fbpx

Tanah Mollisol – Penjelasan, Karakteristik dan Contoh

Pengertian Tanah Mollisol

Tanah mollisol terbentuk di daerah semi-kering hingga semi-lembab, biasanya di bawah penutup padang rumput. Mereka paling banyak ditemukan di garis lintang pertengahan, yaitu di Amerika Utara, sebagian besar di sebelah timur Pegunungan Rocky, di Amerika Selatan di Argentina (Pampas) dan Brasil, dan di Asia di Mongolia dan Stepa Rusia. Bahan induknya biasanya kaya akan basa dan berkapur dan termasuk batu kapur, loess, atau pasir yang tertiup angin. Proses utama yang mengarah pada pembentukan padang rumput Mollisol adalah melanisasi, dekomposisi, penghinaan dan pedoturbasi.

 

Sifat /Ciri Utama Tanah Mollisol

Tanah yang mempunyai horison (lapisan) permukaan berwarna gelap yang mengandung bahan organik yang tinggi. Tanah ini kaya akan kation-kation basa, oleh karena itu tanah ini juga tergolong sangat subur. Mollisol secara karakter terbentuk di bawah rumput dalam iklim yang sedang. Agregasi tanah baik, sehingga tanah tidak keras bila kering.

Tanah Mollisol memiliki kedalaman, bahan organik tinggi, tanah permukaan yang diperkaya nutrisi (horizon), biasanya antara kedalaman 60 dan 80 cm. Cakrawala permukaan yang subur ini, yang dikenal sebagai epipedon moluska, adalah fitur diagnostik yang menentukan Molusol. Epipedon moluska dihasilkan dari penambahan jangka panjang bahan organik yang berasal dari akar tanaman, dan biasanya memiliki struktur tanah yang lunak, granular.

Tanah Mollisol terjadi di sabana dan lembah gunung (seperti Asia Tengah, atau Great American Great Plains). Lingkungan ini secara historis sangat dipengaruhi oleh api dan pedoturbasi yang berlimpah dari organisme seperti semut dan cacing tanah. Diperkirakan bahwa pada tahun 2003, hanya 14 hingga 26 persen ekosistem padang rumput masih tetap dalam keadaan relatif alami (yaitu, mereka tidak digunakan untuk pertanian karena kesuburan cakrawala A). Secara global, mereka mewakili ~ 7% dari luas daratan bebas-es. Sebagai tatanan tanah yang paling produktif secara pertanian di dunia, Mollisol mewakili salah satu tatanan tanah yang lebih penting secara ekonomi.

Meskipun sebagian besar tatanan tanah lain yang diketahui saat ini ada pada zaman Zaman Es Karbon 280 juta tahun yang lalu, Mollisol tidak diketahui dari catatan paleopedologis lebih awal dari Eosen. Perkembangan mereka sangat erat terkait dengan pendinginan dan pengeringan iklim global yang terjadi selama Oligosen, Miosen, dan Pliosen.

 

 

Sifat Fisik Tanah Mollisol

  1. Memiliki warna gelap, kroma velue kurang dari 3,5 (lembab) dan kurang dari 5,5 (kering).
  2. Struktur gembur tidak keras, berbentuk prisma
  3. Tekstur halus sampai sedang.

 

Sifat Kimia Tanah Mollisol

  1. pH sedang sampai alkali,
  2. memiliki kejenuhan basa lebih dari 60%.

 

Tanah mollisol

Contoh tanah mollisol. Sumber foto: USDA

 

Faktor  Kendala Tanah Mollisol

  1. Intensitas pengelolaan dan pemanfaatannya relatif masih rendah.
  2. Biasanya adanya kontak litik yang ditemukan pada kedalam < 50 cm.

 

Cara Pengendalian Tanah Mollisol

  1. Memanfaatka tanah dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan dan berdasarkan ilmu pengetahuan yang jelas.
  2. Budidaya tanaman semusim yang akarnya tidak lebih dari 50cm.

 

Lokasi/ Ha Tanah Mollisol

Irian jaya, NTT, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Jawa Timur.

 

Usaha Pertanian Yang Cocok Untuk Tanah Mollisol

Cocok untuk usaha budidaya tanaman semusim yang memiliki akar pendek seperti jagung, kacang tanah, dan padi.

 

Jenis Tanah Lainnya

Pembagian jenis tanah yang dilakukan oleh para ilmuwan dapat berbeda-beda dari negara satu pada lainnya. Terdapat 12 jenis tanah berdasarkan USDA (United States Department of Agriculture). Dan yang lainnya adalah jenis tanah diluar sistem USDA. Klik disini untuk membaca: Jenis Tanah: Alfisol, Andisol, Aridisol, Entisol, Gelisol, Histosol, Inceptisol, Mollisol, Oxisol, Spodosol, Ultisol, Vertisol (Bersama Contoh Soal dan Jawaban)

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: How Stuff WorksNASAScience LearnCredit Valley ConservationSpice4LifeWoods Hole Oceanographic InstitutionResearch GateScience Direct

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-08T23:53:00+07:00 November 12th, 2018|Geografi & Sejarah, IPA|0 Comments

Leave A Comment