Akrual – Pengertian dan Contoh Soal Dalam Akuntansi

Akrual

Akrual adalah suatu metode akuntansi di mana penerimaan dan pengeluaran diakui atau dicatat ketika transaksi terjadi, bukan ketika uang kas untuk transaksi-transaksi tersebut diterima atau dibayarkan. Dengan demikian pencatatan dalam metode ini bebas dari pengaruh waktu kapan kas diterima dan kapan pengeluaran dilakukan.


Apa perbedaan Akrual basis dan Cash basis?

Basis Kas (Cash Basis)

Basis Kas adalah metode pencatatan dalam akuntansi, yang hanya mencatat transaksi jika ada penerimaan atau pengeluaran kas.

Jadi, walaupun ada transaksi yang sudah terjadi seperti hutang dan piutang, namun dikarenakan tidak ada kas yang masuk ataupun keluar, maka transaksi tersebut tidak akan dicatat jika menggunakan metode ini.

Contohnya, jika Anda menerima pendapatan dari perusahaan lain, namun uangnya diterima nanti, maka transaksi tersebut tidak akan dicatat, karena tidak ada kas yang masuk dan tidak dianggap sebagai pendapatan.

Basis Akrual (Akrual Basis)

Basis Akrual adalah metode pencatatan dalam akuntansi, yang mencatat semua transaksi yang terjadi baik kas sudah diterima ataupun belum diterima, pada saat transaksi tersebut dilakukan. Dalam basis akrual, dikenal adanya hutang dan piutang.

Meskipun kas belum diterima pada saat transaksi dilakukan, namun transaksi tersebut akan dicatat. Sebagai contoh, Anda menerima pendapatan dari perusahaan lain, namun uangnya dibayar nanti, maka transaksi tersebut akan dicatat, dan akan dianggap sebagai pendapatan walaupun kas belum diterima.


Apa yang dimaksud dengan beban akrual?

Beban akrual adalah beban yang telah terjadi tetapi belum dicatat dalam akun. Contoh dari beban akrual yang terutang kepada karyawan di akhir periode. Contoh lainnya adalah bunga akrual atas wesel bayar dan pajak akrual. Pendapatan akrual adalah pendapatan yang telah dihasilkan tetapi belum dicatat dalam akun.


Apa yang dimaksud dengan akrual diskresioner?

Akrual diskresioner dianggap memiliki hubungan yang terpola dengan aspek-aspek lain perusahaan, seperti akrual total, pendapatan, piutang, aset tetap atau PPE: Property, Plant and Equipment.


Apa yang dimaksud dengan accrual basis accounting?

Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual (Accrual Basis) Basis Akrual adalah “penyandingan pendapatan dan biaya pada periode di saat terjadinya”, bukan pencatatan pada saat pendapatan tersebut diterima ataupun biaya tersebut dibayarkan (Cash Basis).


Apa itu laporan keuangan berbasis akrual?

Akuntansi berbasis akrual adalah suatu basis akuntansi di mana transaksi ekonomi dan peristiwa lainnya diakui, dicatat, dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut, tanpa memperhatikan waktu kas atau setara kas diterima atau dibayarkan.


Jenis Akun akrual

Pada umumnya, terdapat 4 jenis akun akrual dalam laporan keuangan:

1. Pendapatan diterima di muka (unearned revenue) atau pendapatan yang ditangguhkan (deferred revenue)

Saat suatu perusahaan telah menerima pembayaran uang tunai dari pelanggan tetapi perusahaan belum memberikan barang atau pelayanan jasa kepada pelanggan. Sehingga jika belum mengirimkan barang atau jasa, maka perusahaan akan melaporkan uang tersebut sebagai pendapatan yang belum diterima dalam kewajiban dan uang tunai dalam aset.

Jika pelanggan tersebut telah menerima barang atau jasa, maka perusahaan akan mencatat sebagai pendapatan dan menghapus pendapatan yang diterima di muka tersebut.

2. Pendapatan yang masih harus dibayar (accrued revenue)

Saat suatu perusahaan telah menjual barang atau memberikan jasa kepada pelanggan, namun belum menerima pembayaran uang tunai. Sebagai Contoh adalah piutang dagang.

Sebelum pelanggan melakukan pembayaran, maka perusahaan akan mengakui sebagai piutang usaha dalam aset dan pendapatan di dalam laporan laba rugi.

Jika perusahaan telah menerima pembayaran dari pelanggan, maka perusahaan akan menghapus nilai piutang dagang dan mencatat adanya kenaikan uang tunai tersebut.

3. Beban dibayar dimuka (prepaid expense)

Terjadi jika perusahaan telah melakukan pembayaran atau suatu beban secara tunai, tetapi belum menerima barang atau layanan jasa dari pemasok.

Selama perusahaan belum menerima barang atau jasa tersebut, maka perusahaan akan melaporkan beban yang telah dibayar di muka tersebut sebagai aset dan mengakui adanya pengeluaran atau pembebanan.

Jika perusahaan telah menerima barang atau jasa, maka akan mengakui beban tersebut pada laporan laba rugi. Saat itu juga, akun beban dibayar dimuka akan terhapus dari neraca.

4. Beban akrual yang masih harus dibayar (accrued expense)

Terjadi ketika suatu perusahaan telah menerima barang atau jasa dari pemasok tetapi belum melakukan pembayaran secara tunai. Sehingga akan timbul akun beban yang masih harus dalam bentuk kewajiban atau utang, dan juga diwaktu yang sama perusahaan akan mengakui sebagai beban dalam laporan laba rugi.

Jika perusahaan telah membayar tunai, maka perusahaan menghapus nilai akun biaya yang masih harus dibayar di neraca dan nilai kas perusahaan di neraca akan berkurang dengan jumlah yang sama.


Apa yang dimaksud dengan basis kas dan basis akrual?

Cash basis adalah proses pencatatan transaksi akuntansi dimana transaksi dicatat pada saat menerima kas atau pada saat mengeluarkan kas. Pada cash basis, pendapatan dicatat pada saat menerima kas, sedangkan biaya dicatat pada saat mengeluarkan kas. Pada praktik akuntansi dewasa ini, metode cash basis jarang digunakan.


Liabilitas Akrual (accrued liabilities)

Adalah kewajiban perusahaanyang masih harus dibayar atau liabilitas akrual, seperti utang usaha, bekerja secara terbalik dengan piutang usaha.

Mereka menjadi sumber likuiditas jika perusahaan dapat memperpanjangnya. Tetapi, jika banyak dari mereka jatuh tempo pada saat yang sama, itu dapat menguras uang perusahaan dan dapat menyebabkan masalah likuiditas.

Pembayaran yang ditangguhkan adalah sumber uang tunai bagi perusahaan. Selama belum jatuh tempo, perusahaan dapat menggunakan sejumlah uang untuk keperluan lain. Jadi, semakin lama jatuh tempo, semakin longgar perusahaan dalam menangani uang tunai.

Tetapi, ketika banyak akun kewajiban yang masih harus dibayar jatuh tempo pada saat yang sama, mereka, tentu saja, dapat menghabiskan uang perusahaan.

Contoh kewajiban yang masih harus dibaya

  • Bunga masih harus dibayar atas utang pinjaman
  • Pembelian bahan baku secara kredit (biaya masih harus dibayar)
  • Biaya garansi yang masih harus dibayar
  • Biaya iklan dan promosi yang masih harus dibayar
  • Pajak gaji belum dibayar
  • Gaji dan tunjangan staff dan karyawan yang masih harus dibayar

Contoh pencatatan perusahaan melaporkan kewajiban yang masih harus dibayar di neraca

Pada bulan November, perusahaan membeli barang dari pemasok dengan jumlah Rp1000 000 dan akan membayarnya pada Januari tahun depan. Untuk laporan keuangan yang berakhir Desember, perusahaan akan mencatat biaya sebesar Rp1000 000 dan kewajiban yang masih harus dibayar sebesar Rp1000 000.

Baca juga 👉 Liabilitas (Kewajiban) – Pengertian dan Contoh Dalam Akuntansi


Akrual

Akrual – Pengertian dan Contoh Soal Dalam Akuntansi


Bunga Akrual (accrued interest)

Dalam akuntansi, bunga yang masih harus dibayar atau bunga akrual mengacu pada jumlah bunga yang telah dikeluarkan, pada tanggal tertentu, atas pinjaman atau kewajiban keuangan lainnya tetapi belum dibayarkan. Bunga yang masih harus dibayar dapat berupa pendapatan bunga yang masih harus dibayar, untuk pemberi pinjaman, atau beban bunga yang masih harus dibayar, untuk peminjam.

Contoh soal dan jawaban 👉 Bunga Akrual (accrued interest) – Rumus, Contoh Soal, Jawaban


Contoh Soal dan Jawaban Akrual

Untuk mempermudah membedakan pendapatan versi basis akrual dengan basis kas adalah sebagai berikut:

1. Perusahaan Finansialku memiliki unit kegiatan berupa pemberian jasa pelatihan kepada perusahaan klien sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani. Pelatihan akan dilakukan selama bulan Desember 2016 dengan nilai Rp100.000.000. Kegiatan pelatihan telah dilakukan sesuai jadwal. Klien membayar kontrak tersebut baru pada bulan Januari 2017.

Menurut basis akrual, pendapatan perusahaan pada tahun 2016 termasuk Rp100.000.000 dari kontrak tersebut, meskipun tagihan baru dikirimkan dan dibayar oleh klien bulan Januari 2017.

Di lain pihak, menurut basis kas, karena tidak ada penerimaan kas pada tahun 2016 maka tidak ada pendapatan dari kontrak tersebut yang diakui pada tahun bersangkutan.

Pendapatan tersebut akan diakui pada tahun 2017 ketika perusahaan menerima pembayaran dari jasa pelatihan.

Dengan demikian, berdasarkan basis kas, pendapatan perusahaan justru harus bertambah sebesar Rp100.000.000 di tahun 2017 karena adanya penerimaan kas, sedangkan berdasarkan basis akrual, penerimaan kas ini tidak berpengaruh pada pendapatan perusahaan tahun 2017.

Contoh lain untuk menggambarkan perbedaan beban antara basis akrual dengan basis kas adalah sebagai berikut:

Dari jasa pelatihan di atas, honor instruktur sebesar Rp50.000.000 baru dibayarkan pada bulan Januari 2017, sedangkan biaya pencetakan, modul, sertifikat serta konsumsi peserta telah dibayarkan ke supplier bulan Desember 2016 sebesar Rp30.000.000.

Pada basis akrual, semua jenis biaya ini merupakan beban yang seharusnya menjadi beban tahun 2016 karena menyandingkan antara biaya yang timbul dengan hasil yang diperoleh pada tahun yang sama.

Dengan demikian, apabila jasa pelatihan diakui pendapatannya pada tahun 2016 maka seluruh biaya sehubungan dengan pelatihan tersebut harus dibukuan pada periode yang sama yaitu tahun 2016.

Dengan demikian, Laporan Laba Rugi perusahaan menurut basis akrual adalah sebagai berikut:

Perusahaan PinterPandai – Laporan Laba Rugi – Periode Berakhir Tangga 31 Desember 2016

Pendapatan: Rp 100 000 000
Biaya Honor Instruktur: Rp (50 000 000)
Biaya Konsumsi: Rp (30 000 000)
Laba: Rp 20 000 000

Adapun tahun 2017, tidak ada pendapatan dan biaya sehubungan dengan kegiatan pelatihan ini.

Di lain pihak, menurut basis kas, Laporan Laba Rugi yang dilaporkan perusahaan tahun 2016 adalah sebagai berikut:

Perusahaan PinterPandai – Laporan Laba Rugi – Periode Berakhir Tangga 31 Desember 2016

Pendapatan: Rp 0
Biaya Honor Instruktur: Rp 0
Biaya Konsumsi: Rp (30 000 000)
Laba: Rp (30 000 000)

Untuk tahun 2017, Laporan Laba Rugi perusahaan akan tampak sebagai berikut:

Pendapatan: Rp 100 000 000
Biaya Honor Instruktur: Rp (50 000 000)
Biaya Konsumsi: Rp 0
Laba: Rp 50 000 000

Secara singkat terlihat bahwa metode pencatatan basis akrual lebih memberikan gambaran yang tepat mengenai kondisi keuangan perusahaan.

Basis kas lebih mudah dilakukan serta memberikan gambaran yang mudah dimengerti mengenai status surplus atau defisit perusahaan dikaitkan dengan saldo kas yang dimiliki.

2. Pada tanggal 01 Mei PT ABC membeli mesin seharga Rp 10.000.000 secara kredit dan akan dilakukan pelunasan pada tanggal 04 Mei. Buatlah akrual asis dan kasnya!

Akrual Basis
01 Mei
Mesin Rp 10.000.000
        Utang  Rp 10.000.000
04 Mei
Mesin Rp 10.000.000
Kas          Rp 10.000.000
Kas basis
04 Mei
Mesin Rp 10.000.000
Kas            Rp 10.000.000

3. Pada tanggal 05 Mei 2016 dibayar sewa gedung sebesar Rp 5.000.000 untuk sampai periode berikutnya 05 Mei 2017. Buatlah akrual asis dan kasnya!

Akrual Basis
Sewa dibayar dimuka  Rp 5.000.000
Kas                Rp 5.000.000
Kas Basis 
Beban sewa  Rp 5.000.000
Kas          Rp 5.000.000

4. Pada tanggal 05 Mei 2016 diselesaikan pekerjaan jasa kepada pelanggan dan diterima upah atas pengerjaan tersebut pada periode berikutnya pada tanggal 06 Juni 2016 sebesar Rp 5.000.000. Buatlah akrual asis dan kasnya!

Akrual Basis
05 Mei 18
Piutang Usaha Rp 5.000.000
          Pendapatan Jasa  Rp 5.000.000
06 Juni
Kas          Rp 5.000.000
        Pendapatan Jasa  Rp 5.000.000
Kas Basis
06 Juni
Kas           Rp 5.000.000
        Pendapatan Jasa  Rp 5.000.000

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: InvestopediaCorporate Finance Institute

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-10-18T15:14:35+07:00 November 11th, 2018|Akuntansi|0 Comments

Leave A Comment