fbpx

Penyebab Tanah Longsor – Penjelasan, Jenis, Efek dan Dampak

Apa Penyebab Tanah Longsor?

Penyebab tanah longsor biasanya terkait dengan ketidakstabilan di lereng. Biasanya dimungkinkan untuk mengidentifikasi satu atau lebih penyebab tanah longsor dan satu pemicu longsor. Perbedaan antara ke-2 konsep ini halus tetapi penting.

Penyebab tanah longsor adalah alasan terjadinya longsor di lokasi tersebut dan pada saat itu. Penyebab longsor tercantum dalam tabel berikut, dan termasuk faktor geologis, faktor morfologis, faktor fisik dan faktor yang terkait dengan aktivitas manusia:

  • Erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan, sungai-sungai atau gelombang laut yang menggerus kaki lereng-lereng bertambah curam.

  • Gaya gravitasi seperti lereng yang curam ditambah dengan gaya gravitasi dapat memicu tanah longsor besar.

  • Gempa bumi menyebabkan getaran, tekanan pada partikel-partikel mineral dan bidang lemah pada massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng tersebut.

  • Lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat.

  • Gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran debu-debu.

  • Getaran dari mesin, lalu lintas, penggunaan bahan-bahan peledak, dan bahkan petir.

  • Berat yang terlalu berlebihan, misalnya dari berkumpulnya hujan atau salju.

  • Penggundulan hutan, penggalian, penggunaan lahan (mis. Pembangunan jalan, rumah, dll.)

  • Penambangan dan penggalian yang berlebihan.

  • Kebakaran hutan: tanaman membantu menjaga tanah stabil dengan menyatukannya seperti lem dengan akarnya. Ketika lem ini dihilangkan, tanah akan mengendur, dan gravitasi bekerja lebih mudah. Hilangnya vegetasi setelah kebakaran membuat lahan yang dihancurkan rentan terhadap penyebab tanah longsor.

 

Animasi penyebab tanah longsor San Mateo County

Simulasi komputer ini menggambarkan pergerakan tipe longsoran “slump” di San Mateo County. Dimulai beberapa hari setelah badai Tahun Baru 1997, kemerosotan membuka celah besar di lereng curam dan menciptakan tonjolan di ujung bukit. Ketika gerakan berlanjut dengan kecepatan rata-rata beberapa kaki per hari, sisi bukit menurun lebih jauh, menembus dinding penahan, dan menciptakan depresi yang dalam. Pada saat yang sama, jari kaki itu melorot ke seberang jalan. Lebih dari 250.000 ton batu dan tanah bergerak di tanah longsor ini. Sumber animasi: Wikimedia Commons

 

Dampak Tanah Longsor

1. Menyebabkan penurunan ekonomi

Tanah longsor telah diverifikasi untuk mengakibatkan perusakan properti. Jika tanah longsor itu signifikan, itu bisa mengeringkan ekonomi daerah atau negara. Setelah tanah longsor, daerah yang terkena biasanya menjalani rehabilitasi. Rehabilitasi ini melibatkan pengeluaran modal besar-besaran. Sebagai contoh, tanah longsor tahun 1983 di Utah di Amerika Serikat mengakibatkan biaya rehabilitasi sekitar $ 500 juta. Kerugian tahunan akibat tanah longsor di AS diperkirakan sekitar $ 1,5 miliar.

2. Penghancuran infrastruktur

Aliran paksa lumpur, puing, dan batu sebagai akibat dari tanah longsor dapat menyebabkan kerusakan serius pada properti. Infrastruktur seperti jalan, kereta api, tujuan rekreasi, bangunan dan sistem komunikasi dapat dihancurkan oleh tanah longsor tunggal.

3. Hilangnya nyawa

Masyarakat yang tinggal di kaki bukit dan gunung berada pada risiko kematian yang lebih besar akibat tanah longsor. Tanah longsor besar membawa batu-batu besar, puing-puing berat dan tanah berat bersamanya. Tanah longsor semacam ini memiliki kapasitas untuk membunuh banyak orang yang terkena dampak. Misalnya, Tanah Longsor di Inggris yang terjadi beberapa tahun yang lalu menyebabkan rotasi puing yang menghancurkan sebuah sekolah dan menewaskan lebih dari 144 orang termasuk 116 anak-anak sekolah berusia antara 7 dan 10 tahun. Dalam acara terpisah, NBC News melaporkan korban tewas 21 orang pada 22 Maret 2014, longsor di Oso, Washington.

4. Mempengaruhi keindahan lanskap

Erosi yang ditinggalkan oleh tanah longsor meninggalkan pemandangan kasar yang tidak sedap dipandang. Tumpukan tanah, bebatuan dan puing-puing menurun dapat menutupi tanah yang digunakan oleh masyarakat untuk keperluan pertanian atau sosial.

5. Dampak ekosistem sungai

Tanah, puing-puing, dan batu yang meluncur menurun dapat menemukan jalan ke sungai dan menghalangi aliran alami mereka. Banyak habitat sungai seperti ikan dapat mati karena gangguan aliran air alami. Masyarakat yang bergantung pada air sungai untuk kegiatan rumah tangga dan irigasi akan menderita jika aliran air terhalang.

 

Tanah longsor

Hujan lebat dan terjadinya erosi adalah salah satu penyebab tanah longsor. Bagian E. Grace Street, Richmond, VA, runtuh saat badai tropis Gaston. Gaston menjatuhkan 30,5 cm (12 inci) hujan di daerah itu. Sumber foto Wikimedia Commons

 

Jenis Tanah Longsor

  1. Longsoran Translasi

Longsoran translasi merupakan longsor yang terjadi karena adanya pergerakan massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk rata atau menggelombang landai. Jenis longsoran ini paling banyak terjadi di Indonesia.

  1. Longsoran rotasi

Longsoran rotasi adalah pergerakan massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk cekung. Umumnya terjadi diwilayah perbukitan.

  1. Pergerakan blok

Pergerakan blok merupakan jenis longsoran yang disebabkan oleh perpindahan batuan yang bergerak pada bidang gelincir berbentuk rata. Longsor ini juga biasa dikenal dengan longsor transalasi blok batu.

  1. Runtuhan batu

Longsor jenis ini terjadi karena adanya sejumlah batu dan material batu yang jatuh kearah bawah dengan jumlah banyak, Umumnya terjadi pada lereng yang terjal terutama di daerah pantai.

  1. Rayapan tanah

Rayapan tanah adalah jenis tanah longsor yang bergerak lambat. Jenis tanahnya berupa butiran kasar dan halus. Setelah waktu yang cukup lama longsor jenis rayapan ini bisa menyebabkan tiang-tiang telepon, pohon, atau rumah miring ke bawah.

  1. Aliran bahan rombakan

Longsor ini terjadi karera massa tanah bergerak didorong oleh air. Biasanya terjadi di sepanjang lembah dan mampu mencapai ratusan meter. Kecepatan longsoran ini dipengaruhi oleh kemiringan tanah itu sendiri

 

Bacaan Lainnya yang Dapat Membuat Anda lebih Pintar

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: How Stuff WorksEarth EclipseOnline LibraryKementrian Kesehatan RI

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-03T21:25:18+00:00 Januari 3rd, 2019|Geografi & Sejarah, IPA|0 Comments

Leave A Comment