlu untuk beberapa populasi, terutama di Asia yang paling parah terkena dampak wabah SARS pada tahun 2003.

Untuk alasan itu dan lainnya, WHO telah mulai menyebut virus sebagai “virus yang bertanggung jawab untuk COVID 19” atau “virus COVID 19” ketika berkomunikasi dengan publik. Tak satu pun dari penunjukan ini dimaksudkan sebagai pengganti untuk nama resmi virus sebagaimana disetujui oleh Komite Internasional tentang Taksonomi Virus (ICTV: International Committee on Taxonomy of Viruses).

Materi yang diterbitkan sebelum virus secara resmi dinamai tidak akan diperbarui kecuali diperlukan untuk menghindari kebingungan.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan
 
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
 
Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kanker Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.
 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 


By | 2020-03-19T22:24:40+07:00 Maret 2nd, 2020|Ilmu Pengetahuan, IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment