Gangguan Pendengaran Gejala, Penyebab, Perawatan, Pengobatan, Pencegahan

5 min read

gangguan pendengaran

Mengapa pendengaran menurun seiring bertambahnya usia?

Gangguan pendengaran sensorineural disebabkan oleh hilangnya atau rusaknya sel saraf (sel rambut) dalam rumah siput dan biasanya bersifat permanen.  Kehilangan pendengaran terkait usia (presbycusis) adalah yang paling sering terjadi. Ini adalah salah satu kondisi paling umum yang mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua. Hal ini karena:

 

1. Mungkin sulit membedakannya dari sumber lain, seperti paparan kebisingan jangka panjang, suara yang terlalu keras atau terlalu lama.

2. Gangguan pendengaran akibat suara disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap suara yang terlalu keras atau terlalu lama. Suara seperti ini bisa merusak indra Anda. Setelah sel-sel rambut ini rusak, mereka tidak tumbuh kembali dan kemampuan Anda untuk mendengar berkurang.

3. Kondisi yang lebih umum terjadi pada orang tua, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Obat yang beracun bagi indra di telinga Anda (misalnya, beberapa obat kemoterapi) juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

4. Jarang, gangguan pendengaran terkait usia bisa disebabkan oleh kelainan pada telinga bagian luar atau telinga tengah. Kelainan tersebut dapat mencakup berkurangnya fungsi membran timpani (gendang telinga) atau berkurangnya fungsi dari tiga tulang kecil di telinga tengah yang membawa gelombang suara dari membran timpani ke telinga bagian dalam.

5. Sebagian besar orang tua yang mengalami gangguan pendengaran dan kombinasi dari gangguan pendengaran yang terkait usia dan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh suara.

 

gangguan pendengaran

 

Apa yang harus saya lakukan jika saya kesulitan mendengar?

Masalah pendengaran bisa jadi serius. Hal terpenting yang bisa Anda lakukan jika Anda pikir Anda memilii masalah pendengaran yaitu pergei ke dokter dan mencari saran pada profesional kesehatan.

Anda mungkin ingin memulai dengan dokter perawatan primer, ahli otolaringologi, audiologis atau spesialis alat bantu dengar. Masing-masing memiliki jenis pelatihan dan keahlian yang berbeda. Masing-masing bisa menjadi bagian penting dari perawatan kesehatan pendengaran Anda.

1. Anda dapat perge ke seorang ahli otolaringologi adalah seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan merawat penyakit pada telinga, hidung, tenggorokan dan leher. Ahli otolaringologi, yang kadang-kadang disebut THT, akan mencoba untuk mencari tahu mengapa Anda sulit mendengar dan menawarkan pilihan pengobatan. Dia mungkin juga merujuk Anda ke profesional pendengaran lain, audiologis.

2. Seorang audiologis memiliki pelatihan khusus untuk mengidentifikasi dan mengukur jenis dan tingkat gangguan pendengaran. Beberapa audiolog mungkin memiliki lisensi untuk menyesuaikan bantuan tentang masalah pendengaran Anda.

3. Seorang spesialis alat bantu dengar adalah seseorang yang memiliki izin untuk melakukan dan menilai alat bantu dengar.

 

Pencegahan gangguan pendengaran terkait usia

Dapatkah saya mencegah gangguan pendengaran terkait usia?

Pada saat ini, para ilmuwan tidak tahu bagaimana mencegah gangguan pendengaran terkait usia. Namun, Anda dapat melindungi diri dari gangguan pendengaran yang disebabkan oleh suara dengan melindungi telinga dari suara yang terlalu keras dan terlalu lama.

1. Mengetahui potensi sumber suara yang merusak, seperti musik keras, senjata api, mobil traktor, mesin pemotong rumput dan mesin-mesin lainnya yang mengeluarkan sura yang keras.

2. Menghindari suara keras, mengurangi jumlah waktu Anda terkena suara keras, dan melindungi telinga Anda dengan sangkutan telinga atau sikat telinga adalah hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi pendengaran dan membatasi jumlah pendengaran yang mungkin hilang saat Anda bertambah tua.

 

gangguan pendengaran

 

Perawatan dan alat apa yang bisa membantu untuk gangguan pendengaran terkait usia

Perawatan Anda akan tergantung pada tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda, jadi beberapa perawatan akan bekerja lebih baik untuk Anda daripada yang lain. Ada sejumlah perangkat dan alat bantu yang membantu Anda mendengar lebih baik saat mengalami gangguan pendengaran. Inilah yang paling umum:

1. Alat bantu dengar

Adalah instrumen elektronik yang Anda pakai di dalam atau di belakang telinga Anda. Mereka membuat suara lebih keras. Untuk menemukan alat bantu dengar yang paling sesuai untuk Anda, Anda mungkin harus mencoba lebih dari satu. Pastikan untuk meminta masa percobaan dengan alat bantu dengar Anda dan pahami syarat dan ketentuan masa percobaan.

Bekerjalah dengan penyedia alat bantu dengar sampai Anda merasa nyaman dengan mengenakan dan melepaskan alat bantu dengar, mengatur tingkat volume, dan mengganti baterai. Alat bantu dengar umumnya tidak terjangkau oleh perusahaan asuransi kesehatan, meski ada yang melakukannya.

2. Implan koklea

Implan koklea adalah alat elektronik kecil yang ditanamkan melalui pembedahan di telinga bagian dalam yang membantu memberi nuansa suara kepada orang-orang yang sangat tuli atau sulit mendengar. Jika kehilangan pendengaran Anda parah, dokter Anda mungkin merekomendasikan implan koklea di salah satu atau kedua telinga.

3. Bone-anchored hearing aid

Sistem pendengaran tertanam di tulang melewati saluran telinga dan telinga tengah. Dirancang untuk menggunakan kemampuan alami tubuh Anda untuk mentransfer suara melalui konduksi tulang. Prosesor suara mengambil suara, mengubahnya menjadi getaran dan kemudian melepaskan getaran melalui tulang tengkorak Anda ke telinga bagian dalam Anda.

4. Perangkat pendengaran yang mendukung

Hal ini mencakup perangkat telepon dan perangkat penguat ponsel, ponsel pintar atau tablet “aplikasi” dan sistem sirkuit tertutup (sistem pengulangan lingkaran) di tempat ibadah, teater dan auditorium.

5. Membaca bibir

Bacaan bibir atau bacaan bicara adalah pilihan lain yang membantu orang dengan masalah pendengaran. Orang yang menggunakan metode ini dapat memperhatikan orang lain pada saat mereka berbicara dengan melihat gerakan mulut dan tubuh si pembicara. Pelatihan khusus dapat membantu Anda belajar membaca bibir atau membaca ucapan.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *