fbpx

Bahaya Radiasi Elektromagnetik Bagi Manusia dan Contoh Penyakitnya

Bahaya Radiasi Elektromagnetik

Mari kita mulai dengan beberapa latar belakang tentang berbagai jenis radiasi elektromagnetik. Energi radiasi elektromagnetik dihasilkan oleh berbagai proses elektromagnetik. Ada dua jenis radiasi elektromagnetik, cahaya tampak dan tidak terlihat seperti gelombang radio, cahaya inframerah dan sinar-X. Berikut beberapa bahaya radiasi elektromagnetik:

Jenis bahaya radiasi elektromagnetik

Ada beberapa jenis radiasi elektromagnetik yang dapat berbahaya bagi kita. Anda mungkin tidak sepenuhnya menyadarinya tetapi setiap hari. Tapi kami menggunakan benda dan peralatan yang mengeluarkan energi seperti itu. Energi ini berpotensi merusak kita.

Contoh bahaya radiasi elektromagnetik dapat berupa telepon seluler, saluran listrik & transformator. Saat kami menemukan teknologi nirkabel baru, kami memperkenalkan bahaya radiasi elektromagnetik baru di masa depan.

Contoh Bahaya Radiasi Elektromagnetik

Kemungkinan efek paparan Radiasi EM & Bahaya Radiasi Elektromagnetik

  • Radiasi gelombang mikro

Radiasi gelombang mikro digunakan untuk komunikasi, radar, dan bahkan memasak. Paparan jangka panjang untuk jenis radiasi ini dapat menyebabkan:

    • Katarak
    • Melepuh pada kulit
    • Sterilitas dan efek pendengaran gelombang mikro, yaitu pendengaran dengung atau gelombang mikro.
    • Karena ponsel memancarkan radiasi gelombang mikro, penelitian menunjukkan bahwa itu memengaruhi bagian otak kita. Seperti yang biasanya kita pegang dekat dengan kepala kita setiap kali kita menggunakannya.
  • Infra merah

Inframerah umumnya dipancarkan oleh benda yang dipanaskan. Tingkat emisi inframerah yang tinggi dapat menyebabkan katarak Glassblower. Yang dapat diamati pada tukang las yang tidak menggunakan kacamata berwarna saat bekerja.

Contoh umum objek yang memancarkan inframerah adalah:

    • Remot kontrol
    • Kamera pencitraan termal untuk keperluan medis dan penglihatan malam
    • Alarm pencuri
    • Pemanas listrik
    • Teleskop luar angkasa dan banyak lagi
  • Ultraungu (Ultraviolet)

Ultraviolet tentu saja terhubung ke sinar matahari. Paparan berlebih dapat menyebabkan kulit terbakar, katarak, melanoma, keriput, bintik-bintik, bintik-bintik hati dan kerusakan pada kornea. Sumber radiasi ultraviolet lain mungkin termasuk yang berikut:

    • Lampu dan tempat tidur tanning
    • Pengelasan busur
    • Lampu uap merkuri
    • Proses industri
    • Praktik medis dan gigi
  • Sinar X

Sinar-X, seperti yang kita tahu, digunakan untuk pencitraan medis dan perawatan kanker kulit. Namun, paparan radiasi jenis ini dapat merusak atau membunuh sel-sel kita. Tingkatkan risiko terkena kanker jenis tertentu seperti mieloma dan kanker tiroid. Menyebabkan mutasi dan kerusakan genetik, dan bahkan memengaruhi anak yang belum lahir.

Sinar gamma berasal dari empat kemungkinan reaksi nuklir: fusi, fisi, peluruhan alfa dan peluruhan gamma. Jenis radiasi ini biasanya digunakan dalam industri seperti pertambangan, makanan, penyulingan dan kertas. Sinar gamma juga digunakan untuk memindai kotak atau objek untuk tujuan keamanan. Karena sinar gamma dapat membunuh organisme, ia membantu mensterilkan peralatan medis dan menghilangkan bakteri berbahaya dari makanan. Tapi, tak perlu dikatakan bahwa sinar gamma dapat merusak atau lebih buruk, bunuh sel kita.

Studi menunjukkan bahwa sinar gamma dapat membantu mengobati kanker, tetapi mereka juga dapat menyebabkan jenis kanker tertentu. Selain itu, dapat menyebabkan kerusakan genetik dan jaringan. Paparan yang singkat dapat menyebabkan keracunan radiasi.

Sinar gamma dosis besar dapat menyebabkan diare, sakit kepala, rambut rontok, dan penyembuhan tertunda.
Uji kepatuhan produk Anda
Penting bagi perusahaan yang memproduksi atau mengimpor peralatan. termasuk peralatan, mesin industri dan benda elektronik untuk dijual atau distribusi. Jika berlaku uji paparan radio dan manusia melalui laboratorium pengujian EMC yang terakreditasi.

Laboratorium ini menawarkan layanan sertifikasi, kepatuhan, dan persetujuan. Insinyur yang berkualitas dan sangat terlatih menguji dan mengamati tanda tangan dan magnitudo elektromagnetik. Untuk menentukan apakah tingkat radiasi elektromagnetik berada pada batas yang dapat diterima. Ini mungkin merupakan batas standar lokal atau internasional yang ditetapkan. Set tes ini menentukan kepatuhan EMC atau kepatuhan paparan manusia. Kepatuhan menunjukkan tingkat kinerja yang dapat diterima relatif terhadap pasar yang disyaratkan. Memastikan bahwa produk memenuhi persyaratan kompatibilitas elektromagnetik. Selain itu, produk tidak mengganggu perangkat atau perangkat lain.

Penjelasan Radiasi Elektromagnetik

Radiasi elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat melewati ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Cahaya tampak adalah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. Penelitian teoretis tentang radiasi elektromagnetik disebut elektrodinamik, sub-bidang elektromagnetisme.

Gelombang elektromagnetik ditemukan oleh Heinrich Hertz. Gelombang elektromagnetik termasuk gelombang transversal.

Setiap muatan listrik yang memiliki percepatan memancarkan radiasi elektromagnetik. Ketika kawat (atau panghantar seperti antena) menghantarkan arus bolak-balik, radiasi elektromagnetik dirambatkan pada frekuensi yang sama dengan arus listrik. Bergantung pada situasi, gelombang elektromagnetik dapat bersifat seperti gelombang atau seperti partikel. Sebagai gelombang, dicirikan oleh kecepatan (kecepatan cahaya), panjang gelombang, dan frekuensi. Kalau dipertimbangkan sebagai partikel, mereka diketahui sebagai foton, dan masing-masing mempunyai energi berhubungan dengan frekuensi gelombang ditunjukan oleh hubungan Planck E = Hf, di mana E adalah energi foton, h ialah konstanta Planck — 6.626 × 10 −34 J·s — dan f adalah frekuensi gelombang.

Einstein kemudian memperbarui rumus ini menjadi Ephoton = hf.

Rumus Fisika Lainnya

Fisika banyak diisi dengan persamaan dan rumus fisika yang berhubungan dengan gerakan sudut, mesin Carnot, cairan, gaya, momen inersia, gerak linier, gerak harmonik sederhana, termodinamika dan kerja dan energi. Klik disini untuk melihat rumus fisika lainnya (akan membuka layar baru, tanpa meninggalkan layar ini).

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Wikipedia (Inggris)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2020-01-11T03:35:56+07:00 Desember 28th, 2019|Fisika, IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment