fbpx

Contoh Perusahaan Growth Hacking

Contoh Perusahaan Growth Hacking

Pertumbuhan perusahaan dengan Growth Hacking adalah tentang menggunakan teknik-teknik inovatif untuk secara dramatis meningkatkan lalu lintas Anda, tingkat konversi dan basis pengguna dengan pengeluaran minimal — dan dengan demikian menumbuhkan perusahaan Anda dengan cepat. Di bawah ini adalah beberapa contoh perusahaan growth hacking.

Sementara “peretasan” cenderung membawa konotasi negatif, dalam hal ini harus ditafsirkan lebih seperti “jalan pintas” atau “trik.”

Istilah ini dapat dibandingkan dengan “peretasan kehidupan” di mana penyesuaian kecil untuk rutinitas harian Anda yang membutuhkan sedikit usaha dapat menghasilkan perubahan positif yang besar.

Berbeda dengan cara pemasaran yang lebih tradisional, peretas pertumbuhan selalu mencari metode yang pintar, murah, dan sering sangat teknis untuk meningkatkan bisnis dengan cepat.

Contoh perusahaan growth hacking

Contoh perusahaan growth hacking. Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay

Dropbox adalah contoh perusahaan growth hacking

Mereka hanyalah startup kecil tanpa banyak anggaran pemasaran. Sekarang, mereka adalah perusahaan yang bernilai lebih dari 10 miliar.

… Dan mereka sampai di sana tanpa mengeluarkan uang untuk iklan.

Bagaimana? Dengan menjalankan program rujukan paling sukses yang pernah ada.

Setiap kali seorang teman yang Anda undang ke Dropbox membuat akun, Anda dan teman Anda akan mendapat ruang ekstra 250mb. Insentif ini membuat orang berbagi Dropbox dengan semua orang yang mereka kenal — orang yang bahkan tidak mereka kenal (atau sukai)!

Dan tentu saja hal yang membuatnya kuat adalah memiliki lebih banyak ruang yang dibuat untuk produk yang lebih baik.

Dengan kata lain, Dropbox berhasil membuat produk yang meningkat setiap kali Anda membagikannya. Dropbox merupakan salah satu contoh perusahaan growth hacking

Dengan mengintegrasikan program rujukan ini ke dalam proses orientasi, dan dengan menghubungkannya ke Google dan Facebook, mereka membuatnya sangat mudah bagi orang untuk mengundang kontak mereka hanya dengan beberapa klik.

Dan dengan memberi insentif kepada pengguna dengan ruang tambahan, mereka membuat mereka bersemangat untuk mengundang semua orang yang mereka kenal, menyebabkan pendaftaran melonjak hingga 60% hampir dalam semalam.

Alih-alih membayar untuk iklan daring yang mahal, setiap pengguna baru membuat Dropbox hanya menghabiskan ruang 500MB.

Bicara tentang biaya akuisisi yang rendah!

Mungkin bagian terbaik dari peretasan ini adalah elemen retensi. Setiap kali ruang pengguna bertambah, itu menginvestasikan lebih banyak ke dalam produk, membuat mereka lebih kecil kemungkinannya untuk pergi ke tempat lain.

Dropbox kemudian menolak tawaran akuisisi 9 digit dari Steve Jobs.

Takeaway Kunci: Dropbox adalah contoh yang bagus untuk membangun pertumbuhan ke dalam produk itu sendiri. Mereka berhasil membuat skenario di mana berbagi dengan teman-teman dibuat untuk produk yang lebih berharga.

Airbnb

Brian Chesky dan Joe Gebbia menyewa sebuah apartemen di San Francisco. Mereka tidak bisa membayar sewa. Untuk menambah penghasilan, mereka memutuskan untuk memasang kasur udara di lantai mereka. Tujuan mereka: untuk menyewa kasur untuk melengkapi orang asing (termasuk makan siang) dengan pembayaran. Untuk menemukan host, mereka memiliki ide untuk membuat situs web kecil. Mereka memanggil seorang teman universitas: Nathan Blecharczyk, yang membuat situs dalam 48 jam. Begitulah lahirnya “airbedandbreakfast.com”. Tapi reservasi berjuang untuk lepas landas … Untuk membiayai kebangkitan bisnis mereka, tiga pembantunya memutuskan pada 2008, di tengah kampanye presiden Amerika, untuk memasarkan paket sereal dengan patung dua kandidat: Obama O’s dan Cap’n Kain Mac, seharga $ 40 per kotak. Dalam waktu dua bulan, mereka berhasil menjual 800 paket dan mengantongi $ 30.000.

Airbnb dimulai oleh 2 orang pria di San Francisco yang membiarkan orang asing menyewa tempat tinggal mereka ketika hotel terjual habis. Hari ini, mereka sebagian besar dan secara tidak langsung mengganggu seluruh industri perhotelan.

Mereka menggunakan sejumlah growth hacking yang terbukti berperan dalam mengembangkan perusahaan mereka dengan cepat.

Pada awalnya mereka mempromosikan layanan mereka selama waktu dan di tempat-tempat di mana peristiwa teknologi besar terjadi, dan kemungkinan akan ada kekurangan perumahan.

Dengan secara khusus menargetkan orang-orang yang cenderung menjadi pengadopsi awal ide-ide baru, mereka mendapatkan daya tarik melalui paparan dari mulut ke mulut dan bahkan liputan PR.

Kemudian, ketika masih dalam tahap awal, mereka menemukan bahwa hanya dengan meningkatkan foto daftar di situs mereka, mereka dapat secara dramatis meningkatkan jumlah pemesanan.

Para pendiri sendiri melakukan perjalanan ke beberapa kota mereka yang paling populer dan memotret apartemen tuan rumah secara gratis.

Pada 2012, Airbnb mempekerjakan lebih dari 2.000 fotografer lepas untuk mengambil gambar profesional daftar di seluruh dunia.

Tetapi peretasan mereka yang paling terkenal adalah rekayasa balik API yang memungkinkan pengguna Airbnb mengirim silang listing mereka di Craigslist. Karena Craigslist sudah memiliki basis pengguna yang sangat besar, ini secara dramatis meningkatkan tingkat pertumbuhan Aribnb.

Akhirnya, tentu saja, Craigslist menutup mereka … Tapi tidak setelah peretasan berhasil. Airbnb sekarang dalam perjalanan menuju pertumbuhan eksponensial.

Ini adalah contoh peretasan pertumbuhan yang tidak akan pernah dipikirkan oleh pemasar tradisional, apalagi yang bisa diterapkan.

Takeaway Kunci: Beberapa peretasan pertumbuhan, seperti mengambil gambar yang lebih baik, sangat sederhana sehingga sulit untuk percaya betapa kuatnya mereka. Yang lain bisa sangat rumit (seperti rekayasa balik API). Tidak ada solusi satu ukuran untuk semua. Kreativitas dan inovasi adalah komponen mendasar dari peretasan pertumbuhan.

PayPal

PayPal: “mengambil manfaat dari platform yang lebih besar”
Paypal adalah sistem pembayaran online. Reputasi PayPal sebagai opsi pembayaran online pilihan dimulai setelah perusahaan mampu menembus pasar online terbesar di dunia. Ketika PayPal memulai operasinya, PayPal tidak terdaftar di Ebay sebagai alternatif pembayaran. Situasi genting ini sangat merusak reputasi PayPal dan juga akan memengaruhi basis pelanggannya karena kebanyakan orang cenderung menggunakan sistem pembayaran yang diterima di Ebay.

Paypal menggunakan sistem peretasan pertumbuhan yang mensyaratkan pembentukan ribuan akun palsu dengan tujuan khusus untuk mengklaim menggunakan dan lebih suka opsi pembayaran PayPal di Ebay. Hasil dari strategi ini sangat luar biasa karena PayPal dapat masuk ke basis pelanggan Ebay karena Ebay tidak punya pilihan selain menyetujui daftar PayPal karena meningkatnya permintaan untuk opsi pembayaran PayPal.

Peretasan pertumbuhan ini memberi PayPal dorongan besar dengan pangsa besar basis pelanggan Ebay yang besar. Dengan Ebay dikategorikan dengan raksasa yang ada seperti visa dan MasterCard kredibilitasnya meroket dengan manfaat yang luar biasa bersamaan. Dalam upaya untuk mengintensifkan upaya, PayPal memprakarsai sistem rujukan dengan insentif moneter kepada kedua pihak yang merupakan pelanggan yang sudah ada dan pelanggan yang baru saja ditambahkan. Sistem rujukan yang diperkuat ini memicu gelombang besar pelanggan dengan perkembangan cepat menjadi salah satu opsi pembayaran online terbesar.

Netflix salah satu contoh perusahaan growth hacking

“langsung bicara dan menjangkau klien”
Perusahaan ini memulai bisnis penyewaan DVD dan sekarang menjadi saluran video-on-demand paling sukses. Netflix mampu mendorong pertumbuhan dengan menargetkan komunitas yang menarik. Untuk menyebarkan berita, perusahaan menggunakan taktik yang cukup sederhana: pergi ke forum online dan komunitas yang sering dikunjungi oleh penyewa DVD yang keranjingan. Dengan strategi ini, Netflix berencana melakukan soft launching tetapi pendekatan ini menjadi viral dan perusahaan menerima 100.000 pesanan dalam 3 bulan pertama tanpa perlu pemasaran apa pun.

Instagram

Instagram adalah contoh utama dari apa yang para growth hacker suka sebut saja sebagai produk pasar yang cocok (atau PMF: Product Market Fit). Ini terjadi ketika produk dan pasar serta keinginan dan kebutuhan Anda selaras dengan sempurna.

Instagram datang dengan penawaran mereka pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat dan dalam situasi yang tepat.

Mereka memberi pelanggan sesuatu yang sudah mereka cari (meskipun mereka mungkin tidak mengetahuinya): interaksi sosial dan tempat untuk berbagi foto mereka.

Dengan munculnya smartphone, untuk pertama kalinya setiap orang memiliki kamera digital yang layak di saku mereka. Dan dengan munculnya Web 2.0, orang semakin bersemangat untuk berbagi kehidupan dan pengalaman mereka.

Memotret foto jauh lebih mudah daripada memikirkan sesuatu yang pintar untuk di-tweet. Dan dengan penambahan filter hebat, siapa pun kini bisa menjadi fotografer profesional.

Hal yang hebat tentang Instagram adalah bahwa itu adalah produk yang meningkat dengan interaksi sosial — yang berarti orang ingin menyebarkan berita. Kegembiraannya adalah kenyataan bahwa orang-orang dapat melihat foto Anda, menyukai mereka dan mengomentarinya.

Dengan cepat menjadi kecanduan bagi banyak orang.

Integrasi yang mendorong foto ke Facebook dan Twitter (tidak ada yang memiliki aplikasi berbagi foto yang baik pada saat itu) meningkatkan jangkauan pemirsa mereka.

Para pendiri juga memanfaatkan pemasaran influencer. Mereka mengirim aplikasi mereka ke semua jurnalis dan orang-orang teknologi yang mereka kenal (dan agar adil, mereka memang memiliki beberapa koneksi). Ulasan antusias di tempat-tempat seperti Techcrunch membantu Instagram menjadi viral.

Takeaway Kunci: Fondasi untuk pertumbuhan adalah kesesuaian pasar dan produk. Jika Anda tidak memilikinya, tidak ada promosi atau growth hacker akan membuat bisnis Anda melambung. Mencari tahu keinginan dan harapan pelanggan Anda adalah kunci untuk menciptakan produk yang orang ingin berbagi.

TripAdvisor

TripAdvisor: “Menguasai SEO”

Rekomendasi hotel dan situs ulasan Tripadvisor dimulai sebagai perusahaan SEO berlabel putih. Ini membantu startup memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang SEO. Saat TripAdvisor diputar, berkat komitmen perusahaan terhadap SEO, perusahaan selalu mendapat peringkat tinggi dalam pencarian terkait perjalanan. Selain itu, aliran terus-menerus dari komentar baru meningkatkan jus Lewat SEO, dengan penambahan ulasan baru tanpa henti.

YouTube

Youtube: “mempermudah berbagi video”
Youtube adalah situs berbagi video. Fleksibilitas dan kenyamanan yang ditawarkan oleh Youtube adalah salah satu alasan mengapa perusahaan telah memperoleh pengguna besar dan telah menikmati dominasi yang tak tertandingi dari kategori konten video online. Strategi peretasan pertumbuhan Youtube difokuskan pada memfasilitasi pengunggahan dan distribusi konten video.

Pendekatan dan rekayasa inovatif ini diadopsi oleh Youtube, membuat distribusi video nyaman bagi pengguna untuk mengambil video dari Youtube dan mengunggahnya di berbagai situs. Ini menjadikan Youtube arsip video online bagi banyak orang yang mencari konten. Selain itu, orang melihat Youtube sebagai platform untuk menampilkan video dan mendapatkan peringkat dan publisitas. Semua taktik peretasan pertumbuhan yang ditawarkan oleh Youtube menjadikannya salah satu kesuksesan online terbesar sepanjang masa.

Facebook

Facebook: “menyebutkan orang”
Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia dengan sekitar 1,9 miliar pengguna aktif bulanan. Meskipun ini mungkin mengejutkan bagi beberapa orang, platform jaringan sosial terbesar menggunakan peretasan pertumbuhan untuk mengimplementasikan agendanya dan saat ini membanggakan lalu lintas terbesar dengan perkiraan 1,8 miliar pelanggan.

Melalui penggunaan mekanisme pemberitahuan email, mereka dapat menghasilkan tingkat partisipasi yang tak tertandingi. Orang-orang mulai menerima email yang ditandai di Facebook. Pendekatan yang cerdik ini mampu merangsang gelombang masuk yang tinggi sehingga menjadikan Facebook sukses online terbesar berkat peretasan pertumbuhan.

 

 

Tinder

Tinder: “organisasi acara offline”
Tinder adalah aplikasi kencan. Tinder mungkin salah satu platform kencan terbesar dengan status terpuji untuk beberapa strategi kampanye yang paling mengesankan. Tinder menggunakan beberapa strategi paling kreatif untuk merangsang pertumbuhan pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pendekatan yang diadopsi oleh tinder jelas ditunjukkan oleh kampanye Kiss (keep it simple stupid) yang menciptakan banyak sensasi di antara banyak anak muda di negara ini dengan kampanye yang sangat ditargetkan di perguruan tinggi.

Inilah sebabnya mengapa peretasan pertumbuhan mereka adalah untuk mengatur pesta-pesta Tinder FRAT di Universitas-universitas di seluruh dunia di mana satu-satunya “biaya” adalah mengunduh aplikasi gratis. Basis pengguna Tinder tumbuh secara astronomis sambil mendorong Tinder menjadi salah satu situs kencan paling utama.

Gmail

Gmail: “retas eksklusivitas”
Gmail adalah layanan email gratis lain. Teknik peretasan pertumbuhan Gmail diarahkan untuk menciptakan gambar khas dan suasana keunikan yang menjadikannya semacam setelah banyak orang. Gmail mulai dengan hanya mengizinkan orang yang diundang untuk mendaftar. Pengaturan ini membuat banyak orang ingin bergabung dengan jaringan email. Kesan ini menyebabkan masuknya cepat ke layanan email Gmail dengan peningkatan yang mengejutkan dalam basis pengguna dalam waktu singkat.

Jika Anda menyukai growth hack hotmail atau Gmail, Anda harus tahu bahwa pemasaran email adalah alat pemasaran terbaik untuk mengubah prospek menjadi penjualan. Anda mungkin tertarik dengan artikel ini yang menjelaskan cara membuat kampanye pemasaran email yang bagus.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Rock BoostGrowth Hackers, Charlie Reese,

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-06-22T21:08:57+07:00 Juni 22nd, 2019|Lainnya, Top 10|0 Comments

Leave A Comment