PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

COP26 | Semua yang harus Anda ketahui tentang Konferensi Perubahan Iklim PBB

4 min read

COP26 | Konferensi Perubahan Iklim PBB / Climate Change Summit

COP26

Konferensi Perubahan Iklim PBB, yang dikenal sebagai COP26 dimulai pada 31 Oktober 2021 di Glasgow, Skotlandia.
Inilah yang dicari Dunia dan AS terkait Konferensi Perubahan Iklim PBB.
Pertanyaan teratas tentang Perubahan Iklim PBB.

Apa tujuan dari COP 26?

Menghadirkan perwakilan dari 196 negara, pertemuan ini bertujuan untuk mempelajari Perjanjian Paris, yang ditandatangani pada tahun 2015, dan mengusulkan solusi yang bertujuan untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5 °C (34,7 °F) pada tahun 2050. Di antara tujuan mendasar juga adalah berakhirnya ketergantungan pada batu bara, penghapusan bahan bakar fosil secara bertahap, berakhirnya investasi dalam ekonomi abu-abu atau coklat. COP 26 dengan demikian merupakan peluang untuk perubahan besar dalam hal ekonomi, politik dan sosial, untuk menghadapi tantangan iklim.

Kapan COP26?

Dari 31 Oktober hingga 12 November 2021.

Apa singkatan dari COP26?

Conference of the Parties

Berapa lama COP26?

12 hari.

Dimana tempat COP26?

Lokasi: Kampus Acara Skotlandia, Glasgow, Inggris Raya

Apakah COP26 itu?

Ini adalah Konferensi Para Pihak ke-26. Sejak tahun 1995, KTT ini telah mempertemukan setiap tahun negara-negara penandatangan Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC).
Pada tahun 2021, COP26 diadakan di Glasgow (Inggris Raya), dari 31 Oktober hingga 12 November, setelah ditunda selama satu tahun karena krisis kesehatan. Lebih dari 190 pemimpin dunia diharapkan. Puluhan ribu perwakilan pemerintah, kota, daerah dan aktor non-negara (perusahaan, investor, LSM, dll) juga akan ambil bagian dalam negosiasi dua minggu ini.

COP, atau “Konferensi para pihak”

“Para Pihak” adalah 197 penandatangan (196 Negara dan Uni Eropa) UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change). Mereka bertemu setiap tahun di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sejak 1988, mereka telah memiliki badan ilmiah, Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC).

Mengapa ini penting?

Seperti yang diingatkan oleh laporan terakhir Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) pada Agustus 2021, dunia tidak berada di jalur yang benar untuk tetap berada di bawah 2 °C atau bahkan 1,5 °C pemanasan global dibandingkan dengan era pra-industri, tujuan jangka panjang dari Perjanjian Paris.

Untuk membalikkan tren ini, para ilmuwan menekankan perlunya mengurangi separuh emisi gas rumah kaca global selama sepuluh tahun ke depan. Dengan COP26, negara-negara harus mengumumkan target baru mereka untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Fokus pada laporan IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) terbaru (Agustus 2021, bagian pertama dari laporan penilaian ke-6)

Hasil kerjasama internasional lebih dari 250 ilmuwan dari sekitar 60 negara, laporan ini menyajikan keadaan iklim saat ini serta proyeksi iklim global dan regional baru. Dan temuan ini mengkhawatirkan: kenaikan suhu global semakin menonjol, pada tingkat yang kemungkinan besar akan melebihi ambang batas pemanasan 1,5 ° C sejak era pra-industri antara tahun 2021 dan 2040.

Apa yang terjadi sejak COP21?

Pada 12 Desember 2015, selama COP21, Perjanjian Paris diadopsi. Ini menetapkan tujuan menjaga pemanasan global di bawah 2 °C dan jika mungkin 1,5 °C, dibandingkan dengan era pra-industri. Perjanjian Paris juga menetapkan tujuan yang ditetapkan negara-negara untuk mengurangi emisi GRK mereka, yaitu kontribusi yang ditentukan secara nasional (NDC). Sebelum COP21, setiap negara harus mempresentasikan upayanya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Teks tersebut memberikan revisi ke atas dari kontribusi nasional ini setiap lima tahun.

Pada 2016, Prancis dan Uni Eropa meratifikasi perjanjian tersebut, yang mulai berlaku pada 4 November. Sejak itu telah diratifikasi oleh 192 negara (Turki adalah negara terakhir yang meratifikasi pada tahun 2021).

Pada bulan Desember 2018, paket iklim Katowice yang diadopsi pada COP24 di Polandia menerapkan aturan, prosedur, dan pedoman umum dan terperinci untuk mengimplementasikan Perjanjian Paris.

Pada bulan Desember 2020, UE merevisi dan memperkuat NDC-nya, yang mencapai setidaknya 55% pengurangan emisi GRK pada tahun 2030 dibandingkan dengan tahun 1990. Uni Eropa juga berkomitmen pada netralitas iklim pada tahun 2050 mulai tahun 2019.

Baca juga: Jenis Bencana Alam | Iklim, Alam, Wabah, Ruang Angkasa | Dampak, Penanggulangan dan Contoh

Apa tantangan utama COP26?

COP26 harus menjawab empat tantangan utama:

1 / Tingkatkan ambisi iklim. Negara-negara yang belum berkomitmen harus mengumumkan ambisi iklim baru mereka, dengan memperbarui kontribusi yang ditentukan secara nasional dan menerbitkan strategi jangka panjang untuk tahun 2050.

2 / Menyelesaikan aturan untuk menerapkan Perjanjian Paris. Pasal 6 Perjanjian Paris menyediakan mekanisme bagi negara-negara untuk memperdagangkan pengurangan emisi untuk mencapai NDC mereka. Keputusan oleh komunitas internasional harus diambil agar mekanisme ini dapat beroperasi.

3 / Memobilisasi pendanaan iklim. Negara-negara maju telah berjanji untuk memobilisasi $ 100 miliar untuk mendukung negara-negara berkembang untuk setiap tahun dari tahun 2020 hingga 2025. Tetapi perhitungannya tidak ada, dan perselisihan tetap ada tentang keuangan iklim.

4 / Perkuat Agenda Aksi. Perjanjian Paris mendorong negara-negara untuk bekerja sama dengan aktor non-negara dalam “agenda aksi” yang menyatukan berbagai inisiatif oleh sektor bisnis yang luas, seperti aliansi surya internasional.

Konferensi yang penting

Konferensi Para Pihak ke-26, atau COP26, diadakan di Glasgow, Inggris, dari 31 Oktober hingga 12 November 2021, setelah ditunda selama satu tahun karena krisis kesehatan. Lebih dari 190 pemimpin dunia diharapkan. Puluhan ribu perwakilan pemerintah, kota, daerah dan aktor non-negara (perusahaan, investor, LSM, dll) juga akan ambil bagian dalam negosiasi dua minggu ini.

Konferensi ini sangat menentukan karena, seperti yang diingatkan oleh laporan terakhir Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) pada Agustus 2021, dunia tidak berada di jalur yang benar untuk tetap berada di bawah 2°C atau bahkan 1,5°C dari pemanasan global. dibandingkan dengan era pra-industri, tujuan jangka panjang dari Perjanjian Paris.

Untuk membalikkan tren ini, para ilmuwan menekankan perlunya mengurangi separuh emisi gas rumah kaca global selama sepuluh tahun ke depan. Pada COP26, negara-negara harus mengumumkan target pengurangan emisi gas rumah kaca yang baru. Baca juga: Dampak Penipisan Ozon Bagi Kesehatan dan Lingkungan


Jenis Bencana Alam | Iklim, Alam, Wabah, Ruang Angkasa | Dampak, Penanggulangan dan Contoh


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Climate Change, United Nations (UN), BBC

Sumber foto: UK in Holy See / Flickr

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.