PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Trichinosis adalah infeksi yang disebabkan oleh konsumsi daging yang terkena cacing gelang Trichinella

4 min read

Trichinosis adalah infeksi yang disebabkan oleh konsumsi daging yang terkena cacing gelang Trichinella

Trichinosis

Trichinosis adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing gelang Trichinella spiralis atau spesies lain dari Trichinella. Gejala infeksi ini adalah diare, kram perut, nyeri otot, dan demam.
Penularan terjadi melalui konsumsi daging mentah atau setengah matang yang terkontaminasi.
Awalnya, menderita orang dari mual, diare, kram perut, nyeri otot kemudian, kelemahan, demam, sakit kepala dan kadang-kadang peradangan pada organ-organ lain muncul.
Beberapa minggu setelah timbulnya infeksi awal, diagnosis dapat dikonfirmasikan dengan menguji sampel darah untuk antibodi untuk Trichinella.

Memasak daging juga dapat membunuh Trichinella larva, dan pembekuan daging babi (kecuali daging dari binatang liar) biasanya membunuh larva.
Obat antiparasit, seperti albendazole, dapat membunuh cacing ini di usus tetapi tidak membunuh larva di otot, dan pereda nyeri diperlukan untuk meredakan nyeri otot.

Larva Trichinella hidup di otot hewan, biasanya babi, babi hutan, rubah, walrus, dan banyak karnivora lainnya. Terkadang jaringan otot kuda yang diberi suplemen daging mengandung larva ini.

Manusia mengembangkan trichinosis ketika mereka makan daging mentah, matang, atau tidak benar kuadrat dari hewan yang membawa parasit. Dalam kebanyakan kasus, infeksi disebabkan oleh konsumsi daging babi, terutama di daerah di mana hewan-hewan ini diberi makan sisa daging mentah dan sampah, atau dari konsumsi daging babi hutan, dari beruang atau walrus.

Di seluruh dunia, diperkirakan 10.000 kasus trikinosis terjadi setiap tahun. Di Amerika Serikat, kurang dari 20 kasus dilaporkan setiap tahun.

Ketika daging yang mengandung kista Trichinella dimakan, lapisan kista dicerna, dan larva yang dilepaskan dengan cepat berkembang menjadi cacing dewasa yang segera bereproduksi di usus. Setelah kawin, cacing jantan mati dan tidak lagi berperan dalam infeksi. Wanita, di sisi lain, bersembunyi ke dinding usus dan, setelah beberapa hari, mulai berbaring larva sana.

Produksi larva ini berlanjut selama sekitar 4 sampai 6 minggu. Kemudian betina mati atau dikeluarkan dari tubuh. Larva diangkut ke seluruh tubuh oleh limfatik dan pembuluh darah. Mereka memasuki otot dan menyebabkan peradangan. Dalam 1 hingga 2 bulan, mereka membentuk kista yang dapat hidup di dalam tubuh selama bertahun-tahun. Larva yang mati akhirnya terserap atau mengapur (mengeras).

Beberapa otot, seperti otot lidah, mata dan interkostal, lebih sering terinfeksi. Larva jarang membentuk kista di otot jantung, tetapi pada sekitar seperempat orang dengan trikinosis, elektrokardiogram (EKG) menunjukkan bukti peradangan jantung.

Gejala trikinosis

Gejala trikinosis bervariasi tergantung pada stadium infeksi, jumlah larva yang menyerang, jaringan yang terlibat dan kondisi umum orang tersebut. Banyak orang dengan kondisi ini tidak menunjukkan gejala.

Gejala trikinosis muncul dalam 2 tahap:

Tahap 1: Infeksi usus muncul 1 sampai 2 hari setelah makan daging yang terkontaminasi. Gejala mungkin termasuk mual, diare, kram perut, dan sedikit demam.

Tahap 2: Gejala invasi larva ke otot biasanya dimulai sekitar 7 sampai 15 hari kemudian. Gejalanya adalah nyeri dan nyeri otot, kelelahan, demam, sakit kepala, dan pembengkakan pada wajah, terutama di sekitar mata. Rasa sakit sering lebih intens pada otot yang digunakan untuk bernapas, batuk, berbicara, mengunyah dan menelan. Ruam yang tidak gatal mungkin muncul. Pada beberapa orang, bagian putih mata menjadi merah, mata terasa terbakar dan menjadi sensitif terhadap cahaya terang.

Di hadapan sejumlah besar larva, radang jantung, otak, dan paru-paru dapat berkembang. Ini dapat menyebabkan gagal jantung, aritmia jantung, kejang, dan masalah pernapasan yang serius. Kematiannya luar biasa.

Jika tidak diobati, sebagian besar gejala akan hilang pada bulan ketiga infeksi, meskipun nyeri otot yang tidak jelas dan astenia dapat bertahan lebih lama.

Diagnosis trikinosis

Tes darah untuk mencari antibodi terhadap parasit
Trichinosis tidak dapat didiagnosis dengan pemeriksaan mikroskopis tinja. Pengujian sampel darah untuk antibodi terhadap Trichinella spiralis cukup dapat diandalkan, tetapi tes ini tidak positif sampai 3 sampai 5 minggu setelah gejala muncul. Jika hasilnya negatif, dokter akan mendasarkan diagnosis trikinosis pada gejala dan peningkatan kadar eosinofil (sejenis sel darah putih) dalam darah. Tes antibodi diulang setiap minggu selama beberapa minggu untuk memastikan diagnosis.

Biopsi jaringan otot (di mana sampel jaringan diambil dan diperiksa di bawah mikroskop), diambil setelah minggu kedua infeksi, mungkin menunjukkan larva atau kista, tetapi jarang diperlukan.

Pencegahan trikinosis

Trichinosis dicegah dengan memasak daging dengan benar, terutama daging babi dan produk babi, pada suhu di atas 71 °C, sampai semuanya berwarna keemasan. Sebagai alternatif, pada babi domestik yang tebalnya kurang dari 15 cm, larva dapat dibunuh dengan membekukan babi pada suhu -5 ° C selama 20 hari. Pembekuan tidak dianjurkan untuk daging dari hewan liar, karena mereka dapat terinfeksi spesies Trichinella yang tidak terbunuh oleh suhu rendah.

Mengasap, pengawetan makanan, atau memasak dalam microwave tidak sepenuhnya efektif dalam membunuh larva.

Penggiling daging dan barang-barang lain yang digunakan untuk menyiapkan daging mentah harus dibersihkan secara menyeluruh. Penting juga untuk mencuci tangan dengan sabun dan air.

Juga, jangan memberi makan babi dengan daging mentah.

Pengobatan trikinosis

  • Mebendazole atau albendazole (obat antiparasit yang membunuh cacing dewasa)
  • Untuk nyeri otot, analgesik
  • Untuk infeksi berat, kortikosteroid
  • Perawatan oral dengan mebendazole atau albendazole membunuh cacing dewasa di usus tetapi tidak banyak berpengaruh pada kista di otot.

Pereda nyeri (seperti obat antiinflamasi nonsteroid [NSAID]) dapat meredakan nyeri otot.

Untuk mengurangi peradangan selama infeksi parah, kortikosteroid (seperti prednison) dapat diresepkan.

Kebanyakan pasien dengan trikinosis sembuh total.

Poin atau kunci penting dari trikinosis

  • Manusia terinfeksi Trichinella dengan memakan daging mentah, setengah matang, atau dibuat dari hewan yang terinfeksi, paling sering babi, babi hutan, atau beruang.
  • Larva disencyst di usus kecil, masuk ke mukosa dan berkembang menjadi dewasa yang melepaskan larva hidup; larva bermigrasi melalui aliran darah dan limfatik dan menjadi kista di sel otot rangka lurik.
  • Gejala dimulai dengan iritasi gastrointestinal diikuti oleh edema periorbital, nyeri otot, demam, dan eosinofilia.
    Manifestasi secara bertahap mereda sekitar bulan 3, ketika larva benar-benar berkista, meskipun nyeri otot relatif dan kelelahan dapat bertahan.
  • Diagnosis dengan enzim immunoassay.
  • Mengobati gejala (misalnya, dengan pereda nyeri dan prednison untuk manifestasi alergi atau untuk keterlibatan sistem saraf pusat); anthelmintik membunuh cacing dewasa, tetapi begitu larva berkista di otot rangka, pengobatan mungkin tidak membasminya atau menghilangkan gejala yang terkait.
  • Memasak daging babi dan hewan liar secara menyeluruh atau matang dapat mencegah trikinosis.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.


Sumber bacaan: Cleverly Smart, Mayo Clinic, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Health Line, National Center for Biotechnology Information (NCBI)

Penjelasan foto: Trichinella spiralis. Menampilkan jaringan otot yang terinfeksi larva Trichinella spiralis, parasit nematoda yang menyebabkan trichinosis. Larva terbesar yang ditunjukkan di sini memiliki panjang tali sekitar 22,5 mikrometer, dan diameter sekitar 5 mikrometer.

Sumber foto: MostlyDross / Flickr / Wikimedia Commons (CC BY 2.0 )

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *