fbpx

Hormon Perangsang Tiroid – TSH (Thyroid Stimulating Hormone)

TSH (Thyroid Stimulating Hormone)

Hormon perangsang tiroid atau “Thyroid Stimulating Hormone” (bahasa Inggris), untuk mengetahui apakah ada kelainan pada tiroid. Rentang angka sehat antara 0,35 – 2,1 mU/L.

Tirotropin (bahasa Inggristhyrotropin, thyroid-stimulating hormone, TSH) adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofise otak bagian anterior dan berfungsi untuk memelihara pertumbuhan dan perkembangan kelenjar tiroid dan merupakan stimulator bagi sekresi hormon T4 dan T3 yang dihasilkan oleh kelenjar tersebut.[1] Hormon tirotropin adalah glikoproten dan memiliki dua subunit, yaitu subunit α (alpha) dan β (beta).



Yang berarti, begitu dilepaskan dari kelenjar thyroid ke dalam saluran darah, sejumlah besar T4 dikonversi menjadi T3, hormon aktif yang mempengaruhi metabolisme dari sel-sel di seluruh tubuh.

Tiroid

Tiroid sendiri diatur oleh kelenjar lain yang berlokasi di otak yang disebut pituitary. Sebaliknya, pituitary juga diatur oleh thyroid (melalui “feedback” dari efek hormon thyroid pada kelenjar pituitary) dan oleh kelenjar lain yang disebut hypothalamus.

Hypothalamus melepaskan hormon yang disebut thyrotropin releasing hormone (TRH), yang mengirim sinyak pada pituitary untuk melepaskan thyroid stimulating hormone (TSH). Sebagai balasannya TSH mengirimkan sinyal pada tiroid untuk melepaskan hormon-hormon tiroid.

Apabila kadar T3 dan T4 tinggi menunjukkan kelebihan hormon tiroid atau hipertiroid sedangkan bila rendah maka hipotiroid.



Sedangkan tinggi rendahnya TSH membantu dalam menentukkan apakah penyebabnya di kelenjar hipofisis (ditandai TSH tinggi) atau dari luar kelenjar hipofisis (TSH rendah).

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Source: Wikipedia, Tanyadok.com
Info: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter.


By | 2017-11-19T15:11:14+07:00 Juni 11th, 2015|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment