Hormon Perangsang Tiroid – TSH (Thyroid Stimulating Hormone)

Hormon Perangsang Tiroid – TSH (Thyroid Stimulating Hormone)

Hormon perangsang tiroid atau “Thyroid Stimulating Hormone” (bahasa Inggris), untuk mengetahui apakah ada kelainan pada tiroid. Rentang angka sehat antara 0,35 – 2,1 mU/L.

Tirotropin (bahasa Inggris: thyrotropin, thyroid-stimulating hormone, TSH) adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofise otak bagian anterior dan berfungsi untuk memelihara pertumbuhan dan perkembangan kelenjar tiroid dan merupakan stimulator bagi sekresi hormon T4 (tiroksin) dan T3 (tri iodotironin) yang dihasilkan oleh kelenjar tersebut. Hormon tirotropin adalah glikoproten dan memiliki dua subunit, yaitu subunit α (alpha) dan β (beta).

Yang berarti, begitu dilepaskan dari kelenjar thyroid ke dalam saluran darah, sejumlah besar T4 dikonversi menjadi T3, hormon aktif yang mempengaruhi metabolisme dari sel-sel di seluruh tubuh.

Tiroid

Tiroid sendiri diatur oleh kelenjar lain yang berlokasi di otak yang disebut pituitary. Sebaliknya, pituitary juga diatur oleh thyroid (melalui “feedback” dari efek hormon thyroid pada kelenjar pituitary) dan oleh kelenjar lain yang disebut hypothalamus.

Hypothalamus melepaskan hormon yang disebut thyrotropin releasing hormone (TRH), yang mengirim sinyak pada pituitary untuk melepaskan thyroid stimulating hormone (TSH). Sebagai balasannya TSH mengirimkan sinyal pada tiroid untuk melepaskan hormon-hormon tiroid.

Apabila kadar T3 dan T4 tinggi menunjukkan kelebihan hormon tiroid atau hipertiroid sedangkan bila rendah maka hipotiroid.

Sedangkan tinggi rendahnya TSH membantu dalam menentukkan apakah penyebabnya di kelenjar hipofisis (ditandai TSH tinggi) atau dari luar kelenjar hipofisis (TSH rendah).

Tanda dan Gejala: Hipertiroidisme dan Hipotiroidisme

Gejala hipertiroidisme (hyperthyroidism), juga dikenal sebagai tiroid terlalu aktif, meliputi:

  • Kegelisahan
  • Penurunan berat badan
  • Gemetar di tangan
  • Denyut jantung meningkat
  • Keadaan bengkak
  • Mata melotot
  • Kesulitan tidur

Gejala hipotiroidisme (hypothyroidism), juga dikenal sebagai tiroid kurang aktif, meliputi:

  • Penambahan berat badan
  • Kelelahan
  • Rambut rontok
  • Toleransi rendah untuk suhu dingin
  • Periode menstruasi tidak teratur
  • Sembelit

Tes Hormon Perangsang Tiroid – TSH (Thyroid Stimulating Hormone)

TSH adalah singkatan dari hormon perangsang tiroid. Tes TSH adalah tes darah yang mengukur hormon ini. Tiroid adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak di dekat tenggorokan Anda. Tiroid Anda membuat hormon yang mengatur cara tubuh Anda menggunakan energi. Ini juga memainkan peran penting dalam mengatur berat badan, suhu tubuh, kekuatan otot, dan bahkan suasana hati Anda.

TSH dibuat di kelenjar di otak yang disebut hipofisis. Ketika kadar tiroid dalam tubuh Anda rendah, kelenjar pituitari menghasilkan lebih banyak TSH. Ketika kadar tiroid tinggi, kelenjar pituitari menghasilkan lebih sedikit TSH. Tingkat TSH yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menunjukkan tiroid Anda tidak berfungsi dengan benar.

Nama lain: tes tirotropin.

Untuk apa itu digunakan?

Tes TSH digunakan untuk mengetahui seberapa baik tiroid bekerja.

Mengapa saya membutuhkan tes TSH?

Anda mungkin memerlukan tes TSH jika Anda memiliki gejala terlalu banyak hormon tiroid dalam darah Anda (hipertiroidisme), atau terlalu sedikit hormon tiroid (hipotiroidisme).

Apa yang terjadi selama tes TSH?

Seorang profesional perawatan kesehatan akan mengambil sampel darah dari pembuluh darah di lengan Anda, menggunakan jarum kecil. Setelah jarum dimasukkan, sejumlah kecil darah akan dikumpulkan ke dalam tabung reaksi atau vial. Anda mungkin merasa sedikit perih saat jarum masuk atau keluar. Ini biasanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit.

Apakah saya perlu melakukan sesuatu untuk mempersiapkan tes tersebut?

Anda tidak memerlukan persiapan khusus untuk tes darah TSH. Jika penyedia layanan kesehatan Anda telah memerintahkan tes darah lainnya, Anda mungkin perlu berpuasa (tidak makan atau minum) selama beberapa jam sebelum tes. Penyedia perawatan kesehatan Anda akan memberi tahu Anda jika ada instruksi khusus untuk diikuti.

Apakah ada resiko untuk ujian ini?

Resiko yang sangat kecil untuk menjalani tes darah. Anda mungkin mengalami sedikit rasa sakit atau memar di tempat jarum dimasukkan, tetapi sebagian besar gejala hilang dengan cepat.

Apa arti hasil tes Hormon Perangsang Tiroid?

Tingkat TSH yang tinggi dapat berarti tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid, suatu kondisi yang disebut hipotiroidisme. Tingkat TSH yang rendah dapat berarti tiroid Anda menghasilkan terlalu banyak hormon, suatu kondisi yang disebut hipertiroidisme. Tes TSH tidak menjelaskan mengapa kadar TSH terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika hasil tes Anda tidak normal, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin akan memesan tes tambahan untuk menentukan penyebab masalah tiroid Anda.

Tingkat TSH Tinggi

Tingkat TSH biasanya turun antara 0,4 dan 4,0 miliunit per liter (mU / L), menurut American Thyroid Association. Jarak antar laboratorium akan bervariasi dengan batas atas antara 4 sampai 5. Jika level Anda lebih tinggi dari ini, kemungkinan Anda menderita tiroid yang kurang aktif.

Secara umum, kadar T3 dan T4 meningkat pada kehamilan dan penurunan kadar TSH.

Tingkat TSH yang Rendah

Mungkin juga hasil tes menunjukkan tingkat TSH yang lebih rendah dari normal dan tiroid yang terlalu aktif. Ini bisa disebabkan oleh:

  • Penyakit Graves (sistem kekebalan tubuh Anda menyerang tiroid)
  • Terlalu banyak yodium dalam tubuh Anda
  • Terlalu banyak obat hormon tiroid
  • Terlalu banyak suplemen alami yang mengandung hormon tiroid
  • Jika Anda sedang menjalani pengobatan seperti steroid, dopamin, atau obat penghilang rasa sakit opioid (seperti morfin), Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih rendah dari biasanya. Mengonsumsi biotin (suplemen vitamin B) juga dapat memberikan tingkat TSH yang lebih rendah secara salah.

Tes TSH biasanya bukan satu-satunya yang digunakan untuk mendiagnosis gangguan tiroid. Tes lain, seperti T3 free, T4 free, T3 terbalik (reverse), dan antibodi anti-TPO, sering digunakan juga saat menentukan apakah Anda memerlukan perawatan tiroid atau tidak.

Tes TSH mungkin termasuk:

Tes hormon tiroid T4.
Tes hormon tiroid T3.
Tes untuk mendiagnosis penyakit Graves, penyakit autoimun yang menyebabkan hipertiroidisme.
Tes untuk mendiagnosis tiroiditis Hashimoto, penyakit autoimun yang menyebabkan hipotiroidisme.

Apakah ada hal lain yang perlu saya ketahui tentang tes TSH?

Perubahan tiroid bisa terjadi selama kehamilan. Perubahan ini biasanya tidak signifikan, tetapi beberapa wanita dapat mengembangkan penyakit tiroid selama kehamilan.

Hipertiroidisme terjadi pada sekitar satu dari setiap 500 kehamilan, sedangkan hipotiroidisme terjadi pada sekitar satu dari setiap 250 kehamilan.

Hipertiroidisme, dan lebih jarang, hipotiroidisme, mungkin tetap ada setelah kehamilan.

Jika Anda mengembangkan kondisi tiroid selama kehamilan, penyedia layanan kesehatan Anda akan memantau kondisi Anda setelah bayi Anda lahir. Jika Anda memiliki riwayat penyakit tiroid, pastikan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda sedang hamil atau sedang berpikir untuk hamil.

Pengobatan dan Perawatan Hormon Perangsang Tiroid – TSH (Thyroid Stimulating Hormone)

Terdapat perbedaan pengobatan untuk TSH Hipotiroidisme dan

Hipotiroidisme (hypothyroidism)

Perawatan standar untuk hipotiroidisme melibatkan penggunaan hormon tiroid sintetis levothyroxine (Levo-T, Synthroid, lainnya) setiap hari. Obat oral ini mengembalikan kadar hormon yang memadai, membalikkan tanda dan gejala hipotiroidisme.

Anda mungkin akan mulai merasa lebih baik segera setelah memulai pengobatan. Obat ini secara bertahap menurunkan kadar kolesterol yang ditinggikan oleh penyakit dan dapat membalikkan penambahan berat badan. Perawatan dengan levothyroxine kemungkinan akan bertahan seumur hidup, tetapi karena dosis yang Anda butuhkan dapat berubah, dokter Anda kemungkinan besar akan memeriksa tingkat TSH Anda setiap tahun.

Hipertiroidisme (tiroid terlalu aktif)

Ada beberapa pengobatan untuk hipertiroidisme. Pendekatan terbaik untuk Anda tergantung pada usia Anda, kondisi fisik, penyebab hipertiroidisme, preferensi pribadi, dan tingkat keparahan gangguan Anda. Perawatan yang mungkin termasuk:

1. Yodium radioaktif

Diambil melalui mulut, yodium radioaktif diserap oleh kelenjar tiroid Anda, yang menyebabkan kelenjar menyusut. Gejala biasanya mereda dalam beberapa bulan. Kelebihan yodium radioaktif menghilang dari tubuh dalam beberapa minggu sampai bulan.

Perawatan ini dapat menyebabkan aktivitas tiroid cukup lambat untuk dianggap kurang aktif (hipotiroidisme), dan Anda mungkin perlu minum obat setiap hari untuk menggantikan tiroksin.

2. Obat anti-tiroid

Obat-obatan ini secara bertahap mengurangi gejala hipertiroidisme dengan mencegah kelenjar tiroid memproduksi hormon yang berlebihan. Mereka termasuk methimazole (Tapazole) dan propylithiouracil. Gejala biasanya mulai membaik dalam beberapa minggu hingga bulan, tetapi pengobatan dengan obat anti-tiroid biasanya berlanjut setidaknya satu tahun dan seringkali lebih lama.

Bagi sebagian orang, ini menyelesaikan masalah secara permanen, tetapi orang lain mungkin mengalami kekambuhan. Kedua obat tersebut dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius, terkadang menyebabkan kematian. Karena propylthiouracil telah menyebabkan lebih banyak kasus kerusakan hati, umumnya harus digunakan hanya jika Anda tidak dapat mentolerir methimazole.

Sejumlah kecil orang yang alergi terhadap obat ini mungkin mengalami ruam kulit, gatal-gatal, demam atau nyeri sendi. Mereka juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

3. Penghambat beta (Beta blockers)

Meskipun obat ini biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan tidak memengaruhi kadar tiroid, obat ini dapat meredakan gejala hipertiroidisme, seperti tremor, detak jantung cepat, dan palpitasi. Untuk alasan itu, dokter Anda mungkin meresepkannya untuk membantu Anda merasa lebih baik sampai kadar tiroid Anda mendekati normal. Obat-obatan ini umumnya tidak dianjurkan untuk penderita asma, dan efek sampingnya mungkin termasuk kelelahan dan disfungsi seksual.

4. Operasi (tiroidektomi)

Jika Anda hamil atau Anda tidak dapat mentolerir obat anti-tiroid dan tidak ingin atau tidak dapat menjalani terapi yodium radioaktif, Anda mungkin menjadi kandidat untuk operasi tiroid, meskipun ini adalah pilihan hanya dalam beberapa kasus.

Dalam tiroidektomi, dokter Anda mengangkat sebagian besar kelenjar tiroid Anda. Risiko operasi ini termasuk kerusakan pita suara dan kelenjar paratiroid – empat kelenjar kecil yang terletak di belakang kelenjar tiroid yang membantu mengontrol tingkat kalsium dalam darah Anda.

Selain itu, Anda memerlukan perawatan seumur hidup dengan levothyroxine (Levoxyl, Synthroid, lainnya) untuk memasok tubuh Anda dengan jumlah normal hormon tiroid. Jika kelenjar paratiroid Anda juga diangkat, Anda memerlukan obat untuk menjaga kadar kalsium darah Anda tetap normal.


Apa 5 Klasifikasi Antibodi dan Fungsinya?

Lima klasifikasi antibodi atau kelas yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu: IgM, IgD, IgG, IgA, dan IgE. Mereka yang memberikan setiap isotipe dengan karakteristik dan peran yang berbeda. Untuk lebih detilnya baca: Klasifikasi Antibodi Beserta Contoh dan Fungsinya: IgM, IgD, IgG, IgA, IgE)

Penanda Tumor – Tumor Marker – Apa Saja Tes Penanda Tumor untuk Deteksi Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

Penanda tumor adalah zat yang ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi dari normal dalam darah, urin, atau jaringan dari beberapa penderita kanker. Hal-hal yang perlu Anda ketahui: CA15-3 dan CA27-29 Kanker payudara (breast cancer). PSA untuk prostat, dll.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: Medline Plus, Web MD, Michigan Medicine (Iniversity of Michigan)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-05T20:46:51+07:00 Juni 11th, 2015|IPA, Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment