fbpx

Alat Pengukur Tsunami Disebut Tsunameter – Teknologi DART (Deep-Ocean Assessment and Reporting of Tsunamis)

Alat Pengukur Tsunami Disebut Tsunameter

Mengumpulkan data adalah bagian penting dari penyelidikan ilmiah. Untuk mempelajari gelombang dan permukaan laut, para ilmuwan biasanya mengumpulkan data melalui penggunaan instrumen. Mereka mengumpulkan informasi tentang bentuk dasar laut, komposisi air, karakteristik gelombang dan arus. Alat pengukur tsunami disebut tsunameter.

Tsunameter

Sepotong peralatan yang digunakan untuk mendeteksi tsunami, digunakan di seberang lautan terbuka untuk membentuk jaringan untuk tujuan peringatan dini.

Sistem ini mampu mengukur perubahan permukaan laut kurang dari satu milimeter di laut dalam.

Komunikasi dua arah antara pelampung tsunami dan pusat peringatan tsunami berarti pelampung dapat dikendalikan dari jarak jauh. Komunikasi dua arah ini memungkinkan pemecahan masalah sistem dan juga memungkinkan orang untuk menempatkan sistem ke mode ‘acara’ jika terjadi tsunami atau untuk tujuan penelitian.

DART (Deep-Ocean Assessment and Reporting of Tsunamis)

Sistem ini menempatkan pelampung khusus, yaitu Deep-Ocean Tsunami Detection Buoys atau biasa disebut pelampung. Sistem ini berguna untuk mendeteksi perubahan level permukaan air laut.

Apa yang digunakan untuk mengukur tsunami?

Pelampung dapat digunakan untuk mengukur ketinggian, periode dan arah gelombang. Pelampung tsunami terhubung ke alat pengukur tekanan bawah laut, yang dapat memberikan informasi tingkat air penting tentang kemungkinan tsunami saat melaju cepat. Ada jaringan pelampung tsunami di daerah rawan tsunami di Samudra Pasifik.

Apa perbedaan antara alat pengukur tsunami yang bernama tsunameter dan DART®?

Tsunameter adalah istilah umum untuk perangkat atau sistem untuk mendeteksi tsunami. DART® adalah teknologi spesifik (Pengkajian dan Pelaporan Tsunami Dalam Laut) yang digunakan NOAA / NWS pada tsunami-tsunami-nya.

Karena tujuan dari tsunami NOAA / NWS adalah deteksi waktu-nyata dari tsunami, NDBC menganggap seluruh sistem yang mengirimkan data ke Layanan Peringatan Tsunami sebagai tsunameter.
 

Alat Pengukur Tsunami Disebut Tsunameter - DART (Deep-Ocean Assessment and Reporting of Tsunamis)

Alat Pengukur Tsunami Disebut Tsunameter – DART (Deep-Ocean Assessment and Reporting of Tsunamis). Ilustrasi dan sumber foto: Research Gate dan Wikimedia Commons

 

Cara Kerja Tsunameter – Alat Pengukur Tsunami

Mengukur permukaan laut

Untuk mengukur permukaan laut secara akurat, para ilmuwan menggunakan alat pengukur tekanan bubbler. Instrumen-instrumen ini mengukur tekanan punggung dari meniupkan gelembung udara ke dalam lubang – semakin tinggi tekanan yang dibutuhkan untuk meniup gelembung, semakin dalam air. Anda dapat menganggap pengukur bubbler seperti milkshake – mudah meniup melalui sedotan dan membuat gelembung ketika milkshake hampir habis, tetapi jauh lebih sulit ketika gelasnya penuh! Pengukur bubbler penting untuk mendeteksi tsunami karena mereka mengukur permukaan laut pada interval pendek (1 menit).

Mengukur gelombang

Pelampung dapat digunakan untuk mengukur ketinggian, periode dan arah gelombang. Pelampung bahkan dapat mengukur akselerasinya sendiri – ini dapat memberi tahu para ilmuwan apakah itu jatuh dari puncak gelombang tinggi ke palung.

Pelampung tsunami terhubung ke alat pengukur tekanan bawah air, yang dapat memberikan informasi tingkat air penting tentang kemungkinan tsunami saat melaju cepat. Ada jaringan pelampung tsunami di daerah rawan tsunami di Samudra Pasifik. Pelampung memainkan peran penting dalam mengingatkan publik tentang potensi gelombang tsunami. Dalam 9 menit gempa bumi Honshu Maret 2011, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah Pasifik.
 

Bacaan Lainnya Yang Dapat Membuat Anda lebih Pintar

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: National Data Buoy Center, Research GateGeology

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-06-11T04:19:59+07:00 Juni 11th, 2019|IPA|0 Comments

Leave A Comment