Cara Termurah Transfer Uang ke Luar Negeri – Cara Transfer Mata Uang Asing Termurah

Cara Termurah Transfer Uang ke Luar Negeri

Saat Anda mengirim uang secara online atau offline, cara terbaik bergantung pada bagaimana dan di mana Anda ingin mengirimkannya. Berikut adalah beberapa cara termurah transfer uang ke luar negeri:

1. TransferWise

Dan karena TransferWise memiliki biaya overhead yang lebih rendah, dan teknologi yang lebih baru dibandingkan dengan banyak bank, Anda dapat menemukan bahwa biaya untuk mengirim pembayaran internasional, atau beralih antar mata uang, juga jauh lebih murah.

Tidak seperti banyak akun multi-mata uang tradisional, dengan akun tanpa batas Anda dapat mengajukan permohonan untuk kartu debit MasterCard yang ditautkan, untuk memudahkan pembelanjaan dan penarikan uang tunai dari ATM, di mana pun Anda berada di dunia.

Semua transfer dilakukan menggunakan kurs pasar menengah, yang berarti tidak ada markup pada nilai tukar yang akan Anda temukan jika Anda mencari pasangan mata uang Anda di Google.

Secara keseluruhan, itu dapat membuatnya jauh lebih murah untuk menukar atau mengirim uang secara internasional dengan TransferWise daripada dengan bank Anda – hingga delapan kali lebih murah, menurut penelitian independen.

Akun multi-mata uang memiliki banyak kegunaan yang berbeda, dan dapat terbukti berharga bagi orang-orang dari semua lapisan masyarakat. Namun, ada begitu banyak opsi berbeda di luar sana sehingga sulit untuk memilih yang tepat.

Melakukan penelitian sebelum Anda berkomitmen adalah ide yang cerdas – termasuk bank-bank ternama, dan penyedia spesialis alternatif sebagai perbandingan.

Kelebihan:
➝ Anda dapat mengirim uang ke Indonesia dalam beberapa menit
➝ Uang dapat dikirim meskipun pengirim dan penerima tidak memiliki rekening bank
➝ Bekerja untuk hampir setiap negara
➝ Anda dapat membayar langsung di situs web Western Union menggunakan kartu kredit / debit Anda

Kekurangan:
➝ Sangat mahal jika Anda memilih layanan cepat dan untuk mengirim / menerima uang di lokasi agen
➝ Komisi tersembunyi pada nilai tukar mata uang
➝ Jika Anda mengirim uang ke lokasi agen, Anda hanya dapat menggunakan layanan selama jam operasi (tutup pada akhir pekan)

Baca juga 👉 Apa Yang Mempengaruhi Nilai Tukar Mata Uang? Beserta Contoh Soal dan Jawaban

2. MoneyGram

MENGAPA PILIHAN KAMI:
Transfer cepat ke rekening bank atau sebagai uang tunai untuk diambil di seluruh dunia.

MoneyGram secara singkat

MoneyGram memerintahkan jaringan lokasi di lebih dari 200 negara dan wilayah. Transfer antar lokasi membutuhkan waktu beberapa menit untuk dikirim sebagai pengambilan tunai, yang mirip dengan pesaing utama MoneyGram, Western Union. Transfer yang dikirim secara online atau melalui ponsel ke rekening bank di berbagai negara membutuhkan waktu berjam-jam atau satu hari kerja; penyedia lain sering membutuhkan waktu beberapa hari kerja untuk mentransfer ke rekening bank.

Ingat
Biayanya tidak murah. Biaya rata-rata untuk mengirim $ 200 hingga $ 1.000 berkisar dari $ 5 hingga $ 35 di negara yang kami survei. Nilai tukar juga tidak terlalu menguntungkan, dengan markup rata-rata hingga 3%.

Baca juga 👉 Menabung Mata Uang Asing- Mengapa? Apakah Untung, Rugi, Risiko?

3. Western Union

Salah satu opsi transfer terbaik.

MENGAPA PILIHAN KAMI:
Jaringan lokasi yang luas di seluruh dunia.
Banyak cara untuk mengirim dan mengirim uang.

Western Union secara singkat
Perusahaan transfer uang terbesar di dunia, Western Union juga memiliki pilihan transfer yang cukup besar. Pada alat penaksir harga penyedia online, Anda akan melihat hampir lusinan kombinasi saluran pengiriman, metode pembayaran, dan opsi pengiriman.

Anda dapat mengirim uang dari situs web Western Union atau aplikasi selulernya, dan Anda dapat menggunakan rekening bank, kartu debit, atau kartu kredit – atau mengirim dari lokasi agen terdekat menggunakan uang tunai.

Jaringan fisik raksasa transfer mencakup lebih dari 200 negara dan wilayah dan lebih dari setengah juta lokasi secara global.

Ingat
Transfer bukanlah yang termurah secara keseluruhan, dan hanya beberapa opsi yang menyertakan pengiriman di hari yang sama atau hari berikutnya. Beberapa opsi transfer online, biasanya yang lebih murah, dapat memakan waktu beberapa hari kerja untuk pengiriman.

4. Top Remit – Mau kirim kirim uang ke Malaysia, India, Singapura atau Jepang?

Nah Top Remit bisa jadi pilihan Anda dan merupakan salah satu cara termurah transfer uang ke luar negeri. Penyedia layanan transfer internasional ini bisa dijamin aman dan murah. Top Remit telah mendapat izin dari Bank Indonesia.

Biaya pengiriman Top remit sangat murah dan transparan. Kalau Anda mengirim uang Rp. 1.000.000 ke Malaysia, ketika dikonversi ke mata uang ringgit maka uang akan sampai ke penerima yakni 288 ringgit (30 Mei 2019). Konversi mata uang tersebut dapat Anda lihat langsung sebelum mengirimnya.

Cara dan biaya transfer dengan Top Remit
Contohnya, biaya pengirimannya hanya Rp 45.000 ribu. Apabila Anda mengirim Rp 10.000.000, biaya kirimnya tetap Rp45.000. Luar biasa murah dibanding penyedia jasa layanan transfer lainnya bukan? Selain aman dan murah, layanan ini mudah diakses karena tersedianya website dan aplikasi android Playstore. Top Remit juga menggunakan Bahasa Indonesia.

Cara transfer dengan Top Remit:
– Pertama, buatlah akun Top Remit yang baru. Daftarkan bisa melalui situs atau aplikasi Top Remit. Anda harus menyiapkan email, nomor telepon, dan kata sandi. Pendaftaran Top Remit tidak dipungut biaya alias gratis.

– Setelah Anda memiliki akun Top Remit, silahkan lakukan pengiriman. Login ke akun Top Remit dan pilih negara tujuan transfer. Adapun layanan ini masih terbatas di 13 negara yaitu Malaysia, India, Jepang, Bangladesh, Nepal, Pakistan, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Mungkin akan bertambah.

– Pilihlah layanan kiriman uang. Top Remit menyediakan 4 metode pengiriman uang, yakni deposit, pengambilan tunai di loket, pengisian pulsa, dan e-Wallet.

– Masukkan nominal uang yang akan dikirim. Top Remit akan langsung menampilkan biaya pengiriman secara otomatis.

5. PayPal

PayPal murah jika Anda mengirim uang dalam mata uang yang sama ke pemegang akun PayPal lain tetapi untuk transfer internasional tidak sepadan (bila Anda menambahkan biaya dan komisi pada nilai tukar, biayanya sekitar $ 80 untuk $ 1.000 yang dikirim) .

Transfer dari bank asing ke bank Indonesia dengan SWIFT tidak mungkin dilakukan. Anda bahkan tidak harus mempertimbangkannya. Saya melakukannya sekali untuk mengirim $ 200 dan saya membayar biaya $ 40 (itu adalah komisi 20%!).

Jika Anda tahu cara yang lebih murah dan nyaman daripada TransferWise untuk mengirim uang ke Indonesia, silakan tinggalkan komentar di bawah. Saya tidak keberatan menabung lebih banyak untuk transfer saya. Saya juga tertarik jika Anda punya tips tentang cara mengirim uang dari Indonesia ke negara lain.

MENGAPA PILIHAN KAMI:
Transfer tinggi maksimum.
Lebih dari 260 juta akun aktif di seluruh dunia, lebih dari layanan P2P lainnya.

Sekilas tentang PayPal

PayPal menawarkan transfer gratis di A.S. ketika Anda mendanai dengan rekening bank atau saldo PayPal. Membayar dengan kartu kredit – dan tidak seperti penyedia lain, kartu debit – dikenakan biaya: 2,9% dari jumlah pengiriman ditambah 30 sen. Transfer rekening bank gratis.

Ingat

Jumlah maksimum per transfer, setidaknya $ 10.000, melampaui jumlah maksimum mingguan Venmo. Namun jika Anda mengirim uang sebanyak itu, melakukannya melalui bank memberikan lebih banyak perlindungan untuk saldo Anda, seperti asuransi FDIC.

Anda juga dapat membayar untuk transfer instan ke kartu debit yang ditautkan. Anda dapat mengirim atau menerima uang di situs web atau aplikasi seluler di ponsel iOS dan Android, atau di PayPal.Me, tempat Anda membuat tautan sendiri yang dapat digunakan keluarga dan teman untuk membayar Anda.

6. Transfer antar bank

Cara kirim uang ke luar negeri selanjutnya adalah transfer antar bank yang mana bisa kamu lakukan melalui ATM. Nah, apabila dengan cara Western Union kamu diharuskan untuk menyerahkan uang yang ingin dikirim kepada agen dan baru dikirimkan kepada orang yang bersangkutan, maka melalui cara transfer dari bank ke bank kamu bisa mengirimkan uang langsung kepada orang bersangkutan tanpa diperlukannya perantara.

Ketika ingin mengirim uang melalui cara satu ini, kamu akan membutuhkan nomor rekening sang penerima uang. Jadi, agar pengiriman uang dapat berjalan dengan lancar, pastikan bahwa nomor rekening yang kamu miliki memang benar adanya.

Setelah itu, kamu bisa segera mengunjungi kantor cabang bank terdekat yang akan kamu gunakan untuk mengirimkan uang dan isilah formulir yang mereka berikan dengan data yang benar dan tepat. Apabila terdapat kolom yang tidak dimengerti, maka tanyakanlah kepada pihak bank yang sedang bertugas, guna meminimalisir kekeliruan dalam informasi yang kamu berikan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menanyakan kepada pihak bank terkait biaya transfer yang dibebankan, karena pada umumnya mengirimkan dana melalui bank terbilang relatif tinggi. Setelah itu, berikan uang ingin dikirimkan kepada pihak bank dan simpanlah bukti transfer sebagai antisipasi apabila sewaktu-waktu pengiriman dana mengalami kendala.

Baca juga 👉 Jenis Pasar Keuangan (Financial Market)


Langkah Untuk Cara Termurah Transfer Uang ke Luar Negeri

1. Bandingkan, pelajari tawaran harga online dan offline (antar bank).

2. Metode pengiriman uang tradisional — seperti melalui bank Anda — masih berlaku sampai sekarang. Transfer ke luar negeri melalui bank Anda dimungkinkan, tetapi ada biaya tambahan yang dibebankan untuk mengirim uang.

3. Jika Anda memilih layanan transfer alternatif lewat online (seringkali yang termurah, dan terkadang pilihan tercepat). Periksa kembali batas transfer online Anda.

Western Union dan MoneyGram dapat digunakan untuk mengirim uang ke kota, negara bagian, atau negara lain dengan biaya tertentu. Selalu caari tahu berapa biayanya!

4. Cari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai transfer Anda tiba.

5. Selalucari tahu dan selidiki pilihan Anda, hal ini akan membantu Anda menemukan kesepakatan terbaik untuk transfer uang. Luangkan waktu Anda dan cari informasi biaya terbaru secara online. Metode termurah untuk mentransfer uang dalam satu keadaan mungkin tidak sama di keadaan lain. Pastikan bahwa Anda tidak memberikan uang hasil jerih payah Anda kepada lembaga keuangan besar atau organisasi transfer uang.

6. Sebelum mengirim uang, selalu periksa dan pastikan kembali bahwa semua informasi seperti, nama, alamat, nomor rekening lengkap beserta nomor SWIFT untuk kirim uang ke luar negeri dan detil lainnya. Hal ini untuk menghindari penolakan yang sia-sia.


Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Telegraph, Jakarta100bars, Nerd Wallet, Investopedia,

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-09-16T02:35:46+07:00 September 13th, 2020|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment