Gempa Bumi Tumbukan diakibatkan oleh tumbukan meteor

3 min read

Gempa Bumi Tumbukan diakibatkan oleh tumbukan meteor

Gempa Bumi Tumbukan

Gempa bumi tumbukan yang diakibatkan oleh tumbukan meteor atau benda langit yang besar seperti asteroid yang jatuh ke Bumi, jenis gempa Bumi ini sangat jarang terjadi.

 

Gempa Bumi Dari Teori Ekstraterrestrial Atau Meteor

Setiap hari meteor kecil menabrak bumi. Sebagian besar dari mereka terbakar di atmosfer saat memasuki Bumi.

Sesekali, sebuah meteorit akan sampai ke permukaan Bumi. Sangat jarang sebuah meteorit besar akan menabrak, bahkan menyebabkan gempa bumi dan menciptakan kawah yang besar.

Kawah Meteor di Arizona adalah contoh bagus dari jenis gempa bumi tumbukan. Bayangkan bagaimana tanah berguncang pada saat meteor mendarat di permukaan Bumi!

Contoh lainnya adalah Bulan yang penuh dengan kawah meteor, yang bisa kita lihat karena belum terkikis. Dalam sejarahnya, Bumi juga telah berkali-kali mengalaminya. Erosi oleh angin dan hujan turun ke kawah sehingga kita tidak bisa melihat sebagian besar dari mereka lagi. Ilmuwan yang mempelajari planet Bumi telah menemukan jejak dan banyak dampak meteor di seluruh dunia, seperti di Rusia, Meksiko, Gurun Sahara, Kanada, Australia, Amerika dll. Setiap dampaknya menciptakan gempa bumi tumbukan.


Gempa Bumi Tumbukan diakibatkan oleh tumbukan meteor

 

Gempa Bumi Tumbukan diakibatkan oleh tumbukan meteor


Gempa Bumi Vulkanik

Gempa bumi vulkanik (gunung api) terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Mohon klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang gempa bumi vulkanik.


Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi runtuhan biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan. Untuk mengetahui gempa bumi runtuhan, mohon klik disini.


Gempa Bumi Buatan

Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia, seperti peledakan dinamit, nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi. Info lebih detail tentang gempa bumi buatan, mohon klik disini.


Gempa Bumi Tektonik

Getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Detail dari gempa bumi tektonik, mohon klik disini.


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Earth EclipseNASAWikipediaNews, California State University – Long BeachSpaceNational Geographic

    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.